cara setting router mikrotik rb750
cara setting router mikrotik rb750

Cara Setting Router Mikrotik RB750

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan login ke router mikrotik RB750. Untuk login bisa menggunakan aplikasi Winbox atau bisa juga menggunakan browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Setelah login, masuk ke menu IP > Addresses. Kemudian klik tombol add untuk menambahkan IP Address baru. Setelah itu, isikan alamat IP pada kolom yang tersedia dan jangan lupa untuk melakukan Gateway.

Selanjutnya, masuk ke menu IP > DHCP Server. Klik tombol add lalu isikan kolom-kolom yang tersedia dan jangan lupa untuk centang pada use interface. Setelah itu, klik Apply dan OK. Dengan melakukan konfigurasi ini, maka router mikrotik RB750 sudah siap untuk digunakan sebagai Hotspot.

2. Konfigurasi Hotspot

Setelah melakukan konfigurasi dasar pada router mikrotik RB750, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada fitur Hotspot. Pertama-tama masuk ke menu IP > Hotspot. Setelah itu pilih tab dan pilihlah sebuah interface yang digunakan untuk Hotspot. Kemudian, isikan alamat IP dan jangan lupa berikan nama hotspot pada kotak hotspot name.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Hotspot dengan cara klik checkbox pada kotak hotspot service. Kemudian pilih user profile yang digunakan pada fitur Hotspot. User profile adalah settingan yang digunakan untuk mengatur koneksi internet dan penggunaan bandwidth pada masing-masing pengguna Hotspot.

Baca Juga:  Cara Setting Jam Tangan Digital Lasika

Pada menu IP > Hotspot > Users, kita bisa menambahkan pengguna Hotspot. Pengguna Hotspot ini bisa kita atur dengan memberikan username dan password. Kemudian kita bisa menentukan batasan waktu penggunaan koneksi internet dengan menentukan validity.

Kita juga bisa menentukan beberapa parameter lainnya seperti limit download, limit upload, serta pengaturan bandwidth bagi masing-masing pengguna. Dengan melakukan konfigurasi pada fitur Hotspot pada router mikrotik RB750, pelanggan yang datang ke toko atau cafe Anda bisa dengan mudah terkoneksi ke internet.

3. Perlindungan Terhadap Serangan dan Peretasan

Setelah menjalankan router mikrotik RB750 dengan fitur Hotspot, kita juga harus memperhatikan perlindungan terhadap serangan dan peretasan. Ada beberapa cara untuk memperkuat pertahanan terhadap serangan dan peretasan pada router mikrotik RB750. Salah satunya adalah dengan mengubah port standar dari router mikrotik RB750. Hal ini dilakukan agar peretas atau hacker kesulitan dalam melakukan serangan ke router mikrotik.

Langkah selanjutnya adalah melakukan penambahan pasword yang kuat pada router mikrotik. Password ini digunakan sebagai proteksi dari peretasan. Password juga perlu diubah secara berkala untuk meningkatkan perlindungan.

Selain itu, kita juga bisa memperkuat perlindungan dengan melakukan pengaturan pada firewall. Pengaturan firewall ini bisa kita atur untuk memblokir IP yang mencurigakan atau menghapus session yang dapat membahayakan koneksi internet pada router mikrotik RB750.

4. Mengatur Voucher

Kita juga bisa memanfaatkan fitur Voucher pada fitur Hotspot pada router mikrotik RB750. Fitur Voucher ini sangat berguna bagi pelaku usaha atau pemilik toko yang ingin membatasi penggunaan internet yang diberikan kepada pelanggan.

Pada dasarnya Voucher adalah kode yang digunakan untuk membatasi waktu penggunaan atau kuota internet yang bisa digunakan oleh pelanggan. Fitur ini juga berguna untuk membatasi akses internet bagi pengguna yang belum melakukan pembayaran terlebih dahulu. Dengan menggunakan fitur Voucher pada router mikrotik RB750, pemilik toko bisa lebih mudah dalam mengatur dan membatasi penggunaan internet yang diberikan kepada pelanggan.

Baca Juga:  Cara Setting Receiver Parabola untuk Internet

Untuk melakukan konfigurasi fitur Voucher pada router mikrotik RB750 sangatlah mudah. Kita hanya perlu membuat file ke dalam router mikrotik RB750 dan kemudian mengedit file tersebut dengan menggunakan aplikasi text editor seperti Notepad atau Sublime. File voucher tersebut kemudian akan di-generate menjadi Kode Voucher yang bisa diberikan kepada pelanggan. Kita juga bisa menentukan harga voucher yang akan dijual kepada pelanggan.

Dalam menggunakan fitur Hotspot pada router mikrotik RB750, kita harus memperhatikan keamanan dan kecepatan koneksi internet. Kita juga perlu memperhatikan konfigurasi dasar serta konfigurasi pada fitur Hotspot itu sendiri agar dapat memberikan koneksi internet yang aman dan cepat bagi pelanggan kita. Dengan melihat fitur-fitur pada router mikrotik RB750, kita bisa bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan koneksi internet tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Mengatur Router Mikrotik RB750 dengan Firewall yang Efektif

Mengatur Firewall pada Router Mikrotik RB750

Router Mikrotik RB750 dilengkapi dengan fitur firewall, yang memungkinkan Anda untuk menjaga jaringan Anda aman dari ancaman keamanan seperti malware, spyware, dan hacker. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750 dengan cara yang efektif dan sederhana.

Memahami Firewall

Sebelum kita membahas cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750, ada baiknya bagi kita untuk memahami terlebih dahulu apa itu firewall. Firewall adalah suatu perangkat lunak atau perangkat keras yang bekerja sebagai penghalang antara jaringan Anda dan dunia luar. Firewall mengatur mana saja yang diperbolehkan masuk dan keluar dari jaringan Anda. Firewall dapat diatur untuk membatasi akses pengguna dan potensi ancaman keamanan.

Baca Juga:  Social Spy WhatsApp, Menjaga Keamanan Informasi di Era Digital

Mengatur Firewall pada Router Mikrotik RB750

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatur firewall pada Router Mikrotik RB750:

1. Masuk ke Router Mikrotik RB750

Pertama-tama, bukalah web browser Anda dan ketikkan IP address Router Mikrotik RB750 pada bilah alamat URL di atas. Anda akan diarahkan ke halaman login Mikrotik. Masukkan username dan password Anda.

2. Masuk ke Menu Firewall

Selanjutnya setelah berhasil login, pada halaman utama Mikrotik, pilih menu “IP,” kemudian pilih “Firewall” pada panel sisi kiri.

3. Mengatur Rule Firewall

Sekarang Anda dapat membuat rule firewall yang efektif untuk jaringan Anda. Anda dapat menetapkan rule firewall dengan meng-klik tombol “Add New.” Setelah Anda mengklik tombol “Add New,” Anda akan diarahkan ke halaman “New Firewall Rule.” Mengisi kolom pada halaman rule firewall tersebut sesuai kebutuhan Anda.

4. Mengatur Fitur Firewall Filter

Anda dapat memilih firewall filter secara manual atau menggunakan salah satu preset filter yang ada. Untuk menggunakan preset filter, pilih menu “Firewall,” kemudian pilih “Filter Rules” pada panel sisi kiri, lalu pilih tombol “Preset Filter.” Kemudian pilih preset filter sesuai kebutuhan Anda, contohnya “Drop All.” Setelah memilih preset filter, tekan tombol “Apply.”

5. Mengatur DNS Filtering

Cara terakhir dalam mengatur firewall pada Mikrotik RB750 adalah dengan melakukan DNS Filtering. DNS Filtering akan menjaga jaringan Anda dari ancaman keamanan dengan menghalangi akses ke situs-situs yang tidak diinginkan. Untuk mengatur DNS Filtering pada Mikrotik RB750, pilih menu “IP,” kemudian pilih “DNS” pada panel sisi kiri. Pastikan bahwa fitur “DNS Forwarding” sudah diaktifkan. Kemudian pilih “DNS Static” dan tambahkan domain yang ingin Anda blokir.