Apa Sih Bedanya Job Seeker dan Pelamar Kerja?
Apa Sih Bedanya Job Seeker dan Pelamar Kerja?

Apa Sih Bedanya Job Seeker dan Pelamar Kerja?

Apa Bedanya dengan Pelamar Kerja – Kamu pasti sering denger istilah Job Seeker dan Pelamar Kerja ya? Kira-kira apa bedanya, ya? Apakah sama atau beda? Nah, di artikel ini kita akan bahas perbedaan keduanya dan tips supaya kamu bisa jadi pelamar kerja sukses.

Jadi, Job Seeker itu sebenernya istilah buat orang-orang yang lagi cari-cari pekerjaan. Jadi kalo kamu lagi sibuk browsing lowongan kerja di internet atau nge-klik sana-sini buat ngelamar kerja, berarti kamu udah masuk dalam kategori Job Seeker nih.

Tapi kalo udah ngelamar kerja dan lagi nunggu panggilan atau balasan dari perusahaan, baru deh kamu jadi Pelamar Kerja. Jadi, bisa dibilang kalo Job Seeker itu fase awalnya aja, sedangkan Pelamar Kerja itu fase selanjutnya setelah kamu ngelamar.

Baca Juga:  Lampu Tidur Unik Terbaik di Indonesia

Pengertian Job Seeker

Job seeker atau pencari kerja adalah individu yang sedang mencari dan memperoleh pekerjaan. Mereka adalah orang yang sedang aktif mencari pekerjaan untuk memperbaiki hidupnya atau untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga. Bahkan, saat ini pencarian kerja telah menjadi suatu profesi tersendiri bagi orang-orang yang terlatih dan memiliki pengalaman dalam membantu pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

Job seeker seringkali mengunjungi situs lowongan kerja dan mengirimkan aplikasi ke perusahaan yang mereka minati dan yang membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang mereka miliki. Banyak job seeker juga memanfaatkan jejaring sosial untuk mencari informasi tentang lowongan kerja dan membangun hubungan dengan orang-orang yang dapat membantu mereka dalam mencari pekerjaan. Seorang job seeker juga dapat menggunakan agen penyalur tenaga kerja atau perusahaan perekrutan untuk memperoleh informasi tentang lowongan kerja dan mendapatkan bantuan dalam mengirimkan surat lamaran dan resume.

Baca Juga:  Cosmos Elektronik Terbaru Terbaik Indonesia

Jadi, job seeker adalah seseorang yang tidak banyak berbeda dari pelamar kerja, yaitu individu yang melakukan upaya aktif untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua pelamar kerja adalah job seeker. Banyak orang yang mengajukan lamaran hanya sebagai formalitas atau karena mereka dipaksa oleh keluarga atau teman-teman mereka. Ada juga pelamar kerja yang hanya mencari pekerjaan untuk mengisi waktu luang mereka dan tidak memprioritaskan pekerjaan sebagai sumber penghasilan utama mereka.