Cara Setting TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy

Cara setting TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy. Jika Anda mencari cara untuk mengonfigurasi router TP-Link TL-MR3220 Anda agar kompatibel dengan layanan internet Speedy, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti untuk membantu Anda mengatur router TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang TP-Link TL-MR3220 dan layanan Speedy. TP-Link TL-MR3220 adalah router nirkabel yang populer dan handal yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan internet. Speedy, di sisi lain, adalah layanan internet yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia. Dengan menghubungkan TP-Link TL-MR3220 Anda ke Speedy, Anda dapat menikmati konektivitas internet yang cepat dan stabil.

Jadi, jika Anda siap untuk mempelajari cara setting TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy, ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini.

Cara Menghubungkan TP-Link TL-MR3220 dengan Modem Speedy

Cara Menghubungkan TP-Link TL-MR3220 dengan Modem Speedy

Banyak orang yang memilih menggunakan router wireless sebagai alternatif untuk memperkuat sinyal Wi-Fi di rumah. TP-Link TL-MR3220 adalah salah satu router yang cukup populer. Namun, bagi yang belum terbiasa, setting router bisa jadi terasa sulit. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghubungkan TP-Link TL-MR3220 dengan modem Speedy step by step.

Baca Juga:  Cara Setting Bluestack Biar Ringan

Sebelum mulai, pastikan bahwa modem Speedy dan router sudah terpasang dengan benar. Pastikan koneksi internet modem Speedy sudah terhubung dengan satu atau lebih perangkat Ethernet. Dan juga pastikan bahwa TP-Link TL-MR3220 has sudah terpasang dan berfungsi dengan baik.

Langkah Langkah Setting TP-Link TL-MR3220 dengan Speedy

Hubungkan TP-Link TL-MR3220 dengan komputer atau laptop Anda

Sebelum mulai mengkoneksikan dengan modem Speedy:

  1. Pastikan TP-Link TL-MR3220 sudah terkoneksi dengan komputer atau laptop Anda.
  2. Gunakan perangkat Ethernet dan hubungkan dengan kabel LAN yang ada pada router tersebut.
  3. Sambungkan kabel ke port LAN TP-Link TL-MR3220 dan port Ethernet komputer atau laptop Anda.
  4. Pastikan kabel tersebut sudah terpasang dengan benar dan terhubung dengan baik agar tidak terjadi gangguan koneksi.

Masuk ke Dashboard TP-Link TL-MR3220

Buka peramban web di komputer atau laptop Anda, seperti Google Chrome atau Mozila Firefox. Ketik “192.168.0.1” di kolom alamat dan tekan enter. Halaman login akan muncul. Masukkan nama pengguna dan kata sandi. Biasanya admin yang menjadi username dan kosong sebagai password default.

Pilih WAN Setting

Setelah berhasil masuk ke halaman dashboard TP-Link TL-MR3220, lalu pilih “Network” dan pilih “WAN” pada bagian atas halaman. Pada halaman WAN, Anda akan melihat pengaturan WAN, termasuk PPPoE, DHCP, dan Static IP. Pilih PPPoE.

Baca Juga:  Cara Setting Remote AC universal Chunghop K-1028E

Tetapkan nama pengguna dan kata sandi ISP

Isikan nama pengguna dan kata sandi ISP Speedy Anda pada ruang yang disediakan. Biasanya, Anda harus meminta informasi tersebut pada provider internet Anda. Hal ini bisa berbeda-beda tergantung provider Internet yang digunakan. Setelah mengisi, klik “Save”.

Restart router dan cek koneksi internet Anda

Setelah melaksanakan tahapan 1-4, restart router TP-Link. Anda dapat melakukan ini dengan mematikan router selama 10 detik, lalu nyalakan kembali. Setelah itu, cek koneksi internet Anda dengan membuka halaman web. Jika koneksi internet Speedy bekerja dengan baik, Anda akan dapat melihat halaman web.

Sekarang, Anda telah berhasil menghubungkan TP-Link TL-MR3220 dengan modem Speedy. Anda bisa memakai Wi-Fi pada TP-Link TL-MR3220 atau jaringan internet kabel langsung, tergantung pada prakiraan Anda.

Baca Juga: Cara Setting Access Point TP Link WA901ND

Konfigurasi Jaringan LAN pada TP-Link TL-MR3220

Jika Anda memiliki modem ADSL dan ingin menggunakan TP-Link TL-MR3220 sebagai router nirkabel, Anda dapat mengikuti instruksi berikut untuk melakukan konfigurasi jaringan LAN:

  1. Hubungkan modem ADSL Anda ke TP-Link TL-MR3220 menggunakan kabel Ethernet yang disertakan dengan TP-Link TL-MR3220. Hubungkan kabel ke port WAN pada TP-Link TL-MR3220 dan port LAN pada modem ADSL.
  2. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi TP-Link TL-MR3220. Untuk mengakses panel kontrol TP-Link TL-MR3220, Anda harus menghubungkan komputer Anda ke TP-Link TL-MR3220 menggunakan kabel Ethernet atau melalui Wi-Fi dengan SSID dan kata sandi default. SSID dan kata sandi default tercetak pada label yang terdapat pada TP-Link TL-MR3220.
  3. Buka browser web pada komputer Anda dan masukkan alamat IP TP-Link TL-MR3220. Alamat IP default adalah 192.168.0.1. Tekan “Enter”.
  4. Halaman login akan muncul. Masukkan nama pengguna dan kata sandi. Nama pengguna dan kata sandi default adalah “admin”.
  5. Setelah Anda masuk, panel kontrol TP-Link TL-MR3220 akan muncul. Pilih opsi “Network” dan kemudian “LAN”.
Baca Juga:  Cara Menghubungkan TV TCL Android ke Jaringan Wi-Fi

Pada halaman konfigurasi LAN, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk disesuaikan:

  • IP Address: Menentukan alamat IP TP-Link TL-MR3220 di jaringan Anda. Anda dapat memasukkan alamat IP yang diinginkan. Alamat IP default adalah 192.168.0.1.
  • Subnet Mask: Menentukan subnet TP-Link TL-MR3220.
  • DHCP Server: Membuat koneksi otomatis antara TP-Link TL-MR3220 dan jaringan lokal Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan memperbolehkan TP-Link TL-MR3220 untuk memberikan alamat IP secara otomatis ke perangkat yang terhubung pada jaringan Anda. Untuk mengaktifkan DHCP server, setel opsi “Enable DHCP Server” menjadi “Yes” dan atur rentang alamat IP yang ingin diberikan oleh TP-Link TL-MR3220. Rentang default adalah 192.168.0.100 hingga 192.168.0.199.
  • LAN Settings: Mengatur beberapa pengaturan tambahan seperti port, MTU, dan DNS. Anda dapat meninggalkan opsi ini sesuai dengan pengaturan default atau mengatur opsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda mengonfigurasi opsi konfigurasi LAN, simpan pengaturan Anda. TP-Link TL-MR3220 akan meminta Anda untuk menyimpan pengaturan dan kemudian memberikan notifikasi bahwa perubahan telah disimpan.