Cara Setting x360 Controller Emulator
Cara Setting x360 Controller Emulator

Cara Setting x360 Controller Emulator

Untuk memainkan game di PC kita memerlukan controller yang cukup nyaman, yang suport dengan PC, dan mampu menjalankan berbagai game dengan baik. Namun bagaimana jika kita tidak mempunyai controller khusus untuk PC? Tenang, sekarang kita bisa menggunakan controller Xbox 360 sebagai controller untuk PC dengan menggunakan emulator x360 Controller.

Download dan Instal Emulator x360 Controller

Cara Setting x360 Controller Emulator

Penasaran cara menggunakannya? Yuk simak langkah-langkahnya!

Download Emulator x360 Controller

Langkah pertama adalah dengan mendownload emulator x360 Controller terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di situs-situs web penyedia emulator Xbox 360, seperti:

  • https://github.com/x360ce/x360ce/releases
  • https://www.x360ce.com/

Setelah itu kamu bisa pilih untuk mendownload versi terbaru atau bisa juga pilih yang sudah pernah dipercaya oleh banyak pengguna.

Setelah berhasil didownload, kamu bisa membukanya dan langkah selanjutnya adalah dengan menginstal emulator tersebut. Kamu bisa langsung menjalankan file emulator x360 setelah proses download selesai dan kemudian melakukan proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat menjalankan emulator x360 Controller di PC. Kemudian, kamu dapat memperbarui emulator dengan mengikuti update yang tersedia di laman download.

Install Emulator x360 Controller

Setelah berhasil melakukan download emulator x360 Controller, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses instalasi. Kamu dapat melakukan instalasi dengan cara melakukan double klik pada file instalasi atau dengan menggunakan tanda panah untuk mengarahkan proses instalasi. Setelah itu kamu tinggal menunggu proses instalasi selesai.

Saat proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melanjutkan proses konfigurasi. Klik pada file Emulator x360 Controller yang telah diinstal tadi dan nantinya akan muncul notifikasi konfigurasi. Setelah itu, kamu dapat mengatur tombol-tombol kontrol yang ingin kamu gunakan pada emualtor.

Apabila kamu belum mempunyai controller untuk menghubungkanya ke emulator, kamu bisa gunakan keyboard untuk mengontrol permainan. Sekarang kamu sudah berhasil menginstall emulator x360 Controller dan mengontrol permainan menggunakan keyboard atau controller Xbox 360.

Nah, itulah cara menggunakan emulator x360 Controller untuk dapat memainkan game di PC. Dengan menggunakan emulator ini, kamu bisa memperoleh pengalaman bermain game dengan menggunakan controller Xbox 360, yang terkenal nyaman dan mudah digunakan.

Emulator x360 Controller yang telah kamu unduh dan install pastinya bisa digunakan kapan saja. Namun, pastikan kamu tidak melakukan pengaturan dengan inkonsisten atau membuat kesalahan pada proses penginstalan dan pengaturannya. Karena hal ini dapat menyebabkan emulator tidak berjalan baik atau menjadi rusak.

Baca Juga:  Cara Verifikasi PB Garena ke Server Premium PB Zepetto

Untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan, penting bagi kamu untuk membaca panduan dan tutorial yang tersedia sebelum menggunakan emulator x360 Controller. Ini akan membantu kamu mengetahui cara penggunaan yang tepat dan mencegah terjadinya kerusakan pada emulator serta perangkat PC kamu.

Konfigurasi Emulator x360 Controller pada Game

Pada era modern seperti sekarang, banyak sekali game yang diluncurkan, baik itu di PC maupun di konsol. Namun, ada beberapa game yang hanya bisa dimainkan menggunakan controller konsol seperti PlayStation atau Xbox. Tapi, jangan khawatir! Kini dengan emulator x360 controller, kamu bisa memainkan game yang hanya bisa dimainkan menggunakan controller Xbox 360 ini di PC kamu.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi emulator x360 controller pada game yang kamu mainkan:

1. Download dan Instal Emulator x360 Controller

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan instal X360 controller emulator. Software ini bisa kamu temukan di website resmi mereka. Setelah di-download, instal software tersebut pada PC kamu dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan pada layar.

2. Konfigurasi Dalam Game

Selanjutnya, langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah konfigurasi emulator x360 pada game yang ingin kamu mainkan. Berikut adalah cara melakukan konfigurasi emulator x360 pada game:

A. Buka Emulator x360 Controller

Setelah kamu menginstal emulator x360 controller, buka software tersebut lalu klik pada bagian ‘Option’.

B. Pilih ‘Game Settings’

Setelah kamu memilih opsi ‘Option’, pilih bagian ‘Game Settings. Ada banyak opsi yang bisa kamu pilih di sana. Namun, untuk konfigurasi emulator x360 controller, pastikan kamu memilih opsi ‘XInput Device’

C. Konfigurasi Tombol Controller

Setelah memilih ‘XInput Device’, kamu bisa mulai mengkonfigurasi tombol controller kamu pada game. Untuk itu kamu perlu menekan tombol pada controller kamu agar software ini bisa mengenali tombol mana yang terhubung. Setelah itu, atur asosiasi tombol sesuai dengan keinginan kamu.

D. Save Settingan

Setelah memastikan semua tombol sudah diatur dengan benar, kamu bisa menyimpan settingan tersebut untuk digunakan pada game yang ingin kamu mainkan.

Dengan menggunakan emulator x360 controller, kamu bisa memainkan game dengan lebih nyaman dan fleksibel. Tentu saja, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih seru dan menyenangkan.

Cara Mengatur Tombol Controller pada Emulator x360 Controller

Emulator x360 Controller merupakan piranti lunak yang dapat digunakan untuk menghubungkan controller ke komputer. Emulator ini memiliki kegunaan yang sangat berguna bagi para gamer yang ingin memainkan game di PC dengan menggunakan controller game.

Dengan menggunakan emulator ini, pengguna dapat dengan mudah mengatur tombol controller sesuai dengan keinginan mereka. Berikut adalah panduan bagaimana mengatur tombol controller pada emulator x360 Controller.

Download dan Instal x360 Controller Emulator

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menggunakan emulator x360 Controller adalah dengan mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Emulator ini dapat diunduh secara gratis dan dapat ditemukan di berbagai situs unduhan perangkat lunak. Setelah berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi x360 Controller Emulator tersebut.

Baca Juga:  35+ Download Livery BUSSID Nakula SHD (SHD Tronton) Jernih Terbaru

Tersambung dengan Controller Game

Setelah berhasil membuka aplikasi x360 Controller Emulator, langkah selanjutnya adalah menyambungkan controller game ke komputer. Para pengguna dapat menyambungkannya melalui kabel USB atau menggunakan adapter untuk controller nirkabel. Setelah controller berhasil tersambung, maka pengguna dapat melihat informasi controller di aplikasi x360 Controller Emulator.

Mengatur Tombol Controller sesuai dengan Keinginan

Setelah controller berhasil tersambung, langkah selanjutnya adalah mengatur tombol controller sesuai dengan keinginan pengguna. Pengguna dapat mengatur tombol controller dengan mengklik pada bagian yang bersesuaian dengan tombol di controller. Setelah diklik, pengguna dapat menentukan fungsi tombol tersebut. Sebagai contoh, pengguna dapat mengatur tombol A pada controller sebagai tombol Enter pada keyboard komputer.

Setiap tombol pada controller dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Selain itu, x360 Controller Emulator juga menyediakan tombol tambahan yang dapat diatur fungsi nya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Adapun tombol-tombol tersebut adalah LT, RT, LS, dan RS.

Simpan Konfigurasi Tombol Controller

Setelah pengguna selesai mengatur tombol controller sesuai dengan keinginan, langkah selanjutnya adalah menyimpan konfigurasi tersebut. Pengguna dapat menyimpan konfigurasi yang sudah diatur dengan mengklik tombol Save pada aplikasi x360 Controller Emulator. Setelah disimpan, konfigurasi ini dapat digunakan pada saat lainnya jika pengguna ingin bermain game dengan controller yang sama setelah komputer dimatikan atau restart.

Bermain Game dengan Controller

Setelah semua langkah selesai, pengguna dapat segera bermain game dengan controller yang telah diatur sesuai dengan keinginan. Pengguna dapat menggunakan controller tersebut di berbagai game yang mendukung penggunaan controller game. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan controller tersebut di berbagai emulator game.

Mengatur tombol controller pada x360 Controller Emulator adalah langkah yang mudah dan sederhana. Dengan cara ini, pengguna dapat dengan mudah bermain game di PC dengan controller yang lebih mudah digunakan dan lebih ergonomis. Selamat mencoba!

Menyimpan Pengaturan Controller pada Emulator x360 Controller

Jika kamu ingin menggunakan pengaturan controller yang sama ketika memainkan game, kamu dapat menyimpan pengaturan tersebut pada emulator x360 controller. Caranya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka emulator x360 controller terlebih dahulu
  2. Sambungkan controller kesukaan kamu ke PC atau laptop
  3. Tekan tombol Configure pada bagian bawah emulator
  4. Lakukan pengaturan controller sesuai keinginan kamu

Langkah-Langkah Menyimpan Pengaturan Controller pada Emulator x360 Controller

Setelah kamu melakukan pengaturan sesuai keinginan, kamu dapat menyimpan pengaturan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol Save pada bagian bawah kanan jendela emulator
  2. Beri nama pada pengaturan kamu, atau kamu dapat memilih salah satu pengaturan yang telah tersedia
  3. Klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan tersebut
  4. Pengaturan controller yang telah kamu simpan akan tersedia di jendela emulator ketika kamu ingin memainkan game sesuai pengaturan tersebut

Keuntungan Menyimpan Pengaturan Controller pada Emulator x360 Controller

Menyimpan pengaturan controller pada emulator x360 controller memiliki cukup banyak keuntungan, yaitu:

  1. Dapat menyimpan pengaturan controller lebih dari satu
  2. Memudahkan pengguna dalam memainkan game
  3. Tidak perlu memasukan pengaturan controller lagi ketika ingin memainkan game
  4. Waktu yang hemat dalam mengatur controller sesuai keinginan kamu
Baca Juga:  Cara Memasang Tanda Centang Biru PES Mobile 2023

Jadi, jika kamu ingin memiliki pengalaman bermain game yang lebih nyaman dan mudah, kamu dapat menyimpan pengaturan controller pada emulator x360 controller. Caranya cukup mudah, dan keuntungannya pasti akan terasa ketika kamu sedang memainkan game yang kamu sukai.

Mengatasi Masalah Ketika Menggunakan Emulator x360 Controller

Emulator x360 Controller adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan joystick atau perangkat kontroler ke komputer dan memainkan game yang mendukung kontroler seperti game yang dirilis pada konsol PlayStation atau Xbox. Emulator x360 Controller dapat digunakan pada Windows 7, 8, dan 10, serta mendukung banyak jenis kontroler, termasuk kontroler Xbox 360.

Namun, terkadang pengguna mengalami masalah saat menggunakan Emulator x360 Controller. Berikut adalah beberapa masalah umum yang mungkin terjadi dan cara mengatasinya.

1. Kontroler Tidak Terdeteksi

Masalah umum yang sering dialami pengguna saat menggunakan Emulator x360 Controller adalah kontroler tidak terdeteksi oleh aplikasi. Untuk mengatasinya, pertama pastikan kontroler sudah terpasang dengan benar pada komputer. Jika masih tidak terdeteksi, coba instal driver untuk kontroler tersebut. Anda juga bisa mencoba untuk memasukkan kontroler dengan port USB yang berbeda.

2. Delay atau Terganggu

Delay atau lag pada kontroler saat digunakan dapat mengganggu pengalaman bermain game. Untuk mengatasinya, coba turunkan kualitas grafis game dan matikan aplikasi atau program lain yang sedang berjalan di latar belakang. Anda juga bisa mencoba menonaktifkan fitur VSync pada game atau aplikasi yang digunakan.

3. Tombol Tidak Berfungsi

Tombol pada kontroler mungkin tidak berfungsi saat digunakan dengan Emulator x360 Controller. Hal ini bisa disebabkan oleh pengaturan pada aplikasi, perangkat keras yang tidak kompatibel, atau driver yang tidak terinstal.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda telah mengatur kontroler dengan benar pada Emulator x360 Controller. Jika masih tidak berfungsi, instal driver terbaru untuk kontroler tersebut atau gunakan kontroler yang kompatibel dengan Emulator x360 Controller.

4. Keluar Sendiri dari Aplikasi

Aplikasi Emulator x360 Controller mungkin keluar sendiri atau crash saat digunakan. Hal ini bisa disebabkan oleh fitur firewall atau antivirus yang menghalangi aplikasi atau kesalahan pada instalasi. Untuk mengatasinya, pastikan Emulator x360 Controller sudah mendapat izin dari firewall atau antivirus yang digunakan. Jika masih mengalami masalah, coba reinstal aplikasi dan pastikan menggunakan versi terbaru.

5. Kontroler Tidak Responsif

Kontroler mungkin terlihat terhubung, tetapi tidak merespon ketika digunakan. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah pada koneksi USB atau perangkat keras tertentu, seperti motherboard yang rusak. Untuk mengatasinya, pastikan port USB yang digunakan berfungsi dengan baik dan kontroler terhubung dengan benar. Anda juga bisa mencoba gunakan kontroler pada komputer lain atau periksa perangkat keras yang terkait, seperti kabel USB atau motherboard.

Itulah beberapa masalah umum yang mungkin terjadi saat menggunakan Emulator x360 Controller dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah yang mungkin terjadi saat menggunakan Emulator x360 Controller.