5+ Ciri HP Android Sudah Pernah Ganti LCD dan Touchscreen
5+ Ciri HP Android Sudah Pernah Ganti LCD dan Touchscreen

5+ Ciri HP Android Sudah Pernah Ganti LCD dan Touchscreen

Ciri HP Android Sudah Pernah Ganti LCD – Hallo sobat teknadocnetwork.com, mari kita bahas topik serius ini. Jadi, kita tahu nih, bagian paling rapuh dari smartphone itu adalah layarnya. Kalau dia jatuh, diinjak, atau dipukul sama benda keras, bisa langsung pecah kayak hati lagi putus cinta. Nah, kalau gitu, mau nggak mau, kita harus ganti layar dan touchscreen-nya. Tapi, jangan berharap kualitasnya bakal se-“glowing” sebelumnya ya.

Terus, kalau lo udah pernah ngerasain pasang layar baru di HP Android lo, eh, si hape bakal turun harga gengs. Harga normalnya aja udah nggak normal lagi, apalagi pas dia udah ngerasain operasi plastik alias ganti layar.

Tapi, tunggu dulu, kalau lo punya niat beli HP second atau bekas, ada satu hal yang nggak boleh diabaikan, nih. Cek dulu, apakah si HP Android ini pernah operasi ganti layar atau belum. Kan, nggak lucu juga kalau lo udah beli, eh, ternyata si hape udah digarap kayak mobil tua yang udah lewat bengkel.

Tapi, masalahnya, ciri-ciri HP yang udah operasi ganti layar ini nggak selalu mencolok, bro. Lo harus jadi Sherlock Holmes mini buat ngeceknya. Tapi, percayalah, nggak serumit yang lo bayangkan kok. Yuk, kita coba mengungkap misteri HP yang pernah operasi layar ini.

Ciri-Ciri HP Android Sudah Pernah Ganti LCD dan Touchscreen

Ciri-Ciri HP Android Sudah Pernah Ganti LCD dan Touchscreen

Untuk kamu yang lagi cari ponsel bekas atau second-hand, penting banget buat kamu untuk jadi detektif nih. Yap, lo harus menggali tahu kondisi barang yang bakal lo beli, apalagi kalo itu adalah ponsel, yang notabene adalah alat elektronik yang gak bisa main-main. Soalnya, seringkali penampilan dalam smartphone bekas ini nggak se-menarik penampilan luarnya.

Baca Juga:  Kelebihan Utama Kamera iPhone 11 Series: Ulasan dan Panduan

Jadi, lo harus punya daftar ciri-ciri khusus buat ngecek apakah HP Android ini udah pernah operasi ganti LCD atau touchscreen-nya. Supaya lo bisa dapet ponsel bekas yang bener-bener masih orisinal, bro.

Jadi, jangan main-main ya, buat yang lagi nyari ponsel bekas. Ngertiin dulu ciri-cirinya, biar nggak kejebak beli HP bekas yang udah ‘makeover’. Berikut beberapa ciri-ciri smartphone yang sudah pernah ganti LCD dan Touchscreen.

Segel Sudah Rusak

Ciri pertama yang bisa kamu amati adalah segel-segel di ponsel tersebut.

Ada dua jenis segel yang perlu diperhatikan, yakni segel untuk sekrup dan segel dari vendor pada bodi ponsel. Kalau segel-segel ini udah rusak atau nggak utuh, bisa jadi ponsel itu udah pernah “bongkar pasang

Tapi, perlu diingat, rusaknya segel-segel ini belum tentu berarti LCD-nya yang diganti. Kamu perlu bukti tambahan, nih, dengan melihat beberapa ciri lain yang akan kita bahas selanjutnya. Jadi, jangan terburu-buru menghukum ponselnya sebelum punya bukti yang cukup, ya!

Sekrup Mengalami Cacat Fisik

Selain segel yang udah rusak, sekrup-sekrup di bagian bawah ponsel yang mengalami cacat juga bisa menjadi petunjuk bahwa HP Android tersebut pernah bongkar-pasang.

Cacat pada sekrup ini biasanya disebabkan oleh obeng yang digunakan untuk membuka ponsel.

Tapi, ini ciri yang bisa tricky juga, karena kalau teknisinya udah jago, dia bakal bongkar dengan sangat hati-hati biar nggak ada tanda-tanda cacat yang mencolok.

Tapi tetep aja, ada sedikit tanda-tanda kecil yang bisa lo amati dengan seksama. Jadi, jangan ragu buat jadi detektif kecil dan perhatikan sekrup-sekrupnya dengan teliti, bro!

Ada Bagian LCD Tidak Presisi

Ketika HP Android kamu udah mengalami operasi ganti LCD, well, pasti ada bagian layarnya yang keliatan agak amburadul gitu. Gara-gara si spare part penggantinya nggak bisa bener-bener nyocokin sama yang aslinya. Jadi, hasilnya jadi keliatan kayak puzzle yang nggak pas-pas.

Baca Juga:  Kode Untuk Memperbaiki Speaker Hp

Kenapa bisa begitu? Yah, itu karena LCD yang diganti buat setiap ponsel punya dimensi yang beda-beda, meskipun dari jauh keliatan mirip-mirip. Jadi, kalo kamu emang teliti dan nggak tahan liat yang agak aneh, cek deh sisi pinggir layar ponselmu. Siapa tau ada yang meleng!

Masalah Fisik HP

Tanda berikutnya buat nyelidikin apakah HP Android udah pernah ganti LCD atau belum adalah kalo ada bagian layarnya yang nggak nempel dengan baik.

Kembali lagi ke masalah presisi yang tadi kita bahas, kadang-kadang layar ponsel bisa keliatan nggak nempel di beberapa bagian gara-gara beda ukuran atau jenis spare part yang dipasang.

Tapi sebenernya, tanda-tanda kayak gini jarang banget terjadi, sih. Kebanyakan teknisi bakal usaha sekuat tenaga buat benerin HP kamu tanpa ada cacat sedikitpun. Tapi ya, nggak ada yang sempurna di dunia ini, jadi kondisi layar yang nggak nempel dengan baik tetap mungkin terjadi setelah servis dilakukan.

Adanya bagian layar yang tidak menempel dengan baik atau memiliki celah yang terlihat bisa menjadi tanda-tanda bahwa layar telah diganti.

Kurangnya Sensitivitas Layar Sentuh

Kalau layar HP kamu udah pernah pecah atau retak, terus diganti, biasanya touchscreen-nya juga ikutan kena dampaknya. Jadi, nggak cukup cuma ganti LCD aja, touchscreen juga perlu diganti. Nah, efeknya, sensitivitas layarnya jadi bisa berkurang, lho.

Ini karena kualitas touchscreen pengganti nggak sekeren touchscreen bawaan dari vendor HP. Jadi, kadang kamu akan ngerasa kayak HP-nya jadi kurang peka terhadap sentuhan. Ini bisa jadi tanda bahwa HP Android kamu udah pernah operasi ganti LCD.

Baca Juga:  Daftar Harga iPhone 13 Pro Max Awal September 2023

Jika touchscreen diganti bersama dengan LCD, sensitivitas layar sentuh mungkin berkurang. Ini bisa membuat pengalaman penggunaan layar sentuh menjadi kurang responsif.

Kualitas Layar LCD Sedikit Berbeda

Yup, jadi begini ceritanya, LCD pengganti itu memang nggak bisa compete sama LCD asli bawaan vendor. Makanya, kualitas tampilan HP Android yang udah ganti LCD bakal jadi sedikit beda, deh. Nggak sekeren layar aslinya yang solid dan terang, LCD yang diganti jadi lebih suram dan nggak secerah dulu.

Alasannya? Nah, itu semua gara-gara komponennya yang beda-beda kualitasnya dan dayanya yang nggak nyamain. Jadinya, ada semacam perang dingin antara komponen baru sama komponen lama, gitu.

Layar pengganti biasanya tidak sebaik layar asli. Gambar mungkin terlihat kurang tajam, redup, atau tidak secerah seperti sebelumnya.

Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat yang memiliki LCD yang sudah diganti akan memiliki semua ciri-ciri ini, dan beberapa perbaikan LCD mungkin dilakukan dengan sangat baik sehingga sulit untuk mengetahuinya tanpa membuka perangkat. Namun, jika Anda mencurigai bahwa HP telah mengalami penggantian layar, penting untuk memeriksa perangkat dengan cermat sebelum membelinya.

Akhir Kata

Penjelasan mengenai ciri-ciri HP Android yang sudah pernah ganti LCD dan touchscreen-nya ini memang sangat berguna, terutama ketika kamu mau beli HP bekas atau second-hand.

Dengan informasi kayak gini, kamu bisa jadi lebih teliti dan pinter memeriksa HP yang mau kamu beli. Jadi, kamu bisa dapet barang yang berkualitas dan sesuai dengan uang yang kamu keluarkan, meskipun itu HP bekas.

Semoga artikel yang sudah teknadocnetwork.com rangkum diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.