Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater
Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater

Cara Setting TP Link WA5210G Sebagai Repeater – Setelah membeli perangkat router TP-Link WA5210G, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi agar dapat berfungsi sebagai repeater.

Persiapan Awal Sebelum Setting Repeater TP-Link WA5210G

Sebelum memulai konfigurasi, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa hal berikut untuk memudahkan proses setting:

1. Memeriksa Kebutuhan Kendali Jarak Jauh

Sebelum memulai konfigurasi, Anda harus mempertimbangkan apakah memerlukan kendali jarak jauh. Jika ya, maka siapkanlah perangkat smartphone atau laptop, lalu install aplikasi pendukung seperti TP-Link Tether, yang bisa di-download dari Google Play Store atau App Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengontrol router selama dalam jangkauan jaringan. Namun, jika Anda ingin membatasi penggunaan Wi-Fi, lebih baik menggunakan laptop atau PC untuk melakukan konfigurasi.

2. Mempersiapkan Bahan-Bahan

Hal ini wajib dilakukan sebelum memulai konfigurasi. Pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan seperti kabel LAN atau kabel UTP, karena keduanya dibutuhkan saat konfigurasi. Sebaiknya, gunakan kabel LAN yang bersih dan tanpa kerusakan pada ujung kepala konektor, agar tidak menghambat proses konfigurasi nantinya.

Baca Juga:  Cara Setting Bass Speaker Bluetooth

Selain kabel LAN atau UTP, pastikan juga telah menyiapkan perangkat laptop atau PC yang nantinya digunakan untuk melaksanakan konfigurasi. Pastikan juga telah men-download driver TP-Link WA5210G terbaru, sehingga perangkat bisa terdeksi dengan baik oleh laptop atau PC yang digunakan.

3. Mempersiapkan Router Utama

Sebelum melakukan konfigurasi, pastikan juga bahwa router utama yang sudah terpasang berfungsi dengan baik. Jangan lupa melakukan pengecekan terhadap SSID dan password Wi-Fi pada router utama. Pastikan juga sinyal Wi-Fi dari router utama mencapai area dimana Anda ingin meletakkan TP-Link WA5210G sebagai repeater.

4. Memahami Fungsi Setiap Port pada TP-Link WA5210G

TP-Link WA5210G terdiri dari beberapa port, yaitu port LAN, port WAN, dan port PoE. Sebelum melakukan konfigurasi, pastikan Anda memahami fungsi tiap-tiap port tersebut.

  • Port LAN: Digunakan untuk menghubungkan router dengan perangkat yang berada di jaringan terdekat.
  • Port WAN: Digunakan saat TP-Link WA5210G dijadikan sebagai router induk, karena port ini akan terhubung langsung ke kabel tertentu.
  • Port PoE: Digunakan saat TP-Link WA5210G dijadikan sebagai repeater wireless maupun seperti poin di atas, solusi bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan Wi-Fi di area yang sulit dijangkau.
Baca Juga:  Cara Setting Email Gmail di Outlook 2007

5. Menyiapkan Jaringan

Sebelum memulai konfigurasi, siapkan dua kabel LAN atau UTP, karena keduanya akan terlibat dalam konfigurasi WAN dan LAN. Pastikan kualitas kabel cukup baik dan bersih pada ujung kepala konektor untuk memastikan konfigurasi terhubung secara lancar.

Sebelum harga dari 2 kabel tersebut, Anda harus menyiapkan jaringan dengan sangat baik agar tidak terjadi overlap antara router utama dan repeater wireless. Pastikan konfigurasi frekuensi pada mesin absolute, jangan gunakan mode auto, sehingga pengoperasian router di area yang sama bisa jauh lebih mudah dan sinyal yang dihasilkan tetap stabil. Selain itu, posisikan TP-Link WA5210G pada posisi yang ideal agar daerah sinyal bisa lebih luas.

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, Anda siap memulai konfigurasi TP-Link WA5210G sebagai repeater wireless.

Menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer

TP-Link WA5210G merupakan salah satu alat yang dapat digunakan sebagai repeater. Namun sebelum dapat digunakan sebagai repeater, cara setting TP-Link WA5210G sebagai repeater harus dilakukan terlebih dahulu. Salah satu tahap awal yang harus dilakukan adalah menghubungkan TP-Link WA5210G ke komputer.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sambungkan kabel LAN ke port LAN pada TP-Link WA5210G dan sambungkan ujung kabel LAN yang lain ke komputer. Setelah itu, nyalakan TP-Link WA5210G dan pastikan kabel LAN terhubung dengan baik. Koneksi antara TP-Link WA5210G dan komputer akan terjadi secara otomatis. Namun, sebelum mengakses TP-Link WA5210G dari komputer, pastikan bahwa alamat IP sesuai dengan alamat IP default dari TP-Link WA5210G.

Baca Juga:  Cara Setting Analog Kanan Fifa 14

Jika sudah terhubung, buka aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan lain-lain, kemudian ketikkan alamat IP default dari TP-Link WA5210G yaitu 192.168.1.254 pada kolom URL. Setelah itu, klik Enter pada keyboard. Selanjutnya, akan muncul halaman login. Masukkan username dan password default dari TP-Link WA5210G untuk masuk ke halaman pengaturan.

Setelah terbuka halaman pengaturan, pastikan bahwa opsi Wireless mode telah dipilih menjadi Universal Repeater. Kemudian, set SSID dan Key dengan settingan yang sama seperti router utama. Hal ini harus dilakukan agar TP-Link WA5210G bisa terhubung dengan router utama dan dapat digunakan sebagai repeater.

Jangan lupa, pastikan bahwa WiFi pada komputer sudah dimatikan, karena nantinya koneksi akan dilakukan melalui koneksi jaringan LAN. Setelah itu, klik Save pada page pengaturan tersebut. Setelah selesai disimpan, TP-Link WA5210G akan restart sendiri dan mulai terhubung dengan router utama. Pastikan bahwa alamat IP pada TP-Link WA5210G juga sudah sesuai dengan alamat IP default dari router utama.