cara setting vpn di windows 8
cara setting vpn di windows 8

Cara Setting VPN di Windows 8

Menyiapkan Akun VPN

Jika Anda ingin mengatur VPN di Windows 8, Anda memerlukan akun VPN. Anda dapat menggunakan akun VPN yang diberikan oleh perusahaan atau akun VPN lain yang telah Anda beli atau berlangganan.

Anda perlu mengumpulkan informasi akun VPN Anda seperti nama pengguna dan kata sandi, server VPN, jenis protokol VPN yang digunakan, dll. Anda juga akan memerlukan alamat server VPN Anda yang bisa Anda dapatkan dari penyedia layanan VPN Anda.

Selain itu, pastikan untuk memahami kebijakan privasi dan keamanan penyedia layanan VPN dan memilih penyedia yang tepercaya.

Memilih Protokol VPN

Protokol VPN atau Virtual Private Network adalah teknologi yang digunakan untuk mengenkripsi sambungan internet Anda dan membuatnya lebih aman dan pribadi. VPN dapat membantu Anda menjaga keamanan data online Anda dan mengakses konten yang tidak tersedia di wilayah Anda.

Namun, sebelum mengatur VPN di Windows 8, Anda perlu memilih protokol VPN yang tepat. Ada beberapa pilihan protokol VPN yang tersedia, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut adalah beberapa protokol VPN yang umum digunakan:

1. PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol)

PPTP adalah protokol VPN yang paling umum digunakan dan sudah lama digunakan. PPTP sangat mudah dikonfigurasi dan bekerja dengan baik pada koneksi internet yang lambat. Namun, kelemahan protokol ini adalah keamanan yang rendah dan mudah ditembus oleh pihak yang tidak berwenang. Oleh karena itu, PPTP sudah tidak sesering digunakan lagi di era VPN modern.

2. L2TP/IPsec (Layer 2 Tunneling Protocol/Internet Protocol Security)

L2TP/IPsec adalah protokol VPN yang secara umum dianggap lebih aman dari PPTP. Protokol ini membutuhkan sertifikat digital untuk mengenkripsi koneksi internet Anda. Meskipun keamanannya lebih baik, L2TP/IPsec sedikit lebih sulit untuk dikonfigurasi dan mungkin tidak berkinerja sangat baik pada koneksi internet yang lemah.

3. SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol)

SSTP adalah protokol VPN yang cukup baru dan dikembangkan oleh Microsoft. Protokol ini mempergunakan Secure Socket Layer (SSL) untuk mengenskripsi koneksi internet Anda. SSTP dianggap sebagai salah satu protokol VPN yang sangat aman, tetapi hanya cocok digunakan pada koneksi internet yang cepat.

Baca Juga:  Cara Setting Printer Epson LX 300

4. OpenVPN

OpenVPN adalah protokol sumber terbuka. Protokol ini sangat fleksibel dan dapat digunakan pada berbagai platform, seperti Windows, Linux, dan Mac. OpenVPN juga diakui sebagai salah satu protokol VPN yang paling aman. Namun, protokol ini sedikit rumit dan membutuhkan upaya lebih untuk mengkonfigurasi dan memasangnya.

5. IKEv2 (Internet Key Exchange version 2)

IKEv2 adalah protokol khusus yang dikembangkan untuk keperluan mobile VPN. Protokol ini sangat cocok digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet karena mendukung transisi antara jaringan Wi-Fi dan seluler tanpa kehilangan koneksi. IKEv2 juga merupakan protokol VPN yang sangat cepat dan aman.

Dalam memilih protokol VPN, Anda harus mempertimbangkan kecepatan dan keamanan. Jika Anda memerlukan keamanan yang tinggi, maka OpenVPN atau SSTP bisa menjadi pilihan yang terbaik. Namun, jika Anda memerlukan koneksi yang cepat dan mudah dikonfigurasi, maka PPTP atau L2TP/IPsec bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan memilih protokol VPN yang tepat, Anda dapat meningkatkan keamanan dan privasi online Anda.

Konfigurasi Koneksi VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna komputer atau perangkat seluler untuk terhubung ke jaringan pribadi dari jarak jauh melalui koneksi internet. VPN memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data secara aman dan menjaga privasi mereka saat menggunakan internet. Beberapa penyedia VPN seperti NordVPN, ExpressVPN, dan lainnya adalah solusi yang populer untuk menjaga privasi pengguna saat berselancar di internet.

Jika Anda menggunakan Windows 8, Anda dapat mengkonfigurasi koneksi VPN dengan mudah dan cepat menggunakan langkah-langkah sederhana. Berikut adalah cara mengatur koneksi VPN di Windows 8:

1. Buka jendela “Settings”

Pertama, Anda harus membuka jendela “Settings” di Windows 8 Anda. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Start” pada layar awal, lalu klik “Settings” di sisi kanan bawah layar.

2. Pilih koneksi “Network”

Setelah jendela “Settings” terbuka, klik opsi “Network” pada menu yang muncul.

3. Tambahkan koneksi “VPN”

Setelah Anda memilih opsi “Network”, klik opsi “Add a VPN connection” untuk menambahkan koneksi VPN.

Penting: Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memberikan informasi koneksi VPN yang ingin Anda tambahkan, seperti nama koneksi, alamat server, jenis VPN (PPTP, L2TP, SSTP, dll.), dan lainnya. Pastikan Anda memiliki semua informasi ini sebelum melanjutkan.

4. Isi informasi koneksi VPN

Setelah Anda mengklik opsi “Add a VPN connection”, jendela “Add a VPN connection” akan muncul. Isi semua informasi yang diminta dengan benar.

5. Simpan pengaturan koneksi VPN

Setelah selesai mengisi informasi koneksi VPN, klik tombol “Save” di bawah jendela “Add a VPN connection” untuk menyimpan pengaturan koneksi Anda

Sekarang, koneksi VPN Windows 8 Anda sudah siap digunakan. Untuk terhubung ke koneksi VPN tersebut, klik opsi “Connect” di jendela yang sama dengan koneksi VPN yang Anda tambahkan pada langkah 3 & 4.

Baca Juga:  Cara Menghubungkan Set Top Box ke Televisi

Catatan: Pastikan Anda memiliki informasi login dan password yang benar sebelum menghubungkan ke koneksi VPN. Beberapa jaringan VPN mungkin memerlukan otentikasi pengguna untuk terhubung ke jaringan.

Konfigurasi koneksi VPN di Windows 8 sangatlah mudah dan sederhana. Namun, pastikan Anda telah memberikan informasi yang akurat sebelum menambahkan koneksi VPN dan terhubung ke jaringan VPN. Selamat mencoba!.

Menghubungkan dengan VPN

Virtual Private Network atau yang biasa disebut VPN merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses internet dengan lebih aman dan terenkripsi. VPN memungkinkan kita untuk terhubung ke internet secara anonim dan menyembunyikan alamat IP kita dari penyedia layanan internet (ISP).

Ini bisa sangat penting jika kamu sedang menggunakan wifi publik yang tidak aman dan ingin melindungi diri dari ancaman peretas dan malware. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara setting VPN di Windows 8. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Masuk ke Menu Setting

Sebelum menghubungkan VPN, kamu harus terlebih dahulu membuka menu settings. Kamu bisa menemukannya dengan cara meng-klik tombol start yang berada di pojok kiri bawah, kemudian pilih menu settings seperti pada gambar dibawah ini:

Pilih Network & Internet

Setelah masuk ke menu setting, kamu akan menemukan berbagai macam opsi. Pilih opsi “Network & Internet” seperti pada gambar dibawah ini:

Pilih VPN

Setelah memilih Network & Internet, kamu akan melihat banyak opsi seperti Wi-Fi, Airplane Mode, VPN, dsb. Pilih opsi VPN seperti pada gambar dibawah ini:

Tambahkan VPN

Setelah memilih opsi VPN, klik opsi “Add a VPN Connection” seperti pada gambar dibawah ini:

Jika kamu belum memiliki detail VPN, silahkan coba mencari VPN gratis yang terpercaya atau kamu bisa menggunakan VPN Premium seperti NordVPN, ExpressVPN, dll. Namun, jika kamu memilih VPN gratisan, perlu diingat bahwa mereka mungkin tidak seaman VPN berbayar.

Berikut beberapa opsi yang harus kamu isi saat menambahkan VPN:

  1. VPN Provider: nama penyedia VPN
  2. Connection Name: sebuah nama yang mudah diingat
  3. Server Name or Address: alamat server VPN
  4. VPN Type: jenis protokol VPN (PPTP, L2TP, SSTP, OpenVPN, dll)
  5. Type of sign-in info: jenis otentikasi (User Name dan Password, Smart Card, Certificate, dsb)
    • Username: nama pengguna VPN kamu
    • Password: sandi VPN kamu

Hubungkan ke VPN

Setelah kamu mengisi opsi-opsi diatas, klik opsi “Save”. Dan, kamu akan melihat sebuah opsi “Connect” pada menu VPN. Klik opsi ini untuk menghubungkan ke VPN seperti pada gambar dibawah ini:

Setelah kamu klik opsi “Connect”, kamu akan diminta untuk memasukan Username dan Password untuk VPN. Masukan detail tersebut dan klik Connect.

Baca Juga:  Cara Setting Kartu Bolt di Asus Zenfone 2

Itulah dia cara setting VPN di Windows 8. Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang kamu sudah bisa menggunakan VPN dan melindungi diri dari ancaman online. Ingat, jangan gunakan VPN secara tidak sah dan selamat mencoba!

Menguji Koneksi VPN

Setelah melakukan setting VPN di Windows 8, kamu perlu memastikan apakah koneksi VPN berhasil terhubung atau tidak. Berikut adalah cara untuk menguji koneksi VPN:

Buka menu Settings

Pertama-tama, kamu perlu membuka menu Settings di Windows 8. Caranya, klik kanan pada tombol Start, lalu pilih Settings.

Pilih Network & Internet

Setelah membuka menu Settings, pilih Network & Internet.

Pilih VPN

Pada opsi Network & Internet, pilih opsi VPN. Di sini, kamu akan menemukan daftar semua koneksi VPN yang telah kamu tambahkan sebelumnya.

Pilih koneksi VPN yang ingin diuji

Pilih koneksi VPN yang ingin kamu uji dengan mengklik nama koneksi tersebut. Setelah itu, kamu akan melihat informasi lebih detail tentang koneksi tersebut, seperti status koneksi dan alamat IP.

Coba koneksi VPN dengan menghubungkan ke server

Setelah memilih koneksi VPN yang ingin diuji, kamu perlu menghubungkan ke server untuk memastikan koneksi VPN dapat terhubung. Untuk itu, klik tombol Connect yang terletak di bagian bawah informasi koneksi tersebut. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga koneksi berhasil terhubung.

Setelah terhubung, kamu dapat mencoba membuka situs atau aplikasi yang sebelumnya tidak dapat diakses karena diblokir. Jika koneksi VPN berfungsi dengan baik, kamu akan dapat mengakses situs tersebut tanpa masalah.

Jika koneksi VPN gagal terhubung, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut:

  • Periksa kembali pengaturan VPN: Pastikan kamu telah mengatur pengaturan VPN dengan benar, seperti nama pengguna dan kata sandi, alamat IP server, dan jenis protokol yang digunakan.
  • Periksa koneksi internet: Pastikan koneksi internet kamu stabil dan tidak bermasalah. Jika koneksi internet bermasalah, koneksi VPN juga akan terpengaruh.
  • Coba koneksi VPN pada waktu yang berbeda: Beberapa server VPN dapat menjadi sibuk pada jam-jam tertentu, sehingga sulit untuk terhubung. Cobalah untuk menghubungkan kembali pada waktu yang berbeda untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada server atau pada pengaturan VPN kamu.
  • Coba koneksi VPN pada perangkat yang berbeda: Jika kamu masih tidak dapat terhubung ke koneksi VPN, coba untuk menghubungkan pada perangkat yang berbeda untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada perangkat kamu atau pada koneksi VPN tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menguji koneksi VPN di Windows 8 dan memastikan bahwa koneksi VPN dapat berfungsi dengan baik. Kamu juga dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi dan mencoba memperbaikinya agar koneksi VPN dapat terhubung dengan sukses.