cara setting equalizer yang benar
cara setting equalizer yang benar

Cara Setting Equalizer Yang Benar

Cara Setting Equalizer Yang Benar – Equalizer merupakan salah satu fitur atau alat yang terdapat pada perangkat audio seperti speaker, headphone, dan lain sebagainya. Equalizer memiliki peranan yang sangat penting dalam memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan, sehingga mampu menghasilkan suara yang lebih jernih dan natural.

Fungsi utama dari equalizer adalah untuk menyetel kembali bunyi frekuensi atau tonalitas suara sesuai dengan preferensi atau keinginan kita sebagai pendengar. Selain itu, equalizer juga dapat digunakan untuk mengoreksi suara yang kurang baik atau terdengar asing. Lalu, Bagaimana cara pengaturan equalizer yang tepat agar hasil suara lebih optimal?

Sebelum melakukan pengaturan equalizer, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu kita harus mengetahui karakteristik suara dari perangkat audio seperti speaker, headphone atau perangkat yang kita gunakan. Sebab, perangkat audio yang berbeda-beda memiliki karakteristik suara yang berbeda pula. Sehingga, pengaturan equalizer yang tepat harus disesuaikan dengan karakteristik suara dari perangkat audio yang kita gunakan.

Cara Setting Equalizer Yang Benar

Cara Setting Equalizer Yang Benar

Setelah mengetahui karakteristik suara dari perangkat audio yang kita gunakan, kita dapat melakukan pengaturan equalizer. Berikut adalah cara setting equalizer yang benar:

Pilih Daerah Frekuensi yang Tepat

Saat kita memiliki banyak pilihan preset equalizer, sebaiknya kita memilih preset atau modus equalizer yang sesuai dengan jenis musik yang kita dengarkan, seperti rock, jazz, pop, dan lain-lain. Namun, sebaiknya kita juga mengetahui karakteristik dari preset equalizer tersebut. Jika kita ingin mengatur equalizer secara manual, kita perlu menyesuaikan daerah frekuensi yang ingin kita setel. Daerah frekuensi pada equalizer adalah 20 Hz hingga 20,000 Hz. Jika kita ingin menyempurnakan suara pada daerah bass, sebaiknya kita setel pada frekuensi yang rendah. Sebaliknya, jika kita ingin menyempurnakan pada daerah treble, kita perlu menyesuaikan frekuensi pada daerah treble.

Itulah cara setting equalizer yang tepat untuk memperbaiki kualitas suara pada perangkat audio kita. Tentu, pengaturan equalizer yang tepat akan menentukan kualitas suara yang akan kita dengarkan. Jangan lupa juga untuk selalu menyesuaikan pengaturan equalizer dengan jenis musik atau sumber suara yang kita dengarkan agar menghasilkan kualitas suara yang optimal.

Persiapan Sebelum Setting Equalizer

Equalizer adalah alat yang sangat membantu dalam menyetel nada agar terdengar lebih menyenangkan namun sebelum benar-benar menggunakannya sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar settingan yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan.

1. Pahami Fungsi Setiap Frekuensi

Pertama-tama sebelum setting equalizer, kamu harus memahami fungsi setiap frekuensi. Ada beberapa frekuensi yang biasanya terdapat pada equalizer diantaranya adalah:

  • Bass (20 Hz – 250 Hz)
  • Mid (250 Hz – 4000 Hz)
  • Treble (4000 Hz – 20 kHz)

Saat kamu memutar musik, terdapat beberapa frekuensi yang diutamakan dan penting untuk disetting dengan tepat agar suara yang keluar sesuai dengan preferensi kamu. Sebaiknya kamu mencoba dengan mengatur satu persatu frekuensi ini agar bisa lebih memahami detil-detil yang kamu butuhkan dari settingan tersebut.

Baca Juga:  Cara Setting Receiver Parabola Matrix

2. Pastikan Headset dan Speaker Kamu Bekerja dengan Baik

Saat mengatur equalizer, pastikan bahwa headset atau speaker yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan benar-benar bekerja dengan baik. Untuk mengecek apakah headset atau speaker kamu bekerja dengan baik, kamu dapat mencoba mendengarkan musik dengan menggunakan headset yang berbeda atau mencobanya pada sebuah speaker yang berbeda. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengecek apakah masalah terdapat pada equalizer atau pada headset serta speaker kamu saat melakukan settingan.

Lakukan tes terhadap headset atau speaker yang kamu gunakan agar kamu bisa menyimpulkan apa yang menyebabkan suara tidak terdengar dengan benar. Jika memang pada headset atau speaker tidak ada masalah, kamu bisa memilih untuk mengatur equalizer dan mencoba set ulang frekuensi agar bisa lebih disesuaikan dengan headset dan speaker yang kamu gunakan.

3. Pastikan Settingan di Aplikasi Musik Sudah Sesuai

Selain itu, pastikan juga pengaturan pada aplikasi musik sudah diset dengan benar dan sesuai dengan preferensi kamu. Terkadang kita belum mengecek pengaturan di dalam aplikasi musik yang sudah kita gunakan sehingga suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Pastikan kamu mengecek volume, EQ, dan juga pengaturan suara lainnya di dalam aplikasi musik yang kamu gunakan agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Hindari Menyetel Equalizer Terlalu Tinggi

Jangan terlalu sering mengatur equalizer terlalu tinggi karena hal tersebut bisa membuat suara terdengar pecah atau tidak enak didengar. Memang mendengarkan suara dengan equalizer yang diatur tinggi mungkin terdengar lebih keras dan lebih enak didengar namun hal ini bisa merusak speaker atau headset kamu dan membuat suara terdengar tidak natural.

Sebaiknya kamu mencoba dengan mengatur sedikit saja pada frekuensi yang diinginkan dan mendengarkan bagaimana perubahan tersebut terjadi. Jika sudah terdengar seperti yang kamu inginkan, kamu tidak perlu memutar lebih tinggi equalizer yang diinginkan. Ingat, kenyamanan mendengarkan suara yang natural adalah kunci utama agar tidak kelebihan memutar volume atau mengatur equalizer terlalu tinggi.

Persiapan yang dilakukan sebelum mengatur equalizer adalah hal yang sangat penting untuk kamu yang ingin mendapatkan suara yang berkualitas ketika memutar musik. Pahami fungsi dari equalizer, pastikan kondisi headset dan speaker kamu bekerja dengan baik, cek pengaturan di dalam aplikasi musik, dan hindari menyetel equalizer terlalu tinggi. Dengan melakukan hal tersebut maka settingan equalizer yang kamu buat akan jauh lebih optimal.

Cara Setting Equalizer pada Audio Player

Equalizer pada audio player sangat penting untuk memperoleh kualitas suara yang lebih baik dan maksimal. Selain itu, equalizer juga membantu menyesuaikan suara pada jenis musik yang sedang didengarkan agar terdengar lebih optimal. Namun, banyak orang yang masih merasa bingung tentang cara setting equalizer yang benar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan setting equalizer yang benar pada audio player.

1. Pilih Preset Equalizer yang Sesuai

Salah satu cara terbaik untuk melakukan setting equalizer pada audio player adalah dengan memilih preset equalizer yang sesuai. Sebagian besar audio player seperti Winamp, AIMP dan lain-lain memiliki opsi preset equalizer yang bisa dipilih untuk menyesuaikan suara dengan genre musik yang sedang didengarkan. Misalnya, untuk mendengarkan musik rock, bisa memilih preset equalizer rock atau jazz untuk jenis music jazz. Pilih preset equalizer yang cocok untuk jenis musik yang sedang didengarkan untuk memperoleh suara yang lebih optimal.

2. Sesuaikan Level Equalizer

Selanjutnya, sesuaikan level equalizer sesuai dengan preferensi dan selera kamu. Setiap audio player memiliki level equalizer yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk memahami setiap level dan fungsinya. Beberapa tingkatan level equalizer yang umum adalah bass, mid-range, treble, dan volume

Baca Juga:  Cara Mempercepat Download dengan IDM Terbaru

Bass adalah level yang memengaruhi suara bass, sedangkan mid-range adalah level yang memengaruhi suara vokal atau instrumen pada tengah yang terdapat pada suatu music. Sedangkan, treble adalah level yang memengaruhi suara tinggi dan volume adalah level yang memengaruhi suara keseluruhan.

Jangan lupa, setiap jenis musik memiliki karakteristik suara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikan level equalizer dengan jenis musik yang sedang didengarkan agar suara terdengar lebih optimal. Cobalah melakukan beberapa kali percobaan untuk mencari tahu seting equalizer mana yang terbaik untuk jenis musik yang sedang didengarkan.

3. Gunakan Custom Equalizer

Setting equalizer pada audio player juga bisa dilakukan dengan menggunakan custom equalizer. Custom equalizer memungkinkan pengguna untuk mengatur level equalizer sesuai dengan yang diinginkan. Beberapa audio player seperti VLC dan GOM Player memiliki fitur custom equalizer yang bisa digunakan untuk melakukan setting equalizer secara lebih detail. Dalam melakukan setting equalizer menggunakan custom equalizer, pastikan untuk melakukan pengaturan dengan cermat dan hati-hati. Jangan sampai mengubah level equalizer secara berlebihan sehingga suara terlalu mengganggu.

Demikian beberapa tips tentang cara setting equalizer yang benar pada audio player. Dengan melakukan setting equalizer yang benar, kualitas suara yang dihasilkan juga akan lebih optimal dan menyenangkan untuk didengarkan. Selamat mencoba!

Tips Mengecek Hasil Setting Equalizer

Setelah melakukan setting equalizer pada gadget Anda, masih terdapat tahapan terakhir yang harus dilakukan agar hasil setting equalizer yang Anda lakukan dapat terlihat jelas. Tahapan terakhir tersebut adalah melakukan pengecekan terhadap hasil setting equalizer yang telah Anda lakukan. Berikut ini adalah tips mengecek hasil setting equalizer yang benar:

1. Coba Dengar Musik dengan Earphone atau Headphone

Jika Anda selama ini mendengarkan musik dengan menggunakan speaker gadget Anda, cobalah untuk mendengarkan musik dengan menggunakan earphone atau headphone.

Dengan menggunakan earphone atau headphone, Anda akan lebih mudah untuk mendengarkan hasil setting equalizer yang telah Anda lakukan pada gadget Anda. Pastikan juga bahwa kabel earphone atau headphone yang Anda gunakan sudah dalam keadaan baik sehingga tidak menimbulkan suara yang tidak jelas.

2. Cobalah Variasi Setting Equalizer

Agar Anda dapat mengetahui hasil setting equalizer yang terbaik, Anda harus melakukan beberapa variasi pada setting equalizer Anda. Cobalah untuk mengubah tiap-tiap setting equalizer yang terdapat pada gadget Anda dan dengarkan hasilnya. Jika hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan, cobalah untuk mengubah lagi setting equalizer-nya hingga Anda menemukan hasil yang terbaik. Ini penting untuk memperoleh kualitas suara yang optimal.

3. Cek Kualitas Suara Setelah Setting Equalizer

Setelah Anda melakukan beberapa variasi pada setting equalizer Anda, Anda juga harus memeriksa kualitas suara yang dihasilkan. Pastikan bahwa suara yang dihasilkan secara keseluruhan jernih dan tidak menimbulkan suara yang terdengar kencang atau pecah. Selain itu, periksa juga apakah ada frekuensi suara yang mendadak kurang terdengar atau bahkan tidak terdengar sama sekali.

4. Gunakan Lagu Sebagai Puncak Uji Coba

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui adalah gunakanlah lagu sebagai puncak uji coba Anda. Lagu yang dipilih sebaiknya terdiri dari suara yang berbeda-beda, seperti vokal, bass, drum, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memahami secara menyeluruh hasil setting equalizer yang sudah Anda lakukan dan mampu menghasilkan suara yang proporsional. Jika hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, maka setting equalizer yang Anda lakukan dapat diterapkan dengan tenang.

Dengan melakukan tips ini, Anda dapat mengetahui hasil setting equalizer yang Anda lakukan apakah sudah optimal atau belum. Penting untuk memahami secara menyeluruh bagaimana setting equalizer yang diterapkan pada gadget Anda.

Baca Juga:  Cara Setting TP-Link CPE210

Kesalahan Umum dalam Setting Equalizer dan Cara Mengatasinya

Musik merupakan salah satu cara yang bisa membawa kebahagiaan bagi kebanyakan orang. Untuk memberikan pengalaman terbaik dalam mendengarkan musik, maka equalizer adalah hal yang penting untuk diatur dengan benar.

Equalizer adalah alat yang digunakan untuk mengubah karakteristik suara yang dihasilkan dari sistem audio. Namun, terdapat kesalahan umum dalam pengaturan equalizer yang tidak seharusnya dilakukan, dan dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasinya.

1. Memaksakan Equalizer pada Pengaturan Default

Kesalahan pertama dalam mengatur equalizer adalah memaksakan atau mengabaikan pengaturan default bawaan dengan menyelaraskan semua frekuensi pengeras suara secara naik atau turun dengan proporsi yang sama. Padahal, tidak semua musik memiliki kualitas yang sama dan setiap genre musik memiliki karakteristik suara yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengatur equalizer sesuai dengan jenis musik yang sedang didengarkan.

Sebagai contoh, untuk lagu-lagu pop yang dilengkapi dengan vokal dan instrumen seperti piano, gitar, dan drum, sebaiknya menambahkan treble atau ketinggian dengan tingkat sedang, dan menurunkan nada bass (lowness) dengan tingkat sedang.

2. Mengabaikan Akustik Ruangan

Kesalahan kedua dalam mengatur equalizer adalah mengabaikan akustik ruangan di mana musik didengarkan. Jika akustik ruangan tidak dianggap dan kita mengubah setting equalizer secara keseluruhan, maka akan ada kemungkinan audio yang dihasilkan akan terdengar sangat tidak enak didengar.

Suara audio akan terdengar terdistorsi atau keras, terdengar tidak jelas atau bahkan terdengar seperti suara di dalam karung. Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan pengaturan equalizer default atau mengikuti referensi pengaturan equalizer dari audio terbaik dan mengeluarkan beberapa parameter yang tidak sesuai dengan kecocokan audio yang Kami dengarkan.

3. Menambahkan Preamp dengan Tingkat yang Tinggi

Kesalahan ketiga dalam mengatur equalizer adalah membuat preamp menjadi terlalu tinggi. Preamp adalah sinyal output dari pengaturan equalizer yang dipicu untuk melakukan peningkatan level sebelum mencapai amplifier atau kaki terakhir pada speaker.

Jika setting preamp terlalu tinggi, maka suara yang dihasilkan akan terdengar sengit dan terdistorsi. Sebaliknya, jika setting preamp terlalu rendah, maka suara yang dihasilkan akan terlalu lemah. Sehingga, disarankan untuk tidak menentukan preamp dengan tingkat yang terlalu tinggi dan sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan.

4. Mengabaikan Speaker dan Perangkat Audio Lainnya

Kesalahan keempat dalam mengatur equalizer adalah mengabaikan kondisi speaker dan perangkat audio lainnya. Ketika mengatur equalizer, pastikan kondisi speaker terlebih dahulu. Misalnya, jika kondisi speaker terlalu kecil dan lemah, sebaiknya tidak terlalu menaikkan presisi suara.

Jangan pula mengabaikan perangkat yang lain seperti amplifier atau perangkat sumber suara seperti ponsel atau komputer, karena kondisi perangkat ini akan mempengaruhi hasil suara yang dihasilkan oleh speaker. Jadi, penting untuk memberikan nilai kinerja terbaik dalam setting equalizer

5. Terlalu Banyak Menekan Tombol Equalizer

Kesalahan kelima dalam pengaturan equalizer adalah dengan terlalu banyak menekan tombol equalizer. Kita sebaiknya mengurangi atau menambahkan beberapa tombol equalizer sedikit demi sedikit. Saat mengatur equalizer, lebih baik kita fokus pada 1-2 nada yang ingin kita atur dan mengabaikan nada yang lain.

Jangan terlalu melakukan pengaturan di segala bagian frekuensi karena dapat menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi tidak enak didengar atau bahkan terlalu kasar dengan latar belakang nada yang terdengar terlalu keras.

Kesalahan umum dalam pengaturan equalizer dapat terjadi pada siapa saja. Namun, kesalahan yang dilakukan seharusnya tidak membuat kita berhenti untuk terus mencari cara terbaik untuk mengatur equalizer dan memperoleh pengalaman mendengarkan musik yang terbaik. Dengan pengaturan equalizer yang benar, kita bisa membuat musik tidak hanya terdengar enak tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.