cara setting tl-mr3420
cara setting tl-mr3420

Cara Setting TL-MR3420

Jaringan internet menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang baik di rumah maupun kantor. Dalam beberapa kondisi, Anda mungkin membutuhkan jaringan internet namun tidak memiliki akses kabel atau jaringan Wi-Fi yang memadai. Nah, untuk kondisi seperti ini, Anda bisa mengandalkan perangkat TL-MR3420 sebagai solusinya.

Perangkat ini bekerja sebagai access point dan router sehingga dapat mengubah jaringan 3G/4G menjadi akses internet nirkabel Wi-Fi.

Persiapan Sebelum Setting TL-MR3420

Berikut ini adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum setting TL-MR3420:

Periksa Spesifikasi TL-MR3420

Pastikan Anda memiliki perangkat TL-MR3420 beserta aksesori standar seperti adaptor daya, kabel LAN, dan panduan pengguna. Baca terlebih dahulu panduan pengguna agar lebih memahami spesifikasi perangkat. TL-MR3420 dapat menghasilkan kecepatan internet hingga 300 Mbps dan mendukung jaringan 3G/4G LTE.

Siapkan Kartu SIM yang Mendukung Internet Nirkabel

TL-MR3420 dapat dipasangkan dengan kartu SIM dari berbagai provider seluler seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan sebagainya. Pastikan kartu SIM yang Anda gunakan mendukung internet nirkabel dan memiliki kuota yang cukup untuk digunakan sebagai sumber data internet. Periksa juga apakah kartu SIM tersebut mendukung jaringan 3G/4G LTE atau tidak.

Pastikan Jaringan Listrik Terpasang dengan Baik

Sebelum memulai setting TL-MR3420, pastikan jaringan listrik di rumah atau kantor sudah terpasang dengan baik dan stabil. Hal ini bertujuan agar perangkat tidak mengalami gangguan saat digunakan dan dapat bekerja dengan maksimal.

Periksa Jaringan Wi-Fi yang Tersedia

Untuk menggunakan TL-MR3420 sebagai access point, pastikan jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar Anda sudah mencukupi. Anda juga perlu memperhatikan kualitas sinyal Wi-Fi dan menghindari saluran yang sering digunakan untuk mengurangi gangguan.

Siapkan Perangkat yang Akan Terhubung ke TL-MR3420

Sebelum mulai setting, pastikan perangkat seperti laptop, smartphone, atau tablet yang akan terhubung dengan TL-MR3420 sudah memiliki Wi-Fi yang aktif. Pastikan juga secara manual bahwa jaringan Wi-Fi di perangkat Anda sudah terdapat SSID atau nama jaringan yang sesuai dengan TL-MR3420.

Dengan mempersiapkan semua hal di atas, Anda sudah siap untuk melakukan setting TL-MR3420. Setelah itu, Anda dapat menikmati akses internet nirkabel kapan dan di mana saja tanpa harus menggunakan kabel atau mengandalkan jaringan Wi-Fi publik.

Connecting tl-mr3420 ke Perangkat Lain

Tl-mr3420 adalah router nirkabel 3G/4G yang didesain dengan kombinasi jaringan Ethernet dan Wi-Fi. Memiliki fitur yang lengkap dan kecepatan Internet yang stabil, tl-mr3420 secara optimal mengoptimalkan kecepatan internet di tiap perangkat yang terkoneksi. Agar perangkat lain terkoneksi dengan tl-mr3420, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan.

Koneksi Ke Smartphone

Tl-mr3420 bisa dikonfigurasi untuk dapat terkoneksi dengan smartphone yang mempunyai fitur wifi. Caranya, nyalakan Wi-fi pada smartphone kemudian koneksikan Wi-fi phone dengan Wi-fi tl-mr3420. Nama Wi-fi dari tl-mr3420 akan terlihat di smartphone ketika mengaktifkan fitur Wi-fi.

Baca Juga:  Cara Setting HT Weierwei V8

Selanjutnya, masukkan password Wi-fi router tl-mr3420 pada smartphone Anda. Setelah itu, smartphone sudah bisa terhubung ke Internet dan dapat diakses dengan menggunakan koneksi Wi-fi daripada koneksi data seluler.

Koneksi Ke PC

Bila ingin menghubungkan tl-mr3420 ke PC dengan kabel LAN, pastikan Anda sudah terhubung dengan kabel LAN. Agar harian Internet bisa berjalan normal, maka pastikan bahwa driver LAN sudah sesuai dan sesuai dengan perangkat yang digunakan. Setelah itu, koneksikan kabel LAN dari komputer ke port LAN pada router. Jika DHCP belum berjalan, pastikan pengaturannya sudah benar, agar IP komputer tidak berubah setelah penginstalan atau reset.

Koneksi Ke Printer

Langkah pertama adalah mengatur IP untuk printer. Untuk itu, masuk ke menu pengaturan printer dan cari opsi “network”, tentukan opsi “TCP/IP”. Kemudian, isi alamat IP printer dengan alamat IP router. Setelah itu, koneksikan printer ke router dengan menggunakan kabel LAN. Setelah koneksi berhasil, cek koneksi printer dengan mencetak data pada printer.

Koneksi Ke TV

Koneksi ke TV bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan kabel LAN atau koneksi Wi-Fi. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga disesuaikan dengan kebutuhan. Bila menggunakan koneksi Wi-Fi, maka hubungkan TV dengan Wi-Fi tl-mr3420 dengan cara yang sama seperti smartphone.TV harus dilengkapi dengan Wi-Fi dan fitur wireless yang bisa diaktifkan pada TV. Sedangkan bila menggunakan kabel LAN, koneksikan TV ke salah satu port LAN pada router.

Itulah beberapa cara mudah untuk melakukan koneksi tl-mr3420 dengan perangkat lain. Jangan lupa untuk selalu membaca manual penggunaan terlebih dahulu sebelum menginstal router ini.

Setting jaringan pada tl-mr3420

TL-MR3420 merupakan router yang dapat digunakan untuk memperkuat jaringan internet di rumah atau kantor. Router ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jaringan dengan mudah. Pada artikel ini, kami akan membahas cara setting jaringan pada TL-MR3420.

Persiapan Awal

Sebelum memulai setting jaringan pada TL-MR3420, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama-tama, pastikan bahwa router sudah terhubung dengan modem dan listrik. Kemudian, pastikan bahwa Anda memiliki kabel Ethernet yang terhubung ke komputer atau laptop. Terakhir, pastikan bahwa Anda memiliki password untuk mengakses pengaturan router. Jika Anda tidak punya password, Anda dapat menghubungi produsen router.

Langkah-langkah Menyetel TL-MR3420

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyetel TL-MR3420:

  1. Buka browser Anda, kemudian ketik alamat IP yang terdapat pada label belakang router, kemudian Enter.
  2. Setelah itu, ketikkan login dan password. Secara default, login adalah admin dan password adalah admin juga.
  3. Pada menu utama, pilih Quick Setup pada bagian sidebar sebelah kiri
  4. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Start Setup.
  5. Anda akan diminta untuk mengatur jenis koneksi internet yang ingin Anda gunakan (DHCP atau Static IP). Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan klik Next.
  6. Jika Anda memilih DHCP, router akan secara otomatis menemukan pengaturan internet Anda. Jika Anda memilih Static IP, Anda perlu memasukkan informasi yang diberikan oleh ISP Anda.
  7. Pada bagian Wireless Network Name (SSID), masukkan nama jaringan yang ingin Anda gunakan. Jangan gunakan nama default untuk alasan keamanan.
  8. Pada bagian Channel, pilih channel yang ingin Anda gunakan. Biasanya, opsi otomatis sudah mencukupi.
  9. Anda juga dapat mengatur password untuk jaringan Wi-Fi Anda di bagian Wireless Security.
  10. Kemudian, klik Save untuk menyimpan pengaturan Anda.
Baca Juga:  Cara Menyambungkan Hotspot Hp ke Laptop: Panduan Lengkap

Demikianlah cara setting jaringan pada TL-MR3420. Setelah langkah-langkah tersebut diikuti, maka jaringan Anda akan lebih stabil dan mengalir dengan baik. Pastikan untuk selalu mengatur password yang kuat untuk router Anda.

Mengonfigurasi mode dan pengaturan Wi-Fi

TL-MR3420 merupakan router 4G yang dapat membagikan jaringan internet melalui koneksi Wi-Fi yang handal dan stabil. Koneksi Wi-Fi sangat penting untuk dapat terhubung kepada banyak perangkat sekaligus tanpa menggunakan kabel. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas cara mengonfigurasi mode dan pengaturan Wi-Fi pada TP-Link TL-MR3420.

Pertama, pastikan bahwa router sudah dicolokkan dengan benar dan koneksi internet sudah tersedia. Secara default, TL-MR3420 sudah terkonfigurasi sehingga dapat langsung digunakan. Namun, jika Anda ingin mengubah pengaturan Wi-Fi, silakan ikuti langkah berikut:

1. Mengonfigurasi Mode

Pertama, login ke router menggunakan browser dengan memasukkan alamat IP default yaitu 192.168.0.1 pada halaman login. Setelah berhasil login, pilih menu “Network” pada bagian atas halaman dan kemudian pilih “3G/4G”.

Pada halaman ini akan muncul opsi untuk memilih mode koneksi internet – yaitu 3G/4G, WAN, atau 3G/4G + WAN. Pilih mode yang sesuai dengan jenis koneksi internet Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan koneksi 4G, pilih opsi “4G Only” atau “4G Preferred” dan simpan pengaturan.

2. Mengubah Nama dan Password Wi-Fi

Untuk mengubah nama dan password Wi-Fi, pilih menu “Wireless” pada bagian atas halaman dan kemudian pilih opsi “Wireless Settings”. Pada halaman ini, Anda dapat mengubah SSID, enkripsi, dan password Wi-Fi sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat mengubah SSID dengan nama yang mudah diingat dan mengganti password yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka sehingga sulit ditebak oleh orang lain. Jangan lupa simpan pengaturan setelah selesai mengubah pengaturan Wi-Fi.

3. Mengkonfigurasi Security Settings

Pengaturan keamanan sangat penting untuk mencegah orang yang tidak berwenang mengakses jaringan Wi-Fi. Pilih opsi “Wireless Security” pada halaman “Wireless Settings” untuk mengatur keamanan Wi-Fi.

Pada halaman ini, Anda dapat memilih jenis enkripsi – yaitu WPA/WPA2 atau WEP, dan kemudian memasukkan password yang akan digunakan pada jaringan Wi-Fi. Pastikan password yang Anda pilih cukup kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Jangan lupa simpan pengaturan setelah selesai.

4. Mengaktifkan Fitur Guest Wi-Fi

Fitur guest Wi-Fi dapat membantu membatasi akses ke jaringan Wi-Fi Anda dan memisahkan jaringan tamu dari jaringan utama. Pilih opsi “Guest Network” pada halaman “Wireless Settings” untuk mengaktifkan fitur guest Wi-Fi.

Pada halaman ini, Anda dapat mengaktifkan fitur guest Wi-Fi dan memilih nama SSID serta password tertentu untuk jaringan tamu. Pastikan bahwa password yang Anda pilih cukup kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Jangan lupa simpan pengaturan setelah selesai mengatur guest Wi-Fi.

Demikian cara mengonfigurasi mode dan pengaturan Wi-Fi pada TP-Link TL-MR3420. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan memiliki jaringan Wi-Fi yang lebih aman, efisien, dan handal.

Pengaturan Keamanan pada TL-MR3420

TL-MR3420 merupakan router nirkabel dari TP-Link yang sangat popular karena kemampuannya untuk berbagi koneksi nirkabel yang kuat dan stabil ke beberapa perangkat sekaligus dengan pengaturan keamanan yang mudah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara melakukan pengaturan keamanan pada TL-MR3420 agar jaringan Anda aman dan terlindungi dari serangan cyber.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Your Hardware Setting Have Changed

1. Ubah Nama SSID

SSID (Service Set Identifier) adalah nama yang diberikan pada jaringan nirkabel. Default SSID di TL-MR3420 setelah instalasi biasanya adalah TP-LINK_xxxx, dengan xxxx adalah kombinasi unik dari beberapa karakter. Sangat penting untuk mengganti SSID menjadi nama yang sangat sulit ditebak, sehingga sulit bagi penyusup untuk mengetahui identitas jaringan Anda dan merekam aktivitas Anda.

Untuk mengubah SSID Anda dapat membuka halaman pengaturan TP-Link dengan mengetik alamat IP router nirkabel di field alamat browser. Setelah masuk, klik “Wireless” di sisi kiri, lalu “Wireless Settings” dan isilah “Wireless Network Name” dengan nama yang baru.

2. Enkripsi WPA2-PSK

WPA2-PSK adalah metode enkripsi paling aman yang tersedia saat ini untuk jaringan nirkabel. Encrypt sering disebut sebagai “kunci” Internet, karena itu adalah cara Anda mengunci informasi Anda agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berwenang. TL-MR3420 menawarkan opsi enkripsi WPA2-PSK, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan opsi ini saat mengkonfigurasi pengaturan keamanan jaringan Anda.

Pada halaman “Wireless Settings”, masuk ke “Wireless Security” dan pilih “WPA/WPA2 – Personal (Recommended)”. Pada opsi “Version”, pilih “WPA2-PSK”; opsi “Encryption” pilih “AES”, dan masukkan password yang kuat pada “Wireless Password”.

3. Aktifkan Firewall

Firewall adalah software yang dirancang untuk memblokir lalu lintas yang tidak diinginkan dan mencegah gangguan pada sistem jaringan yang terkoneksi. TL-MR3420 memiliki fitur Firewall bawaan sehingga jangan ragu untuk mengaktifkannya agar jaringan Anda aman dari virus dan malware.

Aktifkan Firewall pada halaman “Security” kemudian pilih “Firewall”. Ceklislah “Enable Firewall” dan aturlah “Security Level” menjadi “High” untuk memastikan pengaturan secara maksimal.

4. Pasang Update Firmware Rutin

Setelah mengatur pengaturan keamanan pada TL-MR3420, pastikan router nirkabel Anda selalu dalam kondisi ter-update dengan firmware terbaru. Update firmware dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan dan memperbaiki celah keamanan yang mungkin ada.

Untuk memeriksa pembaruan firmware, login pada TP-Link menggunakan alamat IP router, masuk ke “System Tools” kemudian “Firmware Upgrade” dan pilih “Check for Upgrade”. TP-Link akan menampilkan daftar firmware terbaru yang tersedia. Ikuti instruksi pada layar dan pastikan update sukses sebelum keluar dari halaman.

5. Batasi Akses Perangkat

Untuk memperkuat keamanan jaringan nirkabel, sangat disarankan untuk membatasi akses perangkat yang terhubung ke router nirkabel. Pengaturan ini membatasi akses jaringan dari semua perangkat yang tidak dikenal atau tidak diizinkan.

TL-MR3420 menyediakan beberapa jenis filter akses, yaitu “IP & MAC Binding”, “Deny Access Control” dan “Schedule”. “IP & MAC Binding” mempertahankan daftar perangkat yang diizinkan untuk terhubung ke jaringan; “Deny Access Control” memblokir perangkat tertentu yang tidak diinginkan; “Schedule” bisa mengatur waktu akses jaringan pada setiap hari atau rentang waktu tertentu.

Untuk memilih pengaturan ini, masuk ke “Wireless” kemudian “Wireless MAC Filtering”. Pilihlah “Access Control” dan tambahkan perangkat yang diperbolehkan untuk terhubung ke jaringan. Kemudian pilih “Wireless Access Control” dan aktifkan fitur “Deny” untuk memblokir perangkat tertentu. Pada halaman ini, Anda dapat mengatur jadwal akses jaringan pada jam kerja/kuliah atau jadwal non-aktif.

Dengan mengikuti lima langkah di atas, jaringan nirkabel Anda akan lebih aman dan terlindungi dari ancaman cyber. Penting untuk diingat bahwa pengaturan keamanan perlu dilakukan rutin untuk menjaga keamanan jaringan nirkabel Anda dari serangan cyber.