cara setting wifi huawei agar lebih cepat
cara setting wifi huawei agar lebih cepat

Cara Setting Wifi Huawei Agar Lebih Cepat

Cara Setting Wifi Huawei Agar Lebih Cepat – Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan internet pada jaringan wifi adalah frekuensi yang digunakan oleh router. Frekuensi wifi yang digunakan oleh router Huawei adalah 2.4 GHz dan 5 GHz, dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ingin memaksimalkan kecepatan internet pada jaringan wifi, maka perlu melakukan pengaturan frekuensi wifi yang tepat.

Frekuensi wifi yang digunakan oleh router Huawei adalah 2.4 GHz dan 5 GHz. Frekuensi 2.4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas dan dapat menembus tembok dan benda mati dengan mudah, namun kecepatannya lebih lambat jika dibandingkan dengan frekuensi 5 GHz. Sedangkan, frekuensi 5 GHz memiliki kecepatan yang lebih tinggi namun jangkauannya kurang luas dan tidak dapat menembus tembok dan benda mati seperti frekuensi 2.4 GHz.

Untuk melakukan pengaturan frekuensi pada router Huawei, pertama-tama masuklah ke halaman login pada router. Masukkanlah username dan password pada kolom yang tersedia. Setelah masuk, carilah menu “Wireless Settings” atau “Pengaturan Jaringan Nirkabel”. Kemudian, aturlah parameter frekuensi wifi sesuai kebutuhan.

Jika ingin menggunakan frekuensi wifi 2.4 GHz, aturlah parameter wifi frekuensi menjadi 2.4 GHz dan pilihlah bandwidth menjadi 20 MHz. Untuk frekuensi ini, jangan gunakan channel yang sama dengan perangkat lain yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz agar tidak terjadi interferensi dan mengganggu kecepatan internet. Untuk memilih channel yang tepat, bisa menggunakan aplikasi Wifi Analyzer yang tersedia di Google Playstore atau App Store.

Sedangkan, jika ingin menggunakan frekuensi wifi 5 GHz, aturlah parameter wifi frekuensi menjadi 5 GHz dan pilihlah bandwidth menjadi 20/40/80 MHz tergantung pada kemampuan perangkat yang akan terhubung. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perangkat dapat terhubung dengan frekuensi ini. Biasanya, perangkat dengan teknologi terbaru seperti laptop dan smartphone dapat terhubung dengan frekuensi 5 GHz.

Mengatur Frekuensi Wifi di Router Huawei

Dalam pengaturan frekuensi wifi pada router Huawei, selain memilih frekuensi yang tepat, aplikasi yang menggunakan jaringan wifi juga dapat mempengaruhi kecepatan internet. Jangan membiarkan aplikasi seperti Youtube, Netflix dan lain-lain berjalan secara bersamaan karena akan memakan kapasitas jaringan wifi yang cukup besar dan mengganggu kecepatan internet.

Jadi, pengaturan frekuensi wifi pada router Huawei dapat mempengaruhi kecepatan internet pada jaringan wifi. Pilihlah frekuensi yang tepat dan jangan biarkan aplikasi yang berjalan secara bersamaan agar kecepatan internet tetap stabil dan maksimal.

Menyeting Kanal Wifi yang Tepat

Bagi kamu yang sering mengalami koneksi wifi yang tidak stabil, bisa jadi masalahnya adalah pada pengaturan kanal wifi. Huawei, salah satu produsen smartphone ternama, menawarkan berbagai fitur pendukung agar koneksi wifi bisa lebih cepat dan stabil. Salah satunya adalah cara setting kanal wifi yang tepat.

Baca Juga:  Cara Setting TV Digital Polytron 24 Inch dengan Mudah

Kanal wifi adalah bagian dari frekuensi gelombang radiasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal. Jika lingkungan di sekitar kita penuh dengan jaringan wifi, mengganti kanal wifi bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghindari tabrakan sinyal wifi yang menyebabkan koneksi menjadi tidak stabil atau bahkan terputus.

Berikut adalah cara setting kanal wifi yang tepat untuk Huawei:

  1. Buka aplikasi “HiLink” pada smartphone kamu.
  2. Pilih menu “Settings” dan masuk ke bagian “Wi-Fi Settings”.
  3. Pada opsi “Channel Settings”, ubah kanal wifi sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar kamu. Jika terdapat banyak jaringan wifi pada kanal wifi 1 hingga 6, kamu bisa memilih kanal wifi 11 atau 13. Jika di sekitar kamu terdapat sedikit jaringan wifi, kamu bisa memilih kanal wifi yang lebih rendah seperti 1 atau 6. Setelah kamu melakukan pengaturan kanal wifi, jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan menekan tombol “Save”.

Jika kamu tidak mengetahui jumlah jaringan wifi pada kanal wifi di sekitar kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi “Wi-Fi Analyzer” untuk melacak jaringan wifi dan mengetahui jumlahnya. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store.

Dengan cara setting kanal wifi yang tepat, koneksi wifi di rumah atau kantor kamu akan menjadi lebih stabil dan cepat. Namun, selain melakukan pengaturan kanal wifi, kamu juga bisa melakukan beberapa tips sederhana untuk meningkatkan koneksi internet seperti memposisikan router pada tempat yang tepat, mengganti password secara berkala, dan membatasi penggunaan wifi pada jam-jam sibuk.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera setting kanal wifi pada perangkat Huawei kamu dan nikmati koneksi wifi yang lebih cepat dan stabil!

Mengaktifkan Fitur QoS pada Router Huawei

Untuk mengoptimalkan kecepatan wifi Huawei, kita dapat mengaktifkan fitur Quality of Service (QoS) pada router. QoS pada router Huawei memungkinkan kita untuk memprioritaskan koneksi internet bagi aplikasi dan perangkat tertentu sehingga dapat meningkatkan kecepatan internet secara keseluruhan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur QoS pada router Huawei:

1. Masuk ke halaman pengaturan router Huawei

Langkah pertama adalah masuk ke halaman pengaturan router Huawei melalui browser. Untuk melakukannya, pastikan bahwa perangkat kamu terhubung ke jaringan wifi Huawei. Buka browser dan ketikkan alamat IP router Huawei di kolom URL. Biasanya, alamat IP router Huawei adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.

2. Masuk ke pengaturan QoS

Setelah masuk ke halaman pengaturan router Huawei, cari dan pilih opsi QoS. Biasanya, opsi QoS terdapat pada bagian pengaturan jaringan atau pengaturan lanjutan.

3. Atur Prioritas aplikasi dan perangkat

Setelah berhasil masuk ke pengaturan QoS, kamu akan menemukan banyak opsi terkait prioritas koneksi internet untuk aplikasi dan perangkat tertentu. Ada dua opsi pengaturan prioritas pada QoS Huawei yaitu Bandwidth Control dan Bandwidth Allocation.

  • Bandwidth Control: Pada opsi ini kamu dapat memilih pengguna mana yang diberi prioritas dan mengatur batas kecepatan downlink dan uplink. Kamu bisa mengatur kecepatan internet menurut kebutuhan kamu dengan memprioritaskan perangkat atau aplikasi yang membutuhkan koneksi yang lebih stabil dan cepat seperti laptop atau PC.
  • Bandwidth Allocation: Pada opsi ini kamu dapat membagi kecepatan internet menurut waktu dan kebutuhan. Kamu dapat memprioritaskan aplikasi seperti game online atau streaming video agar tetap lancar tanpa gangguan.
Baca Juga:  Cara Menghubungkan TV TCL Android ke Jaringan Wi-Fi

Dengan atur prioritas tersebut, kecepatan wifi Huawei akan meningkat secara keseluruhan dan aplikasi atau perangkat yang membutuhkan koneksi internet akan lebih lancar.

4. Simpan pengaturan QoS

Setelah selesai mengatur pengaturan prioritas pada router Huawei, tekan tombol “Save” atau “Apply” untuk menyimpan pengaturan.

Dalam mengoptimalkan kecepatan wifi Huawei, pengaturan QoS memerlukan keterampilan menjalankan router dan pemahaman tentang jaringan yang lebih mendalam. Secara otomatis, router akan melakukan beberapa tugas prioritas yang akan meredam perangkat yang menghabiskan kapasitas bandwidth. Dengan pengaturan prioritas ini, kamu dapat mengoptimalkan kecepatan internet secara keseluruhan.

Optimalkan Jarak Router dengan Perangkat Penerima

Jarak yang berlebihan antara router dan peranti penerima adalah salah satu sebab utama wifi menjadi lambat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan lokasi dan jarak peranti Anda dari router. Nyalakan peranti Anda dan lakukan pengaturan jarak. Jangan terlalu jauh dari router jika Anda ingin koneksinya lebih cepat. Pastikan bahwa koneksi jarak dekat atau ke jarak menengah sekitar 2-6 meter dapat memastikan sinyal wifi lebih stabil dan terhubung dengan baik.

Selain itu, perhatikan juga bahwa router harus ditempatkan di area terbuka dan tinggi di apartemen atau rumah Anda untuk memastikan sinyal yang lebih baik.

Orang-orang yang tinggal di apartemen tingkat atas akan cenderung menempatkan router mereka di atas meja atau di dekat lantai karena ini memungkinkan router untuk menyebar cakupan sinyal di seluruh tingkat apartemen. Juga, pastikan tidak ada benda-benda yang benar-benar bisa menghalangi jangkauan wifi, seperti dinding tebal, kaca, atau benda metalik lainnya di sekitar router dan peranti Anda.

Hindari menempatkan router di dekat peralatan elektronik lain karena ini bisa menyebabkan interferensi atau penggangguan sinyal.

Jika Anda mengalami masalah jangkauan dan kecepatan wifi yang buruk, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan repeater atau extender wifi untuk memperluas cakupan sinyal wifi di rumah atau apartemen Anda. Repeater wifi adalah perangkat tambahan yang terhubung ke router wifi existen di rumah atau apartemen dan memperluas cakupan jaringan nirkabel.

Extender wifi juga bekerja dengan cara yang sama, yang memungkinkan Anda mengambil sinyal wifi yang ada dan memperluasnya di seluruh ruangan. Repeater atau extender ini membantu meningkatkan jangkauan wifi Anda dan bisa memastikan sinyal yang stabil dengan kecepatan yang lebih cepat.

Secara keseluruhan, memaksimalkan jarak router dengan peranti penerima adalah salah satu faktor penting dalam memastikan kecepatan dan stabilitas sinyal wifi Anda. Pastikan router Anda ditempatkan di area terbuka dan tinggi, hindari benda-benda yang bisa menghalangi jangkauan sinyal, dan jangan terlalu jauh dari peranti Anda.

Jika Anda masih memiliki masalah dengan jangkauan wifi atau kecepatan yang buruk, coba tambahan repeater atau extender wifi di rumah atau apartemen Anda. Dengan melakukan hal-hal ini maka wifi huawei Anda akan lebih cepat dan tetap stabil serta terhubung dengan baik.

Baca Juga:  3 Cara Mengecek Garansi Ponsel Vivo dan Keaslianya Yang Perlu Anda Ketahui

Menghapus Interferensi Wifi dari Perangkat Lain di Sekitar Anda

Masalah kecepatan wifi yang lambat dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk interferensi wifi dari perangkat lain di sekitar Anda. Interferensi wifi adalah gangguan sinyal yang disebabkan oleh perangkat lain yang menggunakan frekuensi yang sama, akibatnya kecepatan wifi dapat terpengaruh, bahkan bisa hilang sama sekali.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan wifi Anda adalah dengan menghapus interferensi wifi dari perangkat lain di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghapus interferensi wifi dari perangkat lain di sekitar Anda

1. Tingkatkan peranan jaringan wifi Anda

Anda perlu memperbaiki jaringan wifi Anda dengan meningkatkan kekuatan sinyal. Anda dapat menempatkan router di tempat yang lebih baik, seperti di tengah-tengah rumah bagian atas atau di dekat jendela. Hal ini akan membantu sinyal wifi lebih kuat dan lebih stabil sehingga interferensi wifi dari perangkat lain bisa diminimalkan.

2. Ubah setingan frekuensi router Anda

Anda dapat mengubah setingan frekuensi router Anda untuk menghasilkan jaringan wifi yang lebih stabil. Coba ganti frekuensi wifi dari 2,4 GHz ke 5 GHz, yang merupakan frekuensi yang lebih kuat dan memiliki interferensi wifi yang lebih sedikit. Cara ini dapat membantu Anda mengatasi masalah jaringan wifi yang lambat dan terpengaruh oleh interferensi wifi dari perangkat lain.

3. Gunakan Peralatan Network Analyzer

Peralatan Network Analyzer bisa membantu menganalisis dan mengidentifikasi sumber masalah interferensi wifi. Dengan informasi tersebut, Anda dapat menentukan frekuensi yang paling cocok untuk router Anda dan menghindari interferensi dari perangkat lain. Peralatan ini dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan wifi Anda dan mengatasi masalah interferensi wifi dari perangkat lain.

4. Matikan perangkat elektronik lain yang mengakibatkan interferensi wifi

Perangkat seperti microwave, telepon nirkabel, pemancar radio, dan bahkan lampu neon dapat mengganggu sinyal wifi Anda, melemahkan kekuatan jaringan wifi, dan mengakibatkan interferensi wifi dari perangkat lain.

Oleh karena itu, ketika menggunakan wifi, pastikan bahwa perangkat-perangkat tersebut dimatikan atau dipindahkan dari area sekitar router sehingga jaringan wifi Anda bisa bekerja secara optimal dan interferensi wifi dari perangkat lain bisa diminimalkan.

5. Gunakan Perangkat Wifi Extender

Perangkat wifi extender berguna untuk memperluas jangkauan jaringan wifi Anda dan meningkatkan kecepatan wifi Anda. Cara kerja perangkat ini adalah dengan mengambil sinyal wifi dari router dan memperkuatnya serta menyebarkan sinyal wifi yang lebih kuat ke seluruh rumah. Dengan demikian, interferensi wifi dari perangkat lain di sekitar Anda bisa diminimalkan dan jaringan wifi Anda bisa mencapai kecepatan yang lebih tinggi.

Jadi, itulah tips untuk menghapus interferensi wifi dari perangkat lain di sekitar Anda agar kecepatan wifi Anda bisa lebih cepat. Selain itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil dengan menghubungi provider Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan update firmware pada router secara teratur untuk mendapatkan kinerja yang optimal.