Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750
Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750 – Jaringan hotspot yang stabil dan terpercaya sangatlah penting untuk bisnis yang ingin meningkatkan pengunjung di suatu lokasi, seperti kafe atau restoran.

Salah satu produk router terbaik yang dapat digunakan untuk mengatur jaringan hotspot pada suatu lokasi melalui MikroTik RB750. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan mengenai cara setting hotspot dan user manager di Mikrotik RB750 agar Anda dapat mengatur jaringan hotspot dengan mudah dan lebih efisien.

MikroTik RB750 memegang peran penting dalam mengatur jaringan hotspot pada suatu lokasi, karena router ini dapat mengatur akses internet dengan lebih mudah melalui hotspot. Dengan begitu, setiap pengunjung yang ingin mengakses internet di suatu lokasi hanya perlu terhubung dengan jaringan hotspot yang ada pada Mikrotik RB750. Pengunjung pun dapat mengakses internet secara gratis atau berbayar, tergantung pada opsi yang Anda berikan.

Cara Setting Hotspot dan User Manager di Mikrotik RB750

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi dasar pada Mikrotik RB750 ini. Anda dapat melakukan konfigurasi Dasar ini melalui webfig atau Winbox. Pastikan untuk menghubungkan PC atau laptop dengan kabel LAN ke router Mikrotik RB750 dan pastikan juga bahwa PC tersebut telah terhubung ke jaringan router tersebut.

Anda perlu mengkonfigurasi konfigurasi awal pada Mikrotik RB750, termasuk konfigurasi jaringan dasar, seperti konfigurasi IP Address, netmask, gateway, dan DNS. Berikut adalah panduan singkat untuk melakukan konfigurasi IP Address pada Mikrotik RB750:

  1. Pertama, buka aplikasi Winbox dan masukkan IP Address, username, dan password Mikrotik RB750
  2. Pilih menu IP pada sidebar, kemudian pilih Address
  3. Tambahkan IP Address baru pada interface ether1 (IP Address Ether1 diperlukan untuk melakukan koneksi internet yang akan didistribusikan)

Setelah Anda berhasil melakukan konfigurasi jaringan dasar, maka Anda dapat melakukan konfigurasi hotspot pada Mikrotik RB750. Berikut adalah panduan singkat untuk mengatur jaringan hotspot pada Mikrotik RB750:

  1. Klik menu IP Hotspot pada sidebar, kemudian pilih Hotspot Setup
  2. Pilih interface yang digunakan untuk Hotspot (misal: Ether2).
  3. Tentukan IP Address Hotspot (misal: 172.16.1.1/24).
  4. Buka tab Server Profile, kemudian tentukan IP Address Pool yang digunakan oleh klien (misal: 172.16.1.2-172.16.1.254).
  5. Tentukan Login dan Logout Profile dengan cara memilih tab Login dan Logout, lalu klik Add.
  6. Buka tab Profiles, kemudian pilih Add untuk menambahkan profil baru. Pada bagian name, masukkan nama untuk profil tersebut. Pada bagian IP Pool, pilih IP Address Pool yang sudah didaftarkan tadi
  7. Setelah semua pengaturan dilakukan, klik Apply dan OK untuk menyimpan konfigurasi.
Baca Juga:  Cara Setting Virtual Background Zoom

Setelah Anda berhasil mengatur jaringan hotspot pada Mikrotik RB750, maka Anda dapat melakukan tes pada jaringan tersebut dengan cara terhubung ke jaringan hotspot dan membuka halaman login Mikrotik. Jika halaman login muncul, maka hotspot Mikrotik RB750 sudah berhasil dikonfigurasi dengan baik.

Kami harap panduan ini dapat membantu Anda mengatur jaringan hotspot pada Mikrotik RB750 dengan lebih mudah dan efisien. Jika Anda masih memiliki kendala dalam melakukan konfigurasi ini, Anda dapat meminta bantuan kepada teknisi Mikrotik yang berpengalaman agar dapat membantu Anda melakukan konfigurasi hotspot pada Mikrotik RB750 dengan baik dan benar.

Menyiapkan User Manager pada Mikrotik RB750

Jika Anda ingin membuat jaringan internet di perusahaan atau rumah, pastikan Anda memiliki perangkat yang memadai dan memenuhi kebutuhan. Mikrotik RB750 adalah salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Perangkat ini telah terintegrasi dengan banyak fitur termasuk “User Manager” yang fungsinya adalah untuk melakukan manajemen pengguna pada jaringan internet Anda.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum user manager dapat digunakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Menginstal RouterOS

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal RouterOS pada Mikrotik RB750. Pastikan Anda mengunduh versi terbaru dan memperhatikan instruksi dalam dokumentasi. Setelah berhasil menginstal, router harus dapat digunakan dan berfungsi normal.

Melakukan Konfigurasi Awal

Konfigurasi awal harus dilakukan untuk merancang jaringan internet yang tepat untuk Anda. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah mengatur username dan password, alamat IP router, jaringan LAN, dan sebagainya.

Mengaktifkan User Manager

how to enable user manager in mikrotik RB750

Membuat User Manager Profile

how to create user manager profile

Setelah berhasil mengaktifkan User Manager, maka selanjutnya adalah membuat User Manager Profile dari menu “User Manager”. Profile tersebut berisi informasi tentang waktu pemakaian internet, kuota, paket, harga, dan sebagainya. Anda harus membuat satu profile untuk setiap jenis paket yang akan diberikan pada pengguna.

Membuat User Manager User

how to create user manager user

Terakhir, membuat User Manager User dengan memasukkan informasi seperti username dan password. Kemudian, pilih profil yang tepat untuk user tersebut agar sesuai dengan kebutuhan.

Dalam membuat jaringan internet yang baik dan berkualitas, User Manager pada Mikrotik RB750 adalah hal yang sangat penting. Dengan menggunakan User Manager, kita dapat mengontrol akses pengguna pada jaringan internet sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kualitas jaringan yang kita miliki.

Menambahkan User untuk Hotspot pada Mikrotik RB750

Apabila Anda ingin memberikan akses internet gratis atau terbatas kepada pelanggan Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur hotspot pada Mikrotik RB750 sebagai solusinya. Pada fitur hotspot Mikrotik, Anda dapat menambahkan user dan password yang nantinya dapat digunakan oleh pelanggan Anda untuk mengakses internet lewat jaringan wifi yang telah Anda sediakan. Berikut adalah cara menambahkan user untuk hotspot pada Mikrotik RB750:

  1. Login ke Mikrotik RB750 melalui aplikasi Winbox.
  2. Pilih menu “IP” di sebelah kiri jendela Winbox, kemudian klik “Hotspot”.
  3. Klik tombol “User” untuk menambahkan user baru untuk hotspot. Pada form yang muncul, Anda dapat mengisi informasi user yang ingin Anda tambahkan, seperti:
    • Username: masukkan username yang ingin Anda berikan kepada pelanggan.
    • Password: masukkan password yang ingin Anda berikan kepada pelanggan. Pastikan password yang Anda buat cukup kuat agar tidak mudah ditebak oleh orang lain.
    • Profile: pilih profil yang ingin Anda berikan kepada user. Profil di sini merupakan konfigurasi yang dapat Anda terapkan pada user, seperti batasan kecepatan internet, jumlah koneksi yang dapat dilakukan oleh user, serta pengaturan lainnya.
  4. Setelah mengisi informasi user, klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan.
  5. Setelah itu, user yang Anda tambahkan sudah dapat digunakan untuk mengakses jaringan wifi hotspot pada Mikrotik RB750 Anda.
Baca Juga:  Cara Setting Range Extender TP-Link TL-WR840N

Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin user yang Anda inginkan pada hotspot Mikrotik RB750 Anda. Anda juga dapat menghapus user yang tidak diperlukan atau mengubah informasi user yang telah Anda tambahkan sebelumnya.

Dengan menambahkan user pada hotspot Mikrotik RB750, Anda dapat lebih mudah mengatur akses internet yang diberikan kepada pelanggan Anda. Anda juga dapat memonitornya dan menjaga keamanannya. Selamat mencoba!

Menyesuaikan Profil Pengguna pada Mikrotik RB750

Profil Pengguna Mikrotik RB750

Mikrotik RB750 adalah router yang memiliki banyak fitur, salah satunya adalah fitur hotspot dan user manager. Dalam menggunakan fitur hotspot ini, kita dapat mengatur profil pengguna untuk membatasi akses dan kecepatan internet yang mereka gunakan.

Untuk menyesuaikan profil pengguna pada Mikrotik RB750, pertama-tama kita perlu mengakses user manager pada router Mikrotik. Caranya adalah dengan membuka browser dan mengakses alamat 192.168.88.1. Kemudian masukkan username dan password, kemudian klik menu “User” pada bagian atas.

Selanjutnya, kita dapat mengatur profil pengguna dengan memilih “Profiles” pada bagian kiri. Di halaman ini, kita dapat mengatur batasan-batasan yang akan diterapkan pada setiap profil pengguna yang dibuat.

Untuk menambahkan profil pengguna, kita dapat klik tombol “Add New” pada bagian atas. Kemudian kita perlu mengatur beberapa konfigurasi seperti nama profil, dan batasan-batasan seperti kecepatan download dan upload yang akan diberikan pada pengguna yang masuk ke dalam profil tersebut.

Setelah itu kita dapat memberikan akses pada pengguna dengan menambahkan “User Profile” pada akun pengguna yang sudah kita buat sebelumnya. Kita dapat melakukannya dengan cara kembali ke menu “User”, kemudian pilih akun pengguna yang akan diberi akses pada salah satu profil pengguna yang sudah dibuat.

Selanjutnya kita pilih “Profile” pada bagian atas, kemudian pilih salah satu profil pengguna yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah profil pengguna berhasil ditambahkan ke akun pengguna, maka batasan-batasan yang sudah kita atur pada profil tersebut akan diterapkan pada akses internet yang pengguna gunakan.

Begitulah cara menyesuaikan profil pengguna pada Mikrotik RB750. Dengan mengatur profil pengguna, kita dapat lebih mudah dalam mengatur batasan-batasan pengguna yang terkoneksi dengan hotspot pada jaringan kita.

Mengatur Billing dan Voucher pada Mikrotik RB750

Jika Anda ingin memulai usaha ISP kecil atau menaikkan kualitas koneksi Wi-Fi di rumah, Mikrotik RB750 dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda. Salah satu fitur yang terdapat dalam Mikrotik RB750 adalah Hotspot dan User Manager yang dapat digunakan untuk membagikan koneksi internet kepada banyak orang secara aman dan teratur.

Untuk mengatur keamanan dan pengaturan akses pengguna, salah satu hal yang perlu dipelajari adalah bagaimana mengatur billing dan voucher pada Mikrotik RB750. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara mengatur billing dan voucher pada Mikrotik RB750.

Baca Juga:  Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok: Tips dan Langkah Penting

1. Mengatur Billing pada Mikrotik RB750

Billing pada Mikrotik RB750 bertujuan untuk memonitor penggunaan internet dan mengontrol akses pengguna. Cara mengatur billing untuk Mikrotik RB750 adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu IP dan pilih DHCP Server
  2. Tambahkan rangkaian IP untuk setiap interface menggunakan 24 bit subnet, misalnya: 192.168.100.0/24 untuk interface WLAN1 dan 192.168.200.0/24 untuk interface WLAN2
  3. Masukkan username dan password pada fitur User Manager yang terdapat dalam Mikrotik RB750 sesuai keinginan Anda. Pilihlah menu user profile dan atur paket akses internet harian, mingguan, atau bulanan

2. Mengatur Voucher pada Mikrotik RB750

Voucher pada Mikrotik RB750 bertujuan untuk menyediakan akses internet tertentu sesuai dengan durasi dan penggunaan yang diinginkan. Berikut cara mengatur voucher pada Mikrotik RB750:

  1. Masuk ke User Manager pada Mikrotik RB750.
  2. Pilih Vouchers dan tentukan berapa banyak voucher yang ingin Anda buat.
  3. Atur durasi dan harga voucher yang akan dijual dan masukkan nomor seri dan password yang akan menentukan ketersediaan voucher.
  4. Mengatur struktur tampilan voucher dan print voucher

3. Mengatur Bandwidth untuk Penggunaan Internet

Mengatur bandwidth pada Mikrotik RB750 bertujuan untuk memonitor penggunaan internet dan menetapkan kecepatan internet maksimum yang dapat diakses oleh pengguna. Berikut cara mengatur bandwidth pada Mikrotik RB750:

  1. Masuk ke menu Queue pada Mikrotik RB750.
  2. Tambahkan dan atur max-limit pada setiap penggunaan internet di dalam fitur Queue.
  3. Anda juga dapat mengatur kecepatan download dan upload maksimum yang dapat diakses oleh pengguna dengan membatasi jaringan network.

4. Menambahkan Paket Internet

Menambahkan paket internet pada Mikrotik RB750 bertujuan untuk memberikan pilihan paket internet kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan koneksi internet yang diinginkan. Cara menambahkan paket internet pada Mikrotik RB750 adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu User Manager dan pilihlah user profile dan aturlah paket akses internet harian, mingguan, atau bulanan
  2. Atur paket akses internet harian, mingguan, atau bulanan dan masukkan harga yang akan dikenakan kepada pengguna yang mendaftar paket tersebut.

5. Menambahkan Fitur Wrapping pada Hotspot Mikrotik RB750

Wrapping adalah fitur pada Hotspot Mikrotik RB750 yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses koneksi internet tertentu selama masa akses mereka berlangsung. Cara menambahkan fitur wrapping pada Hotspot Mikrotik RB750 adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke User Manager pada Mikrotik RB750.
  2. Tentukan masa akses yang ingin diatur, misalnya 1 atau 2 hari.
  3. Pilih menu hotspot pada Mikrotik RB750 dan atur voucher wrapping yang ingin diaktifkan. Pilihlah masa aktif dan harganya secara manual.
  4. Tambahkan struktor keterangan dan pilihlah halaman utama voucher wrap.
  5. Berikan struktor keterangan dan isi halaman utama voucher wrap dengan informasi yang diinginkan.

Dengan menggunakan Mikrotik RB750, Anda dapat dengan mudah mengatur billing dan voucher untuk mempercepat akses dan menambah penggunaan internet pada jaringan tersebut. Dengan menambahkan beberapa fitur seperti wrapping pada hotspot Mikrotik RB750, maka kualitas koneksi Wi-Fi yang dimiliki pun akan semakin baik dan terstruktur. Semoga artikel ini membantu Anda mengatur billing dan voucher pada Mikrotik RB750 dengan mudah dan efektif!