Cara Setting Sound System Organ Tunggal
Cara Setting Sound System Organ Tunggal

Cara Setting Sound System Organ Tunggal

Cara Setting Sound System Organ Tunggal – Organ tunggal merupakan suatu jenis musik yang sangat populer di Indonesia. Dalam menjalankan bisnis organ tunggal, kualitas suara merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Salah satu cara untuk memperoleh kualitas suara yang baik adalah dengan melakukan setting sound system organ tunggal dengan benar.

Berikut adalah beberapa persiapan awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan setting sound system organ tunggal.

Persiapan Awal Sebelum Setting Sound System Organ Tunggal

1. Menentukan Lokasi Acara

Pemilihan lokasi acara sangat penting dalam menentukan jenis speaker yang akan digunakan, serta pengaturan letak speaker. Sebab, jika lokasi acara memiliki ukuran besar, maka dibutuhkan speaker yang memilki daya output yang besar pula. Sedangkan, jika lokasi acara kecil maka pengaturan letak speaker dapat disesuaikan dengan bentuk ruangan. Jangan lupa perhatikan ruangan ketika menentukan banyaknya speaker dan letak speaker tersebut.

Baca Juga:  Cara Setting Karbu PE 28 KW

Jika acara dilaksanakan di gedung indoor, perhatikan bahwa bahan bangunan gedung memiliki dampak suara yang cukup besar, sehingga diperlukan setting yang baik bagi ruangan tersebut. Berbeda halnya jika acara dilaksanakan di lapangan terbuka, maka setting sound system yang dibutuhkan akan berbeda dengan setting di gedung indoor.

Dalam memilih lokasi, pertimbangkan juga dengan baik akses listrik di tempat tersebut. Pastikan bahwa tempat acara memiliki ketersediaan listrik yang cukup untuk keperluan pengoperasian sound system.

2. Menentukan Jumlah dan Jenis Speaker yang Digunakan

Menentukan jumlah dan jenis speaker yang digunakan sangat penting karena hal ini berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan. Yang harus dipertimbangkan dalam memilih speaker adalah coverage area, daya output, sensitivitas dan respon suara.

Sebanyak apa jumlah yang dibutuhkan? Apakah speaker aktif atau pasif? Apakah speaker yang digunakan bahkan dapat diberi daya secara wireless? Sebagai pemilik organ tunggal, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah speaker yang digunakan memang cocok digunakan untuk jenis musik organ tunggal atau tidak.

Baca Juga:  Cara Setting Co-Host di Zoom

Terakhir, pertimbangkan juga budget yang tersedia dalam memilih jenis speaker. Usahakan memilih speaker dengan kualitas suara yang baik dan juga endurance yang baik agar bisa digunakan dalam waktu yang lama serta tahan lama meskipun sering dibongkar pasang.

3. Mengatur Letak Speaker dan Amplifier

Letak speaker dan amplifier mempengaruhi penghasilan suara sound system organ tunggal. Penting untuk meletakkan speaker pada posisi yang tepat agar suara yang dihasilkan seimbang pada semua bagian ruangan. Selain itu, letak amplifier juga harus diperhatikan, yaitu jangan menempatkan di dekat speaker agar tidak terganggu suaranya (distorsi).

Menempatkan speaker face down atau dipasang pada tiang podium sangat ideal untuk mengubah suara speaker untuk mencapai tujuan yang artistik.

4. Setting Amplifier

Setting amplifier sama pentingnya dengan pemilihan dan pengaturan letak speaker. Setting amplifier dilakukan agar suara speaker terdengar lebih jernih tanpa distorsi atau noise pada suara outputnya. Konfigurasi input harus disesuaikan dengan jenis organ tunggal yang digunakan agar suara output ideal.

Baca Juga:  Cara Setting Modem Speedy TP Link TD-W8151N

Dalam proses setting, tidak hanya pada volume amplifiernya saja, namun juga melibatkan pengaturan equalizer dan crossover agar suara yang dihasilkan terdengar lebih mulus dan jernih sesuai dengan jenis musik organ tunggal.

Setelah mengetahui dan melakukan persiapan ini, setting sound system organ tunggal semoga bisa berjalan dengan lancar dan optimal. Ingat selalu untuk menggunakan sound check sebagai tanda bahwa sound system sudah akurat.

Mengatur Master Volume pada Mixer Sound System Organ Tunggal

Setelah menyalakan power pada sound system organ tunggal, langkah selanjutnya adalah mengatur master volume pada mixer. Master volume sendiri merupakan tombol untuk mengatur volume suara campuran yang dihasilkan dari semua sumber suara yang terhubung ke mixer. Dengan mengatur master volume, kita dapat mengatur level suara organ tunggal secara keseluruhan yang keluar dari speaker.