Nasi Ambeng, Kuliner Khas Jawa Tengah yang Populer
Nasi Ambeng, Kuliner Khas Jawa Tengah yang Populer

Nasi Ambeng, Kuliner Khas Jawa Tengah yang Populer

Nasi Ambeng merupakan makanan tradisional khas Melayu yang berasal dari Johor, Malaysia. Namun, kini makanan ini juga menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia, terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya. Ambeng berbahan dasar nasi putih yang ditempatkan di tengah-tengah nampan besar. Sekilas, makanan ini serupa dengan nasi tumpeng. Namun, yang membedakan ambeng dengan nasi tumpeng adalah jumlah dan variasi lauk yang dihidangkan.

Ambeng biasanya disajikan dalam jumlah besar, oleh karena itu, porsinya pun cukup untuk disantap oleh beberapa orang sekaligus. Biasanya, makanan ini dapat ditemukan pada acara-acara besar seperti pernikahan, khitanan, atau acara keluarga lainnya. Namun, kini, makanan ini juga sering dihidangkan di restoran atau warung makan layaknya makanan sehari-hari.

Sejarah Nasi Ambeng

Sejarah Ambeng dimulai pada masa Kerajaan Johor. Pada saat itu, Masyarakat Melayu biasanya mengadakan kenduri atau acara adat untuk merayakan keberhasilan dalam berbisnis atau menghormati nenek moyang. Salah satu makanan yang disajikan pada acara tersebut adalah nasi serta beberapa lauk yang ditempatkan di sebuah nampan yang ukurannya lebih besar dari nampan makan standar.

Baca Juga:  Rekomendasi Jamu Terbaik Indonesia untuk Kesehatan Tubuh Anda

Saat ini, terdapat dua jenis Ambeng yang cukup terkenal, yaitu Ambeng Johor dan Ambeng Batam. Ambeng Johor biasanya lebih banyak ditemukan di Pulau Johor, dan lauk yang dihidangkan adalah rendang daging, sambal udang, ayam goreng, sayur rebung, dan urap daun singkong. Sementara itu, Ambeng Batam lebih banyak ditemukan di daerah Batam. Lauk yang dihidangkan pada Ambeng Batam hampir mirip dengan Ambeng Johor, dengan penambahan lemak kulit babi dalam hidangan sate.

Walau terkesan susah, rupanya membuat Ambeng ini cukup mudah. Langkah awal yang harus dilakukan adalah memasak nasi. Namun, saat memasak nasi, diberikan bumbu kunyit serta daun pandan agar nasi tidak mudah basi. Setelah nasi matang, Anda bisa mengukur porsi masing-masing yang ingin disajikan. Selanjutnya, variasi lauk yang ingin disajikan bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan. Biasanya, lauk yang dihidangkan adalah ayam goreng, sate, tempeh goreng, sayur, serta sambal atau kerupuk sebagai pengganti nasi.

Itulah sejarah dan cara memasak Ambeng yang bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk acara Anda. Nikmati kelezatannya dengan keluarga atau teman-teman Anda, dan jangan lupa untuk mencicipi semua lauk yang tersedia.

Bahan-bahan yang Digunakan dalam Membuat Ambeng

Bahan-bahan yang Digunakan dalam Membuat Ambeng

Ambeng adalah hidangan khas Melayu yang biasanya disajikan dalam satu piring besar dan dimakan bersama-sama oleh beberapa orang. Hidangan yang terkenal di Johor ini memiliki rasa yang kaya dan beragam karena menggunakan banyak bahan baku dan rempah-rempah. Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan dalam membuat ambeng:

Baca Juga:  Beras Organik Bagus Terbaik

Nasi

Nasi adalah bahan utama dalam membuat ambeng. Jenis nasi yang digunakan biasanya adalah nasi putih yang dimasak dengan santan dan daun pandan. Nasi ini juga tidak sama dengan nasi yang biasa dimakan sehari-hari karena dimasak dengan cara yang berbeda.

Ayam

Ayam adalah bahan protei yang selalu ada di dalam hidangan ambeng. Bagian-bagian ayam yang dipakai bisa berupa dada, paha, atau sayap. Ayam yang digunakan juga dimasak dengan rempah-rempah dan bumbu khas Melayu seperti serai, kunyit, dan ketumbar. Daging ayam akan menjadi lebih berselera dengan rempah-rempah ini.

Ikan

Ikan juga bisa dipakai sebagai alternatif lain untuk bahan protei dalam hidangan ambeng. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan kembung atau ikan selar. Ikan tersebut akan dimasak dengan bumbu khas Melayu seperti cabai, kemiri, dan lengkuas sehingga rasanya menjadi nikmat dan gurih.

Kacang Panjang

Kacang panjang adalah salah satu sayuran yang sering ditemukan di dalam ambeng. Sayuran ini memiliki tekstur yang renyah dan menyegarkan. Biasanya kacang panjang akan direbus sampai matang dan disiram dengan sedikit minyak goreng agar terasa lebih enak dan tidak terlalu kering.

Baca Juga:  Efek Suara Langkah Sepatu

Kacang Peas

Kacang peas atau kacang kapri adalah jenis kacang-kacangan yang selalu ada di dalam hidangan ambeng. Kacang tersebut akan direbus sampai matang sebelum disajikan ke dalam piring ambeng.

Terung

Terung atau ubi ungu bisa menjadi pilihan sayuran lain yang dipakai dalam membuat ambeng. Sayuran ini akan diasap terlebih dahulu sebelum direbus supaya nantinya akan memiliki rasa yang lebih gurih dan segar.

Paprika

Paprika bisa menjadi pilihan sayuran lain yang bisa ditambahkan ke dalam piring ambeng. Paprika akan menambah warna dan rasa pada piring ambeng. Sayuran ini bisa direbus atau digoreng terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam hidangan.

Telur

Telur rebus juga bisa ditambahkan ke dalam piring ambeng. Telur ini biasanya akan dipotong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu sebelum dihidangkan bersama-sama dengan bahan-bahan lainnya. Biasanya satu piring ambeng akan memiliki beberapa potong telur rebus di dalamnya.

Sambal Belacan

Sambal belacan menjadi bumbu yang paling penting dalam hidangan ambeng. Sambal belacan ini dibuat dari bahan-bahan seperti cabai, belacan, bawang merah, dan bawang putih. Rasanya pedas dan sedikit asin. Sambal ini akan disiramkan ke atas nasi sehingga akan memberikan rasa yang kaya pada hidangan.