cara setting ukuran kertas f4
cara setting ukuran kertas f4

Cara Setting Ukuran Kertas F4

Cara Setting Ukuran Kertas F4 – Kertas memegang peran penting dalam kehidupan kita. Tidak hanya sebagai alat untuk menulis, kertas juga dapat digunakan sebagai media cetak dokumen penting seperti sertifikat, surat, dan laporan. Seperti yang kita ketahui, ada beragam ukuran kertas yang tersedia di pasaran, seperti kertas A4, A3, B5, dan lain-lain. Namun, di antara semua ukuran kertas tersebut, ada salah satu ukuran kertas yang cukup unik dan jarang digunakan, yaitu ukuran kertas F4.

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang ukuran kertas F4. Ukuran kertas ini pertama kali diperkenalkan oleh Jepang pada tahun 1971 dalam sistem kertas JIS (Japanese Industrial Standards). Berbeda dengan ukuran kertas lainnya yang menggunakan sistem A, B, atau C, ukuran kertas F memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebih lebar daripada ukuran kertas A4, namun lebih kecil daripada ukuran kertas A3.

Mengenal Ukuran Kertas F4

Cara Setting Ukuran Kertas F4

Ukuran kertas F4 memiliki dimensi 210 mm x 330 mm, sedangkan ukuran kertas A4 hanya 210 mm x 297 mm. Itulah sebabnya, ukuran kertas F4 seringkali digunakan untuk mencetak dokumen yang membutuhkan lebih banyak ruang untuk dituliskan, seperti laporan keuangan, laporan penelitian, dan dokumen teknis lainnya. Selain itu, ukuran kertas F4 juga jauh lebih kecil daripada ukuran kertas A3 yang memiliki dimensi 297 mm x 420 mm, sehingga lebih mudah untuk dibawa-bawa dan disimpan.

Baca Juga:  Cara Setting DNS Windows 10

Meskipun ukuran kertas F4 jarang digunakan di luar Jepang, namun di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan dan institusi yang lebih memilih menggunakan ukuran kertas F4 daripada A4 atau A3. Salah satu alasan mengapa ukuran kertas F4 lebih disukai oleh beberapa perusahaan adalah karena ukurannya yang cukup unik dan dapat membedakan antara dokumen yang penting dengan dokumen yang biasa.

Bagi Anda yang ingin menggunakan ukuran kertas F4, maka Anda perlu melakukan cara setting ukuran kertas F4 pada printer atau software pengolah dokumen yang Anda gunakan. Hal ini cukup mudah dilakukan, terutama jika Anda menggunakan aplikasi Microsoft Word. Berikut ini adalah langkah-langkah cara setting ukuran kertas F4 di Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word dan buka dokumen yang ingin Anda cetak dengan menggunakan ukuran kertas F4.
  2. Klik tab “Page Layout” dan pilih opsi “Size” di bagian “Page Setup”.
  3. Pilih opsi “More Paper Sizes” di bagian bawah daftar ukuran kertas.
  4. Di dalam kotak dialog “Page Setup”, pilih opsi “Japanese JIS B4 (257 mm x 364 mm)” pada opsi “Paper Size”.
  5. Klik tombol “OK” untuk menyimpan preferensi ukuran kertas F4.
Baca Juga:  Cara Setting Psiphon 3 di PC

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka ukuran kertas F4 sudah bisa digunakan untuk mencetak dokumen di Microsoft Word. Dengan mengetahui cara setting ukuran kertas F4, Anda bisa lebih fleksibel dalam hal mencetak dokumen penting yang membutuhkan sedikit lebih banyak ruang daripada ukuran kertas A4.

Nah, itu dia penjelasan tentang mengenal ukuran kertas F4 dan cara setting ukuran kertas F4 di Microsoft Word. Meskipun ukuran kertas F4 jarang digunakan di luar Jepang, namun dengan mengetahui kemampuannya, kertas F4 bisa menjadi alternatif yang menarik jika Anda memerlukan kertas yang lebih besar daripada A4 namun lebih kecil daripada A3. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memilih menggunakan ukuran kertas F4 sebagai opsi alternatif dalam mencetak dokumen penting Anda.

Baca Juga:  Cara Setting AMD Radeon untuk PES 2016

Langkah-Langkah Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Langkah-Langkah Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Program ini memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam membuat dokumen.