cara setting dns windows 10
cara setting dns windows 10

Cara Setting DNS Windows 10

Cara Setting DNS Windows 10 – Salah satu hal yang penting untuk bisa terhubung ke internet adalah DNS (Domain Name System). DNS adalah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP, sehingga pengguna internet bisa mengakses website dengan menggunakan nama domain yang mudah diingat. Begitu juga dengan IPv4 (Internet Protocol version 4), adalah protokol yang digunakan untuk mentransmisikan data di internet. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara setting DNS dan IPv4 di Windows 10.

Pengantar DNS dan IPv4 di Windows 10

Sebelum memulai, pastikan bahwa kamu sudah terhubung ke jaringan internet. Setelah itu, mari kita mulai melakukan setting DNS di Windows 10. Pertama-tama, kamu perlu membuka Control Panel. Untuk membukanya, cari ikon Control Panel pada menu Start atau ketikkan “Control Panel” di kotak pencarian pada taskbar.

Setelah Control Panel terbuka, kamu perlu memilih “Network and Sharing Center”. Untuk bisa menemukan “Network and Sharing Center”, pilih “Network and Internet” pada Control Panel, dan pilih “Network and Sharing Center” pada jendela berikutnya.

Pada jendela “Network and Sharing Center”, pilih koneksi jaringan yang sedang digunakan. Jika kamu menggunakan koneksi internet melalui Wi-Fi, pilih ikon Wi-Fi pada jendela tersebut. Setelah itu, klik “Properties” untuk membuka pengaturan koneksi jaringan.

Pada jendela “Wi-Fi Properties”, pergi ke tab “Networking”. Pada bagian “This connection uses the following items:”, pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik “Properties”.

Setelah itu, kamu akan melihat jendela “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties”. Pada bagian “General”, pastikan bahwa “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically” telah dipilih.

Jika kamu ingin menggunakan DNS tertentu, kamu bisa memilih opsi “Use the following DNS server addresses”. Pada bagian “Preferred DNS server” dan “Alternate DNS server”, masukkan IP address dari DNS yang ingin digunakan.

Setelah selesai melakukan pengaturan, klik “OK” pada jendela “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties”. Setelah itu, klik “Close” pada jendela “Wi-Fi Properties” dan “Close” pada jendela “Network and Sharing Center”. Sekarang, kamu sudah berhasil melakukan setting DNS dan IPv4 di Windows 10.

Baca Juga:  Cara Setting Brightness di Windows 7

Dengan melakukan setting ini, kamu bisa mengoptimalkan koneksi internet kamu dan mengakses website dengan lebih cepat dan aman. Jangan ragu untuk mencoba melakukan setting ini sendiri di rumah.

Cara Mengatur DNS di Windows 10 melalui Control Panel

Mengatur DNS menjadi sangat penting ketika Anda mengalami masalah koneksi internet pada komputer Windows 10 Anda. DNS adalah layanan yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Jadi, dengan mengatur DNS di Windows 10, Anda akan dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan koneksi internet Anda.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengatur DNS di Windows 10 melalui Control Panel.

1. Buka Control Panel

Langkah pertama dalam mengatur DNS di Windows 10 adalah membuka Control Panel. Anda dapat membuka Control Panel dengan mengklik tombol Start dan kemudian mengetikkan “Control Panel” pada kolom pencarian. Kemudian klik pada opsi Control Panel ketika muncul pada hasil pencarian.

2. Pilih “Network and Internet”

Setelah membuka Control Panel, pilih opsi “Network and Internet”. Ini akan menampilkan opsi-opsi terkait jaringan dan internet pada komputer Anda.

Dalam opsi “Network and Internet”, pilih “Network and Sharing Center”. Pada tampilan yang muncul, pilih opsi “Change adapter settings” yang dapat ditemukan pada sisi kiri halaman.

3. Pilih koneksi Internet Anda

Setelah memilih opsi “Change adapter settings”, Anda akan melihat daftar koneksi jaringan yang ada pada komputer Anda. Pilih koneksi internet yang ingin diatur DNS-nya dengan mengklik koneksi tersebut. Biasanya, koneksi internet yang digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer akan terlihat dengan tanda centang hijau.

4. Pilih Properties

Setelah memilih koneksi internet yang ingin diatur, klik kanan pada koneksi tersebut dan pilih opsi Properties. Kotak dialog baru akan muncul dan memberikan Anda informasi terperinci tentang koneksi internet tersebut.

5. Pilih opsi ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)’

Pada kotak dialog koneksi yang muncul, pastikan bahwa opsi “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” diaktifkan. Kemudian klik pada button “Properties”.

6. Atur DNS Anda

Dalam kotak dialog “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties”, pilih opsi “Use the following DNS server addresses” dan masukkan alamat DNS yang Anda inginkan. Anda dapat mengisi “Preferred DNS server” dan “Alternate DNS server” sesuai dengan DNS yang Anda miliki. Kemudian klik “OK”.

Sekarang, pengaturan DNS Anda sudah siap. Ikuti panduan ini dan rasakan perbedaan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil pada komputer Windows 10 Anda.

Cara Mengatur DNS di Windows 10 melalui Command Prompt

Command Prompt adalah salah satu aplikasi bawaan Windows yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam perintah. Salah satu penggunaannya adalah untuk mengatur DNS di Windows 10.

Berikut adalah cara mengatur DNS di Windows 10 melalui Command Prompt:

1. Buka Command Prompt

Untuk membuka Command Prompt, cukup tekan tombol Windows + X pada keyboard lalu pilih “Command Prompt”. Atau, bisa juga dengan mencari “Command Prompt” di menu Start dan klik kanan kemudian pilih “Run as administrator”.

2. Ketik Perintah

Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “netsh interface ip set dns name=”NamaKoneksi” static “IP DNS Pertama” primary” dan “netsh interface ip add dns name=”NamaKoneksi” “IP DNS Kedua” index=2″ (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Ganti “NamaKoneksi” dengan nama koneksi yang ingin diatur DNS-nya. Jangan lupa juga untuk mengganti “IP DNS Pertama” dan “IP DNS Kedua” dengan alamat DNS yang ingin digunakan.

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Layar Laptop Berbayang dengan Mudah dan Cepat

3. Restart Koneksi

Setelah melakukan pengaturan DNS melalui Command Prompt, terkadang perlu untuk merestart koneksi agar perubahan dapat terjadi. Untuk merestart koneksi, bisa dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali koneksi jaringan atau dengan melakukan restart pada komputer.

Itulah cara mengatur DNS di Windows 10 melalui Command Prompt. Pengaturan DNS yang tepat dapat mempercepat koneksi internet dan menghindari masalah yang mungkin terjadi pada koneksi internet. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan pengaturan DNS pada komputer Anda.

Tips untuk Mengatasi Masalah Jaringan dengan DNS di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang digunakan banyak orang di seluruh dunia. Penggunaan internet sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Namun, permasalahan jaringan atau DNS dalam Windows 10 menjadi salah satu faktor penyebab lambatnya koneksi internet.

Masalah ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari masalah pada ISP, router, hingga kesalahan konfigurasi di sistem operasi. Nah, untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan DNS Alternatif

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet di Windows 10 adalah dengan menggunakan DNS alternatif. DNS biasanya adalah server milik ISP yang berguna untuk menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain. Namun, seringkali server DNS pada ISP kurang optimal dan membuat koneksi internet menjadi lambat.

Oleh karena itu, pengguna dapat menggunakan DNS alternatif seperti Google Public DNS, OpenDNS, atau Cloudfare. Caranya, buka Control Panel dan pilih Network and Sharing Center. Kemudian klik Change adapter settings dan cari jaringan yang dihubungkan. Klik kanan dan pilih Properties, lalu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties. Pilih Use the following DNS server addresses dan masukkan DNS alternatif yang ingin digunakan.

2. Hapus Cache DNS

Cara lain untuk mengatasi masalah DNS di Windows 10 adalah dengan menghapus cache DNS. Dengan menghapus cache DNS, maka alamat IP dari suatu situs web akan dicari ulang, sehingga bisa lebih cepat. Caranya, buka Command Prompt dengan hak akses administrator dan ketik perintah “ipconfig /flushdns”. Setelah itu, sistem akan memberitahukan bahwa DNS cache berhasil dihapus dan silakan coba lagi untuk membuka website yang diinginkan.

3. Restart DNS Client Service

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, pengguna dapat mencoba merestart DNS Client Service. Caranya, buka Control Panel dan pilih Administrative Tools. Kemudian pilih Services dan cari DNS Client. Klik kanan dan pilih Restart. Setelah selesai, coba untuk membuka website yang diinginkan.

4. Matikan IPv6

IPv6 adalah protokol jaringan yang lebih baru dan lebih canggih dibandingkan IPv4. Namun, terkadang pengguna Windows 10 mengalami masalah jaringan karena konflik antara IPv6 dengan IPv4. Oleh karena itu, pengguna bisa mencoba mematikan IPv6. Caranya, buka Control Panel dan pilih Network and Sharing Center.

Baca Juga:  Cara Setting Remote Desktop Windows 8

Kemudian klik Change adapter settings dan cari jaringan yang dihubungkan. Klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, hilangkan centang pada Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6).

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah jaringan dengan DNS di Windows 10. Dengan menerapkan cara-cara di atas, diharapkan koneksi internet menjadi lebih stabil dan cepat. Namun, jika masalah persisten, sebaiknya hubungi penyedia layanan internet atau ahli jaringan untuk mencari solusi yang lebih akurat.

Solusi Alternatif: Menggunakan DNS Publik seperti Google atau OpenDNS di Windows 10

Berikut adalah beberapa cara alternatif untuk menggunakan DNS publik seperti Google atau OpenDNS di Windows 10:

1. Mengganti DNS secara Manual

Anda dapat mengganti DNS secara manual di Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Start dan pilih Settings
  2. Pilih Network and Internet
  3. Pilih Change Adapter Options
  4. Pilih koneksi jaringan yang sedang anda gunakan, klik kanan dan pilih Properties
  5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), klik Properties
  6. Pilih Use the following DNS server addresses dan masukkan alamat DNS publik seperti Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220)
  7. Klik OK dan Restart komputer

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengelola DNS publik pada Windows 10. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan:

  • DNSJumper
  • DNS Benchmark
  • Namebench
  • NetSetMan

3. Menggunakan CMD

Anda dapat menggunakan CMD untuk mengganti DNS publik pada Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka CMD sebagai administrator
  2. Ketik “netsh int ip set dns name=”Local Area Connection” static 8.8.8.8 primary” untuk menggunakan Google DNS sebagai DNS utama dan “netsh int ip set dns name=”Local Area Connection” static 8.8.4.4 secondary” untuk menggunakan Google DNS sebagai DNS cadangan
  3. Tekan Enter

4. Menggunakan Router

Anda juga dapat mengganti DNS publik pada router, sehingga semua perangkat yang terhubung ke jaringan dapat menggunakan DNS yang sama. Cara ini sangat berguna jika anda ingin mengatur DNS untuk perangkat selain Windows 10. Cara menggunakan DNS publik pada router berbeda-beda antara produsen router, silahkan lihat manual pengguna untuk informasi lebih lanjut.

5. Menggunakan Cloudflare DNS

Cloudflare DNS adalah salah satu alternatif DNS publik yang populer. Selain cepat, Cloudflare DNS juga mengklaim akan melindungi privasi pengguna. Untuk menggunakan Cloudflare DNS pada Windows 10, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings pada Windows 10
  2. Pilih Network and Internet
  3. Pilih Change Adapter Options
  4. Pilih koneksi jaringan yang sedang anda gunakan, klik kanan dan pilih Properties
  5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), klik Properties
  6. Pilih Use the following DNS server addresses dan masukkan alamat DNS Cloudflare (1.1.1.1 dan 1.0.0.1)
  7. Klik OK dan Restart komputer

Itulah beberapa solusi alternatif untuk menggunakan DNS publik seperti Google atau OpenDNS di Windows 10. Selamat mencoba!