cara setting waktu di google form
cara setting waktu di google form

Cara Setting Waktu di Google Form

Demikian artikel ini tentang cara setting waktu di Google Form dengan fitur ‘waktu kembali’ untuk membuat proses pengumpulan informasi lebih mudah. Pengaturan waktu kembali pada Google Form, apapun metodenya, sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja, dan memudahkan Anda dalam mengatur dan mengontrol koleksi tanggapan dan data Anda. Sekarang sudah waktunya bagi Anda untuk mencoba tutorial ini dan mengatur waktu kembali pada Google Form.

Tips untuk Pengaturan Waktu pada Google Form

Jika sedang membutuhkan waktu untuk melakukan tes atau survei online, Google Form adalah solusi yang tepat untuk digunakan. Namun, apabila Anda ingin mengatur waktu pengerjaannya dengan lebih mendetail, cara setting waktu di Google Form harus diketahui. Berikut beberapa tips untuk mengatur waktu pada Google Form:

Baca Juga:  Cara Mudah Serlok di WhatsApp: Tips dan Trik Terbaru

1. Memulai dengan Membuat Google Form

Untuk mulai mengatur waktu di Google Form, Anda perlu membuat Google Form terlebih dahulu. Setelah masuk ke halaman Google Form, Anda dapat memilih “Buat formulir baru” untuk membuat formulir baru. Kemudian, Anda dapat mengisi pertanyaan dan pilihan jawaban untuk tes atau survei online tersebut.

2. Setting Waktu Pengerjaan

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara setting waktu di Google Form. Untuk mengatur waktu pada Google Form, Anda perlu menambahkan pengaturan waktu pada rincian formulir. Pada halaman rincian, pilih “Lainnya” di sebelah kanan atas formulir. Kemudian, ketikkan waktu pengerjaan pada kolom “Durasi pengerjaan”. Anda dapat memilih antara menit, jam, atau hari untuk setiap responden.

Baca Juga:  Cara Setting PPSSPP Android Agar Tidak Lag

3. Menggunakan Add-On untuk Menambahkan Waktu Pengerjaan

Google Form juga memiliki add-on yang dapat digunakan untuk memperluas kemampuan formulir. Salah satunya adalah add-on bernama Form Limiter. Add-on ini memungkinkan Anda membatasi jumlah orang yang dapat mengisi formulir, atau bahkan membatasi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi formulir tersebut.

4. Memberikan Notifikasi pada Responden

Setelah setting waktu di Google Form, notifikasi dapat diberikan pada responden untuk memberi tahu mereka bahwa waktu telah habis. Caranya adalah dengan menambahkan kotak teks pada halaman akhir formulir. Anda dapat menambahkan pesan notifikasi pada kotak teks tersebut seperti “Waktu Anda telah habis”.

5. Menambah Relaxation Mode pada Google Form

Terakhir, untuk menghindari responden merasa tertekan saat menjawab formulir online, Anda dapat menambahkan relaxation mode pada Google Form. Caranya adalah dengan menambahkan video atau gambar santai pada halaman formulir. Hal ini dapat membantu responden merasa lebih rileks dan tenang, sehingga dapat mempermudah mereka dalam menjawab pertanyaan pada formulir tersebut.