cara setting fingerprint di laptop
cara setting fingerprint di laptop

Cara Setting Fingerprint di Laptop

Anda akan melihat opsi login dengan fingerprint di bagian bawah opsi sign-in. Jika opsi ini terlihat, artinya laptop Anda memiliki sensor sidik jari dan dapat digunakan untuk login.

Jika dari ketiga cara di atas tidak berhasil menemukan sensor sidik jari pada laptop anda, maka besar kemungkinan laptop anda tidak memiliki sensor sidik jari. Penggunaan sensor sidik jari menjadi pilihan yang cukup penting bagi pengguna dengan alasan kenyamanan dan keamanannya yang lebih baik. Namun, ketersediaan sensor sidik jari pada laptop tidak dapat dijadikan satu-satunya pertimbangan dalam memilih jenis laptop yang akan dibeli.

Menambahkan Fingerprint pada Daftar Pengguna

Jika kamu ingin menambahkan pengamanan ekstra pada laptopmu, salah satu pilihan terbaik adalah dengan menambahkan fitur fingerprint. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan kemudahan login dan mengunci laptop. Selain itu, kamu tidak perlu lagi memasukkan password setiap kali ingin membuka laptop. Di dalam artikel ini, kamu akan belajar cara menambahkan fingerprint pada daftar pengguna di laptop.

Cara Menambahkan Fingerprint

Sebelum memulai, pastikan laptopmu mendukung fitur fingerprint. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka Control Panel dan mencari “Biometric Devices”. Jika fitur fingerprint tidak terdaftar di dalamnya, berarti laptopmu tidak mendukung fitur tersebut. Jika sudah pasti mendukung, kamu bisa mulai menambahkan fingerprint dengan langkah berikut:

  1. Pertama-tama, buka menu Start dan cari “Sign-In Options”.
  2. Pilih “Windows Hello Fingerprint” lalu klik “Setup” pada “Fingerprint”
  3. Ikuti petunjuk pada layar untuk menambahkan fingerprint.
  4. Jika sudah selesai, kamu bisa mencoba fitur fingerprint dengan mengunci laptopmu dan mencoba membukanya dengan fingerprint.
Baca Juga:  Cara Setting Taskbar di Windows 10 dengan Mudah

Tips dan Trik

Berikut tips dan trik tambahan untuk meningkatkan pengalaman menggunakan fitur fingerprint di laptopmu:

  • Pastikan area fingerprint selalu bersih dan kering agar pembacaan fingerprint bisa berjalan dengan lancar
  • Tambahkan fingerprint pada beberapa jari agar mudah saat login
  • Jangan lupa membuat PIN atau password cadangan agar masih bisa login jika fingerprint bermasalah

Meningkatkan keamanan pada laptopmu dengan menambahkan fitur fingerprint bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan kemudahan serta kenyamanan saat login dan mengunci laptop. Cara menambahkan fingerprint cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Pastikan laptopmu mendukung fitur fingerprint sebelum mencobanya dan ikuti tips serta trik yang sudah disebutkan agar penggunaan fingerprint bisa lebih optimal.

Menyesuaikan Pengaturan Fingerprint di Laptop

Teknologi fingerprint atau sidik jari pada laptop memang sangat memudahkan penggunanya, karena tidak perlu memasukkan password atau PIN ketika ingin membuka layar laptop. Hanya dengan menempelkan jari pada sensor fingerprint, maka layar akan terbuka. Untuk mengaktifkan fitur ini, tentu kamu harus melakukan beberapa langkah. Berikut ini adalah cara setting fingerprint di laptop.

1. Cek Kompatibilitas Laptop dengan Fingerprint

Sebelum kamu melakukan pengaturan fingerprint di laptop, pastikan bahwa laptopmu memang memiliki kompatibilitas dengan teknologi fingerprint tersebut. Kamu bisa mengeceknya di website resmi dari laptopmu atau dengan menghubungi pihak customer service. Jika laptopmu tidak kompatibel dengan teknologi ini, maka kamu tidak bisa menggunakan fitur fingerprint.

2. Aktifkan Fingerprint di Laptop

Jika sudah dipastikan bahwa laptopmu kompatibel dengan teknologi fingerprint, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur tersebut. Caranya sangat mudah, buka aplikasi Windows Hello pada laptopmu. Kemudian pilih opsi “Tambahkan Sidik Jari”.

Baca Juga:  Cara Setting Microphone di Windows 7

Kamu akan diminta untuk memasukkan password atau PIN. Setelah itu, kamu bisa melakukan scan sidik jari sebanyak tiga kali. Pastikan kondisi jari dan sensor dalam keadaan kering dan bersih ya. Jangan lupa untuk memberi nama pada setiap sidik jari yang telah kamu scan.

3. Sesuaikan Setelan Fingerprint pada Laptop

Setelah berhasil mengaktifkan fitur fingerprint, kamu juga bisa melakukan beberapa penyesuaian untuk pengaturannya. Misalnya, kamu ingin menggunakan fingerprint untuk masuk ke akun-akun yang kamu miliki di laptopmu, seperti akun email, akun media sosial, atau akun bank.

Caranya sangat mudah, buka aplikasi Windows Hello, kemudian pilih opsi “Pinjaman Fingerprint”. Kamu akan diminta memilih akun yang ingin menggunakan fingerprint. Setelah itu, kamu harus melakukan scan sidik jari sebanyak satu kali untuk setiap akun yang kamu pilih. Selanjutnya, kamu tinggal memasukkan password atau PIN ketika ingin membuka akun terkait.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur keamanan sidik jari pada laptopmu agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Caranya adalah dengan memilih opsi “Setelan Keamanan” pada aplikasi Windows Hello. Kamu bisa memilih untuk menonaktifkan fitur fingerprint jika laptopmu tidak digunakan dalam waktu yang lama. Kamu juga bisa mengatur agar fingerprint hanya bisa digunakan olehmu sendiri, atau olehmu dan beberapa orang terdekat yang juga pernah melakukan scan sidik jari pada laptopmu.

Itulah cara setting fingerprint di laptop yang bisa kamu terapkan. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan laptopmu. Hanya orang yang memiliki sidik jari terdaftar pada laptopmu yang bisa membukanya. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati ya dalam menjaga kemanan laptopmu dari tindakan kejahatan online. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Cara Menghubungkan Modem Sierra 320u ke Komputer atau Laptop

Menghapus Fingerprint dari Daftar Pengguna

Menghapus data fingerpint dari laptop sangatlah perlu sebagai tindakan keamanan jika kamu ingin menjual atau memberikan laptop ke orang lain. Karena, dengan menghapus data fingerpint kamu dapat meminimalisir adanya kebocoran data pribadi yang ada pada laptopmu. Berikut ini adalah cara setting fingerprint di laptopmu:

  1. Pertama-tama, buka Control Panel dengan melakukan klik pada Start Menu atau melalui pencarian.
  2. Selanjutnya, Carilah opsi “User Accounts”, dan buka opsi tersebut.
  3. Setelah masuk ke opsi “User Accounts” tersebut, kamu akan melihat opsi “Sign-in Options”. Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan sign-in milik laptopmu.
  4. Setelah masuk ke halaman “Sign-in” kamu akan melihat opsi “Fingerprint”. Jika kamu ingin menghapus data fingerprint pada laptopmu, maka kamu bisa menekan tombol “Remove”. Jangan lupa untuk memilih konfirmasi setiap kali kamu menghapus data fingerprint dari laptopmu. Karena tindakan ini tidak dapat diulang serta kamu tidak ingin tindakanmu menjadi bumerang saat melakukan pembersihan file di laptopmu.
  5. Terakhir, sistem akan meminta kamu untuk memasukkan Password Administrator. Setelah di input, maka kamu akan berhasil menghapus data fingerpint dari laptopmu.

Cara ini sangatlah mudah dilakukan dan tentunya sangat perlu untuk melindungi data pribadi yang ada pada laptopmu. Selain itu, kamu juga bisa menambah data fingerprint jika kamu belum menambahkan data fingerprint pada laptopmu.

Masalah Umum pada Pengaturan Fingerprint dan Cara Mengatasinya

Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, keamanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu cara untuk memastikan keamanan pada perangkat komputer seperti laptop adalah dengan mengaktifkan fitur fingerprint atau pemindai sidik jari.