cara setting dns di chrome android
cara setting dns di chrome android

Cara Setting DNS di Chrome Android

Jaringan internet memegang peranan penting di era digital ini. Dalam menggunakan internet, seringkali kita merasakan kesulitan ketika harus menunggu terlalu lama saat membuka halaman web atau video yang ingin kita tonton.

Nah, DNS – Domain Name System dapat menjadi solusi bagi masalah ini. DNS membantu Anda mencari alamat IP situs web yang Anda ingin tuju dengan cepat. Selain itu, DNS juga membantu melindungi privasi penggunaan internet. Jadi, untuk memperoleh koneksi yang cepat dan aman, Anda bisa mengubah DNS di browser Chrome di perangkat Android Anda.

Mengganti DNS di Chrome Android

Berikut panduan cara setting DNS di Chrome Android.

1. Masuk ke Pengaturan

Pertama-tama, buka aplikasi Chrome pada perangkat Android Anda, kemudian klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Setelah itu, pilih “Pengaturan” dan gulir ke bawah untuk menemukan “Privasi” lalu pilih “Security.”

2. Pilih “DNS over HTTPS”

Pada bagian “Blokir phishing dan malware,” pilih “DNS over HTTPS”.

3. Set DNS Secara Manual

Setelah memilih “DNS over HTTPS,” Sekarang pilih opsi “Selalu aktifkan DNS over HTTPS,” dan klik pada “Custom” untuk mengatur DNS secara manual. Setelah itu, Anda dapat menambahkan DNS alternatif secara manual.

4. Tambahkan DNS Preferensi Anda

Sekarang masukkan opsi “IP” atau “DNS” baru. Ada berbagai macam DNS yang bisa kita gunakan. Di antara yang terkenal, Cloudflare, Google, dan OpenDNS. Setelah memasukkan DNS alternatif, klik “Simpan”.

5. Periksa Perubahan

Setelah memasukkan DNS alternatif selesai, coba untuk buka halaman web baru untuk memeriksa apakah halaman web terbuka lebih cepat atau tidak. Jika perubahan DNS yang dilakukan sebelumnya tidak sesuai keinginan, ganti dengan DNS yang lain. Biasanya, DNS yang paling sering digunakan adalah Google Public DNS karena kecepatan dan stabilitasnya atau OpenDNS karena adanya opsi parent control. Jadi, Anda tentu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian artikel singkat tentang cara setting DNS di Chrome Android. Dengan mengubah DNS, koneksi internet kita di perangkat Android dapat lebih cepat dan aman. Selain itu, privasi kita juga akan lebih terjaga. Semoga panduan ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca!

Baca Juga:  Cara Setting TP-Link TL-WA7210N Sebagai Pemancar

Cara Setting DNS di Chrome Android

Chrome adalah salah satu browser paling populer dan paling banyak dipakai di dunia. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, Chrome adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin mempercepat akses internet. Namun, terkadang koneksi internet kita tidak stabil, seperti halnya sering terjadi DNS server down.

Nah, untuk mengatasi masalah ini kita bisa melakukan setting DNS di Chrome Android untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet kita. Berikut adalah langkah-langkah cara setting DNS di Chrome Android.

Apa Itu DNS?

Sebelum masuk ke cara setting DNS di Chrome Android, mari kita pelajari dulu apa itu DNS. DNS (Domain Name System) adalah layanan yang mengkonversi alamat IP menjadi nama domain yang lebih mudah diingat oleh manusia. Dengan kata lain, DNS adalah layanan yang menghubungkan alamat IP ke alamat website (URL).

Ketika kita mengetikkan alamat website di browser, server DNS akan mengkonversi alamat website tersebut menjadi alamat IP. Setelah itu, server akan melakukan request ke alamat IP tersebut untuk membuka website yang kita tuju. Artinya, DNS sangatlah penting untuk mempercepat akses internet kita.

Cara Setting DNS di Chrome Android

Nah, setelah mengetahui apa itu DNS, berikut adalah cara mengatur DNS di Chrome Android:

  1. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas browser Chrome.
  2. Klik Settings untuk masuk ke pengaturan.
  3. Scroll ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced” dan klik.
  4. Setelah itu, scroll kebawah lagi hingga menemukan pilihan “Privacy and Security” dan klik.
  5. Pilih opsi “DNS” di dalam menu Privacy and Security.
  6. Ganti DNS yang sedang digunakan dengan DNS baru yang kita inginkan.
  7. Selanjutnya klik “Save” dan kembali ke halaman awal Chrome.

Nah, langsung cobain aja deh, teman-teman. Setelah setting DNS di Chrome Android, coba deh buka website favorit kalian, dan lihat bagaimana hasilnya. Apakah koneksi internet lebih cepat daripada sebelumnya? Kalau iya, tentunya itu berkat pengaturan DNS yang sudah kamu lakukan.

Itulah langkah-langkah cara setting DNS di Chrome Android. Dengan melakukan setting ini, kita bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet untuk browsing dan streaming. Meski begitu, jangan terlalu sering mengganti-ganti DNS, karena hal ini bisa memengaruhi koneksi internet dan keamanan data kita. Pilih DNS yang memang sudah terpercaya, seperti Google DNS atau OpenDNS.

Cara Memasukkan DNS Baru di Chrome Android

Apakah Anda sering mengalami masalah saat membuka halaman browser, seperti kesulitan mengakses situs tertentu atau lambatnya koneksi internet? Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah dengan mengganti DNS. Untuk mengatur DNS di Chrome android Anda, Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Setelan Chrome

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka setelan Chrome. Untuk itu, buka Chrome di perangkat android Anda dan ketuk menu tiga titik di kanan atas layar. Setelah itu, pilih opsi “Setelan” dari menu.

2. Buka Setelan Jaringan

Setelah membuka opsi “Setelan” di Chrome, cari opsi “Privasi” dan ketuk opsi tersebut. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Setelan Jaringan”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan proses pengaturan DNS di Chrome android Anda.

Baca Juga:  Cara Setting Modem Cyborg E488

3. Pilih “DNS Khusus”

Pada opsi “Setelan Jaringan”, Anda akan menemukan beberapa pilihan pengaturan jaringan seperti “Wi-Fi”, “Seluler”, dan “DNS”. Pilih opsi “DNS” untuk mulai memasukkan DNS baru di Chrome android. Setelah itu, pilih opsi “DNS Khusus” untuk memasukkan DNS baru yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memasukkan DNS baru dengan mengetikkan alamat IP DNS di kolom yang tersedia.

Setelah selesai memasukkan DNS baru, tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan baru tersebut. DNS baru yang telah Anda masukkan akan langsung aktif setelah Anda menekan tombol “Simpan”. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu me-restart Chrome atau bahkan perangkat android Anda untuk membuat perubahan pengaturan DNS berlaku.

Nah, demikianlah cara memasukkan DNS baru di Chrome android. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengoptimalkan koneksi internet untuk mengakses situs web. Jika Anda mengalami masalah dengan pengaturan DNS yang baru dimasukkan, Anda bisa mencoba untuk menyamakan pengaturan DNS pada router dengan pengaturan yang telah dimasukkan di Chrome android Anda. Semoga artikel ini dapat membantu!

Cara Setting DNS di Chrome Android

Untuk memperbaiki masalah koneksi di Chrome Android, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur DNS pada browser tersebut. DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang menghubungkan alamat IP dengan nama domain sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses website yang diinginkan. Beberapa masalah yang mungkin terjadi ketika menggunakan Chrome Android adalah lambatnya koneksi, kesulitan mengakses beberapa website, atau bahkan tidak bisa terhubung sama sekali ke internet.

Langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengatur DNS di Chrome Android adalah sebagai berikut:

1. Buka Chrome Android

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Chrome di perangkat Android. Pastikan bahwa perangkat sudah terhubung ke jaringan internet sebelum melakukan langkah selanjutnya.

2. Masuk ke Pengaturan

Selanjutnya, buka menu pengaturan Chrome dengan menekan ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas aplikasi.

3. Pilih Opsi “Privasi”

Pada menu pengaturan Chrome, gulir ke bawah dan pilih opsi “Privasi”.

4. Pilih “DNS Prabayar”

Di bagian bawah opsi “Privasi”, Anda akan menemukan opsi “DNS Prabayar”. Tekan opsi tersebut untuk membuka menu pengaturan DNS.

5. Tambahkan DNS yang Diperlukan

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan DNS yang diperlukan dengan menekan tombol “Tambahkan DNS”. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat DNS yang ingin digunakan. Beberapa alamat DNS yang bisa digunakan adalah Google Public DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220).

Setelah DNS ditambahkan, tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari menu pengaturan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengatasi masalah koneksi di Chrome Android. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk membersihkan riwayat browsing atau menghapus cache dan data aplikasi Chrome untuk meningkatkan performa dan koneksi.

Manfaat Mengatur DNS di Chrome Android dan Cara Melakukannya

Apakah kamu pernah merasa perlu untuk mengatur DNS di Chrome Androidmu? Mungkin ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk Melakukan hal ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas manfaat dari mengatur DNS di Chrome Android, serta cara untuk melakukannya.

Baca Juga:  Cara Buka Setting di Android - Menemukan Pilihan Setting di Menu Notifikasi

1. Mempercepat Koneksi Internet

Mempercepat koneksi internet adalah salah satu alasan paling umum bagi orang untuk mengatur DNS di Chrome Android. DNS memainkan peran penting dalam menghubungkan perangkatmu dengan situs web yang ingin kamu akses.

Dengan mengatur DNS yang lebih cepat, kamu dapat meningkatkan kecepatan untuk memuat situs web. Dengan kecepatan koneksi yang lebih baik, kamu dapat meningkatkan produktivitas dan menghabiskan waktu berinternet yang lebih efektif.

2. Membuka Situs yang Tidak Dapat Diakses

Beberapa jaringan dan penyedia layanan internet memblokir situs web tertentu agar tidak dapat diakses. Jika kamu ingin mengakses situs-situs tersebut secara bebas, kamu dapat melakukan pengaturan DNS di Chrome Androidmu agar dapat memperbaiki masalah ini.

Kamu dapat mengunakan DNS server yang tidak diblokir untuk mendapatkan akses ke situs-situs tersebut. Hal ini sangat membantu bagi kamu yang membutuhkan informasi dari situs yang diblokir.

3. Meningkatkan Keamanan

DNS yang benar-benar aman dapat melindungi kamu dari serangan hacker dan malware. Beberapa DNS server menawarkan keamanan dan enkripsi lapisan tambahan untuk melindungi privasi kamu. Maka dengan pengaturan DNS, kamu dapat memilih server yang lebih aman dan dapat memberikan perlindungan tambahan dari segala bentuk ancaman di internet.

4. Memperbaiki Masalah Koneksi

Jika kamu mengalami masalah koneksi ke situs web tertentu, maka mengganti DNS dapat menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan akses ke situs web tersebut. Beberapa penyedia layanan internet mengatur DNS secara default dan mengalami masalah dalam koneksi internet ataupun masalah dengan akses ke situs web tertentu.

Namun dengan mengganti DNS, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dan mendapatkan akses ke situs web tersebut dengan mudah.

5. Cara Mengatur DNS di Chrome Android

Bagi kamu yang ingin mengatur DNS di Chrome Android, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Chrome di perangkatmu.
  2. Tekan tombol menu di sudut kanan atas dan ketuk Pengaturan.
  3. Pilih opsi Privasi dan keamanan.
  4. Setelah itu, ketuk opsi DNS.
  5. Masukkan DNS server yang ingin kamu gunakan.
  6. Jika kamu ingin menambahkan server lain, ketuk tombol Tambahkan server.
  7. Jika kamu ingin menghapus server yang ada, tekan dan tahan server tersebut dan pilih hapus.
  8. Setelah itu, tekan tombol SIMPAN.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah tersebut, kamu akan menggunakan server DNS yang baru kamu masukkan.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Mengatur DNS di Chrome Android dan Cara Melakukannya. Dengan mengetahui manfaat dari pengaturan DNS di Chrome Android dan cara untuk melakukannya, kamu dapat mempercepat koneksi internet, meningkatkan keamanan, membuka situs yang diblokir, memperbaiki masalah koneksi, dan memiliki pengalaman berinternet yang lebih baik dan lebih aman.