Cara Setting TP-Link TL-WA7210N Sebagai Pemancar
Cara Setting TP-Link TL-WA7210N Sebagai Pemancar

Cara Setting TP-Link TL-WA7210N Sebagai Pemancar

teknadocnetwork.com – Jika Anda ingin meningkatkan jangkauan Wi-Fi Anda, perangkat TP-Link TL-WA7210N adalah solusi yang tepat. TP-Link TL-WA7210N adalah akses point outdoor yang bisa Anda gunakan sebagai pemancar. Sebelum Anda memulai proses setting TP-Link TL-WA7210N, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar proses setting lancar dan hasilnya maksimal.

Cara Setting TP-Link TL-WA7210N Sebagai Pemancar

persiapan sebelum setting TP-Link TL-WA7210N

Berikut ini adalah persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum setting TP-Link TL-WA7210N:

1. Siapkan AP Controller

AP Controller adalah sebuah software yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses setting dan kontrol terhadap TP-Link TL-WA7210N Anda. Anda bisa mengunduh software ini secara gratis di website resmi TP-Link dengan mencari kata kunci “AP Controller”. Setelah diunduh, pasang software ini di laptop atau komputer Anda.

Baca Juga:  Cara Setting Xiaomi Wifi Extender

Sebelum memulai penggunaan AP Controller di laptop atau komputer Anda, pastikan bahwa laptop atau komputer Anda sudah terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi yang sudah ada.

Jika sudah terkoneksi, jalankan aplikasi AP Controller. Di sana, Anda bisa menjalankan proses setting dengan mudah dan efektif. Dalam proses setting menggunakan AP Controller, pastikan Anda mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah tersedia agar proses setting lancar dan hasilnya maksimal.

Setelah semua tahap dalam setting menggunakan AP Controller selesai, simpan konfigurasi yang sudah dilakukan dengan menekan tombol “Save”. Hal ini akan sangat membantu jika suatu saat Anda ingin melakukan setting ulang.

2. Siapkan Kabel UTP

Untuk menghubungkan TP-Link TL-WA7210N ke jaringan Wi-Fi yang sudah ada, Anda memerlukan kabel UTP. Kabel UTP ini digunakan untuk menghubungkan TP-Link TL-WA7210N ke router atau modem ADSL yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Baca Juga:  Cara Setting Mic di Laptop

Kabel UTP ini harus menjadi prioritas utama dalam persiapan sebelum setting TP-Link TL-WA7210N. Pastikan kabel UTP yang digunakan berukuran 15 meter atau lebih panjang agar proses pengkabelan lebih mudah. Jangan lupa untuk memeriksa kualitas kabel UTP yang digunakan agar tidak terjadi gangguan dalam proses koneksi.

3. Siapkan Perangkat Pengukur

Sebelum memulai proses setting, pastikan Anda sudah menyiapkan perangkat pengukur untuk mengetahui jumlah sinyal Wi-Fi yang bisa diterima oleh TP-Link TL-WA7210N. Walau sebenarnya sudah disediakan built-in tool dalam software AP Controller untuk mengecek sinyal Wi-Fi, namun menggunakan perangkat pengukur yang terpisah memberikan hasil yang lebih akurat.

Anda bisa menggunakan perangkat pengukur seperti Wi-Fi Analyzer untuk mengetahui berapa besar sinyal Wi-Fi yang bisa diterima oleh TP-Link TL-WA7210N.

Baca Juga:  Kumpulan Rumus Filter VN Aesthetic

4. Siapkan Detail Konfigurasi

Sebelum melakukan proses setting, pastikan Anda sudah menyiapkan detail konfigurasi yang akan digunakan. Hal ini akan membantu proses setting menjadi lebih mudah dan efektif. Detail konfigurasi yang perlu disiapkan meliputi nama SSID, password, dan IP address dari TP-Link TL-WA7210N.

Nama SSID adalah nama yang akan digunakan sebagai identitas Wi-Fi. Password adalah nilai yang harus diinput setiap kali ada orang yang ingin menggunakan jaringan Wi-Fi. IP address adalah alamat unik yang diberikan pada TP-Link TL-WA7210N agar dikenali oleh jaringan Wi-Fi.