Gatel atau Gathel? Arti nggateli dalam Bahasa Jawa
Gatel atau Gathel? Arti nggateli dalam Bahasa Jawa

Gatel atau Gathel? Arti nggateli dalam Bahasa Jawa

Gatel atau Gathel? Arti nggateli dalam Bahasa Jawa – Bahasa Jawa mempunyai sejumlah kosakata unik yang tidak terdapat di dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kata ‘gatel‘ dan ‘gathel‘. Meskipun kedua kata tersebut memiliki bunyi yang hampir sama, tetapi memiliki arti yang berbeda.

Kata ‘gatel‘ dalam bahasa Jawa memiliki arti gatal dalam bahasa Indonesia. Sedangkan kata ‘gathel’ dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai ‘sejenis alat penggilingan padi’. Alat ini biasanya dimanfaatkan oleh penduduk pedesaan di Jawa pada masa lalu.

Gatel biasanya digunakan untuk menerangkan rasa yang tidak nyaman pada kulit. Rasa gatal pada kulit, jika terjadi dalam waktu yang lama, dapat menimbulkan gumpalan-gumpalan pada kulit. Dalam bahasa Jawa, ‘gatel’ digunakan untuk memberikan gambaran ini. Namun, dalam bahasa Jawa sehari-hari, ada juga orang yang menggunakan ‘gathel’ untuk menggambarkan rasa gatal.

Baca Juga:  Arti dan Makna Kata Saru dalam Bahasa Jawa (Konsep, Sejarah, dan Signifikansi)

Sementara itu, ‘gathel’ dalam bahasa Jawa merujuk pada alat yang digunakan untuk menggiling padi atau beras dalam lingkungan pedesaan. Apabila kita memperhatikan sekilas, kemungkinan besar kita tidak akan menemukan perbedaan antara alat ini dengan alat penggiling padi lainnya. Namun, jika diperhatikan lebih seksama, maka kita akan melihat ada beberapa bagian yang berbeda dengan alat penggiling padi lainnya.