cara setting equalizer yang benar
cara setting equalizer yang benar

Cara Setting Equalizer Yang Benar

Cara Setting Equalizer Yang Benar – Equalizer merupakan salah satu fitur atau alat yang terdapat pada perangkat audio seperti speaker, headphone, dan lain sebagainya. Equalizer memiliki peranan yang sangat penting dalam memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan, sehingga mampu menghasilkan suara yang lebih jernih dan natural.

Fungsi utama dari equalizer adalah untuk menyetel kembali bunyi frekuensi atau tonalitas suara sesuai dengan preferensi atau keinginan kita sebagai pendengar. Selain itu, equalizer juga dapat digunakan untuk mengoreksi suara yang kurang baik atau terdengar asing. Lalu, Bagaimana cara pengaturan equalizer yang tepat agar hasil suara lebih optimal?

Sebelum melakukan pengaturan equalizer, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu kita harus mengetahui karakteristik suara dari perangkat audio seperti speaker, headphone atau perangkat yang kita gunakan. Sebab, perangkat audio yang berbeda-beda memiliki karakteristik suara yang berbeda pula. Sehingga, pengaturan equalizer yang tepat harus disesuaikan dengan karakteristik suara dari perangkat audio yang kita gunakan.

Cara Setting Equalizer Yang Benar

Cara Setting Equalizer Yang Benar

Setelah mengetahui karakteristik suara dari perangkat audio yang kita gunakan, kita dapat melakukan pengaturan equalizer. Berikut adalah cara setting equalizer yang benar:

Baca Juga:  Cara Setting Failover di Mikrotik dengan Mudah

Pilih Daerah Frekuensi yang Tepat

Saat kita memiliki banyak pilihan preset equalizer, sebaiknya kita memilih preset atau modus equalizer yang sesuai dengan jenis musik yang kita dengarkan, seperti rock, jazz, pop, dan lain-lain. Namun, sebaiknya kita juga mengetahui karakteristik dari preset equalizer tersebut. Jika kita ingin mengatur equalizer secara manual, kita perlu menyesuaikan daerah frekuensi yang ingin kita setel. Daerah frekuensi pada equalizer adalah 20 Hz hingga 20,000 Hz. Jika kita ingin menyempurnakan suara pada daerah bass, sebaiknya kita setel pada frekuensi yang rendah. Sebaliknya, jika kita ingin menyempurnakan pada daerah treble, kita perlu menyesuaikan frekuensi pada daerah treble.

Itulah cara setting equalizer yang tepat untuk memperbaiki kualitas suara pada perangkat audio kita. Tentu, pengaturan equalizer yang tepat akan menentukan kualitas suara yang akan kita dengarkan. Jangan lupa juga untuk selalu menyesuaikan pengaturan equalizer dengan jenis musik atau sumber suara yang kita dengarkan agar menghasilkan kualitas suara yang optimal.

Persiapan Sebelum Setting Equalizer

Equalizer adalah alat yang sangat membantu dalam menyetel nada agar terdengar lebih menyenangkan namun sebelum benar-benar menggunakannya sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar settingan yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Blank Text Generator : Copy & Paste Empty Text (Buat Teks Kosong)

1. Pahami Fungsi Setiap Frekuensi

Pertama-tama sebelum setting equalizer, kamu harus memahami fungsi setiap frekuensi. Ada beberapa frekuensi yang biasanya terdapat pada equalizer diantaranya adalah:

  • Bass (20 Hz – 250 Hz)
  • Mid (250 Hz – 4000 Hz)
  • Treble (4000 Hz – 20 kHz)

Saat kamu memutar musik, terdapat beberapa frekuensi yang diutamakan dan penting untuk disetting dengan tepat agar suara yang keluar sesuai dengan preferensi kamu. Sebaiknya kamu mencoba dengan mengatur satu persatu frekuensi ini agar bisa lebih memahami detil-detil yang kamu butuhkan dari settingan tersebut.

2. Pastikan Headset dan Speaker Kamu Bekerja dengan Baik

Saat mengatur equalizer, pastikan bahwa headset atau speaker yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan benar-benar bekerja dengan baik. Untuk mengecek apakah headset atau speaker kamu bekerja dengan baik, kamu dapat mencoba mendengarkan musik dengan menggunakan headset yang berbeda atau mencobanya pada sebuah speaker yang berbeda. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengecek apakah masalah terdapat pada equalizer atau pada headset serta speaker kamu saat melakukan settingan.

Baca Juga:  Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Lakukan tes terhadap headset atau speaker yang kamu gunakan agar kamu bisa menyimpulkan apa yang menyebabkan suara tidak terdengar dengan benar. Jika memang pada headset atau speaker tidak ada masalah, kamu bisa memilih untuk mengatur equalizer dan mencoba set ulang frekuensi agar bisa lebih disesuaikan dengan headset dan speaker yang kamu gunakan.

3. Pastikan Settingan di Aplikasi Musik Sudah Sesuai

Selain itu, pastikan juga pengaturan pada aplikasi musik sudah diset dengan benar dan sesuai dengan preferensi kamu. Terkadang kita belum mengecek pengaturan di dalam aplikasi musik yang sudah kita gunakan sehingga suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Pastikan kamu mengecek volume, EQ, dan juga pengaturan suara lainnya di dalam aplikasi musik yang kamu gunakan agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Hindari Menyetel Equalizer Terlalu Tinggi

Jangan terlalu sering mengatur equalizer terlalu tinggi karena hal tersebut bisa membuat suara terdengar pecah atau tidak enak didengar. Memang mendengarkan suara dengan equalizer yang diatur tinggi mungkin terdengar lebih keras dan lebih enak didengar namun hal ini bisa merusak speaker atau headset kamu dan membuat suara terdengar tidak natural.