cara setting mouse double klik
cara setting mouse double klik

Cara Setting Mouse Double Klik

Cara Setting Mouse Double Klik – Double klik pada mouse merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aksi atau perintah pada sebuah objek dengan cara mengklik tombol kiri pada mouse dengan dua kali berturut-turut dalam waktu yang singkat. Aksi ini secara default digunakan pada hampir semua sistem operasi dan aplikasi pada komputer saat ini, sehingga perlu diketahui oleh pengguna yang ingin memaksimalkan penggunaan mouse.

Apa itu double klik pada mouse?

Apa itu double klik pada mouse

Pada umumnya, double klik pada mouse terutama digunakan untuk mengakses file atau folder dengan lebih cepat daripada harus membuka konteks menu klik kiri terlebih dahulu. Selain itu, double klik juga digunakan untuk melakukan aksi pada bagian tertentu pada aplikasi seperti mengubah teks pada dokumen, memperbesar atau memperkecil gambar, dan sebagainya. Dalam beberapa aplikasi seperti browser, double klik juga diperlukan untuk memilih kata atau frasa pada halaman web.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tanda Silang Merah Pada Wifi Laptop Windows 7

Double klik dilakukan dengan mengklik tombol kiri pada mouse dua kali berturut-turut dengan cepat. Namun, kecepatan yang diperlukan untuk melakukan double klik bisa berbeda-beda tergantung dari sistem operasi dan pengaturan mouse pada komputer. Beberapa sistem operasi seperti Windows dan Mac OS X memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecepatan double klik pada menu pengaturan sistem.

Pada sistem Windows, untuk mengatur kecepatan double klik, pengguna dapat mengikuti langkah berikut:

1. Klik pada tombol Start, kemudian klik Control Panel.
2. Pilih opsi Mouse pada menu Control Panel.
3. Pada tab Buttons, dapat ditemukan opsi Double-click speed yang dapat diatur dengan slider.
4. Geser slider ke arah kiri jika ingin mengurangi kecepatan double klik, dan ke arah kanan jika ingin meningkatkannya. Setelah mendapat kecepatan yang sesuai, klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Baca Juga:  Cara Setting Ukuran Kertas F4

Dalam penggunaan sehari-hari, double klik pada mouse juga dapat membantu menghemat waktu dalam melakukan tugas-tugas yang memerlukan aksi cepat pada komputer. Namun, tidak semua orang nyaman dengan pengaturan double klik dan mungkin lebih memilih mengaktifkan opsi single klik pada mouse.