cara setting positioner parabola venus
cara setting positioner parabola venus

Cara Setting Positioner Parabola Venus

Parabola Venus merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk menangkap sinyal televisi secara gratis melalui antena. Namun, agar dapat menikmati acara televisi dengan jernih, posisi parabola harus diatur dengan benar.

Cara Setting Positioner Parabola Venus

Berikut adalah beberapa persiapan dan penyesuaian alat yang perlu dilakukan untuk mengatur posisi parabola Venus:

Persiapan

Sebelum mengatur posisi parabola, pastikan bahwa kabel antena sudah terpasang dengan baik dan tidak ada gangguan di dalam kabel. Pastikan juga bahwa receiver sudah tersedia dan siap digunakan, serta remote control dalam keadaan siap pakai. Selanjutnya, pastikan bahwa parabola Venus tersebut sudah terpasang pada tiang yang kuat dan stabil. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar posisi parabola tidak bergeser selama proses penyesuaian.

Penyesuaian Sudut Elevasi

Langkah pertama dalam mengatur posisi parabola Venus adalah dengan mengatur sudut elevasi. Sudut ini menentukan seberapa tinggi parabola di atas permukaan tanah, yang sangat penting untuk menangkap sinyal televisi yang kuat. Untuk memudahkan pengaturan sudut elevasi, pastikan bahwa posisi parabola Venus tepat berada di atas tiang yang kuat dan stabil.

Baca Juga:  KMSAuto : Cara Aktivasi Windows 10 Permanent

Pertama, pasang skema elevasi pada tiang dan buka pengunci sudut elevasi. Selanjutnya, putar pengatur sudut elevasi di receiver menggunakan remote control untuk memiringkan parabola Venus dengan sudut elevasi yang tepat. Pastikan bahwa sudut elevasi tersebut sesuai dengan sudut yang ditampilkan pada skema elevasi. Jika terdapat masalah pada sudut elevasi, cobalah menyesuaikan posisi parabola Venus dengan menggeser sudut elevasi ke kanan atau ke kiri, serta mengatur ketinggian posisi parabola.

Penyesuaian Sudut Azimuth

Selanjutnya, atur sudut azimuth pada parabola Venus. Sudut azimuth mengacu pada arah parabola Venus terhadap posisi satelit yang ingin dijadikan sumber sinyal televisi. Sudut ini sangat penting untuk menangkap sinyal televisi dengan kuat dan jernih.

Untuk mengatur sudut azimuth, pastikan bahwa posisi parabola Venus sudah benar-benar tepat berada di atas tiang yang kuat dan stabil. Setelah itu, arahkan parabola Venus tepat ke arah satelit dengan bantuan kompas. Buka pengunci sudut azimuth dan putar pengatur sudut azimuth di receiver menggunakan remote control untuk memutar parabola Venus ke sudut azimuth yang tepat. Pastikan bahwa sudut azimuth yang ditampilkan pada receiver sesuai dengan sudut azimuth pada kompas.

Penyesuaian Sudut Tilt

Terakhir, atur sudut tilt pada parabola Venus. Sudut tilt mengacu pada sudut kemiringan parabola Venus di atas tiang. Sudut ini sangat penting untuk menjaga agar parabola Venus sejajar dengan satelit dan menangkap sinyal televisi dengan kuat dan jernih.

Untuk mengatur sudut tilt, perhatikan posisi parabola secara horizontal. Jika posisi parabola Venus terlalu rendah atau terlalu tinggi pada tiang, atur posisi tiang dengan mengencangkan atau mengendurkan baut pada bracket tiang. Kemudian buka pengunci tilt dan putar pengatur sudut tilt di receiver menggunakan remote control untuk menyesuaikan kemiringan parabola Venus dengan sudut tilt yang tepat. Pastikan bahwa sudut tilt yang ditampilkan pada receiver sesuai dengan sudut yang ditampilkan pada skema tilt.

Baca Juga:  Cara Setting Injeksi Jupiter Z1

Dengan mengikuti langkah-langkah persiapan dan penyesuaian alat ini secara benar, Anda dapat dengan mudah mengatur posisi parabola Venus dan menikmati acara televisi dengan kualitas yang jernih dan berkualitas tinggi.

Menentukan Lokasi yang Tepat

Menentukan lokasi yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam mengatur posisi parabola Venus. Penentuan lokasi yang tepat memungkinkan parabola Venus menerima sinyal satelit yang optimal sehingga dapat menampilkan gambar TV yang jernih. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi yang tepat untuk parabola Venus:

1. Pilih Lokasi dengan Sudut Pandang Bebas Halangan

Lokasi yang tepat untuk memasang parabola Venus sebaiknya memiliki sudut pandang yang tidak terhalang oleh bangunan atau pohon. Hindari memasang parabola terlalu dekat dengan bangunan atau pohon karena dapat menghalangi jangkauan satelit dan memungkinkan sinyal satelit tidak terbaca dengan baik.

2. Pastikan Lokasi Datar dan Kokoh

Pastikan alat penerima yang terdiri dari parabola, LNB dan posisioner dipasang pada posisi datar dan kokoh. Hal ini bertujuan agar parabola dapat menangkap sinyal satelit secara optimal dan tidak mudah bergeser atau berubah posisi akibat angin atau guncangan lainnya.

3. Gunakan Kompas untuk Menentukan Arah Parabola

Penggunaan kompas sangat penting dalam menentukan arah parabola. Secara umum, arah parabola Venus mengarah ke timur laut dengan sudut elevasi sebesar 30 derajat pada wilayah Indonesia. Namun, pada wilayah tertentu seperti di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, arah parabola biasanya sedikit bergeser. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek kembali arah parabola menggunakan kompas agar posisi parabola tepat menghadap satelit yang dituju.

Baca Juga:  Cara Setting Modem Speedy ZTE ZXHN H108N

4. Tahu Letak Satelit yang Dituju

Sebelum melakukan setting parabola Venus, pastikan untuk mengetahui letak satelit yang ingin dituju. Letak satelit dapat dicari melalui situs-situs tertentu yang menyediakan informasi tentang satelit yang ingin dituju beserta letak koordinatnya. Sebagai contoh, satelit Palapa D yang digunakan untuk siaran Indovision memiliki letak pada koordinat 113.0 BT.

5. Gunakan Inclinometer untuk Mengatur Sudut Elevasi

Inclinometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur sudut elevasi atau kemiringan dari parabola. Dalam mengatur sudut elevasi, pastikan untuk menggunakan inclinometer agar sudut elevasi sesuai dengan data yang diperoleh melalui situs-situs tertentu. Hal ini sangat penting agar parabola dapat menangkap sinyal satelit dengan optimal.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi yang tepat untuk parabola Venus. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan parabola dapat menerima sinyal satelit dengan baik dan menampilkan gambar TV yang jernih.

Mengenali Arah Satelit yang akan Dipancarkan

Untuk memperoleh sinyal yang baik pada televisi parabola, maka harus memperhatikan cara setting positioner parabola venus yang benar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali arah satelit yang akan dipancarkan.