Cara Mempercepat Download dengan IDM Terbaru
Cara Mempercepat Download dengan IDM Terbaru

Cara Mempercepat Download dengan IDM Terbaru

Internet Download Manager (IDM) adalah salah satu software download manager yang terpopuler di kalangan pengguna internet. Selain mudah digunakan, software ini dapat mempercepat kecepatan download hingga lima kali lipat. Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat menggunakan IDM, terutama dalam memaksimalkan kecepatan download.

Cara Mempercepat Download dengan IDM

Cara Mempercepat Download dengan IDM

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mempercepat download dengan IDM:

1. Gunakan IDM dengan Benar

Meskipun IDM dirancang untuk mempercepat kecepatan download, pengguna tetap harus melakukan beberapa pengaturan untuk memaksimalkan kinerja software ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan IDM sudah terinstal pada komputer/laptop dan telah diaktifkan dengan serial number yang valid. Selanjutnya, pengguna dapat mengatur beberapa opsi di dalam IDM.

Hal pertama yang perlu diatur adalah jenis koneksi internet yang digunakan. Pengguna dapat memilih jenis koneksi di “Options” > “Connection” > “Connection Type/Speed”. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur batas jumlah download secara bersamaan. Opsi ini dapat diatur di “Downloads” > “Options” > “Downloads”. Sebaiknya tidak melakukan terlalu banyak download secara bersamaan.

Setelah melakukan pengaturan ini, pastikan juga IDM telah terintegrasi dengan browser yang digunakan. Untuk mengintegrasikan IDM ke browser, pengguna dapat masuk ke “Options” > “General” > “Integration” dan pilih browser yang digunakan.

Pengguna merupakan faktor utama dari kecepatan download. Pastikan pengguna tidak melakukan aktivitas internet yang intens selama proses download seperti streaming video atau mengunduh file lain pada waktu bersamaan.

2. Gunakan Fitur Shutdown Otomatis Pada IDM

Setelah pengaturan pada IDM dilakukan, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur “Auto Shutdown”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mematikan komputer otomatis setelah proses download selesai, sehingga tidak perlu menunggu hingga proses download selesai sebelum matikan komputer. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat masuk ke “Downloads” > “Options” > “Shutdown”.

3. Kualitas ISP

ISP atau Internet Service Provider merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. ISP yang baik akan memberikan kecepatan internet yang sesuai dengan yang diinginkan. Hal yang perlu dilakukan adalah memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan ISP yang digunakan tidak mengekang kecepatan internet pada jam-jam tertentu.

4. Periksa Bandwidth Tersedia

Berikutnya, periksa bandwidth tersedia pada router atau modem. Pastikan bahwa tidak ada perangkat lain yang menggunakan bandwidth yang sama dengan Anda.

Baca Juga:  Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

5. Periksa Ukuran File yang Didownload

Ukuran file yang didownload juga mempengaruhi kecepatan download. Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh. Pastikan untuk mendownload file dengan ukuran yang wajar dan perbandingan antara ukuran file dan kecepatan download terjaga.

Dengan melakukan pengaturan yang tepat, pengguna dapat memaksimalkan kecepatan download dengan IDM. Pastikan Anda mengikuti dan mempraktekkan tips-tips di atas sehingga proses download Anda semakin cepat dan mudah.

Baca Juga: Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat

Pengaturan Koneksi IDM untuk Kecepatan Maksimum

Internet Download Manager (IDM) adalah software yang berfungsi untuk mendownload file dari internet dengan kecepatan maksimum. Namun, seringkali pengguna IDM kesulitan mengatur koneksi pada IDM agar menghasilkan kecepatan maksimum. Berikut adalah pengaturan koneksi IDM yang dapat memaksimalkan kecepatan download.

1. Memeriksa Kecepatan Koneksi Internet

Sebelum mengatur koneksi pada IDM, periksa terlebih dahulu kecepatan koneksi internet yang anda gunakan dengan mengunjungi situs Speedtest.net. Dengan mengetahui kecepatan koneksi internet yang digunakan, anda dapat menyesuaikan dengan pengaturan koneksi IDM yang tepat.

2. Menyesuaikan Pengaturan Koneksi IDM

Setelah mengetahui kecepatan koneksi internet, anda dapat menyesuaikannya dengan pengaturan koneksi IDM yang dapat memaksimalkan kecepatan download. Pada menu IDM, pilih menu Options dan pilih tab Connection.

Untuk koneksi internet berkecepatan rendah, pilihlah opsi High speed, lalu ubah angka Default Max. Conn. Number menjadi angka 5. Untuk koneksi internet berkecepatan tinggi, pilihlah opsi broadband atau direct connection, lalu ubah angka Default Max. Conn. Number menjadi angka 16 atau lebih. Dalam pengaturan koneksi IDM, perhatikan juga pada kolom Connection type, anda dapat memilih koneksi internet Fiber optic, DSL atau Dial-Up, tergantung dari jenis koneksi internet yang anda gunakan.

3. Menyesuaikan Pengaturan IDM dengan Browser

Pengaturan IDM juga dapat disesuaikan dengan browser yang anda gunakan. Pada menu IDM, pilih menu Options, pilih tab General. Di sini, anda dapat memilih jenis browser yang digunakan pada opsi Browser integration. Pastikan opsi Use advance browser integration dipilih dalam pengaturan koneksi IDM. Selain itu, pastikan juga IDM Integration Module telah terpasang pada browser dan aktif.

4. Menggunakan IDM Optimizer

Salah satu cara untuk mempercepat kecepatan download IDM adalah dengan menggunakan IDM Optimizer. IDM Optimizer adalah software yang dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan download pada IDM. Caranya sangat mudah, download IDM Optimizer, jalankan software tersebut, kemudian Restart IDM.

Kemudian cobalah untuk mendownload file dari internet dan periksa kecepatan downloadnya. Jika diperlukan, anda dapat mengulang penggunaan IDM Optimizer untuk meningkatkan kecepatan koneksi IDM.

5. Menggunakan Internet Download Accelerator

Internet Download Accelerator (IDA) adalah software yang dapat memaksimalkan kecepatan download file dari internet. IDA bekerja dengan cara memisahkan file yang didownload menjadi beberapa bagian, kemudian download bagian tersebut secara paralel. Sehingga kecepatan download menjadi lebih cepat.

IDA juga dapat memonitor penggunaan bandwidth internet dan dapat memprioritaskan bandwidth untuk kegiatan download. Download software IDA, install pada perangkat anda, cobalah untuk mendownload file dari internet, pastikan IDA telah terintegrasikan dengan browser, dan periksa kecepatan downloadnya yang lebih maksimal.

Dengan menyesuaikan pengaturan koneksi IDM, koneksi internet yang digunakan, dan menggunakan software pendukung seperti IDM Optimizer dan Internet Download Accelerator, anda dapat menikmati kecepatan maksimum dalam mendownload file dari internet.

6. Memilih koneksi yang tepat

Jika koneksi internet yang digunakan lambat, maka IDM pun akan memberikan download yang lambat. Sebaliknya, jika koneksi internet yang digunakan cepat, maka IDM akan mampu memberikan download yang cepat pula. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang tepat. Pilihlah koneksi internet yang stabil dan cepat seperti koneksi internet broadband, wifi, atau jaringan 4G.

Baca Juga:  5 Cara Menggunakan Google Translate

7. Memperbarui IDM ke versi terbaru

Selain itu, pastikan IDM yang digunakan selalu dalam kondisi terbaru atau versi terbaru. Versi terbaru IDM seringkali sudah diperbarui untuk meningkatkan kinerja download. Jadi, pastikan IDM yang digunakan selalu up to date agar performa download menjadi lebih cepat dan stabil.

8. Melakukan pengaturan berdasarkan jenis koneksi internet

Untuk mengoptimalkan penggunaan bandwidth agar IDM lebih cepat, harus dilakukan pengaturan berdasarkan jenis koneksi internet yang digunakan. Pastikan Setting IDM sesuai dengan jenis koneksi internet yang digunakan, berikut ini:

Setting untuk koneksi broadband

Setting IDM untuk koneksi broadband adalah sebagai berikut:

  • Buka perangkat lunak IDM dan klik menu Downloads.
  • Pilih Speed Limiter, klik Turn Off. Kemudian klik pada Connection tipe/high Speed Mode.
  • Pada opsi Default max.conn. number pilih 16 dan klik OK.

Dalam setting ini, pastikan bahwa max.conn.number pada IDM diatur pada 16.

Setting untuk koneksi wifi

Setting IDM untuk koneksi wifi adalah sebagai berikut:

  • Buka IDM dan klik menu Downloads.
  • Pilih Speed Limiter, klik Turn Off.
  • Buka File > Option > Connection.
  • Pada Connection Type/Speed, pilih High Speed.
  • Pada Max. Connections Number pilih 16.

Pada setting ini, pastikan bahwa Max connections number pada IDM diatur pada 16.

Setting untuk koneksi jaringan 4G

Setting IDM untuk koneksi jaringan 4G adalah sebagai berikut:

  • Buka IDM dan klik menu Option.
  • Pada Connection, pilih Connection Type/Speed dan pilih High Speed.
  • Pada Max. Connections Number pilih 16.
  • Pada Default Max. Conn. Number, pilih 8/16.

Pada setting ini, pastikan bahwa Max connections number pada IDM diatur pada 16 dan Default Max. Conn. Number pada 8/16.

Dengan melakukan pengaturan IDM berdasarkan jenis koneksi internet yang digunakan, maka IDM dapat memberikan performa yang lebih cepat dan stabil, sehingga download file menjadi lebih cepat.

Menyetel IDM agar dapat mendownload beberapa file sekaligus dengan cepat

Jika Anda sering mendownload beberapa file sekaligus, maka Anda perlu menyetel Internet Download Manager (IDM) untuk dapat mendownload dengan cepat. Berikut ini adalah cara menyetel IDM agar dapat mendownload beberapa file sekaligus dengan cepat:

1. Menyetel IDM untuk Mengunduh File yang Sama Secara Paralel

Anda dapat menyetel IDM untuk mengunduh beberapa file yang sama secara paralel dengan cara membuka IDM, lalu pilih menu Options. Setelah itu, pilih menu Downloads, lalu cari opsi Downloads>Connections. Selanjutnya, ubah opsi ‘Default max. conn. number’ menjadi angka yang lebih besar dari 1, misalnya 4.

2. Menyetel IDM untuk Mengunduh File dari Server yang Berbeda Secara Paralel

Selain itu, Anda dapat menyetel IDM untuk mengunduh file dari server yang berbeda secara paralel dengan cara membuka IDM, lalu pilih menu Options. Setelah itu, pilih menu Downloads, lalu cari opsi Downloads>Connections. Selanjutnya, ubah opsi ‘Max. conn. number’ menjadi angka yang lebih besar dari 1, misalnya 8. Dengan begitu, IDM akan mengunduh 8 file secara paralel dari server yang berbeda.

3. Menyetel IDM untuk Mengatur Koneksi

Anda juga dapat menyetel IDM untuk mengatur koneksi dengan cara membuka IDM, lalu pilih menu Options. Setelah itu, pilih menu Connection, lalu cari opsi Connection Type/Speed. Selanjutnya, ubah opsi ‘Connection type/speed’ menjadi opsi yang paling tinggi dan pilih opsi ‘Always establish new connection per download’.

4. Menyetel IDM untuk Mengubah Pengaturan Buffer

Terakhir, Anda dapat menyetel IDM untuk mengubah pengaturan buffer dengan cara membuka IDM, lalu pilih menu Options. Setelah itu, pilih menu Downloads, lalu cari opsi Downloads>Connection>Speed. Selanjutnya, ubah opsi ‘Default max. conn. number’ menjadi angka yang lebih besar dari 1, misalnya 8.

Baca Juga:  Bisskey T Sport 7 Thaicom 5: Cara Mendapatkan Akses ke Channel Olahraga Favorit Anda

Setelah itu, pilih opsi ‘Use minimum size for buffering’ dan ubah opsi ‘Min. buffer size’ menjadi 1 MB. Dengan begitu, IDM akan mengunduh file menggunakan kecepatan koneksi tercepat dan menghindari buffering yang lambat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyetel IDM agar dapat mendownload beberapa file sekaligus dengan cepat.

Mengubah pengaturan browser untuk meningkatkan kecepatan download menggunakan IDM

Menjalankan IDM di web browser adalah salah satu cara untuk mempercepat proses download pada perangkat komputer Anda. Bagi pengguna IDM, IDMan.exe adalah file yang digunakan untuk menjalankan aplikasi ini di perangkat komputer. Namun, terkadang proses download dengan IDM dapat berjalan lambat, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengaturan pada web browser.

Berikut ini beberapa tips untuk mengubah pengaturan browser Anda agar dapat meningkatkan kecepatan download menggunakan IDM:

1. Mengatur browser untuk mendukung IDM

Untuk dapat menggunakan IDM, pastikan web browser sudah diatur untuk mendukung IDM untuk bekerja. Saat menggunakan web browser, IDM secara otomatis akan meminta izin untuk bekerja. Namun, Anda juga bisa mengatur pengaturan IDM pada web browser agar berjalan lebih smooth.

Untuk melakukan pengaturan ini pada Google Chrome, Anda bisa klik icon menu di kanan atas browser, lalu pilih “Extension”, dan aktifkan IDM.

Di Mozilla Firefox, tab menu IDM harus muncul di samping tab “Bantuan”, jika tidak, silahkan setting pada Manager Add-On atau download IDM versi terbaru.

2. Mengatur IDM agar otomatis mengambil tanggung jawab di web browser

Saat menggunakan IDM, pastikan IDM sudah diset untuk mengambil tanggung jawab menangani semua jenis download di web browser Anda. Dengan begitu, download kecepatan akan meningkat.

Anda dapat melakukan pengaturan ini pada bagian “Option” IDM, di menu “General”. Pilih IDM sebagai software download default. Tunggu hingga proses ini selesai, kemudian restart web browser Anda.

3. Menghapus download history pada web browser

Web browser Anda menyimpan catatan history download Anda. Namun, terkadang hal ini dapat mengganggu kecepatan download. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda menghapus catatan history download pada web browser secara berkala.

Catatan history download yang tidak dibutuhkan juga perlu dihapus, hal ini dapat mempercepat kecepatan download pada web browser yang digunakan.

4. Mengoptimalkan jaringan internet

Jika kecepatan download IDM masih lambat, kemungkinan besar terdapat masalah pada jaringan internet. Pastikan jaringan internet di rumah atau kantor dalam kondisi baik.

Modem yang belum di-setting juga dapat mempengaruhi kecepatan download pada web browser yang digunakan. Pastikan modem di-setting dengan benar agar kecepatan jaringan internet dapat mencapai maksimal.

5. Menggunakan software optimasi kecepatan internet

Salah satu cara tercepat untuk meningkatkan kecepatan download menggunakan IDM adalah dengan menggunakan software optimasi kecepatan internet. Software ini bertugas untuk meningkatkan performa internet Anda, dan secara otomatis meningkatkan kecepatan download pada web browser Anda.

Software optimasi kecepatan internet secara otomatis akan memantau kinerja internet Anda dan melakukan tuning otomatis pada jaringan internet.

Beberapa software yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan download menggunakan IDM adalah CCleaner, Registry booster, PC optimizer, dan masih banyak lagi pilihan software yang bisa Anda gunakan.

Demikian beberapa tips cara mengatur IDM agar dapat meningkatkan kecepatan download pada web browser Anda. Selain pengaturan di atas, pastikan perangkat komputer Anda juga dalam keadaan baik dan software IDM Anda selalu diperbarui.