Cara Melakukan Riset Keyword di Google
Cara Melakukan Riset Keyword di Google

Cara Melakukan Riset Keyword di Google

Cara Melakukan Riset Keyword di Google – Kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting dalam optimasi mesin pencari. Penting untuk dipilih dan ditemukan kata kunci yang cocok dengan konten yang dimiliki agar website atau halaman dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna.

Langkah-langkah Mengevaluasi dan Memilih Kata Kunci yang Tepat

Maka dari itu, langkah-langkah di bawah ini dapat membantu dalam memilih dan mengevaluasi kata kunci yang tepat:

1. Membuat Daftar Kata Kunci

Langkah pertama dalam mengevaluasi kata kunci adalah dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan konten yang ingin dioptimasi. Luangkan waktu untuk brainstorming dan pikirkan kata kunci apa saja yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mencari topik yang sama dengan konten Anda.

Setelah daftar kata kunci telah dibuat, masukkan semua kata kunci tersebut ke dalam tools riset kata kunci seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk mengevaluasi populasi dan tingkat persaingan kata kunci.

Baca Juga:  The Importance of Features on the Website

2. Mengukur Jumlah Pencarian dan Persaingan Kata Kunci

Setelah menambahkan daftar kata kunci ke dalam tool riset kata kunci, selanjutnya adalah mengukur jumlah pencarian dan persaingan kata kunci tersebut.

Untuk menjaga keseimbangan antara persaingan dan volume pencarian, pilihlah kata kunci yang mempunyai persaingan ringan dan tingkat volume pencarian yang baik. Perhatikan angka dari kolom “berkaitan dengan” atau “related to” dari tool riset kata kunci; angka tersebut menjadi tolok ukur atau patokan untuk memilih kata kunci yang tepat.

3. Analisis Kata Kunci yang Digunakan oleh Konkuren

Setelah mengevaluasi dan memilih kata kunci yang tepat, selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada kata kunci yang digunakan oleh pesaing.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan pencarian Google pada konten yang sama dengan topik konten Anda dan memeriksa kata kunci yang digunakan oleh pesaing dalam rekomendasi di bawah Meta deskripsi atau judul artikel mereka. Note pada kata kunci tersebut dan gunakan pada konten Anda jika memungkinkan.

4. Mengevaluasi Relevansi dan Kesesuaian Kata Kunci

Setelah melakukan tahap 1 hingga 3, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi kesesuaian atau relevansi kata kunci dengan konten yang dimiliki. Pastikan menggunakan kata kunci yang memiliki relevansi tinggi dengan konten yang Anda buat agar hasil penelusuran menjadi lebih baik.

Baca Juga:  How to Find SEO-Friendly Keywords

Itulah beberapa langkah yang dapat diambil dalam mengevaluasi dan memilih kata kunci yang tepat. Selain menjadikan konten lebih mudah ditemukan oleh pengguna, pemilihan kata kunci yang tepat juga akan meningkatkan traffic website dan potensial meningkatkan ranking pada hasil penelusuran mesin pencari.

Teknik Penentuan Keyword yang Paling Trending

Keyword merupakan kata kunci atau frasa tertentu yang dicari oleh pengguna mesin pencari seperti Google saat mereka ingin mencari informasi yang spesifik. Oleh karena itu, pemilihan keyword yang tepat sangat penting untuk mendapatkan trafik tinggi ke situs web atau blog Anda. Selain itu, saat melakukan riset keyword Google, Anda perlu memilih keyword yang paling trending agar konten Anda bisa ditemukan dan dibaca oleh pengguna.

Berikut ini adalah beberapa teknik penentuan keyword yang paling trending yang bisa Anda gunakan:

1. Mencari kata kunci yang populer

Salah satu cara terbaik untuk menemukan keyword yang paling trending adalah dengan menggunakan beberapa alat riset keyword yang tersedia secara gratis seperti Google Trends, Keyword Planner, UberSuggest, dan semacamnya. Alat ini akan menunjukkan berapa banyak volume pencarian untuk kata kunci tertentu dalam rentang waktu tertentu seperti bulanan atau tahunan. Dari sana, Anda dapat menentukan apakah kata kunci tersebut layak digunakan atau tidak.

Baca Juga:  Jasa SEO terbaik Indonesi

2. Mencari tren di media sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram juga bisa menjadi sumber keyword yang paling trending. Caranya adalah dengan mengecek apa yang sedang tren di media sosial tersebut. Anda bisa mencari kata kunci atau hashtag tertentu yang sedang populer di media sosial, kemudian memasukkannya ke dalam konten Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur pencarian di masing-masing media sosial untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau topik yang Anda bahas. Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan trafik situs web atau blog Anda.

3. Melakukan riset kompetitor

Salah satu cara paling efektif untuk menemukan keyword yang paling trending adalah dengan mengecek apa yang sedang digunakan oleh kompetitor Anda. Melalui riset kompetitor, Anda bisa mengetahui jenis konten yang mereka buat dan kata kunci apa yang mereka gunakan.