cara setting idm agar download lebih cepat
cara setting idm agar download lebih cepat

Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat

Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat – Koneksi internet yang lambat dapat mengganggu produktivitas dan efisiensi kita di era digital ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar koneksi internet kita bisa lebih cepat. Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan software download manager seperti Internet Download Manager (IDM).

Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat

Berikut ini cara setting IDM agar download lebih cepat:

1. Mengatur bandwidth download

Yang pertama harus dilakukan adalah mengatur bandwidth download pada IDM. Ini akn membantu meningkatkan kecepatan download. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, buka IDM lalu pilih menu Option. Selanjutnya, klik Connection tab dan atur bandwidth Connection Type/Speed dengan memilih opsi High Speed. Setelah itu, atur default max conn number menjadi 16. Terakhir, atur max. conn number menjadi 8 atau 12.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pengaturan kustom dengan memilih opsi Kustom pada bagian Bandwidth Connection Type/Speed. Lalu, isi Speed dengan kecepatan internet yang dimiliki dengan satuan Kilobit per detik.

Selain itu, Anda juga bisa memilih FITUR Advanced pada Connection. Disini, akan muncul menu number of connection. Tentukan jumlah koneksi terbaik, misalnya 1, 2, 3, 4, 5, atau lainnya sesuai kecepatan internet Anda.

2. Gunakan OpenDNS

Cara setting IDM agar download lebih cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan OpenDNS. Sistem DNS default pada PC Anda berarti ISP Anda. Nah, pilihan lain yang bisa diambil adalah dengan menggunakan sistem DNS dari OpenDNS. Cara ini akan membantu banyak mempercepat proses download pada IDM. Berikut caranya. Pertama, buka jendela Command Prompt lalu ketikkan perintah ping google.com. Terus catatlah IP Addressnya. Setelah itu, kunjungi website OpenDNS lalu pilih set up. Masuk sebagai user baru dan pilih Basic Setting. Ampu penyedia internet dan masukkan IP Address yang didapatkan sebelumnya. Jangan lupa pilih fast DNS.

3. Mengaktifkan Fiture Speed Limiter

Fiture Speed Limiter adalah salah satu fitur pada IDM yang bisa membantu mempercepat proses download pada IDM. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, buka IDM dan pilih menu Option. Lalu, klik Speed Limiter. Setelah itu, pilih Enable Speed Limiter untuk mengaktifkan fitur ini. Di bagian Maximum Speed, tentukan batas kecepatan maksimal pada IDM Anda. Anda bisa mengaktifkan limit pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat waktu padat atau saat waktu senggang.

Baca Juga:  Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

4. Mengaktifkan Fiture Download Resume

Salah satu fitur unggulan IDM adalah fitur Download Resume. Fiture ini memungkinkan proses download pada IDM melanjutkan proses download yang dibatalkan akibat koneksi yang buruk. Cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut. Pertama, buka IDM dan pilih menu Option. Selanjutnya, aktifkan fitur Download Resume yang ada pada bagian Downloads tab. Klik OK untuk menyimpanya.

5. Mengaktifkan Fiture Grabber

Fiture Grabber adalah salah satu fitur IDM yang dapat membantu proses download lebih cepat. Caranya adalah dengan men-download semua link dari halaman tertentu. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menekan tombol download satu-persatu pada setiap file yang ingin diunduh. Pertama, buka halaman web yang ingin Anda unduh dengan IDM. Kemudian, klik tombol Grabber. Setelah itu, pilih link yang ingin diunduh. Terakhir, lalu pilih Download Link.

Itulah beberapa cara setting IDM agar download lebih cepat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan download IDM. Jangan lupa untuk mengoptimalkan pengaturan IDM agar download lebih cepat. Selamat mencoba!

Menjadikan IDM sebagai Default Downloader

Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan IDM merupakan software yang dapat membantu kita untuk mendownload berbagai macam file seperti musik, video, dan gambar dengan cepat dan mudah. Namun, kadang-kadang ketika kita ingin mendownload suatu file, kita harus melakukan klik kanan terlebih dahulu pada file yang ingin didownload, baru kemudian memilih menu “Download with IDM”.

Tentu saja hal ini cukup menyita waktu dan terasa merepotkan. Oleh karena itu, cara mudah agar IDM dapat bekerja langsung dan otomatis akan sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas waktu kita dalam mendownload.

Salah satu cara agar IDM dapat bekerja secara otomatis dalam setiap unduhan adalah dengan menjadikannya sebagai default downloader. Cara setting idm agar download lebih cepat dengan menjadikan IDM sebagai default downloader sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, pastikan anda sudah menginstall IDM terlebih dahulu. Jika belum, silahkan download dan install IDM terlebih dahulu dengan versi terbaru.
  2. Setelah instalasi IDM selesai, buka IDM dan klik “Downloads” di bagian atas. Kemudian pilih “Options” dari menu drop-down.
  3. Pada jendela Options, pilih “General” dari daftar menu di sebelah kiri. Kemudian cari “Integrate IDM into browsers” dan klik “Ok”.
  4. Setelah itu, pastikan bahwa semua kotak yang terkait dengan browser yang ingin anda gunakan untuk mendownload telah dicentang. Jika tidak tercentang, beri tanda centang pada kotak tersebut. Jika sudah, klik “Ok” untuk menyimpan perubahan.
  5. Sekarang, jika anda ingin mendownload file apapun, IDM akan mendownload secara langsung dan otomatis. Anda tidak lagi perlu menggunakan browser bawaan untuk melakukan unduhan file.

Dengan menjadikan IDM sebagai default downloader, anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan unduhan file. Dengan cara ini, IDM akan selalu siap bekerja secara otomatis setiap kali anda ingin mendownload file apa pun di internet. Tentunya akan menjadi lebih praktis, lebih cepat dan lebih hemat waktu. Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara setting idm agar download lebih cepat ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Cara Setting Internet HP Advan

Mengoptimalkan Pengaturan IDM

Internet Download Manager (IDM) adalah salah satu software download accelerator yang paling banyak digunakan. Software ini mempercepat kecepatan unduhan hingga lima kali lipat dan juga memiliki fitur resume download.

Namun, beberapa pengguna IDM mengalami masalah ketika mesin download tidak berjalan dengan kecepatan maksimum. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara setting IDM agar download lebih cepat.

1. Pastikan Firewall tidak menghalangi IDM

Firewall adalah software keamanan yang memblokir aplikasi yang mencoba terhubung ke internet. Hal ini menyebabkan IDM tidak mendapatkan akses penuh ke jaringan internet yang dapat membatasi kecepatan unduhan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Firewall tidak menghalangi IDM untuk mengakses internet. Anda dapat menambahkan IDM ke daftar aplikasi yang dipercayai pada Firewall.

2. Periksa pengaturan terkait dengan koneksi internet Anda

Internet sangat penting untuk menentukan kecepatan IDM dalam mengunduh file. Oleh karena itu, pastikan bahwa koneksi internet Anda baik dan stabil agar IDM dapat mengambil keuntungan dari sumber daya internet. Selain itu, periksa pengaturan koneksi pada IDM dan tentukan jenis koneksi internet Anda. Caranya adalah tekan tombol “Option” pada IDM, kemudian pilih kategori “Connection” dan tentukan jenis koneksi internet Anda.

3. Optimalkan jumlah koneksi

Salah satu cara untuk mempercepat download dengan IDM adalah dengan mengoptimalkan jumlah koneksi. IDM memungkinkan pengguna mengunduh file dengan dengan membagi file menjadi beberapa bagian yang dapat diunduh secara bersamaan. Cara ini akan meningkatkan kecepatan unduhan. Namun, terlalu banyak koneksi akan menghasilkan kecepatan unduhan yang lambat.

Ketika IDM pertama kali diinstal, konfigurasi default adalah delapan koneksi. Anda dapat meningkatkan jumlah koneksi hingga 32, tergantung pada koneksi internet Anda. Namun, AGAR download IDM lebih cepat, kami sarankan untuk menyesuaikan jumlah koneksi antara 10 hingga 20. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah 1: Buka IDM, tekan tombol “Option”, lalu pilih “Connection”.
  • Langkah 2: Pada bagian “Connection Type/Speed”, ubah pengaturan menjadi “High Speed: Direct connection (Ethernet/Cable) / Wi-Fi / Mobile 4G / Other”.
  • Langkah 3: Pada bagian “Default max. conn. number”, ubah angka menjadi 16 atau lebih sedikit.
  • Langkah 4: Jangan lupa untuk mengeklik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda ubah.

Dalam mengoptimalkan jumlah koneksi, pilihlah jumlah koneksi yang pas dengan kecepatan koneksi internet Anda agar download lebih cepat pada IDM. Dengan melakukan cara ini, Anda dapat meningkatkan kecepatan unduhan IDM dan mengunduh file yang Anda inginkan dengan lebih cepat dan mudah.

Mengatur Ukuran Maksimal Cache IDM

Jika Anda mengalami masalah saat mencoba men-download sebuah file besar, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pengunduhan file tersebut. Salah satunya adalah dengan mengatur ukuran maksimal cache IDM. Cache adalah penyimpanan sementara file yang dilakukan oleh program atau sistem operasi sehingga file tersebut dapat dengan mudah diakses pada saat dibutuhkan lagi.

Namun, ukuran cache yang terlalu kecil dapat memperlambat proses pengunduhan dan memperburuk kinerja komputer Anda. Oleh karena itu, cara setting IDM agar download lebih cepat harus dilakukan dengan mengatur ukuran maksimal cache yang tepat.

Baca Juga:  3 Cara Mengecek Garansi Ponsel Vivo dan Keaslianya Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah cara setting IDM agar download lebih cepat dengan mengatur ukuran maksimal cache:

1. Buka IDM

Pertama-tama, buka IDM dan klik pada menu ‘Option’ yang ada di pojok kanan atas jendela utama aplikasi.

2. Pilih ‘Connection’

Setelah itu, pilih tab ‘Connection’ pada jendela Options dan masukkan angka 32 MB pada ‘Maximum Size of the File in the Disk Cache’.

3. Restart IDM

Setelah memasukkan angka 32 MB pada kotak tersebut, klik ‘OK’ dan restart IDM agar pengaturan yang telah diubah dapat disimpan dengan benar. Lakukan pengaturan ini setelah beberapa hari terakhir dengan restart komputer agar pengaturan ini bisa optimal untuk memeriksa koneksi internet kamu.

4. Hasilkan Ukuran Maksimum Cache

Jika Anda masih mengalami masalah dalam mengunduh file dengan speed yang lambat setelah mengatur ukuran maksimal cache IDM, cobalah untuk menyesuaikan setingan lain, seperti mengatur jumlah koneksi yang lebih besar atau menggunakan proxy yang lebih cepat.

Dalam situasi tertentu, mematikan firewall atau mengubah pengaturan keamanan pada PC atau jaringan Anda dapat membantu mempercepat proses pengunduhan. Namun, sebelum melakukan pengaturan apapun, pastikan untuk berkonsultasi dengan administrator jaringan atau pakar keamanan untuk mengetahui risiko keamanan apa yang mungkin timbul.

Dalam melakukan pengaturan maksimal cache, terkadang koneksi ke server IDM bisa menurun. Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan pengujian kecepatan internet kamu dengan perangkat yang akurat setiap beberapa waktu sekali.

Mengatur ukuran maksimal cache IDM merupakan salah satu cara setting IDM agar download lebih cepat. Dengan pengaturan yang tepat, kamu dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengunduh file dan meningkatkan kinerja komputer kamu secara keseluruhan. Selain itu, cobalah untuk selalu memperbaharui IDM ke versi terbaru.

Membatasi Jumlah Download yang Dilakukan dalam Satu Waktu

Saat kita mendownload file dengan IDM, seringkali kita merasa slow dan tidak maksimum. Salah satu faktor penyebabnya adalah jumlah download yang kita lakukan dalam satu waktu terlalu banyak. Oleh karena itu, kita perlu membatasi dalam satu waktu agar kecepatan download tetap optimal.

Berikut adalah cara setting IDM agar download lebih cepat dengan membatasi jumlah download yang dilakukan dalam satu waktu:

1. Buka IDM dan Pilih Menu Downloads – Options

Pertama, buka IDM dan pilih menu Downloads lalu pilih Options.

2. Pilih Tab Connection

Setelah terbuka halaman Options, pilih tab Connection.

3. Isi kolom “Connection type/speed” dan “Default max. conn. number”

Pada kolom Connection type/speed, pilih jenis koneksi yang Anda gunakan. Kemudian pada Default max. conn. number, isi angka berapa banyak koneksi maksimal yang ingin Anda buat dalam satu waktu.

4. Klik OK

Setelah selesai mengatur jumlah download yang diinginkan, klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.

5. Restart IDM

Terakhir, restart IDM agar perubahan yang Anda buat dapat diterapkan dengan sempurna.

Dengan membatasi jumlah download yang dilakukan dalam satu waktu, kecepatan download akan lebih optimal dan tidak terlalu berat bagi koneksi internet yang Anda gunakan.