Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750
Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750 – Jaringan hotspot yang stabil dan terpercaya sangatlah penting untuk bisnis yang ingin meningkatkan pengunjung di suatu lokasi, seperti kafe atau restoran.

Salah satu produk router terbaik yang dapat digunakan untuk mengatur jaringan hotspot pada suatu lokasi melalui MikroTik RB750. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan mengenai cara setting hotspot dan user manager di Mikrotik RB750 agar Anda dapat mengatur jaringan hotspot dengan mudah dan lebih efisien.

MikroTik RB750 memegang peran penting dalam mengatur jaringan hotspot pada suatu lokasi, karena router ini dapat mengatur akses internet dengan lebih mudah melalui hotspot. Dengan begitu, setiap pengunjung yang ingin mengakses internet di suatu lokasi hanya perlu terhubung dengan jaringan hotspot yang ada pada Mikrotik RB750. Pengunjung pun dapat mengakses internet secara gratis atau berbayar, tergantung pada opsi yang Anda berikan.

Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi dasar pada Mikrotik RB750 ini. Anda dapat melakukan konfigurasi Dasar ini melalui webfig atau Winbox. Pastikan untuk menghubungkan PC atau laptop dengan kabel LAN ke router Mikrotik RB750 dan pastikan juga bahwa PC tersebut telah terhubung ke jaringan router tersebut.

Baca Juga:  Cara Setting Internet Axis di Android

Anda perlu mengkonfigurasi konfigurasi awal pada Mikrotik RB750, termasuk konfigurasi jaringan dasar, seperti konfigurasi IP Address, netmask, gateway, dan DNS. Berikut adalah panduan singkat untuk melakukan konfigurasi IP Address pada Mikrotik RB750:

  1. Pertama, buka aplikasi Winbox dan masukkan IP Address, username, dan password Mikrotik RB750
  2. Pilih menu IP pada sidebar, kemudian pilih Address
  3. Tambahkan IP Address baru pada interface ether1 (IP Address Ether1 diperlukan untuk melakukan koneksi internet yang akan didistribusikan)

Setelah Anda berhasil melakukan konfigurasi jaringan dasar, maka Anda dapat melakukan konfigurasi hotspot pada Mikrotik RB750. Berikut adalah panduan singkat untuk mengatur jaringan hotspot pada Mikrotik RB750:

  1. Klik menu IP Hotspot pada sidebar, kemudian pilih Hotspot Setup
  2. Pilih interface yang digunakan untuk Hotspot (misal: Ether2).
  3. Tentukan IP Address Hotspot (misal: 172.16.1.1/24).
  4. Buka tab Server Profile, kemudian tentukan IP Address Pool yang digunakan oleh klien (misal: 172.16.1.2-172.16.1.254).
  5. Tentukan Login dan Logout Profile dengan cara memilih tab Login dan Logout, lalu klik Add.
  6. Buka tab Profiles, kemudian pilih Add untuk menambahkan profil baru. Pada bagian name, masukkan nama untuk profil tersebut. Pada bagian IP Pool, pilih IP Address Pool yang sudah didaftarkan tadi
  7. Setelah semua pengaturan dilakukan, klik Apply dan OK untuk menyimpan konfigurasi.
Baca Juga:  Cara Setting DVR CCTV Agar Bisa Merekam

Setelah Anda berhasil mengatur jaringan hotspot pada Mikrotik RB750, maka Anda dapat melakukan tes pada jaringan tersebut dengan cara terhubung ke jaringan hotspot dan membuka halaman login Mikrotik. Jika halaman login muncul, maka hotspot Mikrotik RB750 sudah berhasil dikonfigurasi dengan baik.

Kami harap panduan ini dapat membantu Anda mengatur jaringan hotspot pada Mikrotik RB750 dengan lebih mudah dan efisien. Jika Anda masih memiliki kendala dalam melakukan konfigurasi ini, Anda dapat meminta bantuan kepada teknisi Mikrotik yang berpengalaman agar dapat membantu Anda melakukan konfigurasi hotspot pada Mikrotik RB750 dengan baik dan benar.

Menyiapkan User Manager pada Mikrotik RB750

Jika Anda ingin membuat jaringan internet di perusahaan atau rumah, pastikan Anda memiliki perangkat yang memadai dan memenuhi kebutuhan. Mikrotik RB750 adalah salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Perangkat ini telah terintegrasi dengan banyak fitur termasuk “User Manager” yang fungsinya adalah untuk melakukan manajemen pengguna pada jaringan internet Anda.

Baca Juga:  Cara Setting Mouse Fantech W4 dengan Mudah

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum user manager dapat digunakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Menginstal RouterOS

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal RouterOS pada Mikrotik RB750. Pastikan Anda mengunduh versi terbaru dan memperhatikan instruksi dalam dokumentasi. Setelah berhasil menginstal, router harus dapat digunakan dan berfungsi normal.

Melakukan Konfigurasi Awal

Konfigurasi awal harus dilakukan untuk merancang jaringan internet yang tepat untuk Anda. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah mengatur username dan password, alamat IP router, jaringan LAN, dan sebagainya.

Mengaktifkan User Manager

how to enable user manager in mikrotik RB750

Membuat User Manager Profile

how to create user manager profile