Apa Itu Snapdragon? Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Snapdragon

teknadocnetwork.com – Anda mungkin sering mendengar tentang Snapdragon ketika berbicara tentang ponsel cerdas. Namun, apa itu Snapdragon? Apakah itu sebuah merek ponsel cerdas? Atau, apakah itu sebuah aplikasi?

Ternyata, Snapdragon sebenarnya adalah prosesor buatan Qualcomm yang sangat populer dan sering digunakan dalam banyak ponsel cerdas di seluruh dunia.

Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang Snapdragon, dari sejarah hingga keunggulan dan banyak lagi.

Apa itu Snapdragon?

Apa itu Snapdragon

Kamu tahu nggak sih, apa itu Snapdragon? Kayaknya banyak juga ya dari kita yang beli Smartphone tapi nggak tau komponen pendukungnya. Nggak jarang juga ada yang masih bingung apa arti dari snapdragon dan apa gunanya sih.

Ternyata, salah satu hal penting untuk bikin Smartphone kita nggak lelet dan berkinerja bagus adalah prosesor yang digunakan. Nah, di Smartphone Android sendiri ada dua jenis prosesor yang sering digunakan, yaitu MediaTek dan Snapdragon. Kedua jenis prosesor ini juga dipakai oleh beberapa merek Smartphone kelas atas.

Bagi para gamer yang suka main game kualitas tinggi pasti pernah ngerasain Smartphone tiba-tiba panas atau ngelag. Nah, ini pengaruh dari tipe prosesor yang kita pake.

Jadi, Snapdragon itu sebenarnya sistem on chip buatan Qualcomm yang jadi produk andalan mereka. Biasanya sih, Snapdragon ini banyak dipakai di smartphone yang pake sistem operasi Android atau iOS. Nah, kenapa disebut sistem on chip? Karena di dalam satu perangkat udah ada beberapa komponen penting, jadi semacam miniaturisasi gitu.

Maknanya, Snapdragon itu artinya chip yang super duper penting buat ngejaga kinerja hp kita. Nggak heran kalo beberapa vendor ponsel bangga banget kalo hp mereka pake chipset Snapdragon dari Qualcomm. Soalnya, hp yang pake Snapdragon ini lebih diminati dibanding hp dengan chipset dari produsen lain.

Nah, kegunaan snapdragon itu salah satunya adalah buat atur grafik di game dan bikin game itu jadi lancar.

Baca Juga:  Botol Susu Bayi Terbaik di Indonesia

Jadi, prosesor ini bisa jadi salah satu ukuran bagi sebagian orang buat memilih Smartphone yang pas dengan kebutuhan mereka. Jangan sampai beli Smartphone yang nggak sesuai dengan kebutuhan. Gimana, sekarang udah paham kan apa itu Snapdragon?

Sejarah Snapdragon

Snapdragon pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm pada tahun 2007 sebagai prosesor untuk ponsel cerdas. Sejak saat itu, Snapdragon telah berkembang menjadi salah satu prosesor ponsel cerdas paling populer di dunia.

Saat ini, Snapdragon dapat ditemukan dalam banyak ponsel cerdas dari berbagai merek terkenal seperti Samsung, Xiaomi, dan OnePlus.

Keunggulan Snapdragon

Snapdragon memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi prosesor ponsel cerdas yang populer. Berikut adalah beberapa keunggulan Snapdragon:

1. Kinerja yang Cepat

Snapdragon menawarkan kinerja yang sangat cepat dan dapat diandalkan. Dengan kecepatan clock yang tinggi, prosesor Snapdragon mampu menangani tugas-tugas yang berat seperti gaming dan multitasking dengan lancar.

2. Penghematan Energi yang Tinggi

Snapdragon juga dikenal sebagai prosesor ponsel cerdas yang hemat energi. Ini karena Snapdragon menggunakan teknologi hemat energi yang canggih untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai.

3. Kualitas Grafis yang Hebat

Snapdragon juga menawarkan kualitas grafis yang sangat baik. Dengan dukungan untuk teknologi grafis terbaru seperti Vulkan dan DirectX 12, Snapdragon mampu menampilkan grafis yang indah dan tajam pada ponsel cerdas.

Komponen Chip Snapdragon

Awalnya, chip Snapdragon ini diluncurkan oleh perusahaan teknologi Qualcomm pada November 2007. Nah, sebenernya nama Snapdragon itu berasal dari kata “Snap” dan “Dragon” yang artinya kecepatan dan keganasan. Versi pertama yang dikenalin oleh Qualcomm itu adalah Snapdragon QSD8250 dengan kecepatan pemrosesan sebesar 1 GHz

Nah, buat lebih paham lagi tentang Snapdragon, kamu juga perlu tahu komponen-komponen chip yang terkait di dalamnya. Ada beberapa komponen penting nih, di antaranya:

1. Graphic Processing Unit/GPU

Ini nih komponen yang bikin hp kita bisa nampilin gambar dan video dengan kualitas yang keren. GPU ini juga yang nentuin performa khususnya buat main game atau nonton video.

2. Processor/CPU

Komponen yang satu ini bisa disebut sebagai “otak” dari hp kita. CPU ini yang nentuin kecepatan pengolahan data dan bisa mempengaruhi performa hp kita secara keseluruhan.

3. Sistem Memory Sistem

Memory ini yang jadi tempat penyimpanan sementara data-data penting saat kita pakai hp. Semakin besar kapasitas sistem memory, semakin lancar juga hp kita.

4. Sistem Audio

Komponen yang satu ini nentuin kualitas suara yang dihasilkan oleh hp kita. Kalo hp kita punya kualitas suara yang bagus, pastinya bakalan bikin kita seneng kalo dengerin musik atau nonton video.

5. Wireless Mode

Komponen ini yang jadi penghubung antara hp kita dengan jaringan internet. Wireless Mode yang baik dan stabil bisa mempengaruhi kualitas koneksi kita.

6. Digital Signal Processor/DSP

Komponen ini yang bikin suara telepon kita jadi lebih jernih dan bersih. DSP ini juga bisa ngatur kualitas suara di aplikasi lain yang kita pakai di hp.

7. Image Signal Processor/ISP

Komponen ini yang bikin foto dan video yang dihasilkan oleh hp kita jadi lebih bagus. ISP ini juga bisa ngatur kualitas gambar buat video call dan ngatur fokus di kamera depan.

Baca Juga:  Apa Sih Bedanya Job Seeker dan Pelamar Kerja?

8. Qualcomm Mobile Security

Komponen ini jadi bagian yang menjaga keamanan hp kita. Qualcomm Mobile Security bisa ngecek keamanan sistem operasi di hp kita dan ngatur akses aplikasi-aplikasi yang kita pakai.

Fungsi Snapdragon

Setelah tahu apa itu Snapdragon, kamu juga perlu tahu nih fungsi-fungsi dari Snapdragon itu sendiri. Karena Snapdragon ini adalah sebuah System On Chip yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Beberapa fungsi dari Snapdragon itu antara lain:

1. Sebagai pemroses data

Snapdragon berperan sebagai pemroses data yang ada di hp kita. Semakin cepat prosesor Snapdragon, semakin lancar pula hp kita dalam mengolah data.

2. Sebagai pemroses gambar visual

Snapdragon juga jadi pemroses gambar visual yang bikin hp kita bisa nampilin gambar dengan kualitas yang keren. Semakin bagus GPU di Snapdragon, semakin keren pula gambar yang dihasilkan oleh hp kita.

3. Sebagai media penyimpanan

Snapdragon juga bisa jadi media penyimpanan sementara data di hp kita. Semakin besar kapasitas sistem memory di Snapdragon, semakin banyak data yang bisa kita simpan di hp kita.

4. Sebagai konektor internet

Snapdragon juga berfungsi sebagai konektor internet yang memungkinkan hp kita terhubung dengan jaringan internet. Semakin baik konektivitas Snapdragon, semakin cepat koneksi internet di hp kita.

5. Sebagai pemroses data audio

Snapdragon juga bisa jadi pemroses data audio yang bikin suara di hp kita jadi lebih jernih dan bersih.

6. Sebagai pemroses signal

Snapdragon juga berfungsi sebagai pemroses signal untuk koneksi jaringan di hp kita. Semakin baik pemroses signal di Snapdragon, semakin stabil pula koneksi di hp kita.

7. Sebagai sistem keamanan

Snapdragon juga jadi sistem keamanan buat hp kita. Dengan adanya sistem keamanan di Snapdragon, hp kita bisa terlindungi dari berbagai macam serangan.

8. Fungsi Snapdragon untuk game

Snapdragon juga punya fungsi khusus buat main game yang bikin performa game di hp kita jadi lebih lancar dan bagus.

Jenis jenis Snapdragon

Snapdragon memiliki beberapa jenis yang sudah dikenal di pasaran, di antaranya:

1. Snapdragon S

Series Ini adalah chipset Snapdragon generasi pertama yang pertama kali muncul pada tahun 2007 dengan nama Snapdragon S1.

Seri ini digunakan pada ponsel Android pada tahun 2008. Beberapa contoh smartphone yang menggunakan Snapdragon S1 adalah LG Optimus L7, Samsung Galaxy Young, dan Samsung Galaxy Trend Lite.

2. Snapdragon 200 Series

Pada tahun 2013, Qualcomm mulai memperbarui produk Snapdragon dan membaginya ke dalam 4 seri, salah satunya adalah Snapdragon seri 200. Snapdragon 200 dirancang untuk kelas entry-level atau smartphone dengan harga terjangkau.

Chipset pada Snapdragon 200 memiliki prosesor dua core dan menggunakan Adreno 203 sebagai pengolah grafisnya.

Qualcomm mengembangkan beberapa jenis seri Snapdragon 200 seperti Snapdragon 205, Snapdragon 208, Snapdragon 210, dan Snapdragon 212. Namun, Snapdragon 200 sudah tidak lagi dilanjutkan sejak 2018.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Mual: Tips dan Tutorial Lengkap

3. Snapdragon 400 Series

Chipset ini ditujukan untuk smartphone dengan harga terjangkau, tetapi dengan performa yang bagus. Snapdragon 400 dibuat dengan arsitektur ARM Cortex A7 yang sudah mendukung tampilan HD.

Salah satu jenis Snapdragon 400 yang populer adalah Snapdragon 425. Beberapa contoh smartphone yang menggunakan Snapdragon 425 adalah Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy J2.

4. Snapdragon 600 Series

Snapdragon series 600 merupakan chipset kelas menengah yang memiliki performa lebih baik dari Snapdragon 400. Beberapa jenis chipset Snapdragon 600 yang sering digunakan adalah Snapdragon 625, Snapdragon 636, dan Snapdragon 660. Ketiganya memiliki performa bagus dan fitur yang baik.

5. Snapdragon 700 Series

Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon series 700 pada tahun 2018. Terdapat tiga jenis chipset yaitu Snapdragon 710, Snapdragon 712, dan Snapdragon 730 (serta versi 730G). Kehadiran chipset ini membuat posisinya berada di antara Snapdragon 600 series dan Snapdragon 800.

6. Snapdragon 800 Series

Snapdragon 800 series masuk dalam kategori chipset Snapdragon kelas atas. Keluarga Snapdragon 800 selalu menciptakan chipset yang mumpuni untuk menjalankan berbagai permainan dengan baik.

Beberapa jenis Snapdragon 800 yang populer adalah Snapdragon 820, Snapdragon 821, Snapdragon 835, Snapdragon 845, dan Snapdragon 855. Ketiganya memiliki performa yang sangat baik dan fitur unggulan konsumsi daya yang lebih sedikit.

Snapdragon 835 dan Snapdragon 845 dibangun dengan fabrikasi 10 nm, sedangkan Snapdragon 855 dibangun dengan fabrikasi 7 nm. Namun, pada masa awal, Snapdragon 800 juga mengalami kegagalan pada produk seperti Snapdragon 808 atau Snapdragon 810 yang sering panas.

FAQ Tentang Snapdragon Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Snapdragon:

Q: Apakah Snapdragon Lebih Baik Daripada Prosesor Lainnya?

A: Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena setiap prosesor memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, Snapdragon memiliki keunggulan seperti kinerja yang cepat, penghematan energi yang tinggi, dan kualitas grafis yang hebat, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk ponsel cerdas.

Q: Apakah Semua Ponsel Cerdas Menggunakan Snapdragon?

A: Tidak, tidak semua ponsel cerdas menggunakan Snapdragon. Ada juga prosesor ponsel cerdas lainnya seperti MediaTek, Apple A-series, dan Exynos yang digunakan dalam ponsel cerdas.

Kesimpulan

Snapdragon adalah prosesor ponsel cerdas yang populer dan digunakan dalam banyak ponsel cerdas di seluruh dunia.

Dengan keunggulan seperti kinerja yang cepat, penghematan energi yang tinggi, dan kualitas grafis yang hebat, Snapdragon menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna ponsel cerdas yang ingin memiliki pengalaman penggunaan yang lancar dan mulus.

Meskipun ada prosesor ponsel cerdas lainnya di pasar, Snapdragon tetap menjadi salah satu yang terbaik dan layak dipertimbangkan saat membeli ponsel cerdas. Jadi, itulah tadi apa itu Snapdragon dan segala hal yang perlu Anda ketahui tentang prosesor Qualcomm yang populer ini.