cara setting waktu di google form
cara setting waktu di google form

Cara Setting Waktu di Google Form

Google Form adalah aplikasi dari Google yang sangat membantu dalam mengumpulkan data atau informasi dari orang-orang. Untuk dapat menggunakan Google Form, kamu harus mengaksesnya terlebih dahulu.

Cara Mengakses Google Form

Cara mengakses Google Form sangat mudah dan praktis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka browser di komputermu atau laptopmu, kemudian ketikkan alamat “www.google.com” pada kolom pencarian.
  2. Setelah tampilan google.com terbuka, klik pada tiga titik di sudut kanan atas yang ada pada tampilan Google.
  3. Pada menu yang muncul, kamu bisa memilih “Google Form” dan klik untuk membuka halaman Google Form.
  4. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada tampilan Google Form yang kosong. Kamu bisa membuat form baru atau memilih template yang telah disediakan oleh Google. Untuk membuat form baru, klik pada tombol “Buat” di sudut kanan atas.
  5. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman pembuatan form. Di sini, kamu bisa mulai menambahkan pertanyaan atau kolom pada form yang kamu buat dengan mengklik tombol “Tambahkan Pertanyaan”. Kamu bisa memilih jenis pertanyaan yang ingin kamu tanyakan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.
Baca Juga:  Cara Setting Wireless Router Tenda

Itulah langkah-langkah cara mengakses Google Form. Dalam mengakses Google Form, kamu bisa menggunakan akun Googlemu sendiri atau akun google dari perusahaan atau instansi yang kamu miliki. Google Form adalah aplikasi yang sangat berguna dalam berbagai kegiatan, misalnya dalam mengadakan survey dan sebagainya.

Mengatur Waktu Mulai pada Google Form

Google Form menyediakan berbagai cara untuk membuat formulir yang dapat mempermudah pengumpulan data. Banyaknya fitur yang disediakan oleh Google Form membuat penggunanya tidak hanya dapat mengatur pertanyaan yang ingin diajukan, tapi juga dapat mengatur waktu yang tepat ketika ingin membuka formulir.

Google Form memungkinkan penggunanya untuk mengatur waktu kapan formulir tersebut bisa diakses oleh pihak yang diberi akses. Pengguna dapat dengan mudah melakukan pengaturan waktu mulai pada Google Form.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Warna Layar HP Oppo yang Hitam Putih

Langkah-langkah untuk mengatur waktu mulai pada Google Form adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, login ke akun Google Anda lalu buka Google Form. Pilih menu “tiga garis” di bagian kiri atas layar lalu pilih Google Form dari menu yang tersedia.
  2. Di sini, Anda dapat membuat form baru atau memilih form yang telah tersedia. Setelah itu, klik ikon Tata Letak Pengaturan di sebelah kanan atas.
  3. Klik bagian “bergabung” pada menu formulir lalu pilih “atur”.
  4. Ubah pengaturan waktu di menu “atur pilihan”. Anda dapat memilih waktu dan tanggal mulai kapan formulir akan diaktifkan.
  5. Setelah mengatur waktu mulai, klik “simpan” untuk menyimpan perubahan pada pengaturan waktu.
  6. Pastikan untuk menyalin tautan formulir tersebut agar dapat dibagikan kepada orang lain.
  7. Sekarang formulir Google Anda secara resmi diatur dan dapat digunakan oleh responden mulai dari tanggal yang telah ditentukan.
Baca Juga:  Cara Setting DVR Glenz ke Internet

Saat mengatur waktu mulai di Google Form, Anda juga dapat mengatur waktu berakhirnya formulir. Anda dapat memilih tanggal dan waktu kapan formulir akan ditutup. Mengatur waktu berakhir sangat penting untuk menentukan tenggat waktu. Setelah waktu berakhir, pengguna tidak akan dapat lagi mengakses formulir.

Setelah waktu yang telah ditentukan, formulir Google akan secara otomatis ditutup oleh sistem. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengatur waktu akses pada formulir. Jadi, manfaat dari pengaturan waktu pada Google Form adalah untuk membatasi akses pada formulir jika dibutuhkan, sehingga hanya responden yang tepat yang dapat mengisi formulir tersebut.

Sekarang, Anda dapat mengatur waktu pada Google Form dengan mudah dan menentukan kapan formulir tersebut dapat diakses dan kapan formulir harus ditutup. Dengan melakukan pengaturan waktu mulai pada Google Form, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan daya yang dimiliki pada formulir tersebut.