cara setting router mikrotik rb750
cara setting router mikrotik rb750

Cara Setting Router Mikrotik RB750

Cara Setting Router Mikrotik RB750 – Sebagai salah satu jenis router yang cukup populer, router Mikrotik RB750 dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet di rumah atau tempat kerja. Apabila kita ingin menyetel router Mikrotik RB750, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses Webfig router Mikrotik RB750.

Webfig adalah fitur dari Mikrotik yang memungkinkan kita untuk mengelola router melalui tampilan web. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengakses Webfig router Mikrotik RB750 secara mudah dan cepat.

Mengakses Webfig Router Mikrotik RB750

Mengakses Webfig Router Mikrotik RB750

Langkah pertama untuk mengakses Webfig router Mikrotik RB750 adalah dengan menyambungkan router dengan perangkat komputer. Pastikan bahwa kedua perangkat tersebut terhubung dengan kabel LAN. Kemudian, buka salah satu browser di perangkat komputer kita seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.

Selanjutnya, ketikkan alamat IP router Mikrotik RB750 di kolom URL di browser. Alamat IP ini dapat ditemukan di bawah atau di samping router kita. Biasanya alamat IP tersebut diawali dengan angka 192.168.1. Setelah angka ini, kita harus mengetikkan dua digit angka berikutnya yang merujuk pada nomor seri router Mikrotik RB750 kita.

Baca Juga:  Cara Setting TP Link WA5210G Point To Point

Contohnya, apabila nomor seri router Mikrotik RB750 kita adalah 05, maka alamat IP untuk mengakses Webfig router Mikrotik RB750 adalah 192.168.1.5. Jika kita tidak yakin dengan nomor seri router Mikrotik RB750 kita, kita bisa membuka Command Prompt pada komputer dan mengetikkan perintah ipconfig/all. Informasi nomor seri router Mikrotik RB750 akan muncul pada output dari perintah ini.

Setelah kita mengetikkan alamat IP router Mikrotik RB750 pada browser, kita akan diminta untuk memasukkan username dan password. Username dan password default untuk router Mikrotik RB750 adalah masing-masing admin. Sebaiknya kita mengubah password default ini dengan password yang lebih aman dan sulit ditebak.

Setelah berhasil login pada Webfig router Mikrotik RB750, kita akan diarahkan ke halaman utama yang menunjukkan beberapa menu konfigurasi. Menu utama pada Webfig router Mikrotik RB750 terdiri dari Menu utama, Quick Set, IP, Firewall, Wireless, Hotspot, Queue Tree, DHCP Server, dan DNS. Agar kita dapat mengatur router Mikrotik RB750 dengan tepat, kita harus mengetahui setiap fungsi dari menu-menu ini.

Baca Juga:  Cara Setting Remote TV Visero

Menu utama berisi pengaturan umum untuk router Mikrotik RB750 seperti Status, Interface, System, dan Tools. Pada bagian Status, kita dapat melihat status koneksi internet, lalu lintas, dan penggunaan memori pada router Mikrotik RB750. Pada bagian Interface, kita dapat mengatur konfigurasi antarmuka pada router Mikrotik RB750. Pada bagian System, kita dapat mengatur waktu, pengaturan alokasi IP, log, dan lainnya. Pada bagian Tool, kita dapat melihat konfigurasi IP address, konfigurasi DHCP client, dan lain-lain.

Quick Set adalah fitur Mikrotik yang dapat digunakan untuk mengkonfigurasi router dengan cepat. Quick Set ini terdiri dari tiga opsi: Home AP, Hotspot, dan Gateway. Pada opsi Home AP, kita dapat mengkonfigurasi router sebagai akses point. Pada opsi Hotspot, kita dapat mengkonfigurasi router sebagai hotspot. Pada opsi Gateway, kita dapat mengkonfigurasi router sebagai gateway internet.

Baca Juga:  Cara Setting IP di Android

Menu IP pada Webfig router Mikrotik RB750 digunakan untuk mengatur konfigurasi IP address seperti IP address pada router, subnet mask, gateway, dan DNS. Firewall digunakan untuk melindungi jaringan dari ancaman seperti virus, malware, dan serangan dari orang yang tidak memiliki hak akses. Wireless digunakan untuk mengatur konfigurasi wireless pada router, sedangkan Hotspot digunakan untuk mengatur hotspot pada router.