cara setting router huawei ws319
cara setting router huawei ws319

Cara Setting Router Huawei WS319

Router Huawei WS319 merupakan salah satu router yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Router ini memiliki banyak fitur untuk membantu penggunanya agar bisa menggunakan internet secara maksimal. Namun, untuk bisa mengakses fitur-fitur tersebut, tentu saja kita harus melakukan login terlebih dahulu ke dalam router tersebut.

Cara Login ke Router Huawei WS319

Cara Login ke Router Huawei WS319

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan login ke dalam router Huawei WS319:

1. Koneksi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa router Huawei WS319 kamu sudah terhubung dengan jaringan internet. Pastikan kabel ethernet yang terhubung ke port internet pada router sudah tersambung dengan modem atau jaringan internet.

2. Buka Browser

Langkah selanjutnya, kamu perlu membuka browser pada perangkat yang terhubung ke router Huawei WS319. Pada browser yang ingin kamu gunakan, ketikkan alamat IP router Huawei WS319 di address bar. IP default untuk router Huawei WS319 adalah 192.168.3.1. Kemudian tekan enter.

Baca Juga:  Panduan Terlengkap Download Lagu via YouTube di Indonesia

3. Login

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman login router Huawei WS319. Pada halaman tersebut, kamu perlu untuk memasukkan username dan password untuk bisa masuk ke dalam router. Username dan password default untuk router Huawei WS319 biasanya adalah admin-admin. Namun, jika kamu sudah merubahnya, maka kamu perlu memasukkan username dan password yang baru.

Jika kamu mengalami kesulitan menemukan username dan password yang tepat, kamu bisa mencarinya pada buku manual router atau mencari informasi tersebut di internet.

4. Konfigurasi Router

Selanjutnya, setelah berhasil melakukan login ke dalam router Huawei WS319, kamu bisa mulai mengkonfigurasi router agar dapat digunakan dengan lebih optimal. Kamu bisa mengatur nama dan sandi wifi, mengatur jaringan wifi lebih lanjut, menjaga keamanan jaringan, dan mengatur fitur lain dengan mudah.

Sebagai contoh, kamu bisa mengubah nama wifi yang terlihat pada perangkat lain agar sesuai dengan preferensi peribadi dan memudahkan orang lain yang hendak terhubung ke jaringanmu. Jika kamu ingin menyimpan history pencarian atau melihat activity pada jaringanmu, kamu bisa memilih menu logs yang tersedia pada tampilan router kamu.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Masalah Notifikasi Login ke Jaringan Telkomsel

Dengan mengetahui cara login ke dalam router, kamu bisa mengatur dan memaksimalkan penggunaan internetmu dengan mudah. Ingat, selalu penting untuk menjaga keamanan jaringanmu dengan mengubah username dan password ketika pertama kali melakukan pengaturan.

Cara Menambahkan Pengguna Wi-Fi pada Router Huawei WS319

Setelah kamu mengkonfigurasi jaringan Wi-Fi di router Huawei WS319, langkah selanjutnya adalah menambahkan pengguna Wi-Fi yang akan menggunakan jaringan yang kamu setting. Tidak perlu khawatir karena cara menambahkan pengguna pada router ini cukup mudah dan simpel, bahkan untuk pemula sekalipun.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan pengguna Wi-Fi di router Huawei WS319:

1. Masuk ke halaman pengaturan router

Pertama-tama, kamu harus masuk ke halaman pengaturan router Huawei WS319 melalui alamat IP router atau melalui aplikasi pihak ketiga seperti HiLink atau WebCube. Setelah berhasil masuk, kamu akan dibawa ke halaman dashboard router.

Baca Juga:  Cara Setting Email Outlook 2013

2. Pilih menu “Wireless”

Pada halaman dashboard router, kamu akan melihat beberapa menu pengaturan. Pilih menu “Wireless” untuk mengatur pengguna Wi-Fi pada router Huawei WS319. Kemudian, pilih pilihan “Wireless settings” pada menu drop down.

3. Klik tombol “Add”

Dalam pengaturan “Wireless settings”, kamu akan melihat satu atau lebih SSID tergantung pada konfigurasi Wi-Fi yang kamu lakukan pada router Huawei WS319. Pada SSID yang ingin kamu tambahkan pengguna Wi-Fi, klik tombol “Add” yang ada disampingnya.

4. Masukkan nama pengguna dan kata sandi

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman “Add Wireless Device”, di mana kamu bisa menambahkan pengguna Wi-Fi. Di sini, kamu harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang ingin kamu berikan kepada pengguna Wi-Fi. Jangan lupa untuk memilih opsi “Enable” agar pengguna dapat mengakses jaringan Wi-Fi.

5. Simpan pengaturan

Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan untuk pengguna Wi-Fi, jangan lupa untuk mengeklik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengecek pengguna Wi-Fi yang sudah ditambahkan pada halaman “Wireless settings” di pengaturan Wi-Fi.