cara setting waktu di google form
cara setting waktu di google form

Cara Setting Waktu di Google Form

Google Form adalah aplikasi dari Google yang sangat membantu dalam mengumpulkan data atau informasi dari orang-orang. Untuk dapat menggunakan Google Form, kamu harus mengaksesnya terlebih dahulu.

Cara Mengakses Google Form

Cara mengakses Google Form sangat mudah dan praktis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka browser di komputermu atau laptopmu, kemudian ketikkan alamat “www.google.com” pada kolom pencarian.
  2. Setelah tampilan google.com terbuka, klik pada tiga titik di sudut kanan atas yang ada pada tampilan Google.
  3. Pada menu yang muncul, kamu bisa memilih “Google Form” dan klik untuk membuka halaman Google Form.
  4. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada tampilan Google Form yang kosong. Kamu bisa membuat form baru atau memilih template yang telah disediakan oleh Google. Untuk membuat form baru, klik pada tombol “Buat” di sudut kanan atas.
  5. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman pembuatan form. Di sini, kamu bisa mulai menambahkan pertanyaan atau kolom pada form yang kamu buat dengan mengklik tombol “Tambahkan Pertanyaan”. Kamu bisa memilih jenis pertanyaan yang ingin kamu tanyakan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Itulah langkah-langkah cara mengakses Google Form. Dalam mengakses Google Form, kamu bisa menggunakan akun Googlemu sendiri atau akun google dari perusahaan atau instansi yang kamu miliki. Google Form adalah aplikasi yang sangat berguna dalam berbagai kegiatan, misalnya dalam mengadakan survey dan sebagainya.

Mengatur Waktu Mulai pada Google Form

Google Form menyediakan berbagai cara untuk membuat formulir yang dapat mempermudah pengumpulan data. Banyaknya fitur yang disediakan oleh Google Form membuat penggunanya tidak hanya dapat mengatur pertanyaan yang ingin diajukan, tapi juga dapat mengatur waktu yang tepat ketika ingin membuka formulir.

Google Form memungkinkan penggunanya untuk mengatur waktu kapan formulir tersebut bisa diakses oleh pihak yang diberi akses. Pengguna dapat dengan mudah melakukan pengaturan waktu mulai pada Google Form.

Langkah-langkah untuk mengatur waktu mulai pada Google Form adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, login ke akun Google Anda lalu buka Google Form. Pilih menu “tiga garis” di bagian kiri atas layar lalu pilih Google Form dari menu yang tersedia.
  2. Di sini, Anda dapat membuat form baru atau memilih form yang telah tersedia. Setelah itu, klik ikon Tata Letak Pengaturan di sebelah kanan atas.
  3. Klik bagian “bergabung” pada menu formulir lalu pilih “atur”.
  4. Ubah pengaturan waktu di menu “atur pilihan”. Anda dapat memilih waktu dan tanggal mulai kapan formulir akan diaktifkan.
  5. Setelah mengatur waktu mulai, klik “simpan” untuk menyimpan perubahan pada pengaturan waktu.
  6. Pastikan untuk menyalin tautan formulir tersebut agar dapat dibagikan kepada orang lain.
  7. Sekarang formulir Google Anda secara resmi diatur dan dapat digunakan oleh responden mulai dari tanggal yang telah ditentukan.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Transisi di Aplikasi Capcut

Saat mengatur waktu mulai di Google Form, Anda juga dapat mengatur waktu berakhirnya formulir. Anda dapat memilih tanggal dan waktu kapan formulir akan ditutup. Mengatur waktu berakhir sangat penting untuk menentukan tenggat waktu. Setelah waktu berakhir, pengguna tidak akan dapat lagi mengakses formulir.

Setelah waktu yang telah ditentukan, formulir Google akan secara otomatis ditutup oleh sistem. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengatur waktu akses pada formulir. Jadi, manfaat dari pengaturan waktu pada Google Form adalah untuk membatasi akses pada formulir jika dibutuhkan, sehingga hanya responden yang tepat yang dapat mengisi formulir tersebut.

Sekarang, Anda dapat mengatur waktu pada Google Form dengan mudah dan menentukan kapan formulir tersebut dapat diakses dan kapan formulir harus ditutup. Dengan melakukan pengaturan waktu mulai pada Google Form, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan daya yang dimiliki pada formulir tersebut.

Dalam pengaturan waktu mulai, Anda dapat memilih tanggal dan jam kapan formulir akan diaktifkan, menentukan jumlah akses dan membantu Anda membatasi dan mengontrol akses ke formulir Anda.

Mengatur Waktu Akhir pada Google Form

Google Form adalah aplikasi formulir penciptaan milik Google yang dapat dibagikan kepada banyak orang untuk dikumpulkan ulang. Pengguna dapat menyesuaikan berbagai aspek formulir, termasuk pertanyaan, jawaban, dan tanggal submisi.

Salah satu fitur Formulir Google adalah kemampuan untuk menyetel waktu dan tanggal akhir tugas. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengkonfigurasikan waktu akhir pada Google Form sehingga pengguna dapat memperluas penjadwalan loro tugas dan penggunanya dapat melakukan tugas dengan lebih mudah.

Langkah-langkah

Langkah pertama dalam mengatur waktu akhir pada Google Form adalah: Anda harus login menggunakan akun Google Anda ke Formulir Google.

 Create and Share a Google Form

Jika Anda belum membuat Formulir Google, buatlah terlebih dahulu. Tambahkan pertanyaan yang diinginkan, tabel isian, pilihan ganda, atau elemen lain ke dalam formulir Anda. Setelah Anda selesai membuat formulir Anda, Anda akan dapat memilih siapa yang dapat mengisi formulir, dan apakah mereka memerlukan akun Google untuk mengaksesnya.

Setel tenggat submit

Untuk menyesuaikan waktu akhir tugas pada formulir Google, buka formulir, lalu klik pada ikon pengaturan gigi di sudut kanan atas.

Tambahkan waktu akhir sesuai keinginan Anda

Di bagian tengah pengaturan, Anda dapat menentukan kapan formulir harus ditutup. Untuk menyesuaikan batas waktu di mana Responden dapat mengisi formulir, klik pada opsi “Terima Respon setelah” dan masukkan waktu dan tanggal tertentu. Setelah tanggal itu, pengguna tidak dapat mengakses formulir lagi.

Dalam mengatur waktu akhir pada Google Form, perlu untuk diingat bahwa hanya mengkonfigurasikan batas waktu di mana pengguna dapat mengakses formulir tidak menghentikan pengguna dari mencoba untuk mengisi formulir setelah waktu yang ditentukan. Jika pengguna tidak menyelesaikan formulir sebelum batas waktu, formulir tetap dapat dikembalikan dan diisi sesuai keinginan mereka, tetapi mereka tidak dapat mengajukan formulir tanpa persetujuan khusus.

Baca Juga:  Cara Setting TV Sharp Aquos ke Digital

Ketika mengatur waktu akhir pada Google Form, penting untuk memastikan bahwa semua pengguna yang akan mengisi formulir memiliki akses ke formulir dan bahwa batas waktu yang ditentukan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tugas dengan mudah.

Jika batas waktu terlalu ketat, pengguna mungkin tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan tugas secara memadai atau tidak memiliki akses ke formulir dengan tepat waktu. Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan waktu yang dibutuhkan oleh pengguna untuk menyelesaikan tugas dan pastikan bahwa waktu yang ditetapkan adalah cukup.

Dalam mengatur waktu akhir pada Google Form, penting untuk mempertimbangkan segala kemungkinan kendala yang mungkin muncul, seperti kesalahan teknis, waktu yang diperlukan pengguna untuk menyelesaikan tugas, dan akses ke formulir. Dengan menyesuaikan batas waktu yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa pengguna memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas dan menghindari kesalahan teknis atau lainnya.

Demikianlah cara mengatur waktu akhir pada Google Form. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pengguna Formulir Google khususnya yang ingin membuat jadwal tugas yang tegas.

Mengatur Waktu Kembali pada Google Form

Google Form adalah cara yang mudah untuk memperoleh informasi dari orang lain. Namun, beberapa kali kita ingin menutup formulir agar tidak ada lagi tanggapan yang masuk dan mungkin ingin menampilkan formulir lagi dalam waktu tertentu.

Ini bisa menjadi situasi yang sulit, terutama jika Anda terlupa untuk membuka kembali formulir pada waktu yang tepat. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu bahwa fitur waktu kembali ada di aplikasi Google Form. Nah bagi kamu yang ingin cara setting waktu di google form, simaklah selengkapnya di bawah ini.

Cara Memperoleh Waktu yang Tepat Menggunakan Google Form

Google Form memiliki fitur ‘waktu kembali’ yang memungkinkan formulir untuk tutup secara otomatis dan dibuka kembali pada waktu yang telah ditentukan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu terus-menerus memonitor formulir yang sudah ditutup.

Secara umum, ada dua cara untuk memperoleh waktu yang tepat di pengaturan waktu kembali pada Google Form. Cara pertama adalah dengan mengatur waktu yang tepat untuk formulir Anda sendiri, dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan pengaturan waktu kembali pada Google Form.

1. Mengatur Waktu Kembali dengan Google Form

Untuk mengatur waktu kembali pada Google Form, Anda harus melakukan hal berikut:

  1. Log in ke akun Google Anda dan masuk ke Google Drive Anda. Cari Google Form yang ingin Anda atur waktunya.
  2. Buka Google Form dan klik pada tombol ‘Respon’. Di pojok kanan atas, klik ‘Buka kunci’. Jika diminta, masukkan sandi awal yang dibuat saat membuat formulir tersebut.
  3. Pilih ‘Tutup formulir’ dari menu dropdown. Kemudian klik ‘Pilih waktu’ untuk membuka jendela dialog dengan pengaturan waktu.
  4. Pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan. Anda dapat memilih tanggal dan waktu mulai dan waktu selesai.
  5. Klik pada tombol ‘Simpan’ saat selesai.
  6. Pilih ‘Konfirmasi’ dari menu dropdown. Kemudian klik pada tombol ‘Simpan’ lebih lanjut.

2. Pengaturan Waktu Kembali dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda peduli dengan fitur waktu kembali dan ingin meningkatkan produktivitas kerja, maka ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mempermudah pengaturan waktu kembali pada Google Form. Salah satunya adalah ‘Google Form Timer’. Aplikasi ini bisa diaktifkan pada Google Form, dan dapat mengatur waktu kembali secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Setting Karbu PE 28 KW

Selain ‘Google Form Timer’, ada beberapa aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatur waktu kembali pada Google Form seperti ‘Form Scheduler by Awesome Table’, ‘Form Approvals’, dan masih banyak lagi.

Demikian artikel ini tentang cara setting waktu di Google Form dengan fitur ‘waktu kembali’ untuk membuat proses pengumpulan informasi lebih mudah. Pengaturan waktu kembali pada Google Form, apapun metodenya, sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja, dan memudahkan Anda dalam mengatur dan mengontrol koleksi tanggapan dan data Anda. Sekarang sudah waktunya bagi Anda untuk mencoba tutorial ini dan mengatur waktu kembali pada Google Form.

Tips untuk Pengaturan Waktu pada Google Form

Jika sedang membutuhkan waktu untuk melakukan tes atau survei online, Google Form adalah solusi yang tepat untuk digunakan. Namun, apabila Anda ingin mengatur waktu pengerjaannya dengan lebih mendetail, cara setting waktu di Google Form harus diketahui. Berikut beberapa tips untuk mengatur waktu pada Google Form:

1. Memulai dengan Membuat Google Form

Untuk mulai mengatur waktu di Google Form, Anda perlu membuat Google Form terlebih dahulu. Setelah masuk ke halaman Google Form, Anda dapat memilih “Buat formulir baru” untuk membuat formulir baru. Kemudian, Anda dapat mengisi pertanyaan dan pilihan jawaban untuk tes atau survei online tersebut.

2. Setting Waktu Pengerjaan

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara setting waktu di Google Form. Untuk mengatur waktu pada Google Form, Anda perlu menambahkan pengaturan waktu pada rincian formulir. Pada halaman rincian, pilih “Lainnya” di sebelah kanan atas formulir. Kemudian, ketikkan waktu pengerjaan pada kolom “Durasi pengerjaan”. Anda dapat memilih antara menit, jam, atau hari untuk setiap responden.

3. Menggunakan Add-On untuk Menambahkan Waktu Pengerjaan

Google Form juga memiliki add-on yang dapat digunakan untuk memperluas kemampuan formulir. Salah satunya adalah add-on bernama Form Limiter. Add-on ini memungkinkan Anda membatasi jumlah orang yang dapat mengisi formulir, atau bahkan membatasi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi formulir tersebut.

4. Memberikan Notifikasi pada Responden

Setelah setting waktu di Google Form, notifikasi dapat diberikan pada responden untuk memberi tahu mereka bahwa waktu telah habis. Caranya adalah dengan menambahkan kotak teks pada halaman akhir formulir. Anda dapat menambahkan pesan notifikasi pada kotak teks tersebut seperti “Waktu Anda telah habis”.

5. Menambah Relaxation Mode pada Google Form

Terakhir, untuk menghindari responden merasa tertekan saat menjawab formulir online, Anda dapat menambahkan relaxation mode pada Google Form. Caranya adalah dengan menambahkan video atau gambar santai pada halaman formulir. Hal ini dapat membantu responden merasa lebih rileks dan tenang, sehingga dapat mempermudah mereka dalam menjawab pertanyaan pada formulir tersebut.