Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater
Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Selain itu, pastikan pula bahwa pada router utama sudah diizinkan untuk memperbolehkan akses dari TP-Link WA5210G. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan alamat MAC dari TP-Link WA5210G pada daftar alamat MAC yang diizinkan pada router utama. Setelah itu, lakukan scanning jaringan wifi dan hubungkan ke jaringan wifi yang sudah disetting sebelumnya.

Demikianlah cara menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer. Setelah berhasil terhubung, TP-Link WA5210G dapat digunakan sebagai repeater yang memperpanjang jangkauan sinyal Wi-Fi pada daerah yang jauh dari router utama.

Konfigurasi setting IP Address pada TP-Link WA5210G

Menantang sinyal yang lemah di area Anda? Anda dapat memanfaatkan repeater untuk menguatkan sinyal Wi-Fi yang ada. TP-Link WA5210G adalah salah satu perangkat repeater yang dapat digunakan. Cara setting TP-Link WA5210G sebagai repeater dimulai dengan konfigurasi setting IP address.

IP (Internet Protocol) Address, adalah identitas unik dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet. IP address tersusun dari angka, dan dapat dilihat di pengaturan jaringan Anda. TP-Link WA5210G, sebagai suatu perangkat jaringan, membutuhkan pengaturan IP address yang tepat agar dapat beroperasi sebagai repeater.

Baca Juga:  Cara Setting Jam G-Shock KW

Berikut adalah cara konfigurasi setting IP address pada TP-Link WA5210G sebagai repeater.

1. Koneksikan TP-Link WA5210G ke Komputer

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer Anda dengan kabel LAN yang ada. Pastikan koneksi terjalin dengan baik.

2. Konfigurasi IP Address pada Komputer

Selanjutnya, Anda perlu melihat IP address yang terdapat di komputer Anda. Buka “Control Panel” di Windows, lalu klik “Network and Sharing Center”. Pilih “Change adapter settings” pada panel kiri, dan cari koneksi “Local Area Connection”. Klik kanan pada “Local Area Connection” dan pilih “Properties”.

Kemudian, pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik “Properties”. Pada bagian ini, pastikan opsi “Use the following IP address” dipilih. Input IP address pada kolom “IP address”, subnet mask pada kolom “Subnet mask”, dan default gateway pada kolom “Default gateway”.

Pada kolom “Preferred DNS server” dan “Alternate DNS server”, cukup masukkan DNS server milik penyedia jaringan Anda jika DNS server pada TP-Link WA5210G masih menggunakan default DNS server.

Baca Juga:  Cara Setting Kamera Canon EOS 1100D

3. Akses Halaman Konfigurasi TP-Link WA5210G

Jika IP address pada komputer Anda telah dikonfigurasi, masukkan IP address default TP-Link WA5210G ke browser Anda. Secara default, IP address TP-Link WA5210G adalah 192.168.1.254. Jika terdapat login page, masukkan username dan password milik TP-Link WA5210G default.

Perhatikan hard reset pada TP-Link WA5210G yang akan Anda gunakan sebagai repeater, tetapi pastikan jangan mereset TP-Link WA5210G yang memiliki konfigurasi yang benar. Jika tidak mengetahuinya, pastikan cek manual pengguna TP-Link WA5210G.

Setelah berhasil masuk ke halaman konfigurasi TP-Link WA5210G, klik opsi “Wireless” pada panel menu kiri.”Pilih “Wireless Settings”. Pada bagian “Wireless mode”, pilih “Universal Repeater” untuk macam mode yang akan Anda gunakan

Langkah konfigurasi setting IP address pada TP-Link WA5210G telah selesai dilakukan. Anda dapat menggunakan TP-Link WA5210G sebagai repeater setelah mengkonfigurasi setting IP address ini dengan benar. Semoga jaringan Wi-Fi Anda menjadi lebih baik dengan menggunakan TP-Link WA5210G sebagai repeater.

Mengaktifkan mode repeater pada TP-Link WA5210G

Jika Anda memiliki masalah sinyal wifi di rumah atau kantor, Anda mungkin pernah mencoba untuk menggunakan repetier untuk meningkatkan area jangkauan wifi Anda. Salah satu repetier yang sangat baik adalah TP-Link WA5210G. Berikut adalah step by step untuk mengkonfigurasinya sebagai repetier.

Baca Juga:  Cara Setting Wifi First Media Cisco

1. Akses panel pengaturan

Pertama, hubungkan TP-Link WA5210G ke komputer melalui kabel LAN. Kemudian buka browser dan ketikkan alamat IP default pada bilah alamat browser Anda. Biasanya, IP ini adalah 192.168.1.1. Pada halaman login, masukkan username dan password (biasanya adalah admin dan admin).

2. Ubah mode kerja

Setelah masuk ke halaman utama TP-Link WA5210G, pilih menu “Mode Kerja” yang terletak di sisi kiri. Kemudian klik “Client”. Ini akan membuat TP-Link WA5210G Anda bekerja sebagai client.

3. Atur nama SSID

Masih pada halaman “Mode Kerja”, kunjungi bagian “Client Setting”. Pada bagian ini lakukan penyesuaian pada nama SSID atau Wifi yang akan Anda gunakan sebagai sumber repetier. Anda dapat mengubah nama default menjadi apa saja yang Anda inginkan. Setelah itu simpan perubahan tersebut.

4. Konfigurasikan repeater dan sumber wifi

Selanjutnya, pilih menu “Repeater Setting” di panel. Pada menu ini Anda harus memilih “Enable AP Mode”, setelah itu Anda harus masukkan nama SSID atau Wifi sumber pada “AP SSID”. Di sini, Anda juga hanya dapat mengubah nama default menjadi apa saja yang Anda inginkan. Terakhir, klik “Save” untuk menyimpan konfigurasi.