cara setting audio mixer yang benar
cara setting audio mixer yang benar

Cara Setting Audio Mixer Yang Benar

Audio mixer adalah alat yang berfungsi untuk menggabungkan berbagai sinyal suara dari berbagai sumber seperti microphone, keyboard, gitar, dan sebagainya. Audio mixer berguna untuk mengontrol output suara yang diinginkan agar sesuai dengan keinginan penggunanya. Dalam sebuah setting live sound, audio mixer sangat penting digunakan agar suara yang dihasilkan maksimal dan terdengar jernih.

Apa itu audio mixer dan bagaimana cara mengoperasikannya?

Apa itu audio mixer dan bagaimana cara mengoperasikannya

Untuk mengoperasikan audio mixer dengan benar, terlebih dahulu kita harus mengetahui bagian-bagian pada audio mixer terlebih dahulu.

Panduan Cara Setting Audio Mixer yang Benar

1. Koneksi input-output

Pastikan terhubung dengan benar setiap kabel input-output pada audio mixer sesuai dengan jenisnya. Biasanya pada bagian input-output tersedia tiga pin yang terdiri dari pin 1 (Shield), pin 2 (Hot), dan pin 3 (Cold). Sambungkan kabel sumber suara dari instrumen ke input yang telah ditentukan, dan kemudian sambungkan output ke speaker agar suara dapat terdengar jelas.

Baca Juga:  Cara Setting Joystick di PC Windows 10

2. Mengetahui setiap fader pada audio mixer

Setelah terhubung dengan benar, kita harus mengetahui setiap fader pada audio mixer. Fader merupakan tombol volume yang digunakan untuk mengatur level suara dari sumber input. Adapun jenis fader yang ada pada audio mixer yaitu;

  1. Gain : Digunakan sebagai pengatur level volume awal dari sumber input, sebelum masuk ke proses pengolahan suara.
  2. EQ : Digunakan untuk mengatur level bass, mid, dan treble.
  3. Aux : Digunakan untuk mengatur level suara dari sumber tambahan seperti efek suara.
  4. Pan : Digunakan untuk mengatur level volume suara yang dihasilkan dari posisi suara terdengar ke arah kiri atau kanan.
  5. Volume : Digunakan untuk mengatur level volume suara yang dihasilkan dari sumber input.

3. Memahami routing dan bus

Routing dan bus merupakan proses pengiriman sinyal suara pada audio mixer. Dalam sebuah setting sound live, routing dan bus sangat penting digunakan agar suara yang dihasilkan maksimal dan terdengar jernih. Adapun jenis routing dan bus pada audio mixer yaitu;

  1. Master Out : Digunakan untuk mengatur volume suara yang keluar dari speaker.
  2. Sub Group: Digunakan untuk mengatur level suara dari channel yang dipilih.
  3. Aux Send : Digunakan untuk mengirimkan sinyal suara tambahan ke output lain atau ke perangkat tambahan seperti efek suara.
Baca Juga:  Cara Setting Kamera Canon EOS 1100D

4. Mengatur level suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan

Setelah beberapa bagian pada audio mixer telah kita ketahui, selanjutnya mengatur level suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan penggunanya. Secara umum, level suara pada audio mixer disesuaikan sesuai dengan jenis instrumen yang dimainkan.

Pada umumnya, level suara yang dihasilkan pada vokal lebih besar daripada instrumen bermelodi seperti keyboard, gitar, dan sebagainya. Selain itu, setiap level volume pada setiap channel sangat penting untuk diatur agar tidak menimbulkan suara yang terlalu keriting atau terlalu bass.

5. Meleburkan suara pada audio mixer

Ketika semua level suara pada audio mixer sudah diatur dengan benar, selanjutnya adalah meleburkan suara satu dengan yang lainnya. Meleburkan suara dilakukan dengan memutar tombol master volume untuk mengatur output suara yang dihasilkan. Pastikan master volume yang dihasilkan sesuai dengan kapasitas dan daya output yang dimiliki oleh speaker, dan juga tidak menyebabkan suara pecah atau terlalu mengganggu pendengaran.

Baca Juga:  Cara Setting Remote AC universal Chunghop K-1028E

Demikian cara setting audio mixer yang benar. Dalam praktik live sound, audio mixer menjadi alat yang sangat penting digunakan karena dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Sebuah setting sound yang baik akan menghasilkan suara yang jernih dan terdengar maksimal. Semoga panduan cara ini dapat membantu para pengguna audio mixer agar dapat bermain musik dengan baik dan nyaman.

Menyesuaikan level volume untuk setiap saluran audio

Setiap kali kita mengoperasikan perangkat audio seperti speaker atau mixing console, menyesuaikan level volume menjadi salah satu hal yang sangat penting. Hal ini agar suara yang dihasilkan tidak terlalu kencang atau terlalu lemah, sehingga kualitas suara yang dihasilkan menjadi jelas. Kita perlu mengetahui cara menyetel level volume untuk setiap saluran audio supaya hasil produksi suara menjadi maksimal.

Pertama-tama, pastikan untuk memahami level volume pada mixing console. Setiap mixer memiliki level volume pada setiap saluran suaranya, dan biasanya ditandai dengan skala dari 0 hingga 10 atau 0 hingga 100. Level volume ini menunjukkan seberapa besar sinyal suara yang diperkuat atau melemah pada mixer.