cara setting idm agar download lebih cepat
cara setting idm agar download lebih cepat

Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat

Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat – Koneksi internet yang lambat dapat mengganggu produktivitas dan efisiensi kita di era digital ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar koneksi internet kita bisa lebih cepat. Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan software download manager seperti Internet Download Manager (IDM).

Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat

Berikut ini cara setting IDM agar download lebih cepat:

1. Mengatur bandwidth download

Yang pertama harus dilakukan adalah mengatur bandwidth download pada IDM. Ini akn membantu meningkatkan kecepatan download. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, buka IDM lalu pilih menu Option. Selanjutnya, klik Connection tab dan atur bandwidth Connection Type/Speed dengan memilih opsi High Speed. Setelah itu, atur default max conn number menjadi 16. Terakhir, atur max. conn number menjadi 8 atau 12.

Baca Juga:  Cara Setting Remote TV LG

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pengaturan kustom dengan memilih opsi Kustom pada bagian Bandwidth Connection Type/Speed. Lalu, isi Speed dengan kecepatan internet yang dimiliki dengan satuan Kilobit per detik.

Selain itu, Anda juga bisa memilih FITUR Advanced pada Connection. Disini, akan muncul menu number of connection. Tentukan jumlah koneksi terbaik, misalnya 1, 2, 3, 4, 5, atau lainnya sesuai kecepatan internet Anda.

2. Gunakan OpenDNS

Cara setting IDM agar download lebih cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan OpenDNS. Sistem DNS default pada PC Anda berarti ISP Anda. Nah, pilihan lain yang bisa diambil adalah dengan menggunakan sistem DNS dari OpenDNS. Cara ini akan membantu banyak mempercepat proses download pada IDM. Berikut caranya. Pertama, buka jendela Command Prompt lalu ketikkan perintah ping google.com. Terus catatlah IP Addressnya. Setelah itu, kunjungi website OpenDNS lalu pilih set up. Masuk sebagai user baru dan pilih Basic Setting. Ampu penyedia internet dan masukkan IP Address yang didapatkan sebelumnya. Jangan lupa pilih fast DNS.

Baca Juga:  Cara Setting UBNT Sebagai Repeater

3. Mengaktifkan Fiture Speed Limiter

Fiture Speed Limiter adalah salah satu fitur pada IDM yang bisa membantu mempercepat proses download pada IDM. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, buka IDM dan pilih menu Option. Lalu, klik Speed Limiter. Setelah itu, pilih Enable Speed Limiter untuk mengaktifkan fitur ini. Di bagian Maximum Speed, tentukan batas kecepatan maksimal pada IDM Anda. Anda bisa mengaktifkan limit pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat waktu padat atau saat waktu senggang.

4. Mengaktifkan Fiture Download Resume

Salah satu fitur unggulan IDM adalah fitur Download Resume. Fiture ini memungkinkan proses download pada IDM melanjutkan proses download yang dibatalkan akibat koneksi yang buruk. Cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut. Pertama, buka IDM dan pilih menu Option. Selanjutnya, aktifkan fitur Download Resume yang ada pada bagian Downloads tab. Klik OK untuk menyimpanya.

5. Mengaktifkan Fiture Grabber

Fiture Grabber adalah salah satu fitur IDM yang dapat membantu proses download lebih cepat. Caranya adalah dengan men-download semua link dari halaman tertentu. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menekan tombol download satu-persatu pada setiap file yang ingin diunduh. Pertama, buka halaman web yang ingin Anda unduh dengan IDM. Kemudian, klik tombol Grabber. Setelah itu, pilih link yang ingin diunduh. Terakhir, lalu pilih Download Link.

Baca Juga:  Begini Cara Mendapatkan Kuota Gratis Axis 20 GB Tanpa Pulsa dengan Mudah

Itulah beberapa cara setting IDM agar download lebih cepat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan download IDM. Jangan lupa untuk mengoptimalkan pengaturan IDM agar download lebih cepat. Selamat mencoba!

Menjadikan IDM sebagai Default Downloader

Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan IDM merupakan software yang dapat membantu kita untuk mendownload berbagai macam file seperti musik, video, dan gambar dengan cepat dan mudah. Namun, kadang-kadang ketika kita ingin mendownload suatu file, kita harus melakukan klik kanan terlebih dahulu pada file yang ingin didownload, baru kemudian memilih menu “Download with IDM”.

Tentu saja hal ini cukup menyita waktu dan terasa merepotkan. Oleh karena itu, cara mudah agar IDM dapat bekerja langsung dan otomatis akan sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas waktu kita dalam mendownload.