Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater
Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater – Setelah membeli perangkat router TP-Link WA5210G, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi agar dapat berfungsi sebagai repeater.

Persiapan Awal Sebelum Setting Repeater TP-Link WA5210G

Sebelum memulai konfigurasi, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa hal berikut untuk memudahkan proses setting:

1. Memeriksa Kebutuhan Kendali Jarak Jauh

Sebelum memulai konfigurasi, Anda harus mempertimbangkan apakah memerlukan kendali jarak jauh. Jika ya, maka siapkanlah perangkat smartphone atau laptop, lalu install aplikasi pendukung seperti TP-Link Tether, yang bisa di-download dari Google Play Store atau App Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengontrol router selama dalam jangkauan jaringan. Namun, jika Anda ingin membatasi penggunaan Wi-Fi, lebih baik menggunakan laptop atau PC untuk melakukan konfigurasi.

2. Mempersiapkan Bahan-Bahan

Hal ini wajib dilakukan sebelum memulai konfigurasi. Pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan seperti kabel LAN atau kabel UTP, karena keduanya dibutuhkan saat konfigurasi. Sebaiknya, gunakan kabel LAN yang bersih dan tanpa kerusakan pada ujung kepala konektor, agar tidak menghambat proses konfigurasi nantinya.

Selain kabel LAN atau UTP, pastikan juga telah menyiapkan perangkat laptop atau PC yang nantinya digunakan untuk melaksanakan konfigurasi. Pastikan juga telah men-download driver TP-Link WA5210G terbaru, sehingga perangkat bisa terdeksi dengan baik oleh laptop atau PC yang digunakan.

3. Mempersiapkan Router Utama

Sebelum melakukan konfigurasi, pastikan juga bahwa router utama yang sudah terpasang berfungsi dengan baik. Jangan lupa melakukan pengecekan terhadap SSID dan password Wi-Fi pada router utama. Pastikan juga sinyal Wi-Fi dari router utama mencapai area dimana Anda ingin meletakkan TP-Link WA5210G sebagai repeater.

4. Memahami Fungsi Setiap Port pada TP-Link WA5210G

TP-Link WA5210G terdiri dari beberapa port, yaitu port LAN, port WAN, dan port PoE. Sebelum melakukan konfigurasi, pastikan Anda memahami fungsi tiap-tiap port tersebut.

  • Port LAN: Digunakan untuk menghubungkan router dengan perangkat yang berada di jaringan terdekat.
  • Port WAN: Digunakan saat TP-Link WA5210G dijadikan sebagai router induk, karena port ini akan terhubung langsung ke kabel tertentu.
  • Port PoE: Digunakan saat TP-Link WA5210G dijadikan sebagai repeater wireless maupun seperti poin di atas, solusi bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan Wi-Fi di area yang sulit dijangkau.

5. Menyiapkan Jaringan

Sebelum memulai konfigurasi, siapkan dua kabel LAN atau UTP, karena keduanya akan terlibat dalam konfigurasi WAN dan LAN. Pastikan kualitas kabel cukup baik dan bersih pada ujung kepala konektor untuk memastikan konfigurasi terhubung secara lancar.

Baca Juga:  Cara Setting IDM Agar Download Lebih Cepat

Sebelum harga dari 2 kabel tersebut, Anda harus menyiapkan jaringan dengan sangat baik agar tidak terjadi overlap antara router utama dan repeater wireless. Pastikan konfigurasi frekuensi pada mesin absolute, jangan gunakan mode auto, sehingga pengoperasian router di area yang sama bisa jauh lebih mudah dan sinyal yang dihasilkan tetap stabil. Selain itu, posisikan TP-Link WA5210G pada posisi yang ideal agar daerah sinyal bisa lebih luas.

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, Anda siap memulai konfigurasi TP-Link WA5210G sebagai repeater wireless.

Menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer

TP-Link WA5210G merupakan salah satu alat yang dapat digunakan sebagai repeater. Namun sebelum dapat digunakan sebagai repeater, cara setting TP-Link WA5210G sebagai repeater harus dilakukan terlebih dahulu. Salah satu tahap awal yang harus dilakukan adalah menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sambungkan kabel LAN ke port LAN pada TP-Link WA5210G dan sambungkan ujung kabel LAN yang lain ke komputer. Setelah itu, nyalakan TP-Link WA5210G dan pastikan kabel LAN terhubung dengan baik. Koneksi antara TP-Link WA5210G dan komputer akan terjadi secara otomatis. Namun, sebelum mengakses TP-Link WA5210G dari komputer, pastikan bahwa alamat IP sesuai dengan alamat IP default dari TP-Link WA5210G.

Jika sudah terhubung, buka aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan lain-lain, kemudian ketikkan alamat IP default dari TP-Link WA5210G yaitu 192.168.1.254 pada kolom URL. Setelah itu, klik Enter pada keyboard. Selanjutnya, akan muncul halaman login. Masukkan username dan password default dari TP-Link WA5210G untuk masuk ke halaman pengaturan.

Setelah terbuka halaman pengaturan, pastikan bahwa opsi Wireless mode telah dipilih menjadi Universal Repeater. Kemudian, set SSID dan Key dengan settingan yang sama seperti router utama. Hal ini harus dilakukan agar TP-Link WA5210G bisa terhubung dengan router utama dan dapat digunakan sebagai repeater.

Jangan lupa, pastikan bahwa WiFi pada komputer sudah dimatikan, karena nantinya koneksi akan dilakukan melalui koneksi jaringan LAN. Setelah itu, klik Save pada page pengaturan tersebut. Setelah selesai disimpan, TP-Link WA5210G akan restart sendiri dan mulai terhubung dengan router utama. Pastikan bahwa alamat IP pada TP-Link WA5210G juga sudah sesuai dengan alamat IP default dari router utama.

Selain itu, pastikan pula bahwa pada router utama sudah diizinkan untuk memperbolehkan akses dari TP-Link WA5210G. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan alamat MAC dari TP-Link WA5210G pada daftar alamat MAC yang diizinkan pada router utama. Setelah itu, lakukan scanning jaringan wifi dan hubungkan ke jaringan wifi yang sudah disetting sebelumnya.

Demikianlah cara menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer. Setelah berhasil terhubung, TP-Link WA5210G dapat digunakan sebagai repeater yang memperpanjang jangkauan sinyal Wi-Fi pada daerah yang jauh dari router utama.

Konfigurasi setting IP Address pada TP-Link WA5210G

Menantang sinyal yang lemah di area Anda? Anda dapat memanfaatkan repeater untuk menguatkan sinyal Wi-Fi yang ada. TP-Link WA5210G adalah salah satu perangkat repeater yang dapat digunakan. Cara setting TP-Link WA5210G sebagai repeater dimulai dengan konfigurasi setting IP address.

IP (Internet Protocol) Address, adalah identitas unik dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet. IP address tersusun dari angka, dan dapat dilihat di pengaturan jaringan Anda. TP-Link WA5210G, sebagai suatu perangkat jaringan, membutuhkan pengaturan IP address yang tepat agar dapat beroperasi sebagai repeater.

Baca Juga:  Cara Setting Efek Vocal Behringer

Berikut adalah cara konfigurasi setting IP address pada TP-Link WA5210G sebagai repeater.

1. Koneksikan TP-Link WA5210G ke Komputer

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer Anda dengan kabel LAN yang ada. Pastikan koneksi terjalin dengan baik.

2. Konfigurasi IP Address pada Komputer

Selanjutnya, Anda perlu melihat IP address yang terdapat di komputer Anda. Buka “Control Panel” di Windows, lalu klik “Network and Sharing Center”. Pilih “Change adapter settings” pada panel kiri, dan cari koneksi “Local Area Connection”. Klik kanan pada “Local Area Connection” dan pilih “Properties”.

Kemudian, pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik “Properties”. Pada bagian ini, pastikan opsi “Use the following IP address” dipilih. Input IP address pada kolom “IP address”, subnet mask pada kolom “Subnet mask”, dan default gateway pada kolom “Default gateway”.

Pada kolom “Preferred DNS server” dan “Alternate DNS server”, cukup masukkan DNS server milik penyedia jaringan Anda jika DNS server pada TP-Link WA5210G masih menggunakan default DNS server.

3. Akses Halaman Konfigurasi TP-Link WA5210G

Jika IP address pada komputer Anda telah dikonfigurasi, masukkan IP address default TP-Link WA5210G ke browser Anda. Secara default, IP address TP-Link WA5210G adalah 192.168.1.254. Jika terdapat login page, masukkan username dan password milik TP-Link WA5210G default.

Perhatikan hard reset pada TP-Link WA5210G yang akan Anda gunakan sebagai repeater, tetapi pastikan jangan mereset TP-Link WA5210G yang memiliki konfigurasi yang benar. Jika tidak mengetahuinya, pastikan cek manual pengguna TP-Link WA5210G.

Setelah berhasil masuk ke halaman konfigurasi TP-Link WA5210G, klik opsi “Wireless” pada panel menu kiri.”Pilih “Wireless Settings”. Pada bagian “Wireless mode”, pilih “Universal Repeater” untuk macam mode yang akan Anda gunakan

Langkah konfigurasi setting IP address pada TP-Link WA5210G telah selesai dilakukan. Anda dapat menggunakan TP-Link WA5210G sebagai repeater setelah mengkonfigurasi setting IP address ini dengan benar. Semoga jaringan Wi-Fi Anda menjadi lebih baik dengan menggunakan TP-Link WA5210G sebagai repeater.

Mengaktifkan mode repeater pada TP-Link WA5210G

Jika Anda memiliki masalah sinyal wifi di rumah atau kantor, Anda mungkin pernah mencoba untuk menggunakan repetier untuk meningkatkan area jangkauan wifi Anda. Salah satu repetier yang sangat baik adalah TP-Link WA5210G. Berikut adalah step by step untuk mengkonfigurasinya sebagai repetier.

1. Akses panel pengaturan

Pertama, hubungkan TP-Link WA5210G ke komputer melalui kabel LAN. Kemudian buka browser dan ketikkan alamat IP default pada bilah alamat browser Anda. Biasanya, IP ini adalah 192.168.1.1. Pada halaman login, masukkan username dan password (biasanya adalah admin dan admin).

2. Ubah mode kerja

Setelah masuk ke halaman utama TP-Link WA5210G, pilih menu “Mode Kerja” yang terletak di sisi kiri. Kemudian klik “Client”. Ini akan membuat TP-Link WA5210G Anda bekerja sebagai client.

3. Atur nama SSID

Masih pada halaman “Mode Kerja”, kunjungi bagian “Client Setting”. Pada bagian ini lakukan penyesuaian pada nama SSID atau Wifi yang akan Anda gunakan sebagai sumber repetier. Anda dapat mengubah nama default menjadi apa saja yang Anda inginkan. Setelah itu simpan perubahan tersebut.

4. Konfigurasikan repeater dan sumber wifi

Selanjutnya, pilih menu “Repeater Setting” di panel. Pada menu ini Anda harus memilih “Enable AP Mode”, setelah itu Anda harus masukkan nama SSID atau Wifi sumber pada “AP SSID”. Di sini, Anda juga hanya dapat mengubah nama default menjadi apa saja yang Anda inginkan. Terakhir, klik “Save” untuk menyimpan konfigurasi.

Baca Juga:  Cara Setting TV Digital Polytron 24 Inch dengan Mudah

Setelah melakukan semua langkah di atas, TP-Link WA5210G akan melakukan restart dan akan masuk ke mode repetier atau pengulang sinyal wifi dalam beberapa detik.

Sekarang, Anda sudah bisa mencoba menggunakan TP-Link WA5210G sebagai repetier. Pastikan kondisi jaringan pada TP-Link WA5210G saat terhubung dengan router sumber stabil. Cobalah meletakkan TP-Link WA5210G di beberapa posisi yang berbeda-beda pada jangkauan sinyal wifi yang diperlukan.

Menghubungkan TP-Link WA5210G sebagai repeater ke jaringan utama

Jika Anda memiliki jaringan internet yang lemah atau memiliki area yang besar untuk dicakup, menggunakan repeater adalah solusi yang praktis dan efektif. TP-Link WA5210G adalah salah satu repeater yang populer. Bagaimana cara mengatur TP-Link WA5210G sebagai repeater ke jaringan utama? Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti.

1. Persiapkan semuanya

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa semua perangkat dan peralatan yang diperlukan telah siap. Pastikan bahwa Anda memiliki proses yang stabil dan lancar, dan juga memastikan bahwa Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan.

Hal-hal yang perlu Anda siapkan termasuk TP-Link WA5210G yang telah di-reset, perangkat komputer, kabel LAN, dan koneksi yang stabil.

2. Hubungkan dengan kabel LAN

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan TP-Link WA5210G ke jaringan utama dengan kabel LAN. Sambungkan TP-Link WA5210G ke komputer dan router dengan menggunakan kabel LAN. Ini memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi perangkat dan mengatur instansi.

Pastikan bahwa lampu indikator pada TP-Link WA5210G menyala ketika Anda menghubungkan kabel LAN ke perangkat. Ini menandakan bahwa perangkat terhubung dengan benar.

3. Masuk ke antarmuka pengguna

Setelah TP-Link WA5210G terhubung ke komputer dan router, buka browser Anda dan masukkan alamat IP default perangkat, yaitu 192.168.1.254. Ini akan membuka tampilan antarmuka pengguna dari TP-Link WA5210G.

Anda perlu masuk ke antarmuka pengguna untuk dapat mengatur parameter dan perangkat yang diperlukan untuk pengaturan repeater. Pastikan bahwa laptop atau komputer yang digunakan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan router utama. Ini membantu untuk melacak koneksi dan mengonfigurasi perangkat dengan benar.

4. Aktifkan opsi Repeater / Bridge

Setelah masuk ke antarmuka perangkat, cari menu “Wireless” dan pilih opsi “Repeater or Bridge”. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi TP-Link WA5210G sebagai repeater untuk jaringan Wi-Fi utama.

Atur SSID untuk menjaga konsistensi sinyal. Selain itu, pastikan bahwa mode repeater diaktifkan dan bahwa Anda sudah mengkonfigurasi parameter yang tepat. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan seperti kecepatan transfer data, frekuensi Wi-Fi, dan keamanan Wi-Fi.

5. Menyambungkan repeater ke jaringan Wi-Fi

Selanjutnya, Anda perlu menghubungkan repeater ke jaringan Wi-Fi utama. Ini memungkinkan perangkat untuk menangkap sinyal Wi-Fi dan mengubahnya menjadi sinyal yang jauh lebih kuat dan lebih stabil.

Pilih SSID jaringan utama yang akan digunakan oleh repeater. Masukkan kode sandi Wi-Fi utama dan tunggu hingga jaringan terhubung. Lampu indikator pada perangkat akan menyala ketika perangkat berhasil terhubung.

Dengan memasang TP-Link WA5210G sebagai repeater, Anda sekarang dapat memperluas jangkauan Wi-Fi Anda sekaligus meningkatkan sinyal untuk lebih optimal. Langkah-langkah ini mudah diikuti dengan menggunakan perangkat dan peralatan yang tepat.