Cara Setting PB Agar Tidak Patah Patah
Cara Setting PB Agar Tidak Patah Patah

Cara Setting PB Agar Tidak Patah Patah

Cara Setting PB Agar Tidak Patah Patah – Sebelum memainkan permainan Point Blank atau PB, pastikan bahwa koneksi internet kamu berjalan dengan baik. Hal ini penting agar kamu dapat memainkan game tanpa adanya lag atau patah-patah. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan pengecekan koneksi internet sebelum memulai permainan PB agar tidak patah-patah.

Ada beberapa cara untuk melakukan pengecekan koneksi internet pada perangkat kamu. Berikut adalah beberapa cara pengecekan koneksi internet yang bisa kamu lakukan.

Cara Setting PB Agar Tidak Patah Patah

Menyesuaikan Koneksi Internet

1. Memeriksa kecepatan koneksi internet

Kecepatan koneksi internet merupakan hal yang sangat penting dalam bermain PB. Jika koneksi internet kamu sangat lambat, maka permainan PB yang kamu mainkan akan menjadi lambat dan sering patah-patah. Oleh sebab itu, sebelum memulai permainan PB pastikan koneksi internet kamu stabil dan memiliki kecepatan yang memadai.

Untuk memeriksa kecepatan koneksi internet kamu, kamu bisa menggunakan website seperti speedtest.net atau fast.com. Kedua website ini akan membantu kamu untuk mengetahui kecepatan download dan upload koneksi internet kamu.

2. Mengecek kestabilan koneksi internet

Selain kecepatan, kestabilan koneksi internet juga merupakan hal yang penting dalam bermain PB. Jika koneksi internet kamu tidak stabil, maka permainan PB yang kamu mainkan akan sering terputus dan patah-patah. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui apakah koneksi internet kamu stabil atau tidak.

Kamu bisa menggunakan website seperti pingtest.net untuk mengetahui pengukuran variabilitas koneksi internet kamu. Dalam hal ini, semakin kecil hasil variabilitas yang dihasilkan, maka semakin stabil koneksi internet kamu.

3. Menghapus cache browser dan history internet

Cache browser dan history internet dapat mempengaruhi kinerja koneksi internet kamu. Cache browser dan history internet yang menumpuk dapat mengakibatkan koneksi internet menjadi lambat dan tidak stabil. Oleh sebab itu, kamu harus menghapus cache browser dan history internet secara berkala.

Kamu bisa menghapus cache browser dan history internet pada pengaturan browser atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan cache browser dan history internet secara otomatis.

4. Menguji koneksi internet pada perangkat yang berbeda

Jika kamu merasa ada masalah dengan koneksi internet pada perangkat kamu, coba untuk menguji koneksi internet pada perangkat yang berbeda seperti laptop atau smartphone. Jika pada perangkat yang berbeda masalah dengan koneksi internet juga terjadi, maka kemungkinan masalah ada pada koneksi internet kamu. Namun, jika koneksi internet pada perangkat yang berbeda baik-baik saja, maka masalah ada pada perangkat kamu sendiri.

5. Mereset router atau modem

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara pengecekan koneksi internet di atas tetapi belum juga memperbaiki masalah koneksi internet kamu, maka kamu bisa mencoba untuk mereset router atau modem. Resetting router atau modem dapat membantu memperbaiki masalah koneksi internet kamu.

Baca Juga:  Cara Setting PPSSPP PC Menggunakan Joystick

Untuk mereset router atau modem, kamu bisa menekan tombol reset pada router atau modem kamu selama 10 detik hingga indikator pada router atau modem berkedip-kedip dan kemudian konfigurasi ulang router atau modem kamu.

Dengan melakukan pengecekan koneksi internet kamu, kamu dapat memainkan permainan PB secara lancar dan tidak patah-patah. Ingat, pastikan koneksi internet kamu dalam kondisi yang baik sebelum memainkan permainan PB agar kamu dapat bermain dengan puas dan nyaman.

Menyesuaikan Pengaturan Grafis

Setiap pemain game pastinya menginginkan kualitas tampilan yang baik dan lancar tanpa hambatan. Namun, seringkali kita mengalami masalah yang membuat game jadi patah-patah dan menjadi mengganggu saat dimainkan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kualitas jaringan internet, spesifikasi komputer, dan pengaturan grafis yang tidak optimal.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah game yang patah-patah tersebut adalah dengan menyesuaikan pengaturan grafis. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur pengaturan grafis agar game tidak patah-patah:

1. Sesuaikan Pengaturan Grafis dengan Spesifikasi Komputer

Sebelum menyesuaikan pengaturan grafis game, pastikan bahwa spesifikasi komputer anda memadai atau setidaknya telah memenuhi syarat minimum yang ditentukan oleh game tersebut. Hal ini penting karena jika spesifikasi komputer anda tidak memadai, maka pengaturan grafis yang tinggi akan membuat game anda lebih mudah patah-patah dan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan.

Jadi, pastikan spesifikasi komputer anda memenuhi syarat minimum yang disarankan oleh game dan sesuaikan pengaturan grafis dengan spesifikasi komputer anda. Jangan memaksakan pengaturan grafis yang tinggi jika spek komputer anda tidak mendukung.

2. Atur Resolusi Layar dan Refresh Rate

Resolusi dan refresh rate layar sangat mempengaruhi tampilan dan performa game anda. Resolusi layar yang terlalu tinggi bisa membuat kinerja komputer menjadi lambat, sementara refresh rate yang terlalu rendah bisa membuat tampilan game patah-patah.

Sebaiknya, sesuaikan resolusi dan refresh rate layar dengan spesifikasi komputer anda. Jangan memaksakan pengaturan yang tidak sesuai dengan kemampuan komputer anda. Agar lebih mudah, ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk mengatur resolusi dan refresh rate, seperti NVIDIA Control Panel atau AMD Radeon Settings.

3. Kurangi Efek dan Detail Grafis yang Tidak Penting

Banyak game yang menawarkan efek dan detail grafis yang sangat menarik dan realistis. Namun, sebaiknya kurangi efek dan detail grafis yang tidak penting agar game tidak patah-patah.

Beberapa efek dan detail yang tidak penting bisa anda kurangi atau matikan, seperti efek bayangan, efek kembang api, atau efek cahaya. Anda juga bisa mengatur level detail, seperti detail tekstur atau detail lingkungan. Semua pengaturan ini bisa diakses melalui menu graphic setting pada game yang anda mainkan.

4. Optimalkan Pengaturan Jaringan Internet

Jaringan internet yang buruk bisa mempengaruhi kualitas dan performa game anda. Oleh karena itu, sebaiknya optimalkan pengaturan jaringan internet anda agar game bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Cara yang bisa anda lakukan antara lain: menggunakan jaringan internet yang stabil dan cepat, mematikan aplikasi yang tidak diperlukan selama bermain game, mengatur kualitas streaming video atau aplikasi lain yang membutuhkan jaringan internet, serta membersihkan cache browser secara rutin.

Dengan melakukan tips-tips di atas, diharapkan game anda bisa berjalan lancar tanpa hambatan dan tidak patah-patah lagi. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Cara Verifikasi PB Garena ke Server Premium PB Zepetto

Mengurangi Jumlah Aplikasi yang Berjalan Secara Bersamaan

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja game Point Blank adalah jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan pada perangkat kita. Semakin banyak aplikasi yang kita jalankan, semakin besar pula penggunaan memori dalam smartphone kita. Akibatnya, game Point Blank akan menjadi mudah patah-patah dan akhirnya gagal dimainkan.

Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan di dalam smartphone kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

1. Menutup Aplikasi di Background

Kita mungkin pernah menutup aplikasi dengan menggeser ke bawah pada task manager atau forced stop pada fitur aplikasi di smartphone. Namun, cara tersebut hanya menutup aplikasi tetapi tidak menghapusnya dari memori. Aplikasi yang tetap berada di memori akan tetap mengambil penggunaan RAM dan menggunakan daya baterai. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan fitur close all application atau tekan tombol back hingga keluar dari aplikasi secara keseluruhan.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Setiap smartphone biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan dari produsen maupun operator. Aplikasi tersebut biasanya banyak dan tidak semuanya dibutuhkan. Oleh karena itu, kita dapat menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang tidak digunakan dengan cara masuk ke pengaturan -> aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin di non-aktifkan atau dihapus.

3. Menggunakan Aplikasi Penjaga RAM

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi penjaga RAM atau memory booster yang banyak tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini berguna untuk membersihkan file cache dan memori sehingga smartphone kita dapat berjalan lebih ringan. Selain itu, aplikasi seperti ini juga dapat mengoptimalkan penggunaan RAM yang sedang di gunakan pada saat bermain game Point Blank sehingga kinerja game tidak menjadi lambat dan patah-patah.

Beberapa aplikasi penjaga RAM terbaik seperti Clean Master, CCleaner, dan DU Speed Booster. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan untuk membersihkan memori, RAM, dan cache sehingga smartphone kita dapat bekerja lebih efisien.

Dengan menerapkan cara di atas, kita dapat mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan di smartphone kita. Dampaknya, kinerja game Point Blank kita menjadi lebih lancar dan tidak terjadi patah-patah saat memainkan game tersebut. Selain itu, cara di atas juga dapat membantu smartphone kita lebih efisien dalam penggunaan daya baterai dan memori internal.

Mengubah pengaturan game

Permainan game menjadi tidak nyaman ketika game tersebut patah-patah. Ini dapat terjadi ketika pengaturan game tidak tepat atau berkaitan dengan masalah koneksi internet. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengubah beberapa pengaturan game.

Berikut adalah beberapa cara mengubah pengaturan game untuk menghindari permainan yang patah-patah saat bermain Point Blank.

1. Mengubah pengaturan grafik

Pertama-tama, Anda dapat mencoba mengubah pengaturan grafik dari game PB. Kualitas grafik yang lebih tinggi membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi pada PC. Oleh karena itu, ubah pengaturan grafik ke kualitas rendah atau menengah agar meminimalkan lag pada game tersebut. Untuk mengubah pengaturan grafik, masuk ke menu pengaturan, kemudian cari opsi perubahan grafik.

2. Mengubah resolusi layar

Resolusi layar adalah besar kecilnya tampilan dalam game. Semakin tinggi resolusi, semakin berkualitas gambar yang ditampilkan. Tapi, semakin tinggi juga resolusi, semakin berat permainan yang dijalankan di PC. Oleh karena itu, dengan mengubah resolusi layar, game PB jadi tidak patah-patah ketika dimainkan.

Untuk mengubah pengaturan resolusi, masuk ke menu pengaturan. Kemudian, pilih opsi resolusi layar, dan ubah sesuai keinginan Anda.

3. Mengubah pengaturan efek visual

Pengaturan efek visual bisa diatur dari mulai kualitas efek visual game PB, apakah diatur ke low, medium, atau high. Semakin tinggi kualitasnya, akan membuat game PB terasa semakin realistis, namun memerlukan spek hardware PC yang cukup. Namun, sebaliknya, jika efek visual diubah ke kualitas rendah, maka game PB dapat dimainkan dengan lancar tanpa ada masalah lag yang sering terjadi.

Baca Juga:  Cara Setting Modem Smartfren M2Y

4. Mengoptimalkan koneksi internet

Meskipun pengaturan grafik, resolusi layar, dan pengaturan efek visual sudah diubah, tetapi jika koneksi internet Anda masih lemah maka permainan pun akan tetap patah-patah. Anda dapat mengoptimalkan koneksi internet Anda dengan cara menghubungkan jaringan internet melalui kabel LAN, karena penggunaan kabel LAN akan meminimalkan hilangnya sinyal yang dapat mengakibatkan kecepatan internet rendah, Lag atau Delay Game, ketika melakukan permainan game PB.

Koneksi internet yang lambat akan membuat game PB belum terkoneksi dengan baik dengan server. Oleh karena itu, Anda harus menginstal program khusus yang dapat mempercepat koneksi internet, seperti software yang populer yaitu Kill Ping, ExitLag, dan lainnya.

Semua pengaturan tentang cara setting PB agar tidak patah-patah di atas memerlukan ukuran RAM dan VGA yang memadai pada PC atau laptop yang digunakan. Jadi, jika ingin bermain game Point Blank agar terasa lebih nyaman tanpa hambatan, pertama harus memenuhi spesifikasi minimum agar bisa memainkan game dengan mulus tanpa hambatan.

Menggunakan jaringan kabel ethernet daripada Wi-Fi

Salah satu cara setting PB agar tidak patah-patah adalah dengan menggunakan jaringan kabel Ethernet daripada Wi-Fi. Jaringan kabel Ethernet memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada Wi-Fi. Kabel ethernet dapat mentransfer data hingga 1 Gigabit per detik, sedangkan Wi-Fi hanya dapat mentransfer dengan kecepatan yang lebih rendah, tergantung dari jarak dan hambatan.

Untuk memastikan bahwa jaringan kabel Ethernet berfungsi dengan baik, pastikan bahwa kabel Ethernet yang digunakan memiliki standar yang sesuai dan telah terpasang dengan benar. Pastikan juga bahwa sambungan kabel Ethernet tidak terganggu dan tidak longgar. Cara sederhana untuk memeriksa kabel Ethernet apakah terpasang dengan benar atau tidak adalah dengan melihat lampu indikator di port Ethernet, yang akan menyala jika kabel terhubung dengan benar.

Jaringan kabel Ethernet juga lebih andal daripada Wi-Fi, mengurangi risiko terputusnya koneksi saat bermain PB. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sering kali Wi-Fi dapat terganggu oleh gangguan sinyal dari perangkat lain, sementara jaringan kabel Ethernet hanya mengandalkan kabel fisik yang kuat dan dapat diandalkan.

Jaringan kabel Ethernet juga memiliki latensi yang lebih rendah daripada Wi-Fi, yang berarti waktu yang diambil untuk melakukan pengiriman dan penerimaan data jauh lebih cepat. Hal ini sangat penting dalam permainan PB yang memerlukan respon instan dari pemain.

Terakhir, menggunakan jaringan kabel Ethernet dapat mengurangi beban pada router Wi-Fi, sehingga router dapat berfungsi lebih baik dan koneksi internet yang dihasilkan dapat lebih cepat dan stabil. Hal ini karena router Wi-Fi dapat mengalami overload saat terlalu banyak perangkat yang terhubung melalui Wi-Fi, sehingga memperlambat koneksi secara signifikan.

Dengan menggunakan kabel Ethernet, perangkat akan terhubung langsung dengan router, mengurangi jumlah perangkat yang terhubung melalui Wi-Fi.

Penutup

Demikian artikel yang sudah teknadocnetwork.com rangkum mengenai Cara Setting PB Agar Tidak Patah Patah, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian dalam bermain game Point Blank.