cara setting fiddler di google chrome
cara setting fiddler di google chrome

Cara Setting Fiddler di Google Chrome

Fiddler adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan debugging pada permintaan atau respon yang diterima dari web server. Fiddler bisa menganalisis lalu lintas web, memisahkan permintaan dari respon, dan membaca kode sumber yang dihasilkan. Untuk dapat menggunakan Fiddler di Google Chrome, kita harus mengunduh dan menginstal Fiddler terlebih dahulu.

Mengunduh dan Menginstal Fiddler

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengunduh Fiddler dari situs web resmi yang tersedia di https://www.telerik.com/download/fiddler/fiddler4. Setelah masuk ke situs web tersebut, pilih versi Fiddler yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Kemudian klik tombol untuk mengunduh Fiddler secara gratis.

Setelah proses pengunduhan selesai, selanjutnya kita harus menginstal Fiddler tersebut ke dalam komputer kita. Caranya cukup mudah, klik dua kali pada file yang baru saja diunduh untuk memulai proses instalasi. Ikuti petunjuk instalasi yang muncul pada layar. Ketika muncul konfirmasi apakah ingin menginstal .NET Framework, pilih “Yes” untuk melanjutkan proses instalasi Fiddler.

Baca Juga:  Cara Setting Remote TV LG

Setelah proses instalasi selesai, silakan jalankan aplikasi Fiddler di dalam komputer kita. Fiddler akan membuka jendela baru di mana kita bisa melihat semua permintaan dan respon yang masuk pada komputer kita dalam bentuk detail serta bisa menganalisis bagaimana proses pemanggilan data pada suatu web server.

Agar bisa digunakan pada Google Chrome, kita harus melakukan beberapa konfigurasi terlebih dahulu pada browser. Pertama buka browser Google Chrome, kemudian klik pada ikon Customize and control Google Chrome yang letaknya berada di pojok kanan atas browser. Selanjutnya pilih Options atau Settings.

Setelah itu akan muncul jendela baru yang berisi beberapa menu pengaturan browser. Pilih menu Advanced dan geser ke bawah sampai menemukan menu Network. Klik pada tombol “Change proxy settings” untuk membuka jendela baru konfigurasi proxy.

Pada jendela konfigurasi proxy, pilih tab Connections, kemudian klik tombol “LAN settings”. Selanjutnya beri tanda centang pada kotak Use a proxy server for your LAN, kemudian isikan HTTP Proxy dan Port dengan “127.0.0.1” dan “8888”. Klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Baca Juga:  Cara Setting Modem Cyborg E488

Setelah konfigurasi selesai dilakukan, silakan buka kembali aplikasi Fiddler. Jika Fiddler sudah terbuka, maka kita bisa membuka browser Google Chrome dan melakukan pengujian terhadap permintaan atau respon yang masuk pada komputer kita.

Itulah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengunduh dan menginstal Fiddler serta melakukan beberapa konfigurasi di Google Chrome agar bisa menggunakan Fiddler. Dengan menggunakan Fiddler, kita bisa menganalisis dan memperbaiki segala kerusakan atau error yang terjadi pada aplikasi yang sedang kita kerjakan.

Menyesuaikan Pengaturan Fiddler

Setelah berhasil menginstal Fiddler di Google Chrome, sekarang saatnya kita menyesuaikan pengaturannya agar bisa berfungsi dengan baik pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Sebagai pengguna browser Google Chrome, kita bisa mengatur Fiddler agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Berikut ini adalah cara setting Fiddler di Google Chrome.

1. Mengatur Fiddler untuk Menggunakan Port yang Spesifik

Langkah pertama dalam setting Fiddler di Google Chrome adalah dengan mengatur Fiddler agar menggunakan port yang spesifik. Caranya, buka aplikasi Fiddler dan klik pada menu ‘Tools’ di bagian atas. Kemudian pilih opsi ‘Fiddler Options.’

Baca Juga:  Cara Setting Spotlight Vray Sketchup

Setelah masuk ke dalam menu ‘Fiddler Options’, klik pada tab ‘Connections’ di sisi kiri dan centang kotak ‘Allow remote clients to connect’ lalu klik pada tombol ‘OK’ di bagian bawah layar.

Setelah itu, ubah port Fiddler dari 8888 menjadi port yang Anda inginkan. Anda bisa memilih port apa saja yang bisa digunakan di komputer ataupun laptop Anda. Untuk mengganti port, pada menu ‘Tools’ klik opsi ‘Fiddler Options’ dan pilih tab ‘Connections’. Kemudian, tuliskan angka port yang ingin digunakan pada kolom ‘Fiddler listens on port’ dan klik tombol ‘OK’ di bagian bawah layar. Dengan mengatur port yang digunakan, maka Fiddler akan bekerja secara maksimal.

2. Mengatur Proxy Google Chrome

Langkah kedua dalam setting Fiddler di Google Chrome adalah dengan memastikan Chrome mengikuti proxy yang telah diset. Caranya, masuk ke menu Chrome Settings (pengaturan) dan ketik di kolom pencarian dengan kata kunci “proxy”. Kemudian, klik pada tombol ‘Open your computer’s proxy settings’.