cara setting ppsspp pc menggunakan joystick
cara setting ppsspp pc menggunakan joystick

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick – Bagi pengguna emulator PPSSPP, memainkan game dengan Joystick tentu akan lebih memuaskan dibandingkan menggunakan keyboard. Karena dengan Joystick, kita bisa merasakan sensasi memainkan game yang lebih realistis dan mudah dikendalikan.

Tetapi, terkadang ketika kita mencoba memainkan game dengan menggunakan Joystick, kita harus merubah atau melakukan setting terlebih dahulu di emulator PPSSPP. Karena kebanyakan, Joystick yang dijual tidak memiliki driver atau installer yang berfungsi secara otomatis ketika dikoneksikan ke PC.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan menjelaskan mengenai cara setting Joystick agar dapat digunakan pada emulator PPSSPP PC.

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Untuk bisa menggunakan Joystick pada emulator PPSSPP, tentu Joystick tersebut perlu terlebih dahulu dikoneksikan ke PC atau Laptop. Ada beberapa cara dalam menghubungkan Joystick ke PC, yaitu melalui bentuk koneksi USB, Bluetooth, atau WiFi. Namun,

pada artikel ini teknadocnetwork.com hanya akan menjelaskan mengenai cara menghubungkan Joystick dengan bentuk koneksi USB, karena pada umumnya hampir semua Joystick yang dijual memiliki port USB.

Berikut adalah langkah-langkah cara menghubungkan Joystick dengan PC menggunakan bantuan koneksi USB:

  1. Langkah Pertama:
    Pastikan Joystick yang akan dihubungkan ke PC sudah memiliki kabel USB yang terhubung dengan Joystick. Kemudian hubungkan kabel USB tersebut ke port USB di PC atau Laptop.
  2. Langkah Kedua:
    Setelah kabel Joystick terhubung, maka PC atau Laptop akan mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung. Pada umumnya, Joystick yang sudah terhubung akan mendapat label ‘USB Gamepad’.
  3. Langkah Ketiga:
    Kemudian kita harus memastikan bahwa Joystick sudah terdeteksi dan sesuai dengan konfigurasi di PC atau Laptop kita. Untuk memastikan itu, kita bisa membuka ‘Control Panel’ dan cari opsi ‘Devices and Printers’ di bagian Hardware and Sound.
  4. Langkah Keempat:
    Setelah itu, cari dan double klik pada gambar ‘USB Gamepad’, maka akan muncul Pop-up window atau jendela. Kemudian klik opsi ‘Game Controller Settings’.
  5. Langkah Kelima:
    Setelah itu, akan muncul jendela baru lagi ‘Set up USB game controller’, kemudian klik opsi ‘Properties’ untuk melihat kondisi dari joystick di layar PC atau Laptop.
  6. Langkah Keenam:
    Pada layar yang baru muncul, kita bisa memeriksa seluruh tombol dan aksinya dengan menggerakkan joystick dan menekan semua tombolnya secara bergantian. Periksa apakah semua aksi dan tombol berfungsi dengan baik atau tidak.
Baca Juga:  Kapan Bussid Update ke Versi 3.8? Ini Penjelasanya

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka kita sudah berhasil menghubungkan Joystick dengan PC menggunakan koneksi USB. Setelah Joystick terkoneksi dengan PC, kita kini bisa melakukan setting Joystick pada emulator PPSSPP agar dapat digunakan saat bermain game.

Nah, itu dia langkah mudah menghubungkan Joystick ke PC menggunakan koneksi USB. Semoga artikel ini dapat membantu para gamers yang ingin menggunakan Joystick saat bermain emulator PPSSPP di PC atau Laptop mereka. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Menentukan Tombol Joystick untuk PPSSPP

PPSSPP adalah emulator PSP yang dapat digunakan di PC. Untuk bermain game PSP menggunakan PPSSPP di PC, pengguna bisa menggunakan joystick. Namun, untuk dapat menggunakan joystick dengan benar, pengguna harus menentukan tombol joystick terlebih dahulu. Pada artikel ini, akan dibahas panduan untuk menentukan tombol joystick untuk PPSSPP di PC.

Baca Juga:  Game Tira Wisu Apk Penghasil Saldo Dana Terbaru

Pertama, pastikan bahwa joystick sudah terhubung ke PC dan sudah terinstal dengan baik. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka PPSSPP dan masuk ke menu “Control Mapping”.
  2. Pilih “Edit Mode” di bagian kiri atas jendela “Control Mapping”. Setelah itu, pilih salah satu tombol dari tampilan virtual PSP di bagian kanan jendela. Kemudian, klik tombol joystick yang ingin diatur untuk tombol terpilih. Misalnya, untuk mengatur tombol “X”, klik tombol “X” pada tampilan PSP dan kemudian tekan tombol joystick yang ingin diatur sebagai tombol “X”.
  3. Lakukan langkah 2 untuk semua tombol yang ingin diatur. Pastikan setiap tombol joystick telah diatur dengan benar dengan mencoba memainkan game menggunakan joystick.
  4. Setelah semua tombol sudah diatur, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dengan mengklik “Save” di menu “Control Mapping”. Setelah itu, pengguna dapat menutup jendela “Control Mapping” dan mulai memainkan game PSP menggunakan joystick.
Baca Juga:  Cara Setting Stik PES 2016 di Laptop

Selain menentukan tombol joystick secara manual seperti langkah-langkah di atas, PPSSPP juga menyediakan fitur “Auto-Configure”. Fitur ini akan mengkonfigurasi tombol joystick secara otomatis. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1.  Buka PPSSPP dan hubungkan joystick ke PC seperti biasa.
  2. Masuk ke menu “Settings” dan pilih “Control Mapping”.
  3. Pilih “Auto-Configure”. PPSSPP akan meminta pengguna untuk menekan semua tombol di joystick satu per satu. Setelah semua tombol di tekan, PPSSPP akan mengkonfigurasi tombol joystick secara otomatis.
  4. Tekan “Save” untuk menyimpan pengaturan kontrol joystick.

Namun, fitur “Auto-Configure” tidak selalu akurat dan dapat menghasilkan konfigurasi yang tidak nyaman saat dimainkan. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk menentukan tombol secara manual seperti langkah-langkah di atas.