cara setting google maps ganjil genap
cara setting google maps ganjil genap

Cara Setting Google Maps Ganjil Genap

Cara Setting Google Maps Ganjil Genap – Google Maps adalah salah satu aplikasi peta digital terpopuler di dunia. Aplikasi ini dapat membantu penggunanya dalam menentukan rute perjalanan dan memberikan petunjuk arah secara lengkap. Bagi penduduk Jakarta, fungsi utama Google Maps saat ini adalah membantu mengetahui jalur keluar masuk ganjil genap pada saat jam sibuk. Di bawah ini adalah panduan untuk menentukan jalur ganjil genap di Google Maps.

Cara Setting Google Maps Ganjil Genap

Pertama-tama, pastikan bahwa aplikasi Google Maps telah terpasang pada perangkat smartphone atau tablet yang digunakan. Jika belum memiliki aplikasi ini, maka aplikasi dapat diunduh terlebih dahulu dari toko aplikasi masing-masing perangkat. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Google Maps dan klik ikon “Tiga Garis” yang berada pada sisi kiri atas. Kemudian, klik opsi “Lapisan”.

Baca Juga:  Cara Setting Opsi Pengembang Untuk GoPartner

Setelah masuk ke menu Lapisan, akan muncul beberapa pilihan menu. Kemudian, pilih menu “Jalan” dan centang opsi “Keluar Masuk” untuk menampilkan titik keluar masuk jalur ganjil genap. Secara default, aplikasi ini akan menampilkan titik keluar masuk jalur ganjil genap pada Jakarta dan sekitarnya.

Langkah selanjutnya adalah memasukan titik awal dan tujuan pada Google Maps sesuai dengan rute yang ingin ditempuh. Setelah itu, Google Maps akan menampilkan rute perjalanan berdasarkan kondisi lalu lintas saat itu. Pada saat Google Maps memperkirakan jalan yang dipilih memiliki titik ganjil genap, maka Google Maps akan memberikan tanda peringatan berwarna merah.

Namun, pengguna juga dapat mengecek jalur ganjil genap pada Google Maps sebelum memasukkan titik awal dan titik tujuan. Caranya cukup dengan menggeser peta ke arah bagian Jakarta. Kemudian, klik ikon keluar masuk yang berada di sebelah kanan peta dan pilih opsi “Keluar Masuk Ganjil Genap”. Setelah itu, Google Maps akan menampilkan jalur ganjil genap secara detail pada peta.

Baca Juga:  Cara Setting Hemat Baterai Xiaomi

Adanya fitur jalur ganjil genap pada Google Maps memudahkan bagi pengguna yang akan melakukan perjalanan pada jam sibuk. Pengguna dapat merencanakan rute perjalanan dengan mempertimbangkan jalur ganjil genap yang terdeteksi oleh Google Maps. Dengan begitu, pengguna dapat menghindari kemacetan pada jalur yang tidak boleh dilalui saat jam ganjil. Dalam hal ini, Google Maps memang menjadi solusi yang sangat tepat untuk mengatasi masalah kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

Aktifkan Layanan Pengaturan Lalu Lintas pada Google Maps

Cara Setting Google Maps Ganjil Genap