cara setting lampu par led
cara setting lampu par led

Cara Setting Lampu Par Led

Sekarang ini lampu par LED sangat populer digunakan sebagai pencahayaan pada acara-acara di dalam ruangan seperti acara band, konser, hingga pesta ulang tahun. Dengan teknologi LED, Lampu Par LED menjadi lebih hemat listrik, tahan lama dan mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Cara Setting Lampu Par Led

Cara Setting Lampu Par Led

Cara penggunaannya pun sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Sumber Listrik yang Memadai

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan kita memiliki sumber listrik yang cukup untuk menyalakan dan menghidupkan Lampu Par LED. Kekuatan lampu Par LED yang kita miliki dapat berbeda-beda, mulai dari yang berdaya rendah hingga berdaya tinggi. Jadi, pastikan kita mengetahui berapa volt yang dibutuhkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya jika mengalami korsleting listrik.

Baca Juga:  Ukuran Standar ID Card Karyawan: Memastikan Identitas Profesional

2. Memasang Truss atau Bracket

Untuk menghasilkan efek cahaya yang optimal dan mampu menjangkau semua bagian panggung, Lampu Par LED biasanya dipasang pada Truss atau Bracket. Nah, pada tahap ini kita perlu memasang Truss atau Bracket tersebut ke lantai panggung. Pastikan kita memilih Truss atau Bracket yang berkualitas agar Lampu Par LED kita tetap aman dan tidak jatuh.

3. Menyiapkan Kabel DMX

Setelah Truss atau Bracket terpasang, kita perlu menyiapkan kabel DMX. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan Lampu Par LED dengan mesin kontrol, sehingga kita dapat mengatur warna cahaya dan efek yang kita inginkan. Pastikan kabel DMX yang kita gunakan berukuran 3-5 meter agar kita bisa mengatur kondisi Lampu Par LED dengan mudah.

4. Mengatur Jarak dan Sudut Pencahayaan

Setelah semua peralatan siap digunakan, kita perlu mengatur jarak dan sudut pencahayaan. Nah, langkah ini akan menyesuaikan efek cahaya yang kita inginkan dengan tata letak panggung. Pastikan posisi Lampu Par LED berada di atas panggung sehingga tidak mengganggu pergerakan pemain musik atau tamu undangan. Kemudian aturlah jarak dan sudut pencahayaan sesuai dengan kondisi panggung.

Baca Juga:  Cara Setting Keyboard Laptop Windows 10

5. Menghubungkan ke Mesin Kontrol

Langkah terakhir adalah menghubungkan Lampu Par LED ke mesin kontrol agar kita bisa mengatur dan mengontrol efek cahaya yang diinginkan. Mesin kontrol ini biasanya sudah tersedia pada paket Lampu Par LED yang kita beli. Pastikan kita menggunakan mesin kontrol yang benar agar Lampu Par LED kita dapat berfungsi dengan baik.

Dalam mengatur Lampu Par LED, keamanan harus selalu menjadi prioritas utama. Jangan lupa untuk memastikan semua peralatan yang kita gunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Pilihlah produk Lampu Par LED yang memiliki kualitas bagus agar kita bisa lebih menghemat biaya listrik serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga:  Cara Setting Proyektor ke Laptop

Menghubungkan kabel-kabel pada lampu par led

Langkah pertama dalam menghubungkan kabel-kabel pada lampu par led adalah melakukan persiapan terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda memiliki semua perlengkapan dan bahan yang diperlukan untuk menghubungkan kabel-kabel dengan benar. Perlengkapan yang diperlukan antara lain kabel listrik, saklar dan fitting, sekrup, dan isolasi kabel.

Setelah persiapan dilakukan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lampu par led. Lampu par led biasanya hadir dengan kabel yang sudah terhubung ke dalam lampu, sehingga Anda tidak perlu mencopot kabel lampu. Namun, Anda akan membutuhkan kabel ekstensi untuk memperpanjang kabel lampu agar mencapai saklar listrik.

Setelah itu, mulailah dengan menempatkan fitting di bagian atas lampu par led. Kemudian, masukkan kabel listrik melalui lubang dalam fitting dan pasang sekrup untuk memegang kabel listrik pada tempatnya. Pastikan bahwa kabel listrik yang Anda pasang sudah terisolasi dengan baik sehingga tidak ada bahaya konsleting.