cara setting headset di laptop
cara setting headset di laptop

Cara Setting Headset di Laptop

Jika Anda ingin menikmati suara yang lebih jernih dan lebih nyaman ketika sedang menonton film atau bermain game, Anda bisa memilih untuk menggunakan headset pada laptop Anda. Namun, masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah cara setting headset di laptop.

Langkah-langkah awal untuk setting headset di laptop

Cara Setting Headset di Laptop

Bagaimana caranya agar headset yang sebelumnya dihubungkan ke ponsel atau tablet bisa digunakan di laptop? Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya:

1. Cek koneksi laptop

Sebelum menyetting headset pada laptop, pastikan bahwa kabel audio di laptop sudah terhubung dengan benar. Kabel audio pada laptop biasanya berupa jack audio 3.5 mm yang terletak di samping kanan atau kiri laptop. Walaupun sebagian laptop mungkin mempunyai jack audio yang berbeda, tetapi secara prinsip cara menghubungkan headset ke laptop tetaplah sama.

Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Logo di Word dengan Mudah

Pertama pastikan dulu apakah laptop Anda mempunyai jack audio atau tidak. Jack audio ini berfungsi agar kita bisa menghubungkan speaker, headset, atau juga menghubungkan microphone. Jack audio ini berada di bagian samping laptop seperti gambar di bawah ini:

2. Percobaan pertama

Setelah memastikan bahwa kabel audio sudah terhubung dengan benar, kemudian sambungkan headset ke laptop. Biasanya ketika headset sudah terhubung dengan laptop secara langsung, suara akan keluar dari headset tersebut tanpa ada yang perlu Anda lakukan selain membuka file atau aplikasi yang ingin dijalankan.

Jika headset yang digunakan masih belum bisa terdeteksi, cobalah untuk menggerakan atau memutar colokan jack audio beberapa kali. Seringkali, masalah pada headset bisa teratasi dengan cara ini.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Hotspot Hp ke Laptop: Panduan Lengkap

3. Setting suara di laptop

Jika langkah sebelumnya masih belum berhasil, maka cobalah memeriksa setting suara di laptop Anda. Klik kanan pada ikon suara yang terletak pada sisi kanan bawah taskbar laptop Anda, kemudian pilih “Sound” atau “Pengaturan suara”.

Jika langkah tersebut masih belum bisa memunculkan suara pada headphone atau headset, coba pilih tab Playback, lalu set gambar pada output perangkat. Untuk hearphone atau headset diset pada Default Device atau Default Communication Device.