Cara Setting Internet Axis di Android
Cara Setting Internet Axis di Android

Cara Setting Internet Axis di Android

Ketika kita telah membeli kartu Axis, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah mensetting smartphone Android kita agar dapat terhubung ke internet menggunakan kartu Axis. Nah, untuk kamu yang masih bingung cara melakukan setting internet Axis di Android kamu.

Cara Setting Internet Axis di Android

Cara Setting Internet Axis di Android

Berikut adalah langkah-langkah setting internet Axis di Android:

1. Aktifkan Paket Internet

Sebelum kita dapat melakukan setting internet Axis di Android, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan paket internet di kartu Axis kita. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi MyAxis atau ketik *123# pada aplikasi panggilan pada smartphone kamu.
  • Pilih menu “Paket Internet”.
  • Pilih paket internet Axis yang sesuai dengan kebutuhan kamu lalu aktifkan paket internet tersebut.

Pastikan paket internet yang kamu aktifkan sudah sesuai dengan kebutuhan kamu agar kamu tidak kehabisan kuota internet saat sedang browsing atau streaming.

2. Masuk ke Bagian “Pengaturan” Android

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuka pengaturan (settings) pada smartphone Android kamu. Biasanya, ikon pengaturan berupa ikon gigi/gear yang ada pada layar utama Android kami. Setelah kamu menemukan ikon pengaturan, klik ikon tersebut untuk membuka pengaturan Android kamu.

Baca Juga:  Kumpulan 17 Sketsa Truk Oleng: Menciptakan Keceriaan Dalam Menggambar

3. Klik Bagian “Seluler & Jaringan” (Cellular & Networks)

Setelah masuk ke pengaturan Android kamu, maka kamu akan melihat beberapa pilihan menu pengaturan seperti: Wi-Fi, Bluetooth, Tethering & portable hotspot, Seluler & Jaringan, dan lain-lain. Klik (tap) Seluler & Jaringan untuk masuk ke opsi pengaturan seluler.

4. Pilih Jaringan Seluler (APN)

Jangan lupa untuk mengaktifkan “Data Seluler” sebelum kamu mengakses opsi Jaringan Seluler. Setelah itu, klik (tap) Jaringan Seluler untuk masuk ke pengaturan APN. Ini adalah langkah penting karena pada pengaturan APN, kamu harus mengatur dan memasukkan informasi pengaturan Axis.

5. Tekan tombol “Tambah Access Point”

Dalam pengaturan APN, kamu akan menemukan two – three option: Reset to Default/Reset to Secured/Reset to SharedPreferences, dan Tambah Access Point (Add New APN). Pilih Tambah Access Point untuk menambahkan APN baru untuk mengatur koneksi internet kartu Axis kamu.

6. Isi Nama & APN Axis pada Form yang Tersedia

Di dalam opsi Tambah Access Point, kamu akan melihat beberapa form input seperti: Nama (Name), APN, Proxy, Port, Username, Password, MMSC, MMS Proxy, MMS Port, dan lain-lain. Tetapi, kamu hanya perlu mengisi dua form input saja yaitu:

  • Nama (Name): Isi nama APN menjadi Axis agar kamu lebih mudah mengenali APN ini.
  • APN: Masukkan nilai APN dengan: AXIS atau AXISPRO (jangan memasukkan spasi). Jangan lupa untuk menyimpan hasil pengaturan APN yang telah kamu lakukan dengan menekan icon save di tampilan pengaturan APN.
Baca Juga:  Cara Setting About Config Mozilla Firefox

Dengan mengetikkan nilai APN yang benar, maka kartu Axis kamu akan terhubung dengan internet. Jika tidak tahu APN kartu Axis kamu, kamu bisa mencari tahu di situs resmi Axis.

7. Aktifkan APN baru kamu

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan APN baru yang sudah kamu buat. Jangan lupa untuk memilih APN Axis yang sudah dibuat dengan menandai atau mencentangnya di antara seluruh daftar APN yang tersedia di layar Android kamu.

Setelah kamu melakukan semua langkah-setting internet Axis di Android, coba periksa koneksi jaringan kamu dengan membuka browser atau aplikasi sosial media. Jika semua setting internet Axis di Android telah benar, maka kamu akan terhubung dengan internet menggunakan kartu Axis kamu.

Mengaktifkan Data Seluler pada Perangkat Android

Saat ini, kebutuhan untuk menggunakan internet di mana saja menjadi sangat penting, terutama karena kita mengandalkan banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari internet. Untuk itu, mungkin perlu mengetahui cara setting internet axis di android. Nah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan data seluler pada perangkat android kita.

Sebelum kita mulai cara setting internet axis di android, pastikan perangkat android kita sudah terhubung dengan jaringan seluler. Kita bisa mengeceknya dengan melihat di bagian atas layar. Jika sudah terhubung, maka kita bisa melanjutkan ke langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Mengaktifkan Data Seluler pada Perangkat Android

Berikut langkah-langkah cara mengaktifkan data seluler pada perangkat android:

  1. Buka Menu Pengaturan di perangkat android.
  2. Cari dan pilih opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler”.
  3. Pastikan opsi “Data Seluler” atau “Paket Data Seluler” sudah aktif. Langkah ini bergantung dari jenis perangkat android yang kita gunakan.
  4. Jika opsi “Roaming Data Seluler” tersedia, kita bisa mengaktifkannya atau menonaktifkan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memeriksa tarif roaming data seluler yang berlaku di negara yang akan kita kunjungi.
Baca Juga:  Cara Setting Login Hotspot Mikrotik, Panduan Langkah Demi Langkah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita sudah berhasil mengaktifkan data seluler pada perangkat android. Selanjutnya, kita bisa melanjutkan ke langkah cara setting internet axis di android.

Cara Setting Internet Axis di Android

Untuk setting internet axis di android, kita bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah cara setting internet axis di android:

    1. Buka Menu Pengaturan di perangkat android kita.
    2. Cari opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler” seperti pada langkah sebelumnya. Pilih opsi tersebut.
    3. Pilih “Nama Titik Akses” atau “APN”. Kemudian tambahkan APN baru dengan menekan tombol “Tambah APN” atau “Tambah Nama Titik Akses”.
    4. Masukkan nama APN dengan “Axis”. Kemudian masukkan “AXIS” sebagai nama pengguna atau “username” serta “123456” sebagai kata sandi atau “password”.
    5. Isi kolom “Proxy” dan “Port” sesuai dengan tabel berikut:
Proxy Port
mms-proxy.axisworld.co.id 80
  1. Klik pada opsi “MMSC” lalu masukkan “http://mmsc.axisworld.co.id” pada kolom yang tersedia.
  2. Isi kolom “Proxy MMS” dengan “10.8.3.8”. Sedangkan kolom “Port MMS” isi dengan angka “8080”.
  3. Selanjutnya, Simpan pengaturan APN yang telah kita buat sebelumnya.
  4. Aktifkan APN baru yang kita buat dengan memilihnya di daftar APN.

Setelah selesai mengikuti langkah-langkah cara setting internet axis di android seperti di atas, maka perangkat android kita sudah siap digunakan untuk berselancar di internet menggunakan jaringan Axis.