cara setting router mikrotik rb750
cara setting router mikrotik rb750

Cara Setting Router Mikrotik RB750

Cara Setting Router Mikrotik RB750 – Sebagai salah satu jenis router yang cukup populer, router Mikrotik RB750 dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet di rumah atau tempat kerja. Apabila kita ingin menyetel router Mikrotik RB750, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses Webfig router Mikrotik RB750.

Webfig adalah fitur dari Mikrotik yang memungkinkan kita untuk mengelola router melalui tampilan web. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengakses Webfig router Mikrotik RB750 secara mudah dan cepat.

Mengakses Webfig Router Mikrotik RB750

Mengakses Webfig Router Mikrotik RB750

Langkah pertama untuk mengakses Webfig router Mikrotik RB750 adalah dengan menyambungkan router dengan perangkat komputer. Pastikan bahwa kedua perangkat tersebut terhubung dengan kabel LAN. Kemudian, buka salah satu browser di perangkat komputer kita seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.

Selanjutnya, ketikkan alamat IP router Mikrotik RB750 di kolom URL di browser. Alamat IP ini dapat ditemukan di bawah atau di samping router kita. Biasanya alamat IP tersebut diawali dengan angka 192.168.1. Setelah angka ini, kita harus mengetikkan dua digit angka berikutnya yang merujuk pada nomor seri router Mikrotik RB750 kita.

Contohnya, apabila nomor seri router Mikrotik RB750 kita adalah 05, maka alamat IP untuk mengakses Webfig router Mikrotik RB750 adalah 192.168.1.5. Jika kita tidak yakin dengan nomor seri router Mikrotik RB750 kita, kita bisa membuka Command Prompt pada komputer dan mengetikkan perintah ipconfig/all. Informasi nomor seri router Mikrotik RB750 akan muncul pada output dari perintah ini.

Setelah kita mengetikkan alamat IP router Mikrotik RB750 pada browser, kita akan diminta untuk memasukkan username dan password. Username dan password default untuk router Mikrotik RB750 adalah masing-masing admin. Sebaiknya kita mengubah password default ini dengan password yang lebih aman dan sulit ditebak.

Setelah berhasil login pada Webfig router Mikrotik RB750, kita akan diarahkan ke halaman utama yang menunjukkan beberapa menu konfigurasi. Menu utama pada Webfig router Mikrotik RB750 terdiri dari Menu utama, Quick Set, IP, Firewall, Wireless, Hotspot, Queue Tree, DHCP Server, dan DNS. Agar kita dapat mengatur router Mikrotik RB750 dengan tepat, kita harus mengetahui setiap fungsi dari menu-menu ini.

Menu utama berisi pengaturan umum untuk router Mikrotik RB750 seperti Status, Interface, System, dan Tools. Pada bagian Status, kita dapat melihat status koneksi internet, lalu lintas, dan penggunaan memori pada router Mikrotik RB750. Pada bagian Interface, kita dapat mengatur konfigurasi antarmuka pada router Mikrotik RB750. Pada bagian System, kita dapat mengatur waktu, pengaturan alokasi IP, log, dan lainnya. Pada bagian Tool, kita dapat melihat konfigurasi IP address, konfigurasi DHCP client, dan lain-lain.

Quick Set adalah fitur Mikrotik yang dapat digunakan untuk mengkonfigurasi router dengan cepat. Quick Set ini terdiri dari tiga opsi: Home AP, Hotspot, dan Gateway. Pada opsi Home AP, kita dapat mengkonfigurasi router sebagai akses point. Pada opsi Hotspot, kita dapat mengkonfigurasi router sebagai hotspot. Pada opsi Gateway, kita dapat mengkonfigurasi router sebagai gateway internet.

Menu IP pada Webfig router Mikrotik RB750 digunakan untuk mengatur konfigurasi IP address seperti IP address pada router, subnet mask, gateway, dan DNS. Firewall digunakan untuk melindungi jaringan dari ancaman seperti virus, malware, dan serangan dari orang yang tidak memiliki hak akses. Wireless digunakan untuk mengatur konfigurasi wireless pada router, sedangkan Hotspot digunakan untuk mengatur hotspot pada router.

Queue Tree digunakan untuk mengelola dan membagi bandwidth pada jaringan, dan DHCP Server digunakan untuk menangani alokasi IP address dan konfigurasi DNS pada jaringan. Terakhir, DNS digunakan untuk mengatur DNS server pada jaringan.

Baca Juga:  Cara Setting Print Label Undangan 103

Dari penjelasan menu-menu di atas, dapat disimpulkan bahwa akses Webfig router Mikrotik RB750 sangat penting bagi kita yang ingin mengetahui konfigurasi router tersebut agar dapat mengatur koneksi internet di rumah atau tempat kerja. Melalui Webfig, kita dapat mengatur router Mikrotik RB750 di setiap menu dan sub-menu sesuai dengan fungsi dan kebutuhan kita.

Menambahkan IP Address pada Interface

Jika Anda menggunakan router Mikrotik RB750, ada banyak pengaturan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan router Anda berfungsi dengan baik. Salah satu pengaturan yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan IP Address pada Interface. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menambahkan IP Address pada interface menggunakan Mikrotik RB750.

Sebelum memulai proses ini, pastikan bahwa Anda sudah terhubung ke router Mikrotik RB750. Anda dapat menggunakan kabel ethernet untuk terhubung ke router Anda. Setelah itu, Anda dapat memulai langkah-langkah berikut:

Masuk ke Router Mikrotik RB750

Langkah pertama adalah masuk ke router Mikrotik RB750. Untuk masuk, buka peramban web dan ketikkan alamat IP default 192.168.88.1 pada kolom URL. Setelah itu, tekan Enter. Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat saat pertama kali mengakses router Anda.

Masuk ke Menu IP

Setelah berhasil masuk ke router, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu IP. Untuk masuk ke menu IP, klik ikon IP yang berada di sisi kiri layar. Setelah itu, klik opsi Address.

Menambahkan IP Address pada Interface

Setelah berhasil masuk ke menu Address, langkah selanjutnya adalah menambahkan IP Address pada interface. Untuk menambahkan, klik tombol + yang berada di sisi kanan atas layar.

Setelah itu, akan muncul jendela baru di layar Anda. Pilih opsi Interface dan pilih interface yang ingin Anda tambahkan IP Address-nya. Pada contoh ini, kita akan menambahkan IP Address pada interface ether1-gateway.

Setelah memilih interface, langkah selanjutnya adalah mengisi form Address. Pada form Address, masukkan IP Address yang ingin Anda tambahkan pada interface tersebut. Pada contoh ini, kita akan menambahkan IP Address 192.168.1.1/24. Setelah itu, klik tombol Apply.

Verifikasi IP Address Baru

Setelah menambahkan IP Address pada interface, langkah terakhir adalah memverifikasi apakah IP Address baru Anda sudah berhasil ditambahkan. Untuk memverifikasi, kembali ke menu IP dan pilih opsi Address. Di sana, Anda akan melihat daftar IP Address yang sudah terdaftar. Pastikan bahwa IP Address yang baru saja Anda tambahkan sudah terlihat di daftar tersebut.

Dengan mengetahui cara menambahkan IP Address pada interface Mikrotik RB750, Anda dapat dengan mudah menambahkan IP Address pada router Anda. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan teliti dalam mengisi form Address agar IP Address yang Anda tambahkan benar-benar bisa digunakan dengan baik.

Mengatur SSID dan Password WiFi

Router Mikrotik RB750 adalah salah satu jenis router yang banyak digunakan oleh perusahaan dan organisasi, karena keamanan yang mereka tawarkan. Dalam artikel ini, kita akan belajar cara mengatur SSID dan password WiFi pada router Mikrotik RB750. Kedua hal ini adalah kunci untuk memastikan jaringan Anda aman dan terjamin.

Mengakses Router Mikrotik RB750

Yang pertama harus dilakukan adalah mengakses router Mikrotik RB750 melalui browser web Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus mengetahui alamat IP router Anda. Alamat ini dapat ditemukan pada kotak router atau dalam manual pengguna. Ketika Anda telah berhasil menemukan alamat router, masukkan alamat IP tersebut di URL browser Anda dan tekan Enter. Ini akan membuka halaman login Mikrotik RB750 Anda.

Ketik Username dan Password Anda

Setiap router akan meminta username dan password sebelum kita dapat mengonfigurasi jaringannya. Dalam kasus router Mikrotik RB750 ini, default username dan password adalah ‘admin’. Ini harus diubah sesegera mungkin untuk keamanan yang lebih baik.

Ketika pertama kali membuka halaman login, ketik ‘admin’ sebagai username dan password. Setelah login, pertama-tama, ubah kata sandi Anda pada bagian System > Password. Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak atau kata sandi yang sudah banyak digunakan di akun sosial Anda. Buat kombinasi kata sandi yang unik dan sulit ditebak.

Mengganti SSID Default dan Kata Sandi WiFi

Setelah berhasil masuk ke halaman Mikrotik RB750, cari tab Wireless dan pilih tab itu. Di sini, Anda dapat mengubah SSID dan kata sandi WiFi jaringan Anda. Pilih interface WiFi Anda, terima kasih pada Mikrotik RB750, kita bisa membuat interface lebih dari satu.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Mual: Tips dan Tutorial Lengkap

Setelah itu, klik tombol ‘Setings’. Dalam bagian ini Anda dapat menemukan kotak teks untuk mengubah nama (SSID) jaringan WiFi Anda dan kotak teks untuk mengubah kata sandi WiFi. Ketika memilih kata sandi baru, pilih katatan-yang sulit ditebak untuk orang lain, tapi mudah untuk diingat oleh Anda.

Menyimpan Perubahan

Setelah selesai mengubah nama (SSID) jaringan WiFi dan kata sandi, jangan lupa klik tombol ‘Apply’ atau ‘Save’ disini dan ​​enjoy jaringan WiFi Anda yang baru. Sebuah pop up box akan muncul yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi perubahan.

Pastikan untuk klik tombol ‘OK’ ketika muncul popup box. Setelah melakukan konfirmasi perubahan, jangan lupa untuk memastikan bahwa jaringan WiFi Anda berhasil menaikkan koneksi dan tidak ada masalah teknis terhadap pengesetan baru.

Semoga dengan mengikuti panduan ini, Anda telah berhasil mengatur jaringan WiFi Anda dengan SSID baru dan kata sandi yang aman. Ini cukup mudah dilakukan dan sangat penting untuk menjaga keamanan jaringan Anda terjaga. Selain itu, pastikan Anda tetap memantau kadar keamanan jaringan Anda dengan rutin men-chek pengguna WiFi dan password yang sudah diberikan.

Mengaktifkan fitur Hotspot

Router mikrotik RB750 merupakan salah satu router yang cukup populer digunakan untuk keperluan bisnis seperti cafe, warung kopi, atau tempat nongkrong lainnya. Salah satu fitur unggulan pada router mikrotik RB750 yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha adalah fitur Hotspot. Fitur Hotspot ini bisa digunakan untuk memberikan akses internet bagi pelanggan yang datang ke toko atau cafe Anda.

1. Konfigurasi Basic Hotspot

Sebelum mengaktifkan fitur Hotspot pada router mikrotik RB750, ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi terlebih dahulu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan konfigurasi dasar pada router mikrotik RB750. Langkah ini bertujuan untuk membentuk koneksi antara perangkat yang akan terhubung dengan router mikrotik RB750 dan router mikrotik RB750 itu sendiri.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan login ke router mikrotik RB750. Untuk login bisa menggunakan aplikasi Winbox atau bisa juga menggunakan browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Setelah login, masuk ke menu IP > Addresses. Kemudian klik tombol add untuk menambahkan IP Address baru. Setelah itu, isikan alamat IP pada kolom yang tersedia dan jangan lupa untuk melakukan Gateway.

Selanjutnya, masuk ke menu IP > DHCP Server. Klik tombol add lalu isikan kolom-kolom yang tersedia dan jangan lupa untuk centang pada use interface. Setelah itu, klik Apply dan OK. Dengan melakukan konfigurasi ini, maka router mikrotik RB750 sudah siap untuk digunakan sebagai Hotspot.

2. Konfigurasi Hotspot

Setelah melakukan konfigurasi dasar pada router mikrotik RB750, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada fitur Hotspot. Pertama-tama masuk ke menu IP > Hotspot. Setelah itu pilih tab dan pilihlah sebuah interface yang digunakan untuk Hotspot. Kemudian, isikan alamat IP dan jangan lupa berikan nama hotspot pada kotak hotspot name.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Hotspot dengan cara klik checkbox pada kotak hotspot service. Kemudian pilih user profile yang digunakan pada fitur Hotspot. User profile adalah settingan yang digunakan untuk mengatur koneksi internet dan penggunaan bandwidth pada masing-masing pengguna Hotspot.

Pada menu IP > Hotspot > Users, kita bisa menambahkan pengguna Hotspot. Pengguna Hotspot ini bisa kita atur dengan memberikan username dan password. Kemudian kita bisa menentukan batasan waktu penggunaan koneksi internet dengan menentukan validity.

Kita juga bisa menentukan beberapa parameter lainnya seperti limit download, limit upload, serta pengaturan bandwidth bagi masing-masing pengguna. Dengan melakukan konfigurasi pada fitur Hotspot pada router mikrotik RB750, pelanggan yang datang ke toko atau cafe Anda bisa dengan mudah terkoneksi ke internet.

3. Perlindungan Terhadap Serangan dan Peretasan

Setelah menjalankan router mikrotik RB750 dengan fitur Hotspot, kita juga harus memperhatikan perlindungan terhadap serangan dan peretasan. Ada beberapa cara untuk memperkuat pertahanan terhadap serangan dan peretasan pada router mikrotik RB750. Salah satunya adalah dengan mengubah port standar dari router mikrotik RB750. Hal ini dilakukan agar peretas atau hacker kesulitan dalam melakukan serangan ke router mikrotik.

Langkah selanjutnya adalah melakukan penambahan pasword yang kuat pada router mikrotik. Password ini digunakan sebagai proteksi dari peretasan. Password juga perlu diubah secara berkala untuk meningkatkan perlindungan.

Selain itu, kita juga bisa memperkuat perlindungan dengan melakukan pengaturan pada firewall. Pengaturan firewall ini bisa kita atur untuk memblokir IP yang mencurigakan atau menghapus session yang dapat membahayakan koneksi internet pada router mikrotik RB750.

Baca Juga:  Cara Setting HDMI pada TV Sharp

4. Mengatur Voucher

Kita juga bisa memanfaatkan fitur Voucher pada fitur Hotspot pada router mikrotik RB750. Fitur Voucher ini sangat berguna bagi pelaku usaha atau pemilik toko yang ingin membatasi penggunaan internet yang diberikan kepada pelanggan.

Pada dasarnya Voucher adalah kode yang digunakan untuk membatasi waktu penggunaan atau kuota internet yang bisa digunakan oleh pelanggan. Fitur ini juga berguna untuk membatasi akses internet bagi pengguna yang belum melakukan pembayaran terlebih dahulu. Dengan menggunakan fitur Voucher pada router mikrotik RB750, pemilik toko bisa lebih mudah dalam mengatur dan membatasi penggunaan internet yang diberikan kepada pelanggan.

Untuk melakukan konfigurasi fitur Voucher pada router mikrotik RB750 sangatlah mudah. Kita hanya perlu membuat file ke dalam router mikrotik RB750 dan kemudian mengedit file tersebut dengan menggunakan aplikasi text editor seperti Notepad atau Sublime. File voucher tersebut kemudian akan di-generate menjadi Kode Voucher yang bisa diberikan kepada pelanggan. Kita juga bisa menentukan harga voucher yang akan dijual kepada pelanggan.

Dalam menggunakan fitur Hotspot pada router mikrotik RB750, kita harus memperhatikan keamanan dan kecepatan koneksi internet. Kita juga perlu memperhatikan konfigurasi dasar serta konfigurasi pada fitur Hotspot itu sendiri agar dapat memberikan koneksi internet yang aman dan cepat bagi pelanggan kita. Dengan melihat fitur-fitur pada router mikrotik RB750, kita bisa bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan koneksi internet tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Mengatur Router Mikrotik RB750 dengan Firewall yang Efektif

Mengatur Firewall pada Router Mikrotik RB750

Router Mikrotik RB750 dilengkapi dengan fitur firewall, yang memungkinkan Anda untuk menjaga jaringan Anda aman dari ancaman keamanan seperti malware, spyware, dan hacker. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750 dengan cara yang efektif dan sederhana.

Memahami Firewall

Sebelum kita membahas cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750, ada baiknya bagi kita untuk memahami terlebih dahulu apa itu firewall. Firewall adalah suatu perangkat lunak atau perangkat keras yang bekerja sebagai penghalang antara jaringan Anda dan dunia luar. Firewall mengatur mana saja yang diperbolehkan masuk dan keluar dari jaringan Anda. Firewall dapat diatur untuk membatasi akses pengguna dan potensi ancaman keamanan.

Mengatur Firewall pada Router Mikrotik RB750

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750:

1. Masuk ke Router Mikrotik RB750

Pertama-tama, bukalah web browser Anda dan ketikkan IP address Router Mikrotik RB750 pada bilah alamat URL di atas. Anda akan diarahkan ke halaman login Mikrotik. Masukkan username dan password Anda.

2. Masuk ke Menu Firewall

Selanjutnya setelah berhasil login, pada halaman utama Mikrotik, pilih menu “IP,” kemudian pilih “Firewall” pada panel sisi kiri.

3. Mengatur Rule Firewall

Sekarang Anda dapat membuat rule firewall yang efektif untuk jaringan Anda. Anda dapat menetapkan rule firewall dengan meng-klik tombol “Add New.” Setelah Anda mengklik tombol “Add New,” Anda akan diarahkan ke halaman “New Firewall Rule.” Mengisi kolom pada halaman rule firewall tersebut sesuai kebutuhan Anda.

4. Mengatur Fitur Firewall Filter

Anda dapat memilih firewall filter secara manual atau menggunakan salah satu preset filter yang ada. Untuk menggunakan preset filter, pilih menu “Firewall,” kemudian pilih “Filter Rules” pada panel sisi kiri, lalu pilih tombol “Preset Filter.” Kemudian pilih preset filter sesuai kebutuhan Anda, contohnya “Drop All.” Setelah memilih preset filter, tekan tombol “Apply.”

5. Mengatur DNS Filtering

Cara terakhir dalam mengatur firewall pada Mikrotik RB750 adalah dengan melakukan DNS Filtering. DNS Filtering akan menjaga jaringan Anda dari ancaman keamanan dengan menghalangi akses ke situs-situs yang tidak diinginkan. Untuk mengatur DNS Filtering pada Mikrotik RB750, pilih menu “IP,” kemudian pilih “DNS” pada panel sisi kiri. Pastikan bahwa fitur “DNS Forwarding” sudah diaktifkan. Kemudian pilih “DNS Static” dan tambahkan domain yang ingin Anda blokir.

Firewall adalah fitur yang sangat penting dalam menjaga keamanan jaringan Anda. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750 dengan cara yang sederhana dan efektif. Dari langkah-langkah yang dijelaskan di atas, kita dapat membangun firewall yang solid dan efektif untuk menjaga jaringan kita dari ancaman keamanan.