cara setting ppsspp pc menggunakan joystick
cara setting ppsspp pc menggunakan joystick

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick – Bagi pengguna emulator PPSSPP, memainkan game dengan Joystick tentu akan lebih memuaskan dibandingkan menggunakan keyboard. Karena dengan Joystick, kita bisa merasakan sensasi memainkan game yang lebih realistis dan mudah dikendalikan.

Tetapi, terkadang ketika kita mencoba memainkan game dengan menggunakan Joystick, kita harus merubah atau melakukan setting terlebih dahulu di emulator PPSSPP. Karena kebanyakan, Joystick yang dijual tidak memiliki driver atau installer yang berfungsi secara otomatis ketika dikoneksikan ke PC.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan menjelaskan mengenai cara setting Joystick agar dapat digunakan pada emulator PPSSPP PC.

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Untuk bisa menggunakan Joystick pada emulator PPSSPP, tentu Joystick tersebut perlu terlebih dahulu dikoneksikan ke PC atau Laptop. Ada beberapa cara dalam menghubungkan Joystick ke PC, yaitu melalui bentuk koneksi USB, Bluetooth, atau WiFi. Namun,

pada artikel ini teknadocnetwork.com hanya akan menjelaskan mengenai cara menghubungkan Joystick dengan bentuk koneksi USB, karena pada umumnya hampir semua Joystick yang dijual memiliki port USB.

Berikut adalah langkah-langkah cara menghubungkan Joystick dengan PC menggunakan bantuan koneksi USB:

  1. Langkah Pertama:
    Pastikan Joystick yang akan dihubungkan ke PC sudah memiliki kabel USB yang terhubung dengan Joystick. Kemudian hubungkan kabel USB tersebut ke port USB di PC atau Laptop.
  2. Langkah Kedua:
    Setelah kabel Joystick terhubung, maka PC atau Laptop akan mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung. Pada umumnya, Joystick yang sudah terhubung akan mendapat label ‘USB Gamepad’.
  3. Langkah Ketiga:
    Kemudian kita harus memastikan bahwa Joystick sudah terdeteksi dan sesuai dengan konfigurasi di PC atau Laptop kita. Untuk memastikan itu, kita bisa membuka ‘Control Panel’ dan cari opsi ‘Devices and Printers’ di bagian Hardware and Sound.
  4. Langkah Keempat:
    Setelah itu, cari dan double klik pada gambar ‘USB Gamepad’, maka akan muncul Pop-up window atau jendela. Kemudian klik opsi ‘Game Controller Settings’.
  5. Langkah Kelima:
    Setelah itu, akan muncul jendela baru lagi ‘Set up USB game controller’, kemudian klik opsi ‘Properties’ untuk melihat kondisi dari joystick di layar PC atau Laptop.
  6. Langkah Keenam:
    Pada layar yang baru muncul, kita bisa memeriksa seluruh tombol dan aksinya dengan menggerakkan joystick dan menekan semua tombolnya secara bergantian. Periksa apakah semua aksi dan tombol berfungsi dengan baik atau tidak.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka kita sudah berhasil menghubungkan Joystick dengan PC menggunakan koneksi USB. Setelah Joystick terkoneksi dengan PC, kita kini bisa melakukan setting Joystick pada emulator PPSSPP agar dapat digunakan saat bermain game.

Nah, itu dia langkah mudah menghubungkan Joystick ke PC menggunakan koneksi USB. Semoga artikel ini dapat membantu para gamers yang ingin menggunakan Joystick saat bermain emulator PPSSPP di PC atau Laptop mereka. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga:  Cara Setting PPSSPP Android Agar Tidak Lag

Menentukan Tombol Joystick untuk PPSSPP

PPSSPP adalah emulator PSP yang dapat digunakan di PC. Untuk bermain game PSP menggunakan PPSSPP di PC, pengguna bisa menggunakan joystick. Namun, untuk dapat menggunakan joystick dengan benar, pengguna harus menentukan tombol joystick terlebih dahulu. Pada artikel ini, akan dibahas panduan untuk menentukan tombol joystick untuk PPSSPP di PC.

Pertama, pastikan bahwa joystick sudah terhubung ke PC dan sudah terinstal dengan baik. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka PPSSPP dan masuk ke menu “Control Mapping”.
  2. Pilih “Edit Mode” di bagian kiri atas jendela “Control Mapping”. Setelah itu, pilih salah satu tombol dari tampilan virtual PSP di bagian kanan jendela. Kemudian, klik tombol joystick yang ingin diatur untuk tombol terpilih. Misalnya, untuk mengatur tombol “X”, klik tombol “X” pada tampilan PSP dan kemudian tekan tombol joystick yang ingin diatur sebagai tombol “X”.
  3. Lakukan langkah 2 untuk semua tombol yang ingin diatur. Pastikan setiap tombol joystick telah diatur dengan benar dengan mencoba memainkan game menggunakan joystick.
  4. Setelah semua tombol sudah diatur, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dengan mengklik “Save” di menu “Control Mapping”. Setelah itu, pengguna dapat menutup jendela “Control Mapping” dan mulai memainkan game PSP menggunakan joystick.

Selain menentukan tombol joystick secara manual seperti langkah-langkah di atas, PPSSPP juga menyediakan fitur “Auto-Configure”. Fitur ini akan mengkonfigurasi tombol joystick secara otomatis. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1.  Buka PPSSPP dan hubungkan joystick ke PC seperti biasa.
  2. Masuk ke menu “Settings” dan pilih “Control Mapping”.
  3. Pilih “Auto-Configure”. PPSSPP akan meminta pengguna untuk menekan semua tombol di joystick satu per satu. Setelah semua tombol di tekan, PPSSPP akan mengkonfigurasi tombol joystick secara otomatis.
  4. Tekan “Save” untuk menyimpan pengaturan kontrol joystick.

Namun, fitur “Auto-Configure” tidak selalu akurat dan dapat menghasilkan konfigurasi yang tidak nyaman saat dimainkan. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk menentukan tombol secara manual seperti langkah-langkah di atas.

Demikianlah panduan untuk menentukan tombol joystick untuk PPSSPP di PC. Dengan mengikuti panduan ini, pengguna dapat dengan mudah memainkan game PSP menggunakan joystick. Selamat mencoba!

Menyesuaikan Setelan Analog Joystick

Apakah kamu mengalami kesulitan ketika ingin bermain game dengan menggunakan emulator PS1 di PC dan harus mengatur joystick yang kamu miliki? Tenang saja, pada artikel ini kamu akan menemukan cara cepat dan mudah untuk setting PPSSPP PC menggunakan joystick agar bisa memudahkanmu dalam bermain game.

Pertama-tama, pastikan kamu telah menghubungkan joystick dengan PCmu. Kemudian, buka emulator PPSSPP yang sudah diinstall pada PCmu lalu pilih menu “Setting” pada tampilan awal. Selanjutnya, klik “Control Mapping” yang terdapat pada menu “Control”.

Selanjutnya, perhatikan dua pilihan setting joystick yang tersedia, yaitu “Analog Stick Mapping” dan “DPad Mapping”. Kali ini kita akan menyesuaikan setelan joystick analog. Klik ikon kotak pada “Analog Stick Mapping” untuk mulai menyesuaikan setelan joystick analog.

Pada kolom Vertical Axis Range, atur sedemikian rupa hingga stick joystickmu dapat bergerak ke atas dan ke bawah sesuai dengan yang kamu inginkan. Rasakan sendiri, jika kamu merasa stik joystickmu kurang sensitif atau kurang responsif, kamu bisa meningkatkan angka pada bagian “Deadzone (%)”. Sebaliknya, jika kamu merasa stick joystickmu terlalu sensitif, kamu bisa mengurangi angka tersebut hingga stik dapat bergerak sesuai yang kamu inginkan.

Hal serupa juga dilakukan pada kolom Horizontal Axis Range, yaitu atur stik joystickmu di sisi kiri dan kanan sesuai dengan yang kamu inginkan. Sama seperti pada kolom Vertical Axis Range, jika stik joystickmu kurang responsif, kamu bisa meningkatkan angka pada “Deadzone (%)”. Sementara jika stik joystickmu terlalu sensitif, kamu bisa mengurangi angka pada kolom tersebut.

Baca Juga:  Build Emblem Lesley Tersakit 2023, Versi Top Global

Selanjutnya, atur Tombol Arah Analog kamu. Pilih tombol yang terdapat pada kolom “Pressed Button” lalu arahkan stik joystickmu hingga kamu memperoleh hasil yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa menyesuaikan setelan tombol L3 dan R3 kamu. Tombol-tombol tersebut terdapat pada stik joystick sahabat pembaca. Pilih tombol yang kamu inginkan pada kolom “Pressed Button” lalu arahkan stik joystickmu sampai air menjadi merata.

Nah, itulah cara setting PPSSPP PC menggunakan joystick analog. Setelah kamu berhasil menyesuaikan setelan joystickmu, kamu bisa langsung memainkan game favoritemu dengan menggunakan emulator PPSSPP. Selamat mencoba!

Mengaktifkan Mode Vibrasi pada Joystick

Apakah kamu ingin mengaktifkan mode vibrasi pada joystick saat bermain game di PPSSPP? Sebenarnya, untuk dapat menggunakan mode vibrasi pada joystick pemain harus mengaktifkannya terlebih dahulu pada pengaturan kontrol di aplikasi tersebut.

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah melakukan set up joystick pada PPSSPP. Setelah itu, lakukan langkah berikut:

1. Buka pengaturan kontrol dalam PPSSPP

Buka aplikasi PPSSPP, dan klik opsi “Settings” atau “Pengaturan”. Setelah itu, pilih opsi “Control mapping” atau “Pemetaan Kontrol”.

2. Tentukan tombol yang akan digunakan untuk mode vibrasi

Pada menu “Control mapping” atau “Pemetaan Kontrol”, pilih tombol yang ingin kamu gunakan untuk mode vibrasi. Biasanya tombol vibrasi dapat ditemukan dengan nama “Left/Right rumble” atau “Getar Kiri/Kanan”. Setelah kamu menentukan tombol, klik opsi “Edit” atau “Sunting”.

3. Mengaktifkan mode vibrasi pada tombol yang telah ditentukan

Setelah kamu memilih tombol dan membukanya di menu “Edit” atau “Sunting”, kamu dapat mengaktifkan mode vibrasi dengan menggeser tombol di bagian bawah menu tersebut. Geser tombol “Enable vibration” atau “Aktifkan getaran” ke sebelah kanan.

4. Mengatur intensitas vibrasi

Selain mengaktifkan mode vibrasi, kamu juga dapat mengatur intensitasnya. Kembali ke menu “Control mapping” atau “Pemetaan Kontrol”, kemudian pilih tombol yang telah ditentukan untuk vibrasi. Pada menu “Edit” atau “Sunting”, kamu akan melihat opsi “Vibration strength” atau “Kekuatan getaran”. Geser tombol tersebut ke kanan atau kiri untuk mengatur intensitas vibrasi.

Setelah selesai, simpan pengaturan dan coba tombol vibrasi yang telah kamu atur tadi di permainan PPSSPP. Kamu dapat mengubah intensitas dan menonaktifkan mode vibrasi kapan saja dengan mengikuti langkah yang sama di menu “Control mapping” atau “Pemetaan Kontrol”.

Tes dan Uji Coba Joystick pada PPSSPP

Jika kamu memiliki perangkat PC atau laptop yang memadai untuk memainkan game PSP di aplikasi PPSSPP, kamu mungkin ingin mencoba memainkan game favoritmu dengan menggunakan joystick atau gamepad. Menggunakan joystick atau gamepad akan membuat pengalaman bermainmu menjadi lebih seru, karena kamu akan merasa lebih nyaman dan mudah untuk mengontrol karakter yang kamu mainkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara setting PPSSPP PC menggunakan joystick atau gamepad.

1. Memilih dan Memasang Joystick atau Gamepad

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih dan membeli sebuah joystick atau gamepad untuk PC atau laptopmu. Pilihlah joystick atau gamepad yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu.

Setelah membeli joystick atau gamepad, kamu perlu menghubungkannya ke PC atau laptopmu. Jika joystick atau gamepad yang kamu beli adalah tipe USB, kamu hanya perlu mencolokkannya ke port USB pada PC atau laptopmu.

Baca Juga:  Cara Main Minesweeper di Komputer Windows

Jika kamu menggunakan joystick atau gamepad yang tidak memiliki konektivitas USB, kamu perlu memastikan bahwa PC atau laptopmu memiliki kartu ekspansi atau perangkat yang mendukung jenis konektivitas yang digunakan oleh joystick atau gamepad. Misalnya, jika joystick atau gamepad yang kamu gunakan menggunakan konektivitas Bluetooth, maka kamu harus memastikan bahwa PC atau laptopmu memiliki Bluetooth.

Pasti juga bahwa driver untuk joystick atau gamepad yang kamu beli sudah terpasang dengan benar di PC atau laptopmu. Jika driver belum terpasang, kamu bisa mendownloadnya dari situs web produsen joystick atau gamepad.

2. Membuat Profile Joystick pada PPSSPP

Setelah kamu memilih dan memasang joystick atau gamepad yang tepat, kamu perlu membuat profile joystick pada aplikasi PPSSPP. Dalam menu Settings, pilih opsi Control. Di sana, kamu akan menemukan pengaturan untuk joystick atau gamepad.

Pilihlah opsi “Joystick” dan pastikan bahwa “Enable Joystick” sudah ditandai. Kemudian, klik opsi “Joystick Calibration” untuk mengkalibrasi joystick atau gamepadmu.

Di sini, kamu akan diminta untuk memutar joystick atau gamepad secara manual. Ikuti instruksi yang ada hingga kalibrasi selesai. Setelah kalibrasi selesai, cobalah tombol dan analog joystick pada gamepadmu untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

3. Mengatur Tombol pada Joystick atau Gamepad

Menggunakan joystick atau gamepad pada aplikasi PPSSPP membutuhkan pengaturan tombol yang tepat agar kamu dapat mengontrol karakter yang kamu mainkan dengan nyaman dan mudah. Pada opsi “Control” yang sama, kamu dapat memilih tombol mana yang ingin kamu atur. Terdapat banyak pilihan tombol yang dapat kamu atur agar sesuai dengan game yang kamu mainkan.

Cobalah mengatur tombol dengan bermain game dan melakukan test. Jika kamu merasa tombol yang kamu atur tidak nyaman atau terlalu sulit untuk digunakan, kamu dapat mengubah konfigurasi tombol. Teruslah mengatur hingga kamu menemukan konfigurasi tombol yang tepat untukmu.

4. Tes dan Uji Coba

Sekarang, kamu bisa mencoba memainkan game PSP favoritmu dengan menggunakan joystick atau gamepad. Pastikan bahwa semua settingan yang kamu atur berjalan dengan baik dan kamu dapat mengontrol karaktermu dengan nyaman.

Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan joystick atau gamepad, kamu dapat melakukan troubleshooting dengan melakukan kalibrasi ulang atau memeriksa pengaturan tombol yang telah kamu atur.

5. Tambahan Tips dan Trik

Ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu memainkan game PSP dengan menggunakan joystick atau gamepad:

  • Pastikan bahwa joystick atau gamepad yang kamu beli memiliki fitur “Turbo” atau “Rapid Fire”. Fitur ini memungkinkan kamu menembakkan senjata atau melakukan serangan dengan lebih cepat.
  • Jika kamu merasa bahwa joystick atau gamepad terlalu kecil untuk digenggam, kamu dapat membeli grip tambahan agar lebih nyaman saat dimainkan.
  • Cobalah menggunakan joystick atau gamepad pada permainan yang telah kamu kuasai. Hal ini akan membantumu merasakan bagaimana sensasi menggunakan joystick atau gamepad dengan baik.
  • Jangan ragu untuk mencoba konfigurasi tombol yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam menggunakan tombol pada joystick atau gamepad.

Dengan tips dan trik ini, kamu dapat memaksimalkan pengalaman bermain game PSP dengan menggunakan joystick atau gamepad pada aplikasi PPSSPP di PC atau laptopmu. Selamat mencoba!