cara setting uc browser agar tidak internet positif
cara setting uc browser agar tidak internet positif

Cara Setting UC Browser Agar Tidak Internet Positif

Cara Setting UC Browser Agar Tidak Internet Positif – UC Browser adalah aplikasi web browser yang cukup populer di Indonesia karena cepat, ringan, dan bisa digunakan di berbagai platform. Sayangnya, beberapa provider internet di Indonesia menerapkan blokir situs-situs yang dianggap mengandung konten negatif atau dikenal dengan istilah internet positif.

Hal ini tentu saja membuat pengguna UC Browser kesulitan saat mengakses situs-situs tertentu. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk setting UC Browser agar tidak terkena internet positif.

Cara Setting UC Browser Agar Tidak Internet Positif

Cara Setting UC Browser Agar Tidak Internet Positif

Langkah pertama untuk menghindari internet positif saat menggunakan UC Browser adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasinya dengan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman unduhan di situs UC Browser melalui tautan berikut: https://www.ucweb.com/id/id.html. Kemudian, pilih platform yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. UC Browser tersedia untuk Windows, macOS, Android, iOS, dan beberapa platform lainnya.
  2. Setelah memilih platform yang sesuai, klik tombol unduh untuk mendapatkan file instalator UC Browser. Pastikan kamu mengunduh aplikasi resmi dari situs resmi, hindari mengunduh dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya yang berisiko mengandung virus.
  3. Jika kamu menggunakan perangkat berbasis Android, kamu juga bisa mendownload UC Browser dari Google Play Store atau toko aplikasi lainnya yang terpercaya. Ingat, pastikan kamu mengunduh aplikasi dengan nama yang tepat dan dari pengembang yang terpercaya.
  4. Setelah selesai mengunduh, buka file instalator UC Browser dan ikuti petunjuk untuk melengkapi proses instalasi.
  5. Jika telah berhasil terinstal pada perangkatmu, pastikan kamu juga me-refresh cache dan cookies agar UC Browser dapat berjalan dengan lancar. Kamu dapat memeriksanya dengan mengakses menu ‘Opsi’ di UC Browser, dan membuka menu ‘Kelola Data Situs’.

Jika seluruh langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, kamu telah berhasil mengunduh dan menginstal UC Browser. Namun, untuk memastikan agar UC Browser dapat diakses secara bebas tanpa terkena internet positif, perlu dilakukan beberapa penyesuaian pada pengaturannya. Selain mengubah pengaturan browser, kamu juga bisa mengganti DNS atau menggunakan aplikasi VPN agar dapat dengan mudah akses situs-situs yang diblokir.

Baca Juga:  Cara Setting Tiktok untuk Anak

Cara Membuka Menu Pengaturan pada UC Browser

UC Browser adalah browser web mobile yang cepat dan populer di Indonesia. Browser ini terkenal karena memiliki fitur yang hebat, termasuk akses internet cepat dan blokir iklan yang efektif.

Namun, penggunaan UC Browser bisa terkendala oleh adanya pembatasan akses seperti internet positif yang membuat beberapa konten atau situs web tertentu tidak dapat diakses. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah cara setting UC Browser agar tidak terkena internet positif. Langsung saja, berikut caranya:

1. Buka Aplikasi UC Browser

Untuk membuka menu pengaturan pada UC Browser, Anda harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan aplikasi UC Browser sudah terpasang di perangkat Anda dengan baik.

2. Buka Menu Pengaturan UC Browser

Setelah aplikasi UC Browser terbuka, tekan tombol “More” (lebih) di pojok kanan bawah untuk membuka menu. Kemudian, pilih “Settings” (pengaturan).

Pada menu pengaturan UC Browser, Anda akan menemukan berbagai opsi pengaturan, seperti konten web, privasi, penyimpanan, dan lain-lain. Pada bagian “security” (keamanan), Anda akan menemukan opsi “website settings” (pengaturan website).

3. Nonaktifkan Mode Keamanan

Pada “website settings”, Anda akan menemukan beberapa opsi, seperti “block ads” (blokir iklan) dan “night mode” (mode malam). Namun, yang penting dalam setting UC Browser agar tidak internet positif adalah opsi “security” (keamanan). Jika opsi ini diaktifkan, UC Browser akan memblokir situs web yang dianggap tidak aman atau mengarah ke situs web positif. Anda harus mematikan opsi ini dengan cara menyeleksi opsi “No Security” (tanpa keamanan).

Setelah Anda memilih opsi “No Security”, UC Browser tidak akan memblokir situs web yang ingin Anda kunjungi. Dengan cara ini, Anda tidak akan lagi terkena internet positif pada UC Browser.

Selesai, Nikmati Akses Bebas ke Situs Web

Itulah cara setting UC Browser agar tidak terkena internet positif. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang bisa dengan mudah menghindari pembatasan akses yang disetujui oleh internet positif. Sekarang, Anda bisa bebas berselancar di situs web yang ingin Anda akses tanpa hambatan.

Mendisable Fitur DNS Browser

Internet Positif adalah sistem yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk membatasi akses ke situs yang dianggap mengandung konten negatif, seperti pornografi, perjudian, dan kekerasan. Namun, kadang-kadang sistem ini membatasi akses ke situs yang sebenarnya tidak mengandung konten yang dilarang. Jika Anda menggunakan UC Browser dan ingin menonaktifkan fitur Internet Positif, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka UC Browser dan klik ikon Tiga titik di pojok kanan atas. Pilih “Pengaturan” dan gulir ke bawah sampai Anda menemukan “Privasi dan keamanan”.
  2. Ketuk “Privasi dan keamanan”, selanjutnya, gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi “DNS Prabayar”. Aktifkan opsi ini dengan mengklik tombol “Aktifkan” di sebelah kanan.
  3. Setelah Anda mengaktifkan opsi DNS Prabayar, sistem lokal UC Browser akan mengenkripsi DNS server standar dan menggantinya dengan server DNS Google. Hal ini akan membuka akses ke situs yang sebelumnya diblokir oleh Internet Positif.
  4. Setelah selesai, keluar dari pengaturan UC Browser dan masuk kembali ke situs yang sebelumnya tidak dapat Anda akses. Anda akan melihat bahwa situs tersebut sekarang dapat diakses dengan bebas, tanpa adanya pemblokiran Internet Positif.
Baca Juga:  Cara Beli Reksadana di IPOT

Mematikan fitur DNS Browser adalah langkah efektif yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pemblokiran situs oleh Internet Positif. Namun, pastikan Anda tidak menyalahgunakan akses ke situs-situs yang seharusnya diblokir. Mengakses konten negatif dapat berdampak buruk bagi kehidupan pribadi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Oleh karena itu, gunakan akses ke internet secara bijak dan bertanggung jawab untuk kepentingan yang positif.

Mengganti DNS secara manual

Jika kamu masih ingin menggunakan UC Browser pada perangkatmu tanpa terkena internet positif, maka kamu juga bisa mengganti DNS secara manual. Untuk menggantinya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan Wi-Fi pada perangkatmu, lalu ketuk jaringan Wi-Fi yang ingin kamu gunakan.
  2. Pada tampilan yang muncul, ketuk tombol “Lupa jaringan” untuk menghapus konfigurasi jaringan yang sudah ada.
  3. Ketuk jaringan Wi-Fi yang sama lagi untuk memulai mengonfigurasi ulang jaringan.
  4. Pada tampilan konfigurasi jaringan yang muncul, kamu akan menemukan opsi untuk memasukkan DNS secara manual. Isilah opsi DNS tersebut dengan DNS alternatif yang ingin kamu gunakan.
  5. Setelah mengganti DNS, kamu bisa menyimpan pengaturan jaringanmu dengan menekan tombol “Simpan” atau “Done”.
  6. Coba buka UC Browser kembali, lalu tes koneksi internetmu. Jika sudah berhasil, artinya kamu sudah berhasil mengatasi masalah internet positif pada UC Browser.

Saat ini, ada banyak DNS alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menghindari blokir internet positif pada UC Browser. Beberapa DNS alternatif tersebut antara lain:

  • Google Public DNS: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • OpenDNS: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
  • Cloudflare DNS: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • Quad9 DNS: 9.9.9.9 dan 149.112.112.112

DNS alternatif ini bisa kamu gunakan sebagai opsi pengganti DNS bawaan dari operator jaringanmu. Namun, jika kamu masih mengalami masalah internet positif meskipun sudah menggunakan DNS alternatif, ada kemungkinan ada masalah lain pada perangkat atau koneksi internetmu yang perlu diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Status Online di Instagram: Tips Privasi Terkini

Menggunakan VPN untuk mengakses situs web yang diblokir

Jaringan pribadi virtual atau biasa disebut sebagai VPN adalah salah satu cara untuk menyembunyikan aktivitas internet ketika mengakses situs web yang diblokir. Jadi, jika kamu ingin mengakses situs web yang diblokir tanpa terkena internet positif, maka kamu dapat menggunakan VPN. Ada banyak VPN yang tersedia di internet dan bisa kamu gunakan, seperti ExpressVPN, CyberGhost, Hotspot Shield, NordVPN, dll.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan VPN yang tersedia di UC Browser. Dalam UC Browser, kamu dapat mengatur VPN dengan mudah melalui menu pengaturan browser. Untuk mengaktifkan VPN pada UC Browser:

  1. Buka UC Browser pada perangkatmu
  2. Tap pada menu ikon tiga garis di sudut kanan atas layar
  3. Pilih opsi pengaturan
  4. Tap opsi privasi dan keamanan
  5. Aktifkan opsi VPN

Setelah itu, kamu dapat mengakses situs web yang diblokir dengan mudah menggunakan UC Browser dan VPN yang telah kamu aktifkan. Namun, kamu harus selalu ingat bahwa penggunaan VPN dapat mempengaruhi kecepatan akses internetmu. Jadi, pastikan kamu mengatur VPN dengan benar agar tidak menganggu koneksi internet.

Kamu juga dapat memilih VPN berbayar, karena biasanya mereka memberikan kualitas yang lebih baik, privasi yang lebih aman, dan tidak terganggu oleh iklan. Namun, jika kamu tidak ingin membayar, kamudapat mencoba VPN gratis yang tersedia di internet. Namun, kebanyakan VPN gratis memiliki keterbatasan dalam hal jumlah data yang bisa diakses, kecepatan yang lebih lambat, dan terkadang dibatasi oleh jumlah server yang tersedia.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati saat memilih VPN. Pastikan VPN yang kamu gunakan memiliki reputasi yang baik dan aman digunakan. Terkadang, beberapa VPN justru bisa mengeksploitasi data pengguna dan membahayakan privasi kamu.

Terakhir, selalu bergantian dengan VPN yang berbeda-beda, karena kadang-kadang VPN juga dapat terdeteksi oleh internet positif. Kamu juga dapat menggunakan metode lain, seperti mengubah DNS atau TOR untuk mengakses situs web yang diblokir tanpa terkena internet positif. Namun, perlu diingat bahwa mengubah DNS dan menggunakan TOR juga dapat mempengaruhi kecepatan akses internetmu.

Dalam mengakses situs web yang diblokir tanpa terkena internet positif, kamu harus berhati-hati dan bertanggung jawab atas segala tindakanmu di internet. Jangan gunakan akses internetmu untuk melakukan kejahatan atau melanggar aturan yang berlaku.