cara setting router huawei ws319
cara setting router huawei ws319

Cara Setting Router Huawei WS319

Router Huawei WS319 merupakan salah satu router yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Router ini memiliki banyak fitur untuk membantu penggunanya agar bisa menggunakan internet secara maksimal. Namun, untuk bisa mengakses fitur-fitur tersebut, tentu saja kita harus melakukan login terlebih dahulu ke dalam router tersebut.

Cara Login ke Router Huawei WS319

Cara Login ke Router Huawei WS319

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan login ke dalam router Huawei WS319:

1. Koneksi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa router Huawei WS319 kamu sudah terhubung dengan jaringan internet. Pastikan kabel ethernet yang terhubung ke port internet pada router sudah tersambung dengan modem atau jaringan internet.

2. Buka Browser

Langkah selanjutnya, kamu perlu membuka browser pada perangkat yang terhubung ke router Huawei WS319. Pada browser yang ingin kamu gunakan, ketikkan alamat IP router Huawei WS319 di address bar. IP default untuk router Huawei WS319 adalah 192.168.3.1. Kemudian tekan enter.

3. Login

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman login router Huawei WS319. Pada halaman tersebut, kamu perlu untuk memasukkan username dan password untuk bisa masuk ke dalam router. Username dan password default untuk router Huawei WS319 biasanya adalah admin-admin. Namun, jika kamu sudah merubahnya, maka kamu perlu memasukkan username dan password yang baru.

Jika kamu mengalami kesulitan menemukan username dan password yang tepat, kamu bisa mencarinya pada buku manual router atau mencari informasi tersebut di internet.

4. Konfigurasi Router

Selanjutnya, setelah berhasil melakukan login ke dalam router Huawei WS319, kamu bisa mulai mengkonfigurasi router agar dapat digunakan dengan lebih optimal. Kamu bisa mengatur nama dan sandi wifi, mengatur jaringan wifi lebih lanjut, menjaga keamanan jaringan, dan mengatur fitur lain dengan mudah.

Sebagai contoh, kamu bisa mengubah nama wifi yang terlihat pada perangkat lain agar sesuai dengan preferensi peribadi dan memudahkan orang lain yang hendak terhubung ke jaringanmu. Jika kamu ingin menyimpan history pencarian atau melihat activity pada jaringanmu, kamu bisa memilih menu logs yang tersedia pada tampilan router kamu.

Baca Juga:  Cara Mengatur Mode Kamera pada Oppo A15

Dengan mengetahui cara login ke dalam router, kamu bisa mengatur dan memaksimalkan penggunaan internetmu dengan mudah. Ingat, selalu penting untuk menjaga keamanan jaringanmu dengan mengubah username dan password ketika pertama kali melakukan pengaturan.

Cara Menambahkan Pengguna Wi-Fi pada Router Huawei WS319

Setelah kamu mengkonfigurasi jaringan Wi-Fi di router Huawei WS319, langkah selanjutnya adalah menambahkan pengguna Wi-Fi yang akan menggunakan jaringan yang kamu setting. Tidak perlu khawatir karena cara menambahkan pengguna pada router ini cukup mudah dan simpel, bahkan untuk pemula sekalipun.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan pengguna Wi-Fi di router Huawei WS319:

1. Masuk ke halaman pengaturan router

Pertama-tama, kamu harus masuk ke halaman pengaturan router Huawei WS319 melalui alamat IP router atau melalui aplikasi pihak ketiga seperti HiLink atau WebCube. Setelah berhasil masuk, kamu akan dibawa ke halaman dashboard router.

2. Pilih menu “Wireless”

Pada halaman dashboard router, kamu akan melihat beberapa menu pengaturan. Pilih menu “Wireless” untuk mengatur pengguna Wi-Fi pada router Huawei WS319. Kemudian, pilih pilihan “Wireless settings” pada menu drop down.

3. Klik tombol “Add”

Dalam pengaturan “Wireless settings”, kamu akan melihat satu atau lebih SSID tergantung pada konfigurasi Wi-Fi yang kamu lakukan pada router Huawei WS319. Pada SSID yang ingin kamu tambahkan pengguna Wi-Fi, klik tombol “Add” yang ada disampingnya.

4. Masukkan nama pengguna dan kata sandi

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman “Add Wireless Device”, di mana kamu bisa menambahkan pengguna Wi-Fi. Di sini, kamu harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang ingin kamu berikan kepada pengguna Wi-Fi. Jangan lupa untuk memilih opsi “Enable” agar pengguna dapat mengakses jaringan Wi-Fi.

5. Simpan pengaturan

Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan untuk pengguna Wi-Fi, jangan lupa untuk mengeklik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengecek pengguna Wi-Fi yang sudah ditambahkan pada halaman “Wireless settings” di pengaturan Wi-Fi.

Sekarang kamu sudah selesai menambahkan pengguna Wi-Fi pada router Huawei WS319. Ingatlah bahwa kamu dapat menambahkan lebih dari satu pengguna dan mengatur penggunaan jaringan Wi-Fi melalui pengaturan Wi-Fi di router Huawei WS319. Pastikan bahwa kamu melakukan pengaturan keamanan jaringan yang tepat untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna Wi-Fi.

Cara Mengubah Nama dan Password Wi-Fi pada Router Huawei WS319

Saat membeli router Huawei WS319, mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil adalah suatu kenikmatan. Akan tetapi, apa gunanya jika nama dan password Wi-Fi Anda mudah ditebak oleh orang lain dan dapat mengancam keamanan jaringan Anda?

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk mengubah nama dan password Wi-Fi Anda. Berikut adalah panduan tentang cara mengubah nama dan password Wi-Fi pada router Huawei WS319.

1. Masuk ke halaman login router Huawei WS319

Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi Huawei WS319. Kemudian, buka browser web seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, dan ketik alamat IP “192.168.3.1” pada bilah alamat.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Secara default, nama pengguna adalah “admin” dan kata sandi adalah “admin” atau “Huawei123”. Jika Anda pernah mengganti kata sandi, masukkan kata sandi baru yang telah Anda buat.

Baca Juga:  Cara Setting Video Viewer CCTV

2. Masuk ke menu Wi-Fi di router Huawei WS319

Setelah berhasil masuk ke halaman konfigurasi router, klik pada opsi “Wi-Fi” untuk memasuki menu konfigurasi jaringan nirkabel.

3. Ubah nama SSID dan password Wi-Fi

Pada menu konfigurasi jaringan nirkabel, Anda dapat mengubah nama SSID dan password Wi-Fi Anda. SSID adalah nama jaringan yang terlihat oleh perangkat lain saat mencari jaringan Wi-Fi. Untuk alasan privasi dan keamanan, disarankan untuk tidak menggunakan nama yang mencolok atau mengungkapkan identitas pemilik. Password Wi-Fi Anda harus kuat dan rumit sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Setelah mengisi nama SSID dan password baru pada kolom yang tersedia, klik pada tombol “Apply” untuk menyimpan perubahan.

4. Reboot router Huawei WS319

Terakhir, reboot router Huawei WS319 agar perubahan konfigurasi dapat diterapkan. Pilih opsi “System Tools” di halaman konfigurasi router, lalu pilih “Reboot”. Klik “Reboot” lagi untuk mengonfirmasi, maka router Anda akan reboot dalam beberapa detik. Setelah itu, Anda dapat login kembali ke halaman konfigurasi menggunakan nama pengguna dan kata sandi baru.

Dalam mengubah nama dan password Wi-Fi pada router Huawei WS319, pastikan bahwa Anda telah memilih nama SSID dan password yang kuat dan aman. Dengan melakukan hal ini, keamanan jaringan Wi-Fi Anda akan terjaga dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan internet sehari-hari.

Cara Menambahkan dan Menghapus Pengguna pada Router Huawei WS319

Router Huawei WS319 hadir dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan memungkinkan penggunanya untuk mengatur banyak fitur secara kustomisasi. Salah satu fitur tersebut adalah menambah dan menghapus pengguna pada router.

Cara Menambahkan Pengguna Baru

Untuk menambahkan pengguna baru, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke antarmuka pengguna router Huawei WS319 dengan mengakses URL http://192.168.3.1 pada browser Anda. Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk masuk ke interface.
  2. Pada panel navigasi sebelah kiri, klik pada opsi “User Management”.
  3. Kemudian klik pada opsi “User Accounts”.
  4. Untuk menambahkan pengguna baru, klik tombol “Add” pada bagian bawah halaman.
  5. Isi formulir dengan informasi pengguna, termasuk nama pengguna dan kata sandi. Jangan lupa untuk memilih peran pengguna, apakah sebagai “User” atau “Administrator”.
  6. Jika semua informasi sudah diisi dengan benar, klik “Apply” untuk menyimpan pengaturan.
  7. Sekarang pengguna baru berhasil ditambahkan ke router Huawei WS319.

Cara Menghapus Pengguna

Untuk menghapus pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke antarmuka pengguna router Huawei WS319 dengan mengakses URL http://192.168.3.1 pada browser Anda. Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk masuk ke interface.
  2. Pada panel navigasi sebelah kiri, klik pada opsi “User Management”.
  3. Kemudian klik pada opsi “User Accounts”.
  4. Pilih pengguna yang ingin dihapus dengan mencentang kotak yang berada di sebelah nama pengguna.
  5. Setelah memilih pengguna yang ingin dihapus, klik tombol “Delete” pada bagian bawah halaman.
  6. Konfirmasi penghapusan pengguna dengan mengklik “OK” pada layar konfirmasi yang muncul.
  7. Pengguna yang dipilih berhasil dihapus dari router Huawei WS319.

Cara Mengubah Hak Akses Pengguna

Selain menambahkan pengguna dan menghapus pengguna, Anda juga dapat mengubah hak akses pengguna dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke antarmuka pengguna router Huawei WS319 dengan mengakses URL http://192.168.3.1 pada browser Anda. Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk masuk ke interface.
  2. Pada panel navigasi sebelah kiri, klik pada opsi “User Management”.
  3. Kemudian klik pada opsi “User Accounts”.
  4. Pilih pengguna yang ingin diubah hak aksesnya dengan mengklik nama pengguna.
  5. Anda akan diarahkan ke halaman “Account Information”. Pada bagian “Account Information”, pilih peran pengguna yang ingin diubah menjadi “Administrator” atau “User”.
  6. Klik pada tombol “Apply” untuk menyimpan pengaturan.
  7. Pengaturan hak akses pengguna berhasil diubah di router Huawei WS319.
Baca Juga:  Cara Cek DM IG yang Sudah Terbaca di Aplikasi

Dengan mengetahui cara menambahkan dan menghapus pengguna, serta mengubah hak akses pengguna pada router Huawei WS319, Anda dapat mengatur pengguna dan akses internet dengan lebih mudah dan teratur.

Cara Mengatur Port Forwarding pada Router Huawei WS319

Jika Anda menggunakan Router Huawei WS319, Anda harus mengatur Port Forwarding agar semua perangkat dapat terhubung. Port Forwarding memungkinkan Anda membuka port tertentu di router Anda untuk meneruskan lalu lintas internet dari internet ke perangkat yang diinginkan.

Berikut cara mengatur Port Forwarding pada Router Huawei WS319:

1. Akses Router Huawei WS319 Anda

Untuk mengakses konfigurasi router Anda, buka browser web Anda dan ketik alamat IP default yaitu 192.168.1.1 atau http://huawei.server.

Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk masuk ke pengaturan router dan klik “Login”.

2. Navigasi ke Halaman Konfigurasi Port Forwarding

Setelah Anda login, buka menu “Forward Rules” melalui navigasi di sebelah kiri panel kontrol. Kemudian klik “Port Mapping Configuration”.

3. Buat Aturan Port Forwarding Baru

Klik “Add” untuk membuat aturan baru. Kemudian berikan nama untuk “Rule Name” yang Anda inginkan. Dalam “Protocol Type,” pilih protokol yang ingin Anda teruskan lalu lintas internet, seperti TCP, UDP atau terpusat.

Kemudian masukkan port eksternal dan internal yang ingin Anda teruskan. “External Port” adalah port yang diteruskan dari internet ke perangkat Anda, dan “Internal Port” adalah port yang digunakan oleh perangkat Anda.

Pilih “Local IP Address” dari daftar drop-down, kemudian masukkan alamat IP perangkat Anda yang ingin Anda teruskan. Anda juga dapat memilih opsi untuk mengaktifkan aturan ini di “Enable”.

4. Simpan Aturan Port Forwarding

Setelah Anda selesai mengatur intern dan eksternal port, serta alamat IP perangkat Anda, klik “Submit”. Sekarang aturan baru Anda telah berhasil disimpan.

5. Test Port Forwarding Anda

Setelah Anda membuat aturan Port Forwarding baru, lakukan tes dengan mengklik “Test” pada aturan yang dibuat. Halaman “Test Port Mapping Configuration” akan muncul. Kemudian masukkan port yang ingin Anda uji dan pilih protokol yang Anda gunakan.

Cobalah untuk terhubung ke perangkat Anda dan lihat apakah aturan Port Forwarding bekerja.

Selesai! Sekarang Anda sudah selesai melakukan pengaturan Port Forwarding pada Router Huawei WS319. Pastikan untuk menambahkan aturan baru untuk setiap perangkat baru yang ingin dihubungkan ke router Anda.