cara setting stereo mix windows 7
cara setting stereo mix windows 7

Cara Setting Stereo Mix Windows 7

Cara Setting Stereo Mix Windows 7 – Bagi para pengguna Windows 7 yang ingin merekam suara internal pada komputer laptop ataupun PC, maka setting Stereo Mix sangat penting untuk dikonfigurasi. Namun, seringkali Stereo Mix tidak muncul dalam daftar device manager pada pengaturan suara Windows.

Cara Setting Stereo Mix Windows 7

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka pengaturan suara pada Windows. Cara membukanya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Windows di keyboard kemudian mengetikkan “Pengaturan suara” pada kolom pencarian. Setelah muncul, klik pada “Pengaturan suara” tersebut.

Setelah itu, akan muncul jendela baru yang berisikan pengaturan suara pada Windows 7. Terdapat beberapa tab pada jendela pengaturan suara ini, seperti “Playback”, “Recording”, “Sounds”, dan “Communications”. Pada tahap ini, kita akan fokus pada tab “Recording” yang berguna untuk merekam suara dari microphone atau sumber audio lainnya.

Pada tab “Recording”, terdapat daftar device manager yang tersedia untuk merekam suara. Namun, seringkali perangkat yang kita inginkan seperti Stereo Mix tidak muncul pada daftar tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mengatur opsi tampilan pada pengaturan suara agar perangkat yang kita inginkan dapat ditampilkan.

Untuk mengatur opsi tampilan pada pengaturan suara, klik pada area kosong pada tab “Recording” dan lakukan klik kanan. Setelah itu, pilih opsi “Tampilkan perangkat yang tidak aktif” pada menu yang muncul. Dengan begitu, perangkat seperti Stereo Mix yang sebelumnya tidak muncul akan terlihat pada daftar device.

Setelah Stereo Mix muncul pada daftar device manager, klik kanan pada perangkat tersebut lalu pilih opsi “Aktifkan” untuk mengaktifkan Stereo Mix. Jika perangkat tersebut masih tidak muncul, coba periksa lagi apakah driver audio pada komputer sudah terpasang dengan benar atau belum.

Selain itu, kita juga dapat melakukan konfigurasi pada perangkat Stereo Mix agar sesuai dengan kebutuhan. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada perangkat tersebut lalu pilih opsi “Properties”. Pada jendela properties, terdapat beberapa opsi seperti “Levels”, “Enhancements”, dan “Advanced”.

Opsi “Levels” berguna untuk mengatur volume pada perangkat Stereo Mix, sedangkan opsi “Enhancements” digunakan untuk mengatur efek suara seperti bass boost atau noise suppression. Sedangkan opsi “Advanced” berguna untuk mengatur sample rate atau format audio yang digunakan pada perangkat.

Baca Juga:  Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Mengaktifkan Stereo Mix

Stereo Mix merupakan salah satu fitur penting di Windows 7 yang banyak dimanfaatkan oleh para pengguna PC. Fitur ini membantu pengguna untuk merekam audio secara langsung dari komputer tanpa menggunakan alat tambahan seperti mikrofon atau alat perekam eksternal. Stereo Mix diaktifkan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Berikut adalah cara setting stereo mix Windows 7:

Masuk ke Sounds Control Panel

Anda dapat membuka Sounds Control Panel dengan cara yang mudah, yaitu dengan klik kanan pada ikon speaker di taskbar, lalu pilih “Recording Devices”. Atau, Anda dapat memasukkan “Sound Control Panel” ke dalam kotak pencarian di menu start dan pilih “Sound”.

Aktifkan Stereo Mix

Selanjutnya, perhatikan jendela “Sound”. Pilih tab “Recording” dan periksa apakah pilihan “Stereo Mix” sudah terlihat atau belum. Jika tidak, klik kanan pada area kosong dari jendela, lalu pilih “Show Disabled Devices” dan “Show Disconnected Devices”. Pilihan “Stereo Mix” akan muncul dalam daftar pilihan. Aktifkan pilihan “Stereo Mix” dengan melakukan klik kanan dan memilih “Enable”.

Konfigurasi Stereo Mix

Setelah Stereo Mix diaktifkan, beberapa pengguna mungkin tidak dapat merekam audio dari mikrofon mereka. Hal ini bisa saja terjadi karena PC Anda sedang menggunakan input sound lainnya selain Stereo Mix. Untuk mengatasi hal ini, lakukan konfigurasi Stereo Mix. Cara ini cukup mudah. Klik kanan pilihan “Stereo Mix” dan memilih “Properties”. Pada jendela “Properties”, pilih tab “Listen”, lalu aktifkan pilihan “Listen to this device”. Selesai!

Tes Stereo Mix

Terakhir, setelah konfigurasi Stereo Mix, Anda bisa melakukan tes pada fitur tersebut, apakah sudah benar terpasang atau belum. Buka aplikasi perekam suara seperti Audacity atau yang sejenisnya, kemudian buat sebuah proyek baru. Selanjutnya, pilih “Stereo Mix” sebagai input/recording pada aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa level suara pada aplikasi perekam suara.

Dalam proyek baru yang sudah Anda buat, lakukan beberapa pengujian seperti merekam suara dari menggunakan sumber audio lain (seperti menonton video YouTube) atau lakukan percakapan dengan rekan Anda melalui Skype atau aplikasi lain yang membutuhkan penggunaan mikrofon. Pastikan kualitas audio yang direkam melalui Stereo Mix sudah cukup baik, tidak ada gangguan maupun suara yang terpotong-potong. Jika ada suara yang terdengar aneh atau tidak jelas, coba ulangi proses dari awal atau periksa fitur Stereo Mix Anda.

Stereo Mix adalah fitur yang sangat berguna dan penting bagi para pengguna PC. Dengan melakukan cara setting stereo mix Windows 7 yang benar, Anda bisa lebih leluasa merekam audio langsung dari PC tanpa perlu menggunakan alat tambahan. Selain itu, fitur ini juga menawarkan kemudahan dan efisiensi penggunaan komputer tanpa harus repot-repot membawa mikrofon atau alat perekam eksternal lagi.

Baca Juga:  Cara Setting Karbu PE 28 KW

Memilih Default Input Device

Setelah berhasil mengatur Stereo Mix pada Windows 7, langkah selanjutnya adalah memilih default input device untuk menyelaraskan audio dari komputer dengan audio yang masuk ke rekaman audio.

1. Buka Control Panel

Langkah pertama adalah membuka Control Panel. Ada beberapa cara untuk membukanya, salah satunya melalui Start Menu dan memilih Control Panel di menu tersebut. Atau bisa juga dengan mengetik control panel pada kolom search yang ada di Start Menu Windows.

2. Pilih Sound

Pada bagian Control Panel, pilih menu Hardware and Sound, lalu klik pada pilihan Sound.

3. Pilih Default Input Device

Pada bagian Sound, pastikan memilih tab Recording. Kemudian, klik kanan pada Stereo Mix dan pilih Properties.

Setelah itu, pada menu Properties Stereo Mix, pilih tab Listen. Pastikan centang pada opsi Listen to this device sudah terpilih, sehingga audio dapat didengar pada speaker atau headphone. Kemudian, pada opsi Playback through this device, pilih Default Playback Device. Ini akan menyinkronkan audio pada sistem komputer dengan audio yang masuk ke rekaman audio, sehingga kualitas dan kejernihan audio yang direkam menjadi lebih baik.

4. Simpan Pengaturan

Setelah melakukan pengaturan, klik tombol OK dan tutup jendela Properties Stereo Mix. Pastikan pengaturan yang baru telah disimpan. Kini, audio pada rekaman audio yang direkam pada komputer Windows 7 berjalan lebih baik dan jelas.

Memilih default input device memang terlihat sederhana, namun pengaruhnya cukup besar dalam kualitas audio yang direkam pada komputer. Dengan memilih opsi Default Playback Device, audio yang masuk ke rekaman audio dan audio sistem komputer bisa disinkronkan dengan baik. Pasangkan dengan mengatur Stereo Mix, rekaman audio pada komputer Windows 7 jadi jernih dan berkualitas.

Memeriksa Level Suara

Sebelum melakukan cara setting stereo mix windows 7, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa level suara. Setiap komputer memiliki level suara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksanya terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi suara yang terlalu keras atau terlalu lemah.

Cara mudah untuk memeriksa level suara adalah dengan membuka Home Theater atau Windows Media Player. Kemudian, putar lagu atau video favoritmu dan periksa level suaranya. Apabila suaranya terlalu rendah, maka naikan level suara. Namun, jika suaranya terlalu keras, kurangi level suara. Pastikan level suara yang kamu pilih tidak terlalu rendah atau terlalu keras.

Baca Juga:  Cara Mencari Setting di HP Android

Tak hanya itu, kamu juga bisa memeriksa level suara dari Control Panel. Caranya sangat mudah, cukup klik tombol Start pada desktop lalu pilih Control Panel. Setelah itu, pilih Hardware and Sound dan klik Sound. Pada jendela Sound, pilih tab Recording dan klik ikon Properties. Di layar berikutnya, kamu akan melihat level suara dari microphonenya. Pastikan level suara sudah cukup tinggi dan tidak terlalu lemah.

Setelah memeriksa level suara, kamu sekarang siap untuk melakukan cara setting stereo mix windows 7.

Menyimpan dan Menutup Pengaturan Suara

Setelah Anda melakukan pengaturan Stereo Mix pada Windows 7, langkah selanjutnya adalah menyimpan dan menutup pengaturan suara tersebut. Namun, bagaimana cara menyimpan dan menutup pengaturan suara Stereo Mix pada Windows 7?

Untuk menyimpan pengaturan suara Stereo Mix pada Windows 7, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada “Start” yang ada pada desktop Anda lalu pilih “Control Panel”.
  2. Setelah masuk ke “Control Panel”, klik pada “Hardware and Sound”.
  3. Setelah itu, klik pada “Sound”.
  4. Kemudian pilih tab “Recording” dan klik pada “Stereo Mix” kemudian pilih opsi “Properties”.
  5. Pada jendela “Properties Stereo Mix”, klik pada tab “Levels” dan atur level suara sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, klik tombol “Apply” dan klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan suara.

Setelah Anda menyimpan pengaturan suara Stereo Mix pada Windows 7, langkah selanjutnya adalah menutup pengaturan suara tersebut. Namun, bagaimana cara menutup pengaturan suara Stereo Mix pada Windows 7?

Untuk menutup pengaturan suara Stereo Mix pada Windows 7, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada tombol “X” pada pojok kanan atas jendela “Properties Stereo Mix”.
  2. Kemudian, klik “OK” pada jendela “Sound” untuk menutup pengaturan suara.

Demikianlah cara menyimpan dan menutup pengaturan suara Stereo Mix pada Windows 7 yang sangat mudah untuk diikuti. Dengan melakukan pengaturan suara Stereo Mix, Anda dapat merekam suara di Windows 7 tanpa perlu menggunakan microphone tambahan. Semoga bermanfaat!