cara setting karburator supra fit
cara setting karburator supra fit

Cara Setting Karburator Supra Fit

Cara Setting Karburator Supra Fit – Karburator adalah salah satu bagian penting dalam sistem pembakaran mesin kendaraan, terutama motor. Karburator berfungsi sebagai alat pencampur bahan bakar dan udara yang akan terbakar di dalam mesin kendaraan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pengendara motor untuk memahami berbagai bagian karburator dan bagaimana cara mengatur karburator agar mesin kendaraan bisa berjalan dengan baik.

Memahami Berbagai Bagian Karburator

Memahami Berbagai Bagian Karburator

Bagian pertama dari karburator adalah fuel bowl atau bak bahan bakar. Fuel bowl adalah bagian yang berisi bahan bakar yang akan dicampur dengan udara di dalam karburator. Pada bagian tengah dari fuel bowl terdapat float atau bantalan yang berfungsi sebagai pengatur jumlah bahan bakar di dalam bak. Apabila jumlah bahan bakar terlalu banyak, maka float akan naik dan menghentikan aliran bahan bakar yang masuk ke karburator.

Baca Juga:  Cara Mengecek Kuota dan Bonus Internet Kartu Axis

Bagian berikutnya adalah venturi atau silinder kecil yang mengencangkan udara yang masuk. Pada bagian tengah venturi terdapat main jet atau nozzle utama yang berfungsi mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam karburator. Semakin besar angka main jet, semakin banyak bahan bakar yang masuk ke dalam karburator dan sebaliknya. Selain main jet, terdapat juga pilot jet yang berfungsi mengatur campuran bahan bakar dan udara saat mesin dalam kondisi idle atau diam.

Setelah itu, ada choke atau engkol, sebuah katup yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah bahan bakar ketika mesin dalam kondisi dingin. Dalam keadaan normal, choke berada dalam posisi tertutup. Ketika mesin masih dingin, choke dapat diputar ke posisi terbuka untuk menambah jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Setelah mesin panas, choke harus dikembalikan ke posisi semula.

Bagian selanjutnya adalah throttle valve atau katup gas yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam karburator. Pada katup gas, terdapat butterfly valve yang membuka dan menutup aliran udara ke dalam karburator. Ketika gas ditekan, butterfly valve akan terbuka dan memberikan akselerasi pada mesin. Pada katup gas ini, terdapat juga idle adjustment screw atau sekrup untuk mengatur jumlah udara yang masuk saat mesin diam.

Baca Juga:  Cara Setting Kalender di Laptop

Terakhir, ada emulsi tube atau tabung emulsi yang berfungsi mencampur bahan bakar dan udara supaya gas yang dihasilkan bisa lembut dan bertenaga. Emulsi tube berada di dalam venturi dan memiliki lubang yang mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam tabung. Ketika udara mengalir melalui lubang, maka akan membawa bahan bakar ke dalam tabung emulsi.

Itulah beberapa bagian penting dari karburator yang perlu dipahami oleh para pengguna motor. Dalam mengatur karburator supra fit, perlu diperhatikan pengaturan masing-masing bagian, seperti main jet, pilot jet, dan idle adjustment screw agar mesin motor bisa berjalan dengan baik.

Persiapan Sebelum Setting Karburator

Supra fit adalah motor idaman banyak orang karena tampilannya yang sporty dan bisa digunakan untuk berkendara dengan kecepatan yang cukup tinggi. Namun, agar motor supra fit tetap bisa berjalan optimal dan irit bahan bakar, maka kerap kali perlu dilakukan setting karburator. Sebelum melakukan setting karburator supra fit, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan setting karburator supra fit?

Baca Juga:  Cara Mengatur Mode Kamera pada Oppo A15

1. Bersihkan Karburator

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan setting karburator supra fit adalah membersihkan karburator. Karburator yang kotor dapat mengganggu kinerja mesin dan membuat setelan karburator tidak akurat. Untuk membersihkan karburator, kita bisa menggunakan cairan pembersih karburator yang banyak dijual di toko otomotif. Caranya, lepas karburator dari motor lalu bersihkan dengan cairan pembersih karburator.

2. Cek Kondisi Karburator

Sebelum melakukan setting karburator supra fit, pastikan kondisi karburator dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan. Hal ini penting untuk menyamakan hasil yang kita inginkan pada saat melakukan setting karburator dengan kondisi karburator yang seharusnya.