Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Kembali Gridlines di Excel
Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Kembali Gridlines di Excel

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Kembali Gridlines di Excel

Pada software Microsoft Excel, gridlines merupakan garis-garis tipis yang terletak di antara sel-sel pada worksheet. Gridlines ini berfungsi sebagai pembatas antara kolom dan baris serta membantu mempermudah kita dalam membuat dan membaca data yang ada di excel. Namun, terkadang gridlines ini dapat mengganggu ketika kita ingin mencetak atau menampilkan data dalam bentuk presentasi.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara untuk menyembunyikan dan menampilkan kembali gridlines di excel. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan tergantung dari kebutuhan dan keinginan kita. Selain itu, kita juga akan membahas apa saja manfaat dari menyembunyikan dan menampilkan gridlines di excel.

Baca Juga:  Cara Setting Microphone di Windows 7

Dalam dunia kerja, Microsoft Excel merupakan salah satu software yang sangat sering digunakan. Dalam penggunaannya, kita sering kali harus menampilkan data dalam bentuk tabel ataupun grafik.

Gridlines yang ada di excel berguna sebagai pembatas antara setiap sel, sehingga memudahkan kita dalam membaca data. Namun, hal ini dapat menjadi masalah jika kita ingin mencetak data tersebut, karena gridlines akan ikut tercetak dan mengganggu tampilannya.

Oleh karena itu, para pengguna excel sering kali melakukan penyembunyian gridlines agar saat dicetak data tersebut tetap terlihat rapi dan mudah dibaca. Selain itu, dengan menyembunyikan gridlines juga bisa meningkatkan penampilan dokumen saat dipresentasikan.

Namun, bagi sebagian orang menyukai tampilan gridlines karena dengan adanya gridlines memudahkan mereka untuk mengetahui posisi sel data. Maka, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk menampilkan gridlines kembali di excel.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Hang dengan Mudah dan Cepat

Berikut ini Teknadocnetwork.com akan dijelaskan beberapa cara untuk menyembunyikan dan menampilkan kembali gridlines di excel.

Cara Menyembunyikan Gridlines di Excel

Cara Menyembunyikan Gridlines di Excel

Ada beberapa cara untuk menyembunyikan gridlines di Excel. Pertama, pilih seluruh area lembar kerja dengan menekan tombol Ctrl+A. Kemudian, klik kanan pada salah satu sel yang dipilih dan pilih Format kemudian Cel.

Pada bagian Pola, pilih warna latar belakang yang sama dengan warna gridlines, seperti putih atau abu-abu terang. Setelah itu, klik OK dan gridlines akan disembunyikan.