cara setting fingerprint di laptop
cara setting fingerprint di laptop

Cara Setting Fingerprint di Laptop

Seiring perkembangan teknologi, laptop yang dilengkapi dengan sensor sidik jari semakin populer di kalangan pengguna. Selain memberikan pilihan keamanan yang lebih aman, penggunaan sensor sidik jari pada laptop juga lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan memasukkan password setiap kali ingin membuka laptop.

Memeriksa Ketersediaan Fingerprint pada Laptop

Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara mengecek ketersediaan sensor sidik jari pada laptop. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengecek sensor sidik jari pada laptop:

1. Cek Melalui Spesifikasi Laptop

Cara pertama untuk mengecek ketersediaan sensor sidik jari pada laptop adalah dengan melihat spesifikasi laptop yang kita miliki. Anda dapat mengecek spesifikasi laptop pada website resmi produsen atau melalui buku manual yang disertakan saat pembelian laptop.

Baca Juga:  Powerbank 10000 Mah Tahan Berapa Lama? Bisa Berapa kali Ngecas?

Pada umumnya, laptop yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari akan memiliki keterangan di bagian spesifikasi. Pilih laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk ketersediaan sensor sidik jari jika memang diperlukan.

Meskipun begitu, tidak semua produsen akan mencantumkan keterangan mengenai sensor sidik jari pada spesifikasi laptop. Oleh karena itu, kita perlu melakukan langkah tambahan untuk memastikan ketersediaan sensor sidik jari pada laptop.

2. Periksa Bagian Keyboard Laptop

Cara kedua adalah dengan memeriksa bagian keyboard laptop. Pada beberapa laptop, sensor sidik jari diletakkan pada tombol tertentu pada keyboard. Biasanya tombol yang dijadikan tempat sensor sidik jari adalah tombol power atau tombol lock.

Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Logo di Word dengan Mudah

Caranya cukup mudah, lihat pada keyboard laptop anda, apakah terdapat tombol dengan simbol sidik jari pada salah satu tombol. Setelah tombol tersebut diidentifikasi, coba tekan tombol tersebut, jika tampilan pengaturan fingerprint muncul maka laptop tersebut memiliki sensor sidik jari.

Bagi pengguna yang menggunakan laptop dengan tombol pengaturan sidik jari pada keyboard karena alasan tertentu, sebaiknya cek kembali pada spesifikasi laptop agar tidak salah memilih jenis laptop saat akan melakukan pembelian.

3. Cek melalui Pengaturan Windows

Cara ketiga adalah dengan cek melalui pengaturan Windows. Jika laptop Anda dilengkapi dengan sensor sidik jari, biasanya akan ada pengaturan fingerprint pada bagian pengaturan akun pengguna di Windows.

Baca Juga:  Fungsi Button Open Pada Power Point

Cara mengeceknya, masuk ke pengaturan akun pengguna di Windows 10, caranya klik Start dan klik ikon gear atau gear-shaped pada bagian bawah start menu. Kemudian klik menu “Accounts”.