cara setting stik pes 2016 di laptop
cara setting stik pes 2016 di laptop

Cara Setting Stik PES 2016 di Laptop

Menghubungkan stik PS3 ke laptop memungkinkan para gamer untuk dapat bermain game dengan kontroler yang lebih nyaman. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa langkah mudah untuk menghubungkan stik PS3 ke laptop agar pemain game dapat memainkan game dengan cara yang lebih menyenangkan.

Cara Menghubungkan Stik PS3 ke Laptop

Cara Menghubungkan Stik PS3 ke Laptop

1. Pastikan komputer atau laptop sudah terpasang dengan port USB

Ingatlah bahwa port USB biasanya ditemukan pada tiga sisi ersebut yang menghadap ke samping dan belakang CPU. Jadi, pastikan Anda menghubungkan stik PS3 ke port USB di bagian mana saja yang nyaman bagi Anda dan memudahkan Anda agar tetap fokus pada permainan tanpa harus khawatir tentang kabel yang menghalangi pergerakan tangan Anda.

2. Pastikan bahwa drivernya sudah terpasang dengan benar

Setelah memastikan bahwa stik PS3 terhubung ke port USB dengan benar, pastikan bahwa drivernya sudah terpasang dengan benar pada laptop Anda. Drivernya dapat ditemukan secara online dan Anda cukup mencarinya dengan nama model stik PS3 Anda. Ingatlah bahwa penggunaan driver yang salah dapat mengakibatkan berbagai permasalahan dalam permainan dan menghambat proses penginstalan. Jika Anda tidak menemukan driver yang diperlukan, Anda dapat mencoba mengecek situs resmi pabrik pembuat stik PS3 atau berkonsultasi dengan layanan teknis terkait.

3. Mengonfigurasi tombol-tombol pada stik PS3

Jika driver sudah terinstall dengan benar, sekarang saatnya Anda mengatur tombol-tombol pada stik PS3 agar sesuai dengan permainan yang Anda mainkan. Caranya adalah dengan memasang program pendukung seperti x360ce atau MotioninJoy. Dengan program ini, Anda dapat mengonfigurasi tombol pada stik PS3 agar sesuai dengan tombol pada keyboard atau tombol pada kontroler game yang lebih baru. Konfigurasi ini berguna untuk mempermudah permainan dan menyesuaikan pengalaman bermain game dengan kontroler yang lebih nyaman.

4. Mengaktifkan pengaturannya untuk mulai bermain

Setelah Anda mengonfigurasi tombol pada program x360ce atau MotioninJoy, Anda dapat mengaktifkan pengaturannya untuk mulai bermain. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan Anda tersebut supaya nantinya dapat digunakan kembali saat hendak bermain game yang sama dengan kontroler yang sama. Selain itu, pastikan bahwa koneksi antara stik PS3 dan laptop stabil dan tidak terganggu oleh benda apapun di sekitar keduanya agar pengalaman bermain game yang dimainkan menjadi makin menyenangkan dan lebih memuaskan.

Dengan mengikuti keempat langkah tersebut, Anda sudah dapat menghubungkan stik PS3 ke laptop dengan benar dan semakin menambah tingkat pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan. Dalam dunia game, selain dari pengalaman dan keahlian dalam bermain, penggunaan kontroler yang bagus merupakan salah satu kunci sukses dalam bermain secara lebih maksimal. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi gamer serta membuat pengalaman bermain game kian menyenangkan!

Baca Juga:  Tips dan Trik Memenangkan Pertandingan Cape Town FF

Konfigurasi Tombol pada Stik PES 2016

Merupakan hal yang penting bagi para pecinta game Pro Evolution Soccer (PES) 2016 untuk mengatur atau melakukan konfigurasi tombol pada stik game agar dapat menikmati permainan game dengan optimal. Adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan diketahui, seperti tombol dan fungsinya, bagaimana cara mengatur stik, serta solusi untuk beberapa masalah yang sering terjadi.

Tombol-tombol dan Fungsinya

Sebelum melakukan konfigurasi pada stik PES 2016, diperlukan pemahaman mengenai fungsi tombol-tombol yang ada pada stik game tersebut. Berdasarkan jenis stik, tombol dan fungsinya bisa berbeda. Namun, secara umum tombol yang terdapat pada stik game memiliki fungsi seperti dibawah ini:

  1. Tombol D-pad (directional pad): fungsinya untuk menggerakkan karakter dalam permainan pada arah tertentu.
  2. Tombol stick analog kanan dan kiri: dapat digunakan untuk mengatur gerakan di in-game secara tepat.
  3. Tombol aksi: berfungsi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan pada in-game seperti memilih, menendang, maupun menyundul bola.
  4. Tombol shoulder (bahu): Sebagian besar terletak di atas (kanan dan kiri) dan berfungsi untuk mengontrol gerakan karakter dan juga digunakan untuk melempar.
  5. Tombol tombol start dan select: Fungsinya untuk mengatur atau mengontrol koneksi ke perangkat lain seperti monitor, TV, atau perangkat audio.

Cara Mengatur Stik PES 2016 di Laptop

Jika sudah mengetahui tombol-tombol yang terdapat pada stik game, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada stik game agar sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kita dalam memainkan game PES 2016. Berikut adalah cara mengatur stik PES 2016 pada laptop:

  1. Buka PES 2016 dan masuk ke menu “Option”.
  2. Pilih menu “Controller” untuk mengatur tombol pada stik game.
  3. Pilih jenis stik yang digunakan.
  4. Setelah itu, pilih tombol yang ingin diubah dan klik tombol yang baru pada stik game yang kita miliki.
  5. Jika selesai menyesuaikan tombol pada stik game, simpan pengaturan dan jangan lupa cek kembali apakah pengaturan sudah berjalan dengan baik.

Untuk memastikan pengaturan stik telah benar, kita dapat memilih mode “exhibition” pada menu “Match” dan melihat kembali apakah tombol-tombol yang telah disesuaikan berfungsi dengan baik atau tidak.

Beberapa Masalah yang Sering Terjadi

Perlu diketahui bahwa meskipun kita telah mengkonfigurasi tombol pada stik PES 2016, seringkali masalah-masalah muncul saat kita memainkan game tersebut. Beberapa masalah yang sering terjadi seperti:

  1. Tombol yang tersesuai dengan keinginan kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini karena terkadang stik game yang kita miliki tidak sesuai dengan konfigurasi yang ada pada game tersebut. Solusinya adalah menyesuaikan kembali fungsi tombol pada stik.
  2. Tombol aksi pada stik terkadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Solusinya adalah memastikan dengan baik, pastikan koneksi USB atau kabel yang terhubung ke PC, Laptop atau Game Console tidak bermasalah.
  3. Tombol pergerakan karakter atau D-Pad tidak berfungsi dengan baik. Solusinya adalah, bisa dicoba untuk mengganti setingan pada stik game, dengan mengatur deadzone atau durasi efektif tombol agar lebih peka dengan gerakan yang dilakukan.
  4. Terjemahan bahasa pada menu “Configuration” kurang jelas dan menganggu pengaturan pada stik game. Solusinya adalah, memahami terlebih dahulu arti dari setiap bahasa yang digunakan pada game tersebut. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan teman yang lebih ahli dalam masalah konfigurasi stik game.
Baca Juga:  Arti Kata Suren di Mobile Legends, Penjelasan dan Penggunaannya

Dalam memainkan game PES 2016 menggunakan stik game, bukan hanya sekedar cara untuk memudahkan kita dalam mengatur karakter dan mendapatkan kenyamanan dalam memainkan game tersebut. Melakukan konfigurasi tombol pada stik PES 2016 juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kita dalam memainkan game, dan juga membuat kita lebih fokus dalam bermain game sehingga menciptakan permainan yang lebih optimal.

Pengaturan Mapping Berbeda untuk Setiap Pemain

Setelah menyesuaikan fungsi tombol pada stik, sudah saatnya mengatur pengaturan mapping yang berbeda untuk setiap pemain. Setiap pemain memiliki preferensi yang berbeda saat bermain game, oleh karena itu pengaturan stik atau keyboard harus disetel sesuai dengan kebutuhan pemain.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mengatur pengaturan mapping stik berbeda untuk setiap pemain:

1. Pilih menu Options pada game Pro Evolution Soccer 2016

Pada menu utama game Pro Evolution Soccer 2016, pilih menu Options yang terletak di bagian kanan bawah layar. Setelah masuk pada menu Options, pilih menu Controller Settings.

2. Pilih stik yang ingin diatur mappingnya

Pilih tombol Configure pada stik yang ingin diatur mappingnya. Jika stik belum terditeksi, pastikan stik terhubung pada laptop Anda dan sudah terinstall driver stik dengan benar.

3. Atur pengaturan mapping sesuai dengan kebutuhan setiap pemain

Setelah masuk pada menu Configure, kita dapat mengatur pengaturan mapping sesuai dengan kebutuhan setiap pemain. Setiap pemain memiliki gaya bermain yang berbeda-beda, oleh karena itu pengaturan mapping harus dimodifikasi agar sesuai dengan preferensi pemain. Untuk mengatur, kita dapat klik tombol yang akan diganti fungsinya pada stik, kemudian tekan tombol pada stik yang ingin menjadi fungsinya. Setelah modifikasi selesai, pilih Save untuk menyimpan pengaturan mapping.

4. Simpan profil mapping untuk setiap pemain

Setelah melakukan modifikasi pada pengaturan mapping stik, jangan lupa untuk menyimpannya agar mudah diakses untuk setiap pemain. Pada menu Configure, kita dapat memilih Save untuk menyimpan pengaturan mapping ke profil pemain yang berbeda. Jadi, ketika pemain A ingin bermain, ia dapat memilih profil mappingnya, begitupun dengan pemain B dan seterusnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat mengatur pengaturan mapping berbeda untuk setiap pemain sesuai dengan preferensi dan gaya bermain mereka. Kita dapat memodifikasi pengaturan mapping kapan saja agar sesuai dengan keinginan kita dalam bermain game Pro Evolution Soccer 2016. Semoga tutorial ini berguna buat kamu! Selamat bermain!

Cara Setting Stik PES 2016 di Laptop

Setelah menginstal game Pro Evolution Soccer 2016 (PES 2016) pada laptop atau PC, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur stik agar dapat digunakan dengan maksimal. Mengapa demikian? Sebab, menggunakan stik atau joystick saat bermain PES memiliki keuntungan, seperti kontrol yang lebih mudah dan cepat.

Mengoptimalkan Kecepatan Respons Stik

Namun, terkadang pemain mengalami ketidaknyamanan saat menggunakan stik di PES, seperti lambatnya respons atau gerakan yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk mengoptimalkan kecepatan respons stik.

1. Mengubah “Stick Mode” Menjadi “Analog”

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah “Stick Mode” menjadi “Analog”. Dalam mode ini, kontrol analog akan sangat meresponsif pada pergerakan stik, membuat penggunaan stik lebih akurat dan responsif.

Untuk mengubahnya, tekan tombol “Options” (O) pada stik ketika berada pada layar pemilihan tim atau mode, kemudian pilih “System Settings” dan pilih “Controller Settings”. Terakhir, pilih “Analog Stick Settings” dan atur mode stik menjadi “Analog”.

Baca Juga:  Mengenai Konsor io Login Penghasil Uang, Apakah Aman Terbukti Membayar?

2. Mengatur Sensitivitas Stik

Cara kedua untuk mengoptimalkan kecepatan respons stik adalah dengan mengatur sensitivitas stik. Pada dasarnya, sensitivitas stik mengontrol seberapa cepat gerakan direkam oleh game saat stik digerakkan. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat sensitivitas, semakin cepat game akan merekam pergerakan stik.

Untuk mengatur sensivitas stik, pilih “Controller Settings” di “System Settings”. Pilih “Edit”, lalu pilih ikon “sensitivitas”, dan atur tingkat sensitivitas stik sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menyesuaikan tingkat sensitivitas dengan mencoba gerakan stik pada layar monitor.

3. Menggunakan Driver Stik Terbaru

Ketika stik PES tidak merespons dengan baik, terkadang itu disebabkan oleh driver stik yang tidak terbaru. Dalam hal ini, penggunaan driver terbaru mungkin dapat membersihkan masalah serta meningkatkan kecepatan respons stik.

Untuk memperbarui driver stik, pastikan kamu terhubung dengan internet, kemudian temukan driver stik yang kompatibel dengan jenis stik yang kamu gunakan. Gunakan situs-situs resmi untuk mengunduh driver agar terhindar dari virus atau masalah lainnya. Setelah berhasil mengunduh, ikuti instruksi untuk memasang driver.

4. Membersihkan Stik

Terakhir, stik yang tidak merespons mungkin disebabkan oleh kotorannya sendiri. Apabila kondisi stik terlihat kotor atau lengket, maka membersihkannya mungkin adalah solusi terbaik. Caranya cukup mudah, dapat menggunakan kain lembut atau lap basah yang digosokkan ke seluruh bagian stik secara berulang-ulang hingga bersih dan kering.

Jadi, itulah beberapa cara mengoptimalkan kecepatan respons stik saat bermain PES di laptop. Saat menggunakan stik, penting untuk menjaga kebersihan stik serta terus mencoba beberapa cara dibawah untuk menemukan pengaturan yang paling cocok untuk kamu. Semoga berhasil!

Menyimpan Pengaturan Setelah melakukan Konfigurasi

Jika kamu telah menyelesaikan konfigurasi stik PES 2016 di laptopmu, ada baiknya kamu menyimpan pengaturannya agar tidak kehilangan konfigurasimu yang sudah kamu buat. Proses simpan pengaturan stik PES 2016 sangat mudah, hanya memerlukan beberapa langkah sederhana.

Setelah kamu menyelesaikan konfigurasi stik PES 2016 di laptop, kamu harus memastikan bahwa stikmu berhasil terhubung dengan game. Jika stikmu sudah terhubung dengan game, kamu bisa memulai proses simpan pengaturan.

Langkah 1:

Buka game PES 2016 di laptopmu, lalu klik tombol “Options” di menu utama game.

Langkah 2:

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke menu “Options” PES 2016. Pilihlah menu “Controller Settings” dan klik tombol “Config” untuk mengakses pengaturan stikmu.

Langkah 3:

Selanjutnya, akan muncul jendela baru dengan judul “Controller Settings”. Pilih stik PES 2016 yang ingin kamu simpan pengaturannya dan klik tombol “Save” yang terletak di bawah. Berikan nama pengaturannya kemudian klik “Save” lagi untuk mengkonfirmasi.

Langkah 4:

Setelah itu, kamu akan kembali ke menu “Controller Settings”. Kamu akan melihat pengaturan stikmu sudah tersimpan dengan nama yang baru saja kamu buat. Kemudian, klik tombol “Close” untuk menyelesaikan proses simpan pengaturan.

Langkah 5:

Simpan konfigurasi stik PES 2016 yang sudah kamu buat dengan cara memilih “Apply” setelah kamu masuk pada menu “Controller Settings”. Pengaturan akan teraplikasi pada game PES 2016 setelah kamu memilih “Apply”.

Dengan itu, kamu sudah berhasil menyimpan pengaturan stik PES 2016 di laptopmu. Kamu bisa dengan mudah mengakses pengaturan stikmu ketika kamu ingin mengubah pengaturan atau memainkan game PES 2016.