cara setting ip di android
cara setting ip di android

Cara Setting IP di Android

Cara Setting IP di Android – Pengaturan jaringan adalah salah satu fitur penting pada perangkat Android. Anda bisa menyalakan atau mematikan jaringan yang terkoneksi pada perangkat android dengan menggunakan Pengaturan Jaringan. Di antara jaringan yang bisa diatur adalah Mobile Data, Wi-Fi, Bluetooth, dan banyak lagi.

Semua perangkat Android memiliki pengaturan jaringan yang dapat diakses dengan mudah. Pengaturan tersebut memberikan banyak opsi yang bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan jaringan hingga membuat koneksi lebih cepat. Salah satu pengaturan jaringan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengaturan IP. Tapi sebelum itu, yuk kita simak cara mengakses pengaturan jaringan di Android terlebih dahulu.

Mengakses Pengaturan Jaringan di Android

Cara mengakses pengaturan jaringan pada perangkat Android sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Menu Utama di Perangkat Android Anda dan tekan “Setelan”.
  2. Pilih “Jaringan dan Internet”.
  3. Anda akan melihat beberapa opsi di layar Anda, seperti Wi-Fi, Data Seluler, dan Tethering & Jaringan Seluler.
  4. Pada sub-opsi Wi-Fi, Data Seluler, dan Tethering & Jaringan Seluler, Anda dapat menentukan pengaturan jaringan yang ada di dalam menu tersebut.
Baca Juga:  Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan yang Benar dan Tepat Sasaran

Nah, demikian cara mengakses pengaturan jaringan pada perangkat Android Anda. Setelah itu, mari kita bahas tentang cara setting IP di android. Biasanya, pengguna Android ingin melakukan pengaturan IP agar dapat mengakses jaringan dengan lebih mudah.

Sebelum memulai proses pengaturan IP, maka kita harus berbicara terlebih dahulu tentang apa itu IP. Internet Protocol (IP) adalah protokol yang digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan internet. Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet diberi satu alamat IP yang unik.

Dengan mengetahui alamat IP dari suatu perangkat, Anda bisa mengatur pengaturan jaringan dan menggunakannya dengan lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan setting IP di android:

  1. Buka “Pengaturan”. Pilih “Wi-Fi”.
  2. Pada bagian bawah, tekan dan tahan tautan jaringan yang ingin Anda hubungkan.
  3. Pilih “Ubah Jaringan”.
  4. Anda akan diberikan beberapa pengaturan untuk jaringan tersebut.
  5. Pilih “Tunjukkan Opsi Lanjutan”.
  6. Pada bagian alamat IP, masukkan alamat IP yang ingin Anda atur.
  7. Anda juga harus mengatur pengaturan Gateway, Masukannya pada bagian Gateway.
  8. Setelah itu pilih “Simpan”.

Sekarang, Anda sudah melakukan setting IP untuk perangkat Android Anda. Anda bisa mencoba koneksi jaringan dengan menggunakan IP yang sudah Anda atur. Namun, satu hal yang harus Anda tahu adalah IP yang Anda buat harus sesuai dengan jaringan yang Anda hubungkan. Jika tidak sesuai, maka koneksi jaringan akan rusak atau tidak bisa terhubung sama sekali.

Baca Juga:  Cara Setting Receiver Parabola Matrix

Nah, itulah cara mengakses pengaturan jaringan di Android dan cara setting IP di android. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengubah pengaturan jaringan di smartphone Android.

Memilih Koneksi Jaringan yang Ingin Diseting

Saat kamu ingin melakukan setting IP di Android, ada beberapa pilihan jenis koneksi jaringan yang bisa kamu setting, seperti Wi-Fi dan koneksi seluler. Pada bagian ini, kami akan membahas cara setting IP di Android pada kedua jenis koneksi tersebut.

Setting IP di Wi-Fi

Jika kamu ingin melakukan setting IP di Wi-Fi, maka kamu harus terhubung terlebih dahulu ke jaringan Wi-Fi. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cari Nama Jaringan Wi-Fi

Untuk mengecek nama jaringan Wi-Fi yang kamu gunakan, buka menu pengaturan pada Android kamu. Setelah itu, pilih “Wi-Fi” dan cari nama jaringan Wi-Fi yang sedang kamu gunakan.

2. Tekan dan Tahan Jaringan Wi-Fi

Jika kamu sudah menemukan jaringan Wi-Fi yang ingin kamu setting, tekan dan tahan nama jaringan tersebut. Kemudian, pilih “Manage network settings” dari opsi yang muncul.

Baca Juga:  Cara Setting UBNT Sebagai Repeater

3. Atur IP Address

Pada halaman pengaturan jaringan Wi-Fi tersebut, cari opsi “IP settings”. Pilih opsi tersebut dan pilih “Static” dari pilihan yang tersedia. Kemudian, masukkan IP address, gateway, dan DNS yang kamu inginkan. Setelah itu, klik “Save” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Setelah kamu melakukan setting IP di Wi-Fi, cek kembali koneksi internet kamu. Jika berhasil, maka kamu sudah bisa menggunakan koneksi internet seperti biasa.

Setting IP di Koneksi Seluler

Selain Wi-Fi, kamu juga bisa melakukan setting IP di koneksi seluler. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Cari Pengaturan APN

Untuk bisa melakukan setting IP di koneksi seluler, kamu harus mencari menu pengaturan APN terlebih dahulu pada Android kamu. Biasanya menu ini bisa ditemukan di bagian pengaturan seluler atau mobile networks. Jangan lupa untuk mematikan terlebih dahulu koneksi seluler kamu sebelum melakukan pengaturan.

2. Masukkan IP Address

Jika kamu sudah menemukan menu APN, klik “Access Point Names” dan pilih APN yang sedang kamu gunakan. Setelah itu, masukkan IP address, gateway, dan DNS yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Jika sudah, kamu bisa menghidupkan kembali koneksi seluler kamu dan mengecek koneksi internet untuk memastikan pengaturan IP sudah berhasil.