Cara Setting Internet Axis di Android
Cara Setting Internet Axis di Android

Cara Setting Internet Axis di Android

Ketika kita telah membeli kartu Axis, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah mensetting smartphone Android kita agar dapat terhubung ke internet menggunakan kartu Axis. Nah, untuk kamu yang masih bingung cara melakukan setting internet Axis di Android kamu.

Cara Setting Internet Axis di Android

Cara Setting Internet Axis di Android

Berikut adalah langkah-langkah setting internet Axis di Android:

1. Aktifkan Paket Internet

Sebelum kita dapat melakukan setting internet Axis di Android, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan paket internet di kartu Axis kita. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi MyAxis atau ketik *123# pada aplikasi panggilan pada smartphone kamu.
  • Pilih menu “Paket Internet”.
  • Pilih paket internet Axis yang sesuai dengan kebutuhan kamu lalu aktifkan paket internet tersebut.

Pastikan paket internet yang kamu aktifkan sudah sesuai dengan kebutuhan kamu agar kamu tidak kehabisan kuota internet saat sedang browsing atau streaming.

2. Masuk ke Bagian “Pengaturan” Android

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuka pengaturan (settings) pada smartphone Android kamu. Biasanya, ikon pengaturan berupa ikon gigi/gear yang ada pada layar utama Android kami. Setelah kamu menemukan ikon pengaturan, klik ikon tersebut untuk membuka pengaturan Android kamu.

3. Klik Bagian “Seluler & Jaringan” (Cellular & Networks)

Setelah masuk ke pengaturan Android kamu, maka kamu akan melihat beberapa pilihan menu pengaturan seperti: Wi-Fi, Bluetooth, Tethering & portable hotspot, Seluler & Jaringan, dan lain-lain. Klik (tap) Seluler & Jaringan untuk masuk ke opsi pengaturan seluler.

4. Pilih Jaringan Seluler (APN)

Jangan lupa untuk mengaktifkan “Data Seluler” sebelum kamu mengakses opsi Jaringan Seluler. Setelah itu, klik (tap) Jaringan Seluler untuk masuk ke pengaturan APN. Ini adalah langkah penting karena pada pengaturan APN, kamu harus mengatur dan memasukkan informasi pengaturan Axis.

5. Tekan tombol “Tambah Access Point”

Dalam pengaturan APN, kamu akan menemukan two – three option: Reset to Default/Reset to Secured/Reset to SharedPreferences, dan Tambah Access Point (Add New APN). Pilih Tambah Access Point untuk menambahkan APN baru untuk mengatur koneksi internet kartu Axis kamu.

6. Isi Nama & APN Axis pada Form yang Tersedia

Di dalam opsi Tambah Access Point, kamu akan melihat beberapa form input seperti: Nama (Name), APN, Proxy, Port, Username, Password, MMSC, MMS Proxy, MMS Port, dan lain-lain. Tetapi, kamu hanya perlu mengisi dua form input saja yaitu:

  • Nama (Name): Isi nama APN menjadi Axis agar kamu lebih mudah mengenali APN ini.
  • APN: Masukkan nilai APN dengan: AXIS atau AXISPRO (jangan memasukkan spasi). Jangan lupa untuk menyimpan hasil pengaturan APN yang telah kamu lakukan dengan menekan icon save di tampilan pengaturan APN.
Baca Juga:  Cara Setting Modem Kartu 3 di Laptop dan PC

Dengan mengetikkan nilai APN yang benar, maka kartu Axis kamu akan terhubung dengan internet. Jika tidak tahu APN kartu Axis kamu, kamu bisa mencari tahu di situs resmi Axis.

7. Aktifkan APN baru kamu

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan APN baru yang sudah kamu buat. Jangan lupa untuk memilih APN Axis yang sudah dibuat dengan menandai atau mencentangnya di antara seluruh daftar APN yang tersedia di layar Android kamu.

Setelah kamu melakukan semua langkah-setting internet Axis di Android, coba periksa koneksi jaringan kamu dengan membuka browser atau aplikasi sosial media. Jika semua setting internet Axis di Android telah benar, maka kamu akan terhubung dengan internet menggunakan kartu Axis kamu.

Mengaktifkan Data Seluler pada Perangkat Android

Saat ini, kebutuhan untuk menggunakan internet di mana saja menjadi sangat penting, terutama karena kita mengandalkan banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari internet. Untuk itu, mungkin perlu mengetahui cara setting internet axis di android. Nah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan data seluler pada perangkat android kita.

Sebelum kita mulai cara setting internet axis di android, pastikan perangkat android kita sudah terhubung dengan jaringan seluler. Kita bisa mengeceknya dengan melihat di bagian atas layar. Jika sudah terhubung, maka kita bisa melanjutkan ke langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Mengaktifkan Data Seluler pada Perangkat Android

Berikut langkah-langkah cara mengaktifkan data seluler pada perangkat android:

  1. Buka Menu Pengaturan di perangkat android.
  2. Cari dan pilih opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler”.
  3. Pastikan opsi “Data Seluler” atau “Paket Data Seluler” sudah aktif. Langkah ini bergantung dari jenis perangkat android yang kita gunakan.
  4. Jika opsi “Roaming Data Seluler” tersedia, kita bisa mengaktifkannya atau menonaktifkan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memeriksa tarif roaming data seluler yang berlaku di negara yang akan kita kunjungi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita sudah berhasil mengaktifkan data seluler pada perangkat android. Selanjutnya, kita bisa melanjutkan ke langkah cara setting internet axis di android.

Cara Setting Internet Axis di Android

Untuk setting internet axis di android, kita bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah cara setting internet axis di android:

    1. Buka Menu Pengaturan di perangkat android kita.
    2. Cari opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler” seperti pada langkah sebelumnya. Pilih opsi tersebut.
    3. Pilih “Nama Titik Akses” atau “APN”. Kemudian tambahkan APN baru dengan menekan tombol “Tambah APN” atau “Tambah Nama Titik Akses”.
    4. Masukkan nama APN dengan “Axis”. Kemudian masukkan “AXIS” sebagai nama pengguna atau “username” serta “123456” sebagai kata sandi atau “password”.
    5. Isi kolom “Proxy” dan “Port” sesuai dengan tabel berikut:
Proxy Port
mms-proxy.axisworld.co.id 80
  1. Klik pada opsi “MMSC” lalu masukkan “http://mmsc.axisworld.co.id” pada kolom yang tersedia.
  2. Isi kolom “Proxy MMS” dengan “10.8.3.8”. Sedangkan kolom “Port MMS” isi dengan angka “8080”.
  3. Selanjutnya, Simpan pengaturan APN yang telah kita buat sebelumnya.
  4. Aktifkan APN baru yang kita buat dengan memilihnya di daftar APN.

Setelah selesai mengikuti langkah-langkah cara setting internet axis di android seperti di atas, maka perangkat android kita sudah siap digunakan untuk berselancar di internet menggunakan jaringan Axis.

Penting untuk mengetahui cara setting internet axis di android karena internet sangat dibutuhkan saat ini. Salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah mengaktifkan data seluler pada perangkat android. Cara mengaktifkan data seluler juga sangat mudah untuk dilakukan pada perangkat android. Selanjutnya, kita dapat dengan mudah melakukan cara setting internet axis di android dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga:  Cara Setting Range Extender TP-Link TL-WR840N

Menambahkan APN Axis pada Pengaturan Jaringan Seluler

Jika Anda menggunakan kartu Axis pada ponsel Android, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar bisa melakukan pengaturan internet Axis di Android dengan benar. Cara setting internet Axis di Android penting untuk dipahami agar Anda bisa menikmati layanan internet pada kartu yang Anda miliki.

Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk melakukan setting internet Axis di Android adalah menambahkan APN Axis pada pengaturan jaringan seluler. APN merupakan singkatan dari Access Point Name. APN Axis harus benar-benar diatur agar internet Axis bisa berfungsi dengan baik pada ponsel Android Anda.

Berikut adalah cara menambahkan APN Axis pada pengaturan jaringan seluler pada ponsel Android:

1. Masuk ke Pengaturan Ponsel Anda

Pertama-tama, masuk ke pengaturan ponsel Anda. Biasanya ikon pengaturan berwujud gear atau roda depan yang tersedia di layar utama ponsel Android.

2. Pilih Pengaturan Jaringan Seluler

Setelah itu, pilih pengaturan jaringan seluler. Anda akan menemukan pengaturan jaringan seluler pada opsi slot kartu SIM. Karena Anda menggunakan kartu Axis, maka pilih opsi kartu SIM Axis.

3. Tambahkan APN Axis

Setelah Anda memilih kartu SIM Axis, Anda akan menemukan opsi untuk menambahkan APN. Klik opsi tersebut, dan Anda akan diminta untuk memasukkan detail APN Axis. Isi detail tersebut dengan benar sesuai dengan yang tertulis di bawah ini.

  • Nama: Axis
  • APN: axis
  • Proxy: kosongkan
  • Nama pengguna: axis
  • Kata sandi: axis
  • Server: kosongkan
  • MMSC: kosongkan
  • Port: kosongkan
  • MCC: 510
  • MNC: 10
  • Jenis autentikasi: PAP
  • Jenis APN: default

Setelah semua detail APN Axis diisi, simpan dan aktifkan APN tersebut dengan mengklik tombol “simpan”. Jika semua detail yang diisi benar, maka internet Axis akan segera aktif.

Selain menambahkan APN Axis pada pengaturan jaringan seluler, Anda juga perlu memeriksa saldo Anda untuk melakukan pengaturan internet Axis di Android. Pastikan bahwa saldo Anda mencukupi untuk melakukan koneksi internet menggunakan kartu Axis tersebut. Selain itu, pastikan juga sinyal Axis sudah ada pada ponsel Anda sehingga koneksi internet bisa berjalan dengan lancar.

Demikianlah cara menambahkan APN Axis pada pengaturan jaringan seluler pada ponsel Android. Dengan mengetahui cara setting internet Axis di Android ini, Anda bisa menikmati layanan internet Axis dengan lebih maksimal dan optimal.

Memeriksa Koneksi Internet Axis pada Perangkat Android

Jika Anda adalah pengguna Axis yang ingin mengakses internet melalui ponsel Android Anda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa koneksi internet Axis pada perangkat Android Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, namun yang paling umum adalah melalui pengaturan jaringan ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Periksa Sinyal

Periksa level sinyal pada ponsel Anda. Sinyal yang lemah mungkin merupakan penyebab mengapa Anda tidak dapat mengakses internet. Pastikan Anda berada dalam jangkauan jaringan Axis yang baik. Jika sinyal masih terlalu lemah, pertimbangkan untuk berpindah lokasi atau menggunakan perangkat tambahan seperti penguat sinyal.

2. Cek Data Seluler

Pastikan “Data Seluler” sudah diaktifkan pada perangkat Anda. Anda dapat memeriksanya melalui pengaturan ‣ Jaringan & Internet ‣ Isi ulang & jaringan. Setelah itu, cek juga apakah kuota internet Anda sudah mencukupi atau belum. Jika kuota internet Anda sudah habis, Anda perlu membeli paket data baru untuk dapat menggunakan internet.

3. Restart Ponsel Anda

Cara sederhana namun efektif untuk memperbaiki koneksi internet Axis pada perangkat Android adalah dengan me-restart ponsel Anda. Lakukanlah hal ini dengan cara mematikan ponsel dan kemudian menyalakannya kembali setelah beberapa saat. Setelah ponsel restart, coba kembali untuk mengakses internet menggunakan jaringan Axis.

Baca Juga:  Cara Cek DM IG yang Sudah Terbaca di Aplikasi

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi dapat menyebabkan perangkat Android Anda berjalan lebih lambat dan berpotensi menyebabkan koneksi internet Axis Anda menjadi tidak stabil. Untuk menghapus cache dan data aplikasi, carilah aplikasi Axis pada perangkat Anda, kemudian pilih “cache dan data.” Setelah itu, klik “clear cache” atau “clear data” atau Anda dapat mencoba memilih keduanya. Setelah cache dan data aplikasi terhapus, coba untuk mengakses internet kembali melalui jaringan Axis.

5. Reset Pengaturan Jaringan

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki koneksi internet Axis pada perangkat Android adalah dengan me-reset pengaturan jaringan. Caranya buka pengaturan perangkat Anda, pilih opsi “Jaringan dan Internet” kemudian pilih “Reset jaringan”. Proses reset pengaturan jaringan ini menghapus semua jaringan yang pernah terkoneksi, termasuk jaringan Axis. Anda harus menghubungkan kembali ke jaringan Axis setelah proses reset jaringan selesai.

Setelah Anda melalukan langkah-langkah di atas, coba kembali untuk mengakses internet menggunakan jaringan Axis. Jika masalah masih ada, sebaiknya hubungi pusat layanan Axis di nomor call center 24 jam dalam seminggu di nomor 838.

Cara Setting Internet Axis Di Android

Axis merupakan salah satu provider internet yang cukup populer di Indonesia. Meski begitu, beberapa pengguna seringkali mengalami masalah koneksi internet Axis di Android. Jangan khawatir karena dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cek Kembali Kuota Internet Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan jika mengalami masalah koneksi internet Axis di Android adalah mengecek kembali kuota internet yang anda miliki. Pastikan sisa kuota internet anda masih cukup untuk digunakan. Jika kuota internet anda habis atau sudah hampir habis, maka koneksi internet anda akan menjadi lambat atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

2. Periksa Jaringan dan Sinyal

Masalah koneksi internet Axis di Android juga bisa disebabkan oleh masalah pada jaringan atau sinyal. Pastikan bahwa sinyal di tempat anda berada cukup kuat dan jaringan Axis tidak sedang mengalami gangguan. Anda juga bisa mencoba untuk mematikan dan menyalakan kembali fitur jaringan atau roaming yang berada di pengaturan ponsel anda.

3. Restart Ponsel Anda

Jika kedua hal di atas tidak berhasil, maka ada kemungkinan ada masalah pada ponsel anda. Cobalah untuk merestart ponsel anda untuk memperbaiki masalah tersebut. Setelah merestart ponsel, coba untuk menjalankan kembali koneksi internet Anda. Semoga saja masalahnya sudah teratasi.

4. Periksa Konfigurasi APN

Koneksi internet Axis di Android juga bisa terganggu karena masalah pada konfigurasi APN. Pastikan konfigurasi APN yang anda gunakan sudah benar. Anda bisa mengecek konfigurasi APN di pengaturan ponsel Anda atau menghubungi customer service dari Axis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang konfigurasi APN yang benar untuk pengguna Axis.

5. Gunakan Aplikasi Pendukung Jaringan

Jika masalah koneksi internet Axis di Android masih belum teratasi, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pendukung jaringan. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu meningkatkan kualitas koneksi internet di Android. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Internet Booster & Optimizer, Network Signal Speed Booster, dan Speedtest by Ookla. Dengan menggunakan aplikasi pendukung jaringan, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki masalah koneksi internet yang sedang Anda alami.

Demikianlah tips dan trik untuk mengatasi masalah koneksi internet Axis di Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah yang sama. Jangan lupa untuk selalu memperbarui aplikasi Axis dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar koneksi internet Axis di Android anda selalu stabil dan cepat.