Cara Setting Face ID dengan Masker yang Tepat

Cara Setting Face ID dengan Masker – Apakah kamu kesulitan menggunakan Face ID di smartphone kamu ketika sedang memakai masker? Memang terkadang penggunaan masker dapat mengganggu proses pengenalan wajah oleh teknologi Face ID. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas cara setting Face ID dengan masker.

Apa itu Face ID?

Sebelum membahas cara setting Face ID dengan masker, mari kita ulas terlebih dahulu apa itu Face ID. Face ID merupakan teknologi pengenalan wajah yang digunakan oleh Apple pada iPhone dan iPad Pro terbaru.

Dengan menggunakan Face ID, pengguna dapat membuka kunci layar, mengakses aplikasi, dan melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan wajah mereka.

Cara Setting Face ID dengan Masker

Apa itu Face ID

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, kini penggunaan masker menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Namun, seringkali masker yang kita gunakan menghalangi kemampuan Face ID pada perangkat iPhone. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara mengaktifkan Face ID dengan masker, sehingga kamu masih dapat membuka ponsel meski memakai masker.

Sebelum memulai cara mengaktifkan Face ID dengan masker, pastikan kamu sudah mengaktifkan opsi Passcode pada perangkat iPhone-mu. Hal ini penting sebagai pengganti Face ID jika perangkat tak bisa mendeteksi wajah pengguna secara akurat. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tambahkan Wajah Pengguna dengan Masker dalam Face ID

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menambahkan wajah pengguna dengan masker dalam Face ID. Caranya,

  1. Masuk ke Pengaturan > Face ID & Kode Akses. Jika kamu belum memasang Kode Akses, silakan masukkan dahulu sebelum melanjutkan.
  2. Pada menu Face ID & Kode Akses, ketuk opsi Tambahkan Wajah.
  3. Kemudian, posisikan ponsel secara horizontal dan letakkan masker di wajahmu.
  4. Kemudian, arahkan wajahmu ke kamera agar perangkat memetakan wajah dengan masker.
  5. Setelah selesai, tap Langsung Menyimpan.
  6. Selanjutnya, kamu dapat menentukan nama untuk profil wajah baru tersebut, misalnya Face ID dengan Masker atau apapun yang kamu anggap tepat.
  7. Selesai

menambahkan wajah pengguna dengan masker dalam Face ID, perangkat kamu kini sudah dapat membuka layar walaupun kamu memakai masker. Namun, apabila kamu merasa otorisasi terasa lebih lama, kamu dapat mencoba beberapa tips di bawah ini.

A. Bersihkan Kamera dan Sensor Face ID secara Rutin

Untuk memberikan proteksi terhadap wajah pengguna, Face ID dilengkapi berbagai sensor yang bertugas mencatat bentuk wajah. Namun, sensor ini juga memungkinkan partikel debu, kotoran, atau minyak wajah menumpuk di atasnya. Hal ini dapat mengakibatkan sistem perlu melakukan deteksi berulang-ulang sehingga otorisasi Face ID terasa lama.

Baca Juga:  Cara Setting TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu rutin membersihkan bagian kamera dan sensor Face ID kamu. Kamu bisa menggunakan kain pembersih kaca atau lap mikrofiber untuk membersihkannya dengan lembut. Jangan menggunakan cairan pembersih yang terlalu keras karena bisa merusak lapisan pelindung.

B. Atur Tingkat Keamanan Face ID

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan Face ID adalah tingkat keamanan sistem. Semakin tinggi tingkat keamanan yang dipilih, ssemakin lambat proses pemeriksaan wajah dan semakin lama waktu otentikasi berhasil sesuai.

Untuk itu, kamu bisa meningkatkan kecepatan akses Face ID dengan mengurangi tingkat keamanan yang dipilih. Jangan khawatir, meski tingkat keamanannya lebih rendah, iPhone kamu masih aman dari akses orang-orang yang tidak berwenang. Kamu bisa melakukannya melalui opsi Pengaturan > Face ID & Kode Akses > Buka iPhone. Kamu bisa memilih salah satu dari dua opsi yaitu Pembukaan atau Pembukaan dengan Wajah Aman. Pilih saja Pembukaan jika kamu ingin lebih cepat mengakses Face ID.

Demikianlah beberapa cara mengaktifkan Face ID dengan masker pada perangkat iPhone. Dengan cara-cara tersebut, kamu masih dapat mengakses perangkat walaupun memakai masker dan Face ID dapat tetap berfungsi secara normal. Selamat mencoba!

2. Memasukkan Data Wajah dengan Masker

Memasukkan Data Wajah dengan Masker

Setelah kamu berhasil mengaktifkan Face ID pada iPhone dengan masker, selanjutnya kamu perlu memasukkan data wajahmu dengan menggunakan masker. Ini bertujuan untuk memudahkan iPhone dalam mengenali wajahmu ketika kamu pakai masker.

Nah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kamu sudah memakai masker ketika memulai pemrograman Face ID.
  2. Ketika memasukkan data wajah, pastikan kamu memakai masker yang sama seperti ketika memulai pengaturan. Jika kamu pakai masker yang berbeda, iPhone tidak bisa mengenali wajahmu dengan masker yang baru.
  3. Posisikan wajahmu dengan masker agar sesuai dengan panduan yang muncul pada layar iPhone. Pastikan wajahmu berada dalam panduan sehingga iPhone dapat mengenali fitur wajahmu yang tertutup oleh masker.
  4. Gerakkan kepalamu perlahan-lahan sampai proses pemindaian wajah selesai.
  5. Setelah selesai, iPhone akan memintamu untuk memperlihatkan wajahmu tanpa masker satu kali. Hal ini berguna agar iPhone dapat mengenali fitur wajahmu secara keseluruhan, bukan hanya yang tertutup oleh masker.

Itulah langkah-langkah untuk memasukkan data wajah dengan masker pada Face ID. Selanjutnya, kamu bisa dengan mudah membuka kunci iPhone meskipun sedang pakai masker.

Mengatur Tampilan Wajah dengan Masker

Mengatur Tampilan Wajah dengan Masker

Seiring dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, penggunaan masker menjadi keharusan dalam kehidupan sehari-hari. Selain dapat melindungi diri dari virus, masker juga dikenal sebagai salah satu unsur penting dalam Kebiasaan Baru yang dilakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Namun, penggunaan masker seringkali menyulitkan pengguna smartphone dalam membuka kunci layar dengan Face ID, terutama jika Face ID tidak dapat mengenali wajah pengguna yang tertutup masker. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas cara mengatur Face ID dengan masker.

1. Aktifkan Pembacaan Wajah dengan Masker

Pertama, pastikan pembacaan wajah dengan masker diaktifkan dengan cara masuk ke pengaturan Face ID & Kunci di iPhone. Kemudian, gulir ke bawah dan nyalakan opsi Pembacaan Wajah dengan Masker.

Dengan mengaktifkan pembacaan wajah dengan masker, pengguna dapat membuka kunci layar dengan Face ID bahkan ketika pengguna sedang menggunakan masker.

2. Menambahkan Wajah Kedua

Selain mengaktifkan pembacaan wajah dengan masker, pengguna juga dapat menambahkan wajah kedua untuk Face ID. Wajah kedua ini dapat digunakan saat pengguna menggunakan masker.

Cara menambahkan wajah kedua yaitu dengan memasuki pengaturan Face ID & Kunci dan pilih Tambahkan Wajah Alternatif. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya dan pastikan pengguna melakukan pengenalan wajah saat sedang menggunakan masker.

Baca Juga:  50+ PP WA Aesthetic Buat Foto Profil Makin Keren

3. Menyimpan Wajah dengan Masker sebagai Wajah Utama

Jika pengguna selalu menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari, ada baiknya menyimpan wajah dengan masker sebagai wajah utama pada Face ID. Dengan menyimpan wajah dengan masker sebagai wajah utama, pengguna tidak perlu lagi menambahkan wajah kedua pada perangkat.

Cara menyimpan wajah dengan masker sebagai wajah utama pada Face ID yaitu dengan memasuki pengaturan Face ID & Kunci dan pilih Rombak Pengenalan Wajah. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengulang proses pengenalan wajah dengan menggunakan masker.

Demikianlah artikel tentang cara setting Face ID dengan masker. Dengan mengikuti tiga cara di atas, pengguna smartphone tidak perlu khawatir lagi saat membuka kunci layar dengan Face ID ketika sedang menggunakan masker.

Menyesuaikan Kebutuhan dengan Masker

Wajah yang terlihat beda karena memakai masker menjadi sedikit kendala bagi pengguna Face ID pada iPhone. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara setting face id dengan masker yang bisa dicoba agar ponsel dapat membaca wajah pengguna meski memakai masker.

  • Pertama, pastikan bahwa opsi “Recognize With Mask” sudah diaktifkan. Caranya masuk ke Settings > Face ID & Passcode > dan aktifkan opsi “Recognize With Mask”.
  • Kedua, coba setting lagi Face ID pada saat pengguna memakai masker, sehingga teknologi kamera pada iPhone bisa menyesuaikan dengan keadaan tersebut. Cara ini bisa diulangi pada setiap pengguna ingin membuka ponsel meski mengenakan masker.
  • Ketiga, coba untuk memperbaiki cara memakai masker, sehingga Face ID tetap bisa membaca wajah pengguna secara akurat. Periksa apakah masker terpasang dengan benar di atas hidung, sebab masker yang terlalu longgar atau terlalu ketat bisa menyulitkan pengenalan wajah oleh Face ID.
  • Keempat, coba setting Face ID kembali dengan mode mendeteksi wajah saat pengguna mengenakan masker. Caranya adalah dengan mengenakan masker pada bagian bawah hidung dan mulut, lalu arahkan kepala ke samping dan arahkan kamera ke samping juga. Dalam posisi ini, Face ID akan memetakan wajah pengguna dengan memperhitungkan bagian yang terlihat.

Metode yang sama juga bisa dilakukan untuk setting Face ID saat pengguna mengenakan kacamata, topi, atau aksesoris lainnya yang menutupi sebagian wajah. Saat menggunakan aksesoris ini, pengguna juga harus menyesuaikan cara memakainya agar teknologi wajah dapat membaca dengan benar.

Setting face id dengan masker menjadi hal yang penting dilakukan di masa pandemi seperti sekarang. Meski sering merasa kesulitan, berhati-hati dan terus mencari solusi akan membantu memudahkan penggunaan teknologi pada gadget kesayangan seperti iPhone.

Tips Penting saat Menggunakan Face ID dengan Masker

Tips Penting saat Menggunakan Face ID dengan Masker

Di tengah pandemi ini, penggunaan masker wajah menjadi sangat penting untuk melindungi diri dari penyebaran virus. Namun, penggunaan masker tersebut kadang menghambat penggunaan Face ID di smartphone. Berikut adalah beberapa tips penting yang bisa dilakukan saat menggunakan Face ID dengan masker.

Pakai Masker yang Tipis

Memakai masker saat menggunakan Face ID memang diperlukan untuk melindungi diri dari penyebaran virus. Namun, pastikan memilih masker yang tipis. Masker yang terlalu tebal bisa membuat Face ID gagal mengenali wajah kita dan akhirnya perlu membuka secara manual.

Lepas Kacamata atau Topi

Kacamata atau topi bisa menghambat pengenalan wajah pada Face ID. Kacamata bisa menimbulkan bayangan di sekitar mata, sedangkan topi bisa menutupi sebagian wajah. Saat mengenali wajah, Face ID mengambil referensi dari seluruh bagian wajah sehingga pastikan semuanya terlihat jelas.

Baca Juga:  Cara Setting Access Point TP Link WA901ND (Panduan Lengkap)

Pastikan Masker Menutupi Hanya Mulut dan Hidung

Masker yang menutupi bagian hidung dan mulut saja sudah cukup untuk melindungi kita dari penyebaran virus. Jangan sampai masker menutupi terlalu banyak bagian wajah sehingga Face ID kesulitan mengenali wajah kita. Pastikan juga masker bisa menempel dengan baik pada seluruh bagian yang ditutupi agar tidak sering tergantung saat kita membuka smartphone.

Cara Setting Face ID dengan Masker

Berikut ini adalah langkah-langkah cara setting Face ID dengan masker:

  1. Pastikan masker yang digunakan sudah menutupi bagian hidung dan mulut dengan sempurna.
  2. Pergi ke pengaturan (Settings) pada perangkat iOS.
  3. Pilih opsi Face ID & Passcode.
  4. Masukkan kata sandi perangkat.
  5. Pilih opsi Set Up an Alternative Appearance.
  6. Arahkan wajah kamu ke arah kamera dan pastikan masker sudah terpasang dengan sempurna.
  7. Ikuti instruksi yang muncul pada layar hingga proses perekaman selesai.
  8. Setelah selesai, kamu bisa menggunakan Face ID dengan atau tanpa masker.

Keuntungan Menggunakan Face ID dengan Masker

Dengan cara setting Face ID dengan masker di atas, kamu tidak perlu lagi melepas masker ketika ingin membuka kunci layar atau mengakses aplikasi pada perangkat iOS. Selain itu, penggunaan Face ID dengan masker juga dapat meningkatkan keamanan perangkat kamu, karena teknologi ini masih dapat mengenali wajah kamu meskipun kamu sedang memakai masker.

FAQ Tentang Cara Setting Face ID dengan Masker

1. Apakah Face ID dapat mengenali wajah dengan masker?

Ya, dengan cara setting Face ID dengan masker yang telah dijelaskan di atas, Face ID masih dapat mengenali wajah kamu meskipun kamu sedang memakai masker.

2. Apakah Face ID aman untuk digunakan?

Ya, Face ID menggunakan teknologi yang sangat canggih untuk mengenali wajah pengguna. Selain itu, data wajah pengguna disimpan secara lokal pada perangkat dan tidak diunggah ke server Apple.

3. Apakah Face ID dapat diakali dengan foto atau rekaman video?

Tidak, Face ID menggunakan teknologi yang sangat canggih untuk mengenali wajah pengguna. Selain itu, teknologi ini juga dapat mendeteksi jika pengguna hanya menggunakan foto atau rekaman video.

4. Apakah Face ID hanya tersedia pada iPhone dan iPad Pro terbaru?

Ya, saat ini teknologi Face ID hanya tersedia pada iPhone dan iPad Pro terbaru.

5. Apakah Face ID dapat digunakan untuk pembayaran?

Ya, Face ID dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pada aplikasi yang mendukung teknologi pembayaran Apple Pay.

6. Apakah Face ID dapat digunakan untuk mengakses aplikasi pihak ketiga?

Tentu saja, pengguna Face ID dapat menggunakan fitur ini untuk mengakses aplikasi pihak ketiga yang mendukung autentikasi Face ID.

Itulah tadi beberapa informasi yang sudah teknadocnetwork.com bagikan untuk kalian semua mengenai Cara Setting Face ID dengan Masker. Penggunaan masker menjadi kebutuhan yang sangat penting. Namun, terkadang penggunaan masker dapat mengganggu proses pengenalan wajah oleh teknologi Face ID.

Dengan cara setting Face ID dengan masker yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat dengan mudah menggunakan Face ID meskipun sedang memakai masker. Selain itu, penggunaan Face ID dengan masker juga dapat meningkatkan keamanan perangkat kamu. Jadi, tidak perlu khawatir lagi ketika menggunakan Face ID dengan masker.