cara setting video viewer cctv
cara setting video viewer cctv

Cara Setting Video Viewer CCTV

Resolusi output adalah ukuran dimensi yang ditampilkan pada monitor atau layar saat kamu menonton rekaman dari kamera CCTV. Semakin tinggi resolusi output yang kamu atur, semakin baik kualitas gambar dan video yang kamu dapatkan. Namun, kamu harus mengatur resolusi sesuai dengan kemampuan monitor atau layar agar kualitas gambar tidak menjadi buruk.

Cara Mengatur Resolusi Output Pada Video Viewer CCTV

Berikut adalah cara mengatur resolusi output pada Video Viewer CCTV:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Video Viewer CCTV di komputer kamu.

Video Viewer adalah aplikasi gratis yang dimiliki oleh banyak merek kamera CCTV. Ketika kamu membeli kamera CCTV, kamu biasanya akan mendapatkan tautan unduhan Video Viewer di dalam kotak.

  • Sekarang, pilih kamera CCTV yang ingin kamu lihat rekaman video atau gambar diamnya.

Setelah kamu masuk ke aplikasi Video Viewer, kamu akan menemukan daftar semua kamera CCTV yang kamu miliki. Pilih salah satu kamera CCTV yang ingin kamu gunakan.

  • Kemudian, klik pada opsi “Display Setting”.

Pilih opsi ini untuk membuka jendela pengaturan tampilan. Di jendela ini, kamu dapat melihat dan mengubah berbagai pengaturan terkait tampilan dan kualitas video.

  • Selanjutnya, pilih opsi “Resolution”.

Setelah memilih opsi Display Setting, kamu akan melihat beberapa pengaturan yang terkait dengan tampilan. Pilih opsi Resolusi untuk mengatur ukuran dimensi tampilan.

  • Sekarang, pilih resolusi yang sesuai dengan kemampuan monitor atau layar kamu.

Pada menu drop-down di sebelah kanan Resolusi, kamu dapat memilih resolusi yang ingin kamu gunakan. Pilih resolusi sesuai dengan kemampuan monitor atau layarmu agar tampilan dapat ditampilkan dengan jelas tanpa resolusi buruk. Pastikan kamu memilih resolusi yang mendukung proporsi aspek layar atau monitor kamu.

  • Ketika kamu sudah memilih resolusi yang diinginkan, klik tombol “Apply”.

Setelah memilih resolusi yang diinginkan, klik “Apply” agar resolusi yang kamu pilih dapat diterapkan pada layar.

  • Terakhir, klik tombol “OK” untuk menyelesaikan pengaturan.

Setelah kamu mengatur resolusi output sesuai dengan kebutuhan kamu, klik tombol “OK” untuk keluar dari jendela pengaturan tampilan. Sekarang, kamu akan melihat tampilan pada monitor atau layar komputer dengan resolusi yang telah diterapkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, kamu dapat mengatur resolusi output dengan mudah pada Video Viewer CCTV. Jangan lupa untuk memilih ukuran dimensi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan kemampuan monitor atau layar. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kualitas gambar dan video yang terbaik dengan tingkat pengeluaran yang lebih efisien.

Baca Juga:  Cara Setting Mikrotik untuk Warnet dan Hotspot

Cara Menyesuaikan Kontrol Kamera di Video Viewer CCTV

Cara Menyesuaikan Kontrol Kamera di Video Viewer CCTV

Video Viewer adalah aplikasi cctv yang sangat berguna untuk memantau keamanan rumah, kantor, dan tempat lainnya. Salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi ini adalah kontrol kamera. Anda dapat menyesuaikan angle pandang, zoom, dan posisi kamera untuk menghasilkan tampilan yang lebih baik. Pada artikel kali ini, kami akan memandu Anda cara menyesuaikan kontrol kamera di Video Viewer CCTV dengan mudah.

1. Buka Aplikasi Video Viewer CCTV

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Video Viewer CCTV pada komputer atau laptop Anda. Setelah itu, loginlah dengan akun yang sudah terdaftar.

2. Pilih kamera yang ingin Anda sesuaikan

Setelah login, Anda akan melihat tampilan beberapa kamera CCTV yang sudah terinstall. Pilihlah kamera yang ingin Anda sesuaikan. Usahakan memilih kamera yang terhubung dengan internet agar Anda dapat menyesuaikan kontrol kamera dengan mudah.

3. Klik ikon Control untuk menyesuaikan kontrol kamera

Jika Anda sudah memilih kamera yang ingin disesuaikan, klik ikon Control atau simbol joystick pada layar aplikasi Video Viewer CCTV tersebut. Dengan mengklik ikon tersebut, Anda akan melihat beberapa pilihan untuk menyesuaikan kontrol kamera seperti Move, Zoom, dan Angle.

4. Sesuaikan kontrol kamera sesuai kebutuhan

Setelah memilih ikon Control, kini saatnya Anda menyesuaikan kontrol kamera sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Ada tiga menu yang disediakan yaitu Angle, Move, dan Zoom.

Menu Angle memungkinkan Anda untuk mengubah sudut pandang kamera pada aplikasi Video Viewer CCTV tersebut. Anda dapat mengatur posisi kamera atas-bawah dan kiri-kanan dengan sangat mudah dan nyaman. Anda hanya perlu menekan tombol atas, bawah, kiri, kanan pada ikon joystick.

Menu Move dapat digunakan untuk memindahkan arah kamera pada aplikasi Video Viewer CCTV tersebut. Dengan fitur ini, Anda dapat memutar kamera searah jarum jam atau pun berlawanan arah jarum jam.

Terakhir, menu Zoom memungkinkan Anda untuk membesarkan atau memperkecil tampilan kamera pada aplikasi Video Viewer CCTV tersebut. Anda dapat membuka atau mengecilkan jarak pandang agar lebih fleksibel dalam memantau.

5. Simpan pengaturan

Setelah mencoba dan menyesuaikan fitur kontrol kamera pada aplikasi Video Viewer CCTV tersebut, jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda sudah menyimpan pengaturan yang sudah Anda buat. Jika Anda ingin menyesuaikan lebih dari satu kamera, kembali ke langkah 2 dan pilih kamera lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, kini Anda sudah pandai mengatur kontrol kamera di Video Viewer CCTV. Anda bisa memantau lokasi yang lebih luas dan detail dengan kontrol kamera yang fleksibel. Selain itu, aplikasi ini juga mudah digunakan dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan koneksi internet. Happy exploring!

Langkah-langkah Mengatur Tampilan Layar di Video Viewer CCTV

Video Viewer CCTV adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau kamera CCTV melalui komputer atau laptop. Namun, tampilan layar yang terlalu kecil dapat menyulitkan pengguna untuk memonitor keamanan area yang diawasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tampilan layar di Video Viewer CCTV agar lebih besar dan jelas:

1. Pilih “Layout”

Pertama-tama, buka aplikasi Video Viewer CCTV dan pilih menu “Layout” di bagian atas layar. Pada menu ini, Anda dapat mengubah ukuran tampilan layar dan mengatur jumlah tampilan layar.

Baca Juga:  Cara Setting TV Panasonic Android

2. Ubah Ukuran Tampilan Layar

Untuk mengubah ukuran tampilan layar, pilih ikon “Zoom In” atau “Zoom Out” di bagian bawah layar. Ikon “Zoom In” akan memperbesar tampilan layar, sedangkan ikon “Zoom Out” akan mengecilkan tampilan layar. Anda juga dapat mengatur ukuran tampilan layar secara manual dengan menarik dan menyesuaikan ukuran setiap tampilan layar.

3. Atur Jumlah Tampilan Layar

Setelah mengubah ukuran tampilan layar, Anda dapat mengatur jumlah tampilan layar yang tampil di layar. Pilih ikon “Layout” di bagian atas layar dan pilih opsi “Custom Layout”. Pada menu ini, Anda dapat menyesuaikan jumlah tampilan layar dan mengatur posisinya di layar. Untuk menambahkan tampilan layar baru, pilih ikon “Add Screen” di bagian bawah layar dan pilih ukuran tampilan layar yang diinginkan.

Setelah mengatur jumlah tampilan layar, Anda dapat mengklik dan menyeret tampilan layar ke posisi yang diinginkan di layar. Anda dapat menyesuaikan posisi tampilan layar dengan mengecilkan atau memperbesar ukuran tampilan layar dan menempatkannya di tempat yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengatur tampilan layar di Video Viewer CCTV agar lebih besar dan jelas. Jangan lupa, pastikan kamera CCTV yang diawasi bekerja dengan baik untuk memonitor keamanan area yang diawasi.

Cara Menyesuaikan Waktu/Tanggal/Tema pada Video Viewer CCTV

Video Viewer CCTV merupakan perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk melihat rekaman CCTV. Anda dapat menyesuaikan waktu, tanggal, dan tema pada Video Viewer CCTV agar rekaman CCTV dapat dilihat dengan jelas. Berikut adalah cara menyesuaikan waktu, tanggal, dan tema pada Video Viewer CCTV.

1. Menyesuaikan Waktu pada Video Viewer CCTV

Untuk menyesuaikan waktu pada Video Viewer CCTV, Anda harus melakukannya melalui DVR atau NVR Anda. Pastikan waktu pada DVR atau NVR telah disesuaikan dengan waktu yang sebenarnya. Jika waktu pada DVR atau NVR tidak tepat, maka waktu pada rekaman CCTV tidak akan tepat.

Jika sudah disesuaikan, Anda dapat masuk ke dalam menu “Playback” pada Video Viewer CCTV. Setelah itu, pilih kamera yang ingin Anda lihat rekamannya, lalu pilih tanggal pada menu “Calendar”. Pilih waktu pada menu “Time” atau pilih waktu pada gambar slider.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Smart Search” yang memungkinkan Anda untuk mencari rekaman CCTV sesuai dengan waktu tertentu. Pilih menu “Smart Search”, pilih kamera, pilih tanggal, pilih waktu, lalu tekan tombol “Search”.

2. Menyesuaikan Tanggal pada Video Viewer CCTV

Untuk menyesuaikan tanggal pada Video Viewer CCTV, ikuti langkah-langkah yang sama seperti menyesuaikan waktu. Masuk ke dalam menu “Playback” pada Video Viewer CCTV, pilih kamera, lalu pilih tanggal pada menu “Calendar”. Pilih tanggal yang ingin Anda lihat rekamannya.

3. Menyesuaikan Tema pada Video Viewer CCTV

Anda dapat menyesuaikan tema pada Video Viewer CCTV agar lebih nyaman untuk dilihat. Pilih menu “Preference” pada bagian atas layar, lalu pilih submenu “Theme”. Tersedia beberapa tema yang dapat Anda pilih, seperti “Classic Blue”, “Silver”, dan “Black”. Pilih tema yang Anda sukai, lalu tekan tombol “Apply” untuk menyimpan pengaturan.

4. Menyesuaikan Ukuran Layar pada Video Viewer CCTV

Anda juga dapat menyesuaikan ukuran layar pada Video Viewer CCTV agar lebih nyaman untuk dilihat. Anda dapat memperbesar atau memperkecil tampilan rekaman CCTV pada layar. Pilih menu “Playback” pada Video Viewer CCTV, lalu pilih kamera yang Anda ingin lihat rekamannya. Gunakan tombol “+” dan “-” pada bagian bawah layar untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar.

Baca Juga:  Cara Setting Google Chrome Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

Anda juga dapat memilih tampilan layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti tampilan satu kamera, tampilan empat kamera, atau tampilan sembilan kamera. Pilih tombol “Screen Division” pada bagian atas layar, lalu pilih tampilan layar yang Anda inginkan.

Dengan menyesuaikan waktu, tanggal, tema, dan ukuran layar pada Video Viewer CCTV, Anda dapat memperoleh pengalaman melihat rekaman CCTV yang lebih nyaman dan efektif.

Cara Mengatur Mode Perekaman dan Playback dalam Video Viewer CCTV

Jika Anda menggunakan sistem monitor CCTV, maka akan sangat penting untuk tahu bagaimana cara mengatur mode perekaman dan playback dalam aplikasi Video Viewer CCTV. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda akan dapat memastikan bahwa Anda selalu mengambil gambar yang Anda perlukan dan memutar ulang rekaman-video ketika diperlukan secara mudah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur mode perekaman dan playback dalam aplikasi Video Viewer CCTV:

1. Mengaktifkan Mode Perekaman

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan mode perekaman dalam aplikasi Video Viewer CCTV. Untuk melakukan hal ini, klik pada tombol “Record” yang berada di bawah toolbar. Dari sana, aplikasi akan mulai merekam semua gambar yang ditampilkan pada layar monitor CCTV dan memasukkannya ke dalam folder rekaman yang dapat diakses nanti.

2. Menyimpan Rekaman

Ketika rekaman telah selesai dan ingin disimpan, klik tombol yang ditandai dengan “Disk icon” di toolbar. Kemudian, pilih folder dimana rekaman ingin disimpan, berikan nama file dan klik tombol “Save”. Sekarang, rekaman sudah tersimpan pada komputer Anda dan dapat diputar ulang kapanpun dibutuhkan.

3. Mode Playback

Mode playback memungkinkan operator untuk melihat rekaman yang sudah direkam sebelumnya. Untuk memutar kembali rekaman-video, klik pada tombol “Playback” yang dapat ditemukan di toolbar aplikasi. Kemudian, aplikasi akan menampilkan semua rekaman-video yang tersimpan pada folder yang sudah dipilih sebelumnya. Pilih file yang ingin dilihat dan klik tombol “Play”. Sekarang, video tersebut dapat diputar pada layar monitor CCTV.

4. Mengatur Tampilan

Anda juga dapat mengatur tampilan dalam aplikasi Video Viewer CCTV. Untuk mengubah ukuran tampilan gambar atau video, klik pada tombol “Size” di toolbar dan pilih ukuran yang diinginkan. Untuk beralih antara mode tampilan berbeda, klik tombol “Layout” dan pilih opsi yang sesuai.

5. Mengunci Video

Terakhir, satu fitur penting di aplikasi Video Viewer CCTV adalah kemampuan untuk mengunci rekaman yang dianggap penting. Dengan menguncinya, rekaman tersebut akan terlindungi dari penghapusan atau penyuntingan.

Untuk mengunci rekaman-video, klik pada tombol “Lock” dan pilih file yang diinginkan. Kemudian, klik tombol “Lock” lagi. Sekarang, video tersebut akan terkunci dan tidak dapat dihapus atau diubah oleh orang lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat mengatur mode perekaman dan playback dalam aplikasi Video Viewer CCTV dengan mudah. Dalam hal keamanan, ini akan sangat penting untuk melindungi bisnis atau rumah Anda, terutama jika Anda sering meninggalkan tempat tersebut.