cara setting wifi huawei agar lebih cepat
cara setting wifi huawei agar lebih cepat

Cara Setting Wifi Huawei Agar Lebih Cepat

Cara Setting Wifi Huawei Agar Lebih Cepat – Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan internet pada jaringan wifi adalah frekuensi yang digunakan oleh router. Frekuensi wifi yang digunakan oleh router Huawei adalah 2.4 GHz dan 5 GHz, dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ingin memaksimalkan kecepatan internet pada jaringan wifi, maka perlu melakukan pengaturan frekuensi wifi yang tepat.

Frekuensi wifi yang digunakan oleh router Huawei adalah 2.4 GHz dan 5 GHz. Frekuensi 2.4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas dan dapat menembus tembok dan benda mati dengan mudah, namun kecepatannya lebih lambat jika dibandingkan dengan frekuensi 5 GHz. Sedangkan, frekuensi 5 GHz memiliki kecepatan yang lebih tinggi namun jangkauannya kurang luas dan tidak dapat menembus tembok dan benda mati seperti frekuensi 2.4 GHz.

Baca Juga:  Cara Setting Jaringan Adapter VMware

Untuk melakukan pengaturan frekuensi pada router Huawei, pertama-tama masuklah ke halaman login pada router. Masukkanlah username dan password pada kolom yang tersedia. Setelah masuk, carilah menu “Wireless Settings” atau “Pengaturan Jaringan Nirkabel”. Kemudian, aturlah parameter frekuensi wifi sesuai kebutuhan.

Jika ingin menggunakan frekuensi wifi 2.4 GHz, aturlah parameter wifi frekuensi menjadi 2.4 GHz dan pilihlah bandwidth menjadi 20 MHz. Untuk frekuensi ini, jangan gunakan channel yang sama dengan perangkat lain yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz agar tidak terjadi interferensi dan mengganggu kecepatan internet. Untuk memilih channel yang tepat, bisa menggunakan aplikasi Wifi Analyzer yang tersedia di Google Playstore atau App Store.

Sedangkan, jika ingin menggunakan frekuensi wifi 5 GHz, aturlah parameter wifi frekuensi menjadi 5 GHz dan pilihlah bandwidth menjadi 20/40/80 MHz tergantung pada kemampuan perangkat yang akan terhubung. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perangkat dapat terhubung dengan frekuensi ini. Biasanya, perangkat dengan teknologi terbaru seperti laptop dan smartphone dapat terhubung dengan frekuensi 5 GHz.

Mengatur Frekuensi Wifi di Router Huawei

Dalam pengaturan frekuensi wifi pada router Huawei, selain memilih frekuensi yang tepat, aplikasi yang menggunakan jaringan wifi juga dapat mempengaruhi kecepatan internet. Jangan membiarkan aplikasi seperti Youtube, Netflix dan lain-lain berjalan secara bersamaan karena akan memakan kapasitas jaringan wifi yang cukup besar dan mengganggu kecepatan internet.

Baca Juga:  Cara Menggambar Karakter Anime : Tips dan Trik untuk Pemula

Jadi, pengaturan frekuensi wifi pada router Huawei dapat mempengaruhi kecepatan internet pada jaringan wifi. Pilihlah frekuensi yang tepat dan jangan biarkan aplikasi yang berjalan secara bersamaan agar kecepatan internet tetap stabil dan maksimal.

Menyeting Kanal Wifi yang Tepat

Bagi kamu yang sering mengalami koneksi wifi yang tidak stabil, bisa jadi masalahnya adalah pada pengaturan kanal wifi. Huawei, salah satu produsen smartphone ternama, menawarkan berbagai fitur pendukung agar koneksi wifi bisa lebih cepat dan stabil. Salah satunya adalah cara setting kanal wifi yang tepat.

Kanal wifi adalah bagian dari frekuensi gelombang radiasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal. Jika lingkungan di sekitar kita penuh dengan jaringan wifi, mengganti kanal wifi bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghindari tabrakan sinyal wifi yang menyebabkan koneksi menjadi tidak stabil atau bahkan terputus.

Baca Juga:  Cara Setting NVIDIA High Performance