Cara Setting Mixer Soundcraft EFX12

Cara Setting Mixer Soundcraft EFX12

Jika Anda termasuk tipe orang yang suka mengedit atau merekam musik, maka Soundcraft EFX12 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk alat musik Anda. Soundcraft EFX12 merupakan mixer audio yang memiliki banyak fungsi yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan suara yang berkualitas

Namun, memahami bagian-bagian mixer Soundcraft EFX12 sangatlah penting untuk mengetahui cara menggunakan alat ini dengan benar.

Memahami Bagian-bagian Mixer Soundcraft EFX12

Memahami Bagian-bagian Mixer Soundcraft EFX12

Ada banyak bagian-bagian pada mixer Soundcraft EFX12, berikut penjelasannya:

1. Input Channel

Input channel merupakan bagian utama dari mixer Soundcraft EFX12. Input channel berfungsi sebagai tempat untuk menyambungkan instrumen atau microphone agar suara dapat diatur dengan mudah. Mixer Soundcraft EFX12 memiliki 12 input channel.

Terdapat berbagai macam input yang tersedia pada input channel ini, yaitu:

  • Mic/Line Input: Input ini dapat digunakan untuk menyambungkan microphone atau instrumen yang memiliki output level rendah seperti keyboard, gitar, bass, dan sebagainya.
  • Stereo Line Input: Input ini umumnya digunakan untuk menyambungkan perangkat audio lain seperti CD player atau keyboard dengan output level yang lebih tinggi.
  • Insert: Input ini digunakan untuk memasukkan efek ke dalam suara. Jika Anda ingin menambahkan efek tertentu pada suara yang Anda rekam atau edit, Anda dapat memasukkan efek itu pada input ini.
  • Aux Return: Input ini digunakan untuk memutar efek atau dasar suara yang telah direkam. Input ini dapat tersambung dengan perangkat audio seperti komputer atau smartphone untuk memutar suara yang akan diatur lebih lanjut.
Baca Juga:  Cara Setting GPRS 3 Secara Otomatis

Input channel Soundcraft EFX12 juga dilengkapi dengan pengatur gain.

Pengatur gain pada input channel berfungsi untuk mengatur kekuatan suara yang masuk sehingga suara pada output channel bisa disesuaikan lebih mudah. Pengatur gain dapat diatur dengan memutar tombol gain pada input channel.

Itulah penjelasan mengenai input channel pada Soundcraft EFX12. Selanjutnya adalah bagian fader.

Baca Juga: Cara Setting Audio Mixer Yang Benar

2. Fader

Fader pada mixer Soundcraft EFX12 berfungsi untuk mengatur volume suara pada output channel. Fader terdiri dari 2 tipe, yaitu:

  • Input Fader: Fader ini berfungsi untuk mengatur volume suara dari masing-masing input channel.
  • Master Fader: Fader ini berfungsi untuk mengatur secara keseluruhan volume suara pada mixer Soundcraft EFX12.
Baca Juga:  KMSAuto : Cara Aktivasi Windows 10 Permanent

Anda dapat mengatur volume suara dengan memutar fader. Fader dapat diatur dari 0 hingga 10 tergantung pada kebutuhan Anda. Jika fader dimatikan ke posisi paling bawah (0), suara tidak akan terdengar sama sekali.

Setelah memahami bagian input channel dan fader pada mixer Soundcraft EFX12, selanjutnya adalah bagian equalizer.

3. Equalizer (EQ)

Equalizer pada mixer Soundcraft EFX12 berfungsi untuk mengatur frekuensi suara. Alat ini umumnya digunakan untuk menghilangkan suara tidak diinginkan atau menonjolkan suara yang diinginkan.

Mixer Soundcraft EFX12 memiliki 3 band equalizer yang dapat diatur sesuai kebutuhan Anda. Ketiga band tersebut, yaitu:

  • High EQ: Berfungsi untuk mengatur frekuensi tinggi suara, umumnya pada rentang 12kHz.
  • Mid EQ: Berfungsi untuk mengatur frekuensi menengah suara, umumnya pada rentang 300Hz-4kHz.
  • Low EQ: Berfungsi untuk mengatur frekuensi rendah suara, umumnya pada rentang 80Hz.
Baca Juga:  Cara Setting Mouse Fantech W4 dengan Mudah

Anda dapat menyesuaikan frekuensi suara dengan memutar tombol pada equalizer. Untuk menonjolkan suara tertentu, Anda dapat memutar tombol equalizer ke arah kanan. Sementara itu, untuk mengurangi suara tertentu, Anda dapat memutar tombol equalizer ke arah kiri.