cara setting totolink n200re lewat hp
cara setting totolink n200re lewat hp

Cara Setting Totolink N200RE lewat HP

Cara Setting Totolink N200RE lewat HP – Sebagai pengguna internet, pastinya kamu memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Namun, proses setting router seringkali menjadi kendala tersendiri bagi para pengguna yang baru belajar mengenal teknologi router.

Saat ini, ada banyak jenis router dengan berbagai macam fitur yang tersedia. Salah satu merk router yang cukup terkenal adalah Totolink N200RE. Router ini memiliki berbagai kelebihan seperti konfigurasi yang mudah, harga yang terjangkau dan jangkauan Wi-Fi yang cukup baik.

Sebelum kamu mulai setting Totolink N200RE lewat hp, pastikan sudah menyiapkan beberapa peralatan dan perangkat terlebih dahulu.

Persiapan Sebelum Setting Totolink N200RE Lewat Hp

Berikut adalah beberapa tips persiapan sebelum setting Totolink N200RE lewat hp:

1. Periksa Koneksi Internet

Sebelum memulai setting, periksa koneksi internet terlebih dahulu. Pastikan kamu memiliki akses internet yang stabil dan memadai. Sebab, proses setting menggunakan smartphone android kamu yang secara otomatis membutuhkan koneksi internet. Selain itu, periksa juga apakah kabel LAN yang menghubungkan modem ke router sudah terhubung dengan baik. Jika kabel LAN belum terhubung, maka hubungkan terlebih dahulu sebelum memulai setting router.

Setelah itu, periksa jaringan Wi-Fi kamu terlebih dahulu, apakah sudah terhubung dengan jaringan yang benar atau belum. Persiapan ini penting untuk hasil setting router kamu lebih maksimal.

2. Unduh Aplikasi TP-Link

Hal penting berikutnya sebelum kamu melakukan setting router adalah dengan mengunduh aplikasi TP-Link. Aplikasi ini diperlukan untuk memudahkan kamu melakukan setting router pada smartphone android. Kamu bisa mendownload aplikasi TP-Link melalui Google Play Store, setelah itu install aplikasi tersebut pada smartphone android kamu.

3. Siapkan User Manual Totolink N200RE

User manual Totolink N200RE sangat penting untuk membantu kamu memahami konfigurasi router. Dalam manual ini terdapat cara-cara setting, tata letak tombol pada router, dan keterangan bantuan lainnya yang penting untuk kamu ketahui. Kamu bisa men-download manual yang biasanya sudah tersedia pada website resmi Totolink, atau bisa juga dengan mengikuti instruksi yang terdapat pada kemasan kotak router.

4. Periksa Jangkauan Wi-Fi

Sebelum mulai melakukan setting router, periksa terlebih dahulu jangkauan Wi-Fi pada router. Pastikan jangkauannya sesuai dengan kebutuhan dan terjangkau oleh smartphone android kamu yang akan dipakai untuk melakukan setting. Sebaiknya, kamu melakukan setting pada posisi router yang baik, sehingga kamu bisa mendapatkan sinyal terbaik saat menggunakan Wi-Fi.

Baca Juga:  Cara Setting TP Link TL WN725N

5. Pastikan Data Sudah Dicadangkan

Saat melakukan setting router, terkadang terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan konfigurasi atau bahkan kehilangan data pada perangkat lain karena ada proses reset router. Untuk menjaga data kamu, pastikan untuk membackup data terlebih dahulu seperti foto, video atau dokumen yang penting sebelum kamu melakukan setting router.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengatur atau setting Totolink N200RE lewat hp kamu. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, diharapkan proses setting router kamu bisa berjalan dengan lancar. Selama melakukan setting, pastikan kamu sering membaca petunjuk agar hasil setting lebih maksimal.

Cara Menghubungkan Totolink N200RE dengan HP

Totolink N200RE adalah perangkat router yang banyak digunakan di rumah atau kantor dan sangat mudah dioperasikan. Salah satu cara untuk mengoperasikan Totolink N200RE adalah dengan menghubungkannya dengan perangkat HP. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Setel IP Address PC/Laptop dan Totolink N200RE

Pertama, pastikan aplikasi WiFi pada perangkat HP Anda telah aktif. Kemudian letakkan PC/Laptop Anda dan Totolink N200RE pada posisi yang sama. Langkah selanjutnya, buka aplikasi WiFi pada perangkat HP Anda dan sambungkan dengan jaringan WiFi yang terdapat dalam perangkat router. Setelah itu, buka browser yang sering Anda gunakan dan ketikkan IP address default pada bar URL. Pada umumnya, IP address default ini adalah 192.168.1.1.

Setelah berhasil masuk ke halaman login Totolink N200RE, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Username default dari Totolink N200RE adalah “admin” dan password defaultnya adalah “admin” pula. Berhasil login? Silahkan dilanjutkan ke langkah berikutnya!

Konfigurasikan Router

Setelah Anda berhasil login, akan muncul tampilan utama pada halaman router. Pada tampilan utama ini terdapat banyak menu yang dapat Anda pilih, tapi sekarang pilih menu “Wireless”. Menu “Wireless” berisi pengaturan untuk koneksi pada jaringan WiFi. Setelah itu, pilih “Wireless Setting” dan “Basic Setting”.

Setelah itu, cek bahwa sesuai dengan kamus data di modem, you can change ssid2 yang seharusnya menjadi nama jaringan (SSID). Sebaiknya wajib diminta agar Anda mengganti nama default menjadi nama yang lebih mudah dan lebih mudah diingat.

Hubungkan Totolink N200RE dengan Perangkat HP

Langkah terakhir, hubungkan Totolink N200RE dengan perangkat HP Anda. Pada menu “Wireless” pilih “Wireless Security”. Di sini Anda akan dihadapkan dengan pengaturan keamanan pada jaringan WiFi. Pada menu “Wireless Security”, pilih jenis keamanan yang diinginkan, sebagai contoh “WPA2-PSK”.

Setelah itu, buat sebuah password yang kuat dan mudah diingat. Setelah Anda berhasil menyimpan pengaturan tersebut, sekarang Anda dapat mencoba untuk membuka koneksi WiFi pada perangkat HP Anda dan mencari jaringan yang telah Anda buat.

Itulah cara menghubungkan Totolink N200RE dengan HP. Sangat mudah bukan? Silahkan diikuti panduan tadi secara step-by-step dan jika terjadwal kesulitan maka silahkan mencoba tanya ke customer service maupun review lain yang ada di internet. Goodluck!

Setting WLAN pada totolink n200re menggunakan hp

Untuk melakukan setting WLAN pada totolink n200re menggunakan hp, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pastikan totolink n200re sudah tersambung dengan modem dan router secara normal. Siapkan juga smartphone dan pastikan sudah terhubung dengan jaringan WiFi totolink n200re. Berikut ini adalah langkah-langkah cara setting WLAN pada totolink n200re menggunakan hp:

Baca Juga:  Cara Setting Modem Cyborg E8388

1. Buka browser pada smartphone

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka browser pada smartphone Anda. Pilih browser apa pun yang Anda sukai, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari.

2. Akses alamat IP pada totolink n200re

Selanjutnya, akses alamat IP pada totolink n200re dengan memasukkan alamat IP 192.168.1.1 pada kolom pencarian di browser. Tekan tombol Enter pada keyboard ponsel Anda.

3. Masukkan username dan password totolink n200re

Setelah berhasil mengakses alamat IP pada totolink n200re, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Pastikan Anda memiliki informasi login ini sebelum mencoba login. Jika belum, cari tahu atau tanyakan kepada teknisi yang menginstal totolink n200re. Masukkan informasi login tersebut pada kolom yang tersedia.

Di dalam dashboard totolink n200re, Anda dapat melihat berbagai opsi untuk mengatur jaringan WLAN, termasuk opsi untuk mengganti nama jaringan dan kata sandi WiFi. Setelah Anda mengubah setelan yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menyimpan perubahan dan secara otomatis totolink n200re akan merespons perubahan yang telah dilakukan.

4. Ganti nama jaringan dan kata sandi WiFi

Selanjutnya, setelah berhasil masuk ke dashboard totolink n200re, Anda dapat memilih menu WLAN pada sidebar. Pada halaman ini, Anda dapat mengubah nama jaringan dan password WiFi sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mengubah nama jaringan, masukkan nama baru di kotak yang tersedia. Begitu juga dengan password WiFi, masukkan kata sandi baru di kotak yang tersedia. Pastikan password WiFi yang baru cukup kuat dan sulit ditebak oleh orang lain.

5. Simpan perubahan

Setelah selesai mengubah nama jaringan dan kata sandi WiFi, pastikan Anda telah menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Jangan khawatir jika Anda lupa cara menyimpan perubahan, Anda akan diberikan opsi untuk menyimpan atau membatalkan perubahan yang telah dilakukan. Tekan tombol Simpan untuk menyelesaikan proses dan keluar dari dashboard totolink n200re.

Demikianlah cara setting WLAN pada totolink n200re menggunakan hp. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah nama jaringan dan kata sandi WiFi pada totolink n200re tanpa perlu menggunakan laptop atau komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatur jaringan WiFi di rumah atau di kantor.

Pengaturan SSID dan Password Wifi

Setelah menghubungkan totolink n200re ke HP, langkah selanjutnya adalah mengatur SSID dan password wifi. SSID adalah kumpulan karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan wifi Anda, sedangkan password adalah kata sandi yang digunakan untuk mengamankan jaringan Anda dari akses ilegal. Untuk melakukan pengaturan kedua hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah

  1. Buka aplikasi browser di HP Anda.
  2. Ketik alamat IP router Anda di bar URL, lalu tekan enter. Biasanya, alamat IP default adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Jika Anda tidak yakin dengan alamat IP-nya, bisa cek di manual atau kertas yang mengambil stiker pada router.
  3. Setelah Anda terhubung ke halaman login situs web, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Default nama pengguna dan kata sandi adalah “admin”. Masukkan hal yang sama, lalu tekan masuk.
  4. Pada tampilan menu, pilih “Wireless.”
  5. Pada opsi SSID, masukkan nama jaringan wifi yang ingin Anda gunakan.
  6. Di opsi keamanan, pilih jenis enkripsi yang ingin Anda gunakan. WPA2-PSK (AES) adalah pilihan yang lebih aman. Untuk itu, pilih hal yang sama.
  7. Masukkan kata sandi yang ingin Anda gunakan pada kolom Password. Kata sandi harus berupa kombinasi karakter dan angka yang sulit ditebak, setidaknya harus terdiri dari 8 karakter.
  8. Tekan “Simpan” dan Anda selesai mengatur SSID dan password wifi.
Baca Juga:  Cara Download Capcut Tanpa Watermark: Tips dan Trik Terbaru

Langkah-langkah di atas adalah informasi umum mengenai cara setting totolink n200re lewat hp. Pastikan untuk selalu mengganti nomor IP dan password untuk menjaga keamanan informasi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Menguji koneksi wifi pada totolink n200re menggunakan hp

Setelah melakukan konfigurasi pada perangkat totolink n200re, tahap selanjutnya adalah menguji koneksi wifi pada perangkat tersebut menggunakan hp. Uji coba ini bertujuan untuk memastikan bahwa konfigurasi sudah dilakukan dengan benar sehingga koneksi wifi dapat berjalan dengan lancar.

Aktifkan Wifi pada Hp

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan wifi pada hp. Pastikan wifi pada hp dalam keadaan aktif dan kemudian cari jaringan wifi yang ditawarkan oleh perangkat totolink n200re.

Masukan Password

Jika jaringan wifi totolink n200re sudah ditemukan, langkah selanjutnya adalah memasukan password perangkat totolink n200re. Pastikan password yang dimasukan sudah sesuai dengan yang sudah dibuat pada tahap konfigurasi.

Tes Koneksi

Setelah memasukan password wifi, selanjutnya adalah melakukan tes koneksi. Tes koneksi ini bertujuan untuk memastikan bahwa jaringan wifi totolink n200re sudah terhubung dengan hp dan dapat digunakan dengan lancar.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan tes koneksi, diantaranya:

1. Cek Kecepatan Wifi

Cek kecepatan wifi pada hp untuk melihat seberapa cepat koneksi wifi totolink n200re yang sudah terhubung dengan hp. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan wifi, salah satunya adalah Speedtest.

2. Browsing Internet

Selanjutnya, coba untuk membuka beberapa situs web untuk melihat apakah koneksi wifi dapat digunakan dengan lancar. Pastikan bahwa situs web yang dibuka tidak terlalu berat dan dapat dibuka dengan cepat.

3. Streaming Video

Untuk melakukan tes yang lebih intens, coba untuk melakukan streaming video di hp menggunakan koneksi wifi totolink n200re. Pastikan video dapat diputar dengan lancar tanpa adanya buffering.

4. Jaringan Sosial Media

Terakhir, coba untuk membuka beberapa aplikasi jaringan sosial media untuk melihat apakah koneksi wifi dapat digunakan dengan lancar. Pastikan aplikasi sosial media yang dibuka dapat diakses dengan cepat dan lancar.

Dengan melakukan uji coba ini, anda dapat memastikan bahwa konfigurasi totolink n200re sudah dilakukan dengan benar dan koneksi wifi dapat digunakan dengan lancar di hp. Jika ditemukan masalah pada koneksi wifi, coba untuk melakukan perbaikan pada konfigurasi totolink n200re atau hubungi teknisi terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.